Perasaan bunga KTA saya tidak sampai 1% per bulan, tapi kok dihitung-hitung saya bayarnya bisa lebih dari 1% ya. Ya iya donk, ngitungnya jangan bawa-bawa perasaan. Cari tahu Biaya KTA apa saja yang saya bayarkan? Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas mengenai 6 biaya KTA yang akan membuat Anda terkejut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kenali 6 Biaya KTA ini

Sebelum membahas mengenai biaya KTA, tentu Anda sudah tahu kan mengenai KTA. Setidaknya kalau Anda belum pernah tahu, mungkin Anda pernah ditawari KTA (Kredit Tanpa Agunan) melalui telepon. Jika Anda ingin mengetahui KTA lebih jelas, Anda dapat membaca artikel: Biar Ga Nyesel, Kenali Dulu Kredit Tanpa Agunan (KTA).

 6 Biaya KTA ini Akan Membuat Anda Terkejut - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

 

Sejujurnya, kami tidak menyarankan Anda menggunakan KTA untuk keperluan – keperluan yang tidak penting dan tidak mendesak. Kami lebih menyarankan Anda menggunakan dana darurat (emergency fund) untuk memenuhi kebutuhan yang penting dan mendesak. Kalau dana darurat ternyata tidak mencukupi apa boleh buat, KTA bisa menjadi salah satu pilihannya.

Jika Anda ingin membandingkan KTA, jangan hanya membandingkan dari bunga. Kenali juga 6 biaya KTA baru Anda membuat keputusan. Jadilah konsumen yang pandai.

 

Perhatikan Sekali Lagi: Jangan Cuma Lihat Angka Bunga Saja!

Agar lebih aplikatif, kami akan membahas contoh nyata cara membedah produk KTA. Intinya kita bedah biaya-biaya KTA. Untuk mempersingkat waktu, Anda dapat melihat website-website perbandingan produk keuangan.

 

6 Biaya KTA ini Akan Membuat Anda Terkejut - Contoh Produk KTA - DuitPintar Finansialku

Suku Bunga Per Bulan

1,49 %

Tipe Suku Bunga

Bunga Tetap

Plafond Minimum

Rp 5.000.000

Plafond Maksimum

Rp 200.000.000

*Untuk nasabah yang bukan karyawan tetap dan tidak menyalurkan gaji melalui BII (non payroll) hanya dapat mengajukan pinjaman hingga Rp 150.000.000 dengan jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun.

Tenor Min.12 bulan
Tenor Max.

60 bulan dan 48 bulan*

*Tenor 4 tahun dan 5 tahun hanya berlaku untuk pengajuan baru bagi yang menyalurkan gaji melalui BII (nasabah Payroll) dengan status karyawan tetap berpenghasilan  minimum Rp 4 Juta per bulan

dan pengajuan top up/reinstatement nasabah yang telah memiliki BII KTA.

Denda Keterlambatan5% dari tunggakan cicilan dan Rp 100.000.
Biaya Pelunasan Dipercepat
5% dari sisa pokok pinjaman ditambah cicilan berjalan.
Perkiraan Masa Proses Pengajuan
14 hari data dikirim ke cabang.
Biaya Lainnya
Biaya provisi dipotong langsung dari dana yang dicairkan ke rekening.
 Minimum biaya provisi Rp 250.000.

 Sumber: BII PITA  – Situs Perbandingan Produk Keuangan DuitPintar

 

Disclaimer:

  1. Contoh yang digunakan tidak bermaksud sebagai saran dan/atau mendeskreditkan produk dan/atau perusahaan tertentu.
  2. Gambar berikut adalah detil biaya-biaya yang dikenakan jika Anda memilih produk KTA PITA (data yang digunakan mengacu data per hari Selasa, 2 September 2015). Deskripsi ini adalah contoh untuk menganalisis biaya KTA. Jika Anda ingin mengajukan KTA, pastikan Anda sudah mempelajari produknya terlebih dahulu.

 

Mari kita bahas satu persatu biayanya.

 

Biaya KTA 1: Bunga KTA

Suku bunga yang dikenakan adalah 1,49% per bulan. Jika dihitung kasar bunga per tahunnya adalah 17,88% per tahun. Dengan tipe bunga adalah tetap (fixed).

Jika Anda melakukan perbandingan, pastikan Anda menghitung pada tipe bunga yang sama. Lakukan perbandingan yang adil atau apple to apple. Misal jika Anda membandingkan KTA ABC dan KTA XYZ, pastikan keduanya memiliki tipe bunga tetap.

 

Biaya KTA 2: Provisi

Pada data di atas tidak tertulis biaya provisi. Jika ada data-data yang kurang jelas sebaiknya kita bertanya. Jangan ragu untuk memastikan biaya-biaya KTA yang akan dikenakan pada kita. Lakukan sebelum TANDA TANGAN.

