4 Alasan, Mengapa Anda Perlu Memiliki Asuransi Jiwa

Mengapa Anda perlu membeli atau memiliki asuransi jiwa? Apakah keluarga Anda benar-benar membutuhkan asuransi jiwa?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Siapa yang Perlu Membeli Asuransi Jiwa?

Apakah Anda sudah memiliki asuransi jiwa? Apakah Anda pernah ditelepon oleh tenaga pemasaran bank atau teman yang bekerja sebagai agen asuransi jiwa? Apa respon Anda: menerima dengan senang hati atau menghindar? Nah dalam artikel kali ini, Menurut kami, hampir setiap orang perlu memiliki asuransi jiwa, karena adanya dua risiko utama.

4 Alasan, Mengapa Anda perlu Memiliki Asuransi Jiwa - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 5 Jenis Produk Asuransi yang Sebaiknya Anda Miliki]

 

Sebelum membahas dua risiko utama, kami akan perjelas mengenai asuransi jiwa. Asuransi jiwa adalah produk perlindungan (proteksi) yang akan menanggung kerugian finansial jika terjadi musibah terhadap seseorang (tulang punggung dan orang yang memiliki nilai ekonomis). Musibah apa yang terjadi? Meninggal lebih awal (risiko kematian) dan hidup terlalu lama.

[Baca Juga: Apakah Saya Harus Membeli Polis Asuransi Jiwa?]

 

Jika diamati lebih lanjut, pada awal paragraf, Finansialku.com menuliskan “hampir setiap orang membutuhkan asuransi jiwa”, apakah artinya tidak semua orang membutuhkan asuransi jiwa?  Jawabannya ya betul, tidak semua orang membutuhkan asuransi jiwa. Pada dasarnya produk asuransi jiwa dibuat untuk memenuhi mengganti penghasilan yang hilang jika terjadi sesuatu dengan orang tersebut. Jika seseorang belum menghasilkan sesuatu secara ekonomis, kenapa perlu membeli asuransi jiwa?

Tidak semua orang memerlukan asuransi jiwa, tetapi setiap orang membutuhkan asuransi kesehatan. Emangnya berbeda antara asuransi jiwa dan asuransi kesehatan? Pada dasarnya kedua produk tersebut berbeda, namun ada beberapa perusahaan asuransi yang menggabungkan produk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Salah satu produk asuransi kesehatan yang dimiliki oleh pemerintah adalah BPJS kesehatan.

[Baca Juga: Mengenal Produk BPJS Kesehatan]

 

Berikut ini 4 Alasan, Anda Perlu Memiliki Asuransi Jiwa

Berikut adalah alasan-alasan Anda perlu memiliki polis asuransi jiwa:

 

Alasan #1 Sedia Payung Sebelum Hujan

Ada seseorang peserta seminar yang pernah bertanya, berapa sih biaya yang harus dikeluarkan jika seseorang meninggal? Ternyata setelah dipikir lebih dalam: seseorang yang akan lahir sampai meninggal dunia ternyata butuh uang ya. Setidaknya ketika meninggal, ada biaya untuk menutup biaya rumah sakit, biaya rumah duka, biaya upacara pemakaman dan biaya lainnya.

Apakah Anda pernah terpikir, keluarga masih dalam keadaan berduka tetapi ada tagihan rumah sakit dan pemakan yang harus dibayarkan. Dana darurat dan uang pertanggungan asuransi jiwa adalah salah satu sumber uang yang dapat digunakan untuk membiayai pengeluaran tersebut.

 

Alasan #2 Pengganti Pemasukan (Income Replacement)

Pertanyaan kedua: Jika tulang punggung meninggal dunia, siapa yang akan menafkahi keluarga? Paling tidak siapa yang akan memenuhi kebutuhan keluarga dalam jangka 1 – 12 bulan ke depan?

Salah satu fungsi uang pertanggungan (UP) asuransi jiwa digunakan untuk pengganti pemasukan (income replacement). Belilah asuransi jiwa dengan jumlah uang pertanggungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Saran kami, jika Anda membeli asuransi jiwa jangan hanya nawar preminya, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan berlebih (over insured) atau kekurangan (under insured).

[Baca Juga: Cara Menghitung Kebutuhan Asuransi Jiwa]

 

Alasan #3 Membiayai Tujuan Pengeluaran Besar Lainnya

Terkadang ada saja pengeluaran-pengeluaran besar yang harus dikeluarkan jika ada seseorang yang meninggal. Misal dalam waktu segera, Anda perlu melakukan perubahan nama rumah, perlu mengurus perpindahan asset (misal tabungan, deposito, saham, reksa dana, properti dan lain sebagainya).

 

Alasan #4 Tidak Meninggalkan Utang

Asuransi jiwa juga adalah salah satu produk keuangan yang memberikan ketenangan kepada orang yang memiliki utang (debitur). Coba saja perhatikan setiap kali Anda mengambil utang: utang kendaraan, utang untuk kredit usaha, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Anda akan selalu diminta untuk membeli asuransi jiwa.

[Baca Juga: Bagaiamana Cara Agar Tidak Mewariskan Utang?]

 

Kenapa Harus Menunda Lagi, Jika Bisa Memiliki Asuransi Jiwa Sekarang?

Asuransi jiwa adalah hal yang wajib dimiliki jika Anda sudah bekerja, menghasilkan pendapatan (memiliki nilai ekonomis). Terlebih jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak, Anda wajib membeli asuransi jiwa. Setidaknya Anda dan keluarga Anda lebih tenang dengan adanya asuransi jiwa.

 

Apakah Anda pernah bimbang saat ditawari produk asuransi jiwa oleh teman Anda?

 

Sumber Gambar:

  • Life Insurance – http://goo.gl/B5Hajp

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

  • Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

    Download Sekarang

     

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

4 Comments

  1. anang 19 April 2016 at 09:17 - Reply

    asuransi sangat penting, tapi banyak orang yang belum mengerti

    • Finansialku
      Finansialku 19 April 2016 at 19:35 - Reply

      Hallo Pak Anang,
      Terima kasih telah berkunjung ke Finansialku.com
      Semoga artikel kami dapat berguna

  2. Ridwan 3 January 2017 at 11:33 - Reply

    Masyarakat Indonesia banyak yg baru memikirkan saat ini dan belum berpikir jauh ke depan tentang segala kemungkinan yg mungkin terjadi termasuk kemungkinan sakit kritis, luka/cacat tetap atau meninggal dunia. Hal ini menyebabkan masyarakat banyak yg masih menyepelekan pentingnya asuransi, padahal asuransi mjd payung pelindung diri dan keluarga atas segala kemungkinan yg akan terjadi seperti di atas. Kita butuh biaya pengobatan yg siap digunakan kapan dan dimanapun, pengganti penghasilan saat tulang punggung keluarga berhalangan tetap untuk mencari nafkah dan uang tunai yang akan diwariskan kepada ahli waris (istri, anak atau orangtua) saat meninggal dunia.

    • Finansialku
      Finansialku 3 January 2017 at 18:32 - Reply

      Hi Pak Ridwan, terima kasih sudah mengunjungi Finansialku.com
      Terima kasih juga atas opininya, kami sangat setuju dengan pendapat Pak Ridwan.
      Semoga artikel di atas dapat berguna.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download