Biaya provisi dikenakan dengan pemotongan dari jumlah pinjaman. Sederhananya kita sebagai peminjam (debitur) tidak menerima plafond pinjaman KTA secara utuh. Misalnya, pinjaman yang disetujui adalah Rp 5.000.000 dengan biaya provisi Rp 250.000. Saat pencairan, kita hanya akan menerima dana sebesar Rp 5.000.000 – 250.000 = Rp 4.750.000.

 

Perencanaan Keuangan Apapun, Kapanpun, Berapapun - Perencana Keuanagan Independen Finansialku

 

Biaya provisi besarnya berbeda-beda antara bank yang satu dengan bank yang lainnya. Ada bank yang menggunakan persentase, misal biaya provisi 2% dari pinjaman yang disetujui atau biaya tetap, misal provisi sebesar Rp 250.000.

Perhitungan bunga KTA dihitung berdasarkan pinjaman yang disetujui sebelum dipotong biaya provisi. Dalam kasus ini Anda akan dikenai bunga KTA atas uang Rp 5.000.000. Pastikan Anda mengetahui biaya provisi dan biaya-biaya KTA.

 

Biaya KTA 3: Pelunasan Dipercepat

Misal saat ini Anda terpaksa mengambil KTA dan bulan depan Anda mendapat rezeki berlebih untuk dapat melunasi KTA tersebut. Anda akan dikenakan biaya pelunasan dipercepat.

 

Kenali 3 Tipe Modal Bisnis Properti - Uang Orang Lain - Finansialku 

Biaya pelunasan dipercepat adalah biaya yang dikenakan jika peminjam (debitur) melakukan pelunasan lebih cepat dibandingkan kontrak. Misalnya peminjam (debitur) mengambil jangka waktu peminjaman 12 bulan, kemudian baru bulan ke 5, peminjam ingin melunasi hutangnya.

Contohnya, denda pelunasan dipercepat adalah 5% dari sisa pokok pinjaman ditambah cicilan berjalan. Jika seseorang memiliki utang KTA sebesar Rp 5.000.000. Setelah jalan beberapa bulan, sisa pokok utang tinggal Rp 2.500.000. Jika peminjam (debitur) tersebut ingin melunasi, maka peminjam (debitur) harus membayar denda pelunasan dipercepat sebesar:

Rp 2.500.000 + Rp (5% x Rp 2.500.000) = 2.625.000

 

Biaya KTA berupa biaya pelunasan dipercepat, besarnya bervariasi antara bank yang satu dengan bank yang lain.

 

Biaya KTA 4: Keterlambatan Pembayaran

Biaya KTA yang satu ini cukup jelas, jika Anda terlambat membayar Anda akan dikenakan denda.  Pada contoh di atas dikenakan denda sebesar 5% dari tunggakan cicilan dan 100.000.

Contoh jika tunggakan cicilan bulan Agustus adalah Rp 1.000.000. maka biaya keterlambatan pembayaran adalah (5% x Rp 1.000.000) + Rp 100.000 = Rp 150.000. Plus tunggakan cicilan yang belum terbayar.

 

Biaya KTA 5: Biaya Tahunan

Biaya tahunan ini dikenakan jika kita menggambil KTA dengan waktu lebih dari satu tahun. Tahun pertama kita dikenakan biaya provisi. Perlu diingat tidak semua bank menerapkan biaya tahunan. Jadilah pembeli yang cerdas lakukan perbandingan dan informasi lebih detil mengenai produk SEBELUM membeli.

 

Biaya KTA 6: Biaya Asuransi

Biaya KTA yang satu ini memiliki tujuan yang baik, yaitu jika ada sesuatu dengan peminjam (debitur), maka KTA akan dilunasi oleh pihak asuransi. Sederhananya jika peminjam (debitur) meninggal dunia, ahli waris tidak mendapatkan warisan berupa cicilan atau utang. Biaya asuransi adalah biaya pilihan dan tidak semua bank membebankan biaya ini.

Dalam kondisi praktis, kami menyarankan agar mengambil asuransi jika:

  1. perbandingan utang terhadap aset Anda sudah lebih dari 50% dan
  2. perbandingan cicilan utang terhadap penghasilan bersih lebih dari 20%.

 

Kesimpulan

Jadi saat ini Anda sudah mengenal kan 6 biaya KTA.

  1. Bunga
  2. Biaya Provisi
  3. Biaya Pelunasan Dipercepat
  4. Biaya Keterlambatan Pembayaran
  5. Biaya Tahunan
  6. Biaya Asuransi

 

Jadilah konsumen yang cerdas dengan melakukan perbandingan sebelum membeli produk-produk keuangan. Anda hanya cukup menghubungi bank atau membuka situs-situs perbandingan produk-produk keuangan.

 

Image Credit:

  • Shocking People – http://goo.gl/OtAUct

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang