Apa saja cara untuk menghemat uang belanja bulanan? Berikut ini 8 cara menghemat uang belanja bulanan yang dapat Anda terapkan plus ga pake ribet.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

8 Cara Menghemat Uang Belanja yang Ga Pake Repot

Apakah Anda masih ingat, bagaimana caranya agar kita dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga? Coba masih ingat dengan artikel kami sebelumnya, mengenai apa bedanya orang yang mau nurunin berat badan dengan orang yang mau hidup sejahtera?

8 Cara Menghemat Uang Belanja Bulanan (Ga Pake Ribet) Voucher - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya Orang yang Mau Kurus dan Orang Mau Sejahtera?]

 

Yup seperti penjelasan di atas, setidaknya ada dua bagian penting yang harus Anda atur yaitu: memperbesar penghasilan dan mengurangi pengeluaran. Kira-kira apa cara-cara untuk menghemat uang belanja bulanan? Eh ingat ya menghemat bukan berarti pelit ya.

 

[Jawab Quiz: Apakah Anda Termasuk Orang Hemat atau Orang Pelit?]

 

Berikut ini 8 cara menghemat uang belanja bulanan yang ga pake ribet. Yang jelas ada untungnya.

 

Cara Menghemat Uang Belanja #1 : Buat Budget atau Anggaran

Dalam mengelola keuangan, kami sangat menyarankan dan merekomendasikan untuk selalu membuat budget atau anggaran belanja. Membuat anggaran adalah cara yang paling benar dan ampuh untuk mengelola keuangan dari zaman dahulu hingga sekarang. Masih ingatkah Anda amplop sakti milik ibu Anda?

Orang tua zaman dahulu, sering mengelola keuangan dengan manjemen amplop. Mungkin beberapa teman pembaca, tidak pernah mengetahui strategi mengelola keuangan dengan amplop.

 

Mengelola Keuangan Keluarga dengan 31 Amplop

Jadi kita membuat anggaran belanja dengan cara menyiapkan 31 amplop (sesuai dengan jumlah hari). Nah masing-masing amplop dimasukkan uang sejumlah dengan kebutuhan pada hari tersebut. Misal tanggal 8 disiapkan uang untuk bayar uang sekolah anak, tanggal 10 disiapkan uang untuk bayar listrik, telepon, internet dan lainnya

 

Sekarang zaman sudah lebih modern, manajemen amplop kayanya sudah tidak lagi populer. Anda dapat memanfaatkan menu anggaran dalam aplikasi Finansialku untuk membuat anggaran keuangan Anda.

[Baca Juga: Saat Membuat Anggaran Prioritaskan Pengeluaran untuk Tabungan dan Investasi]

 

Usahakan untuk membuat pembayaran otomatis, pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya sudah tetap dan berulang. Dalam aplikasi Finansialku, Anda dapat melakukan pencatatan dengan fitur transaksi berulang. Contoh Anda dapat melakukan transfer otomatis untuk uang sekolah anak, transfer otomatis untuk investasi reksa dana (investasi auto debet).

 

Cara Menghemat Uang Belanja #2 : Fokus pada Barang bukan Merk

Kebanyakan dari orang-orang zaman modern terlalu fokus pada merk dan terkadang melupakan faktor nilai tambah produk dan kemampuan untuk membeli. Ingat satu hal, Anda sudah cukup dewasa untuk menentukan prioritas dalam pengeluaran. Jangan gara-gara gengsi atau social currency, Anda menjadi terledor dan terjerat utang konsumtif.

 

 

Cara Menghemat Uang Belanja #3 : Kenali Trik Menyimpan Bahan Makanan + Buat Daftar Mingguan

Apakah Anda tahu, salah satu pengeluaran besar dan tidak berguna dalam rumah tangga? Yup membuang makanan karena basi. Hal tersebut terjadi karena :

  1. membeli terlalu banyak bahan makanan,
  2. kesalahan dalam cara menyipan,
  3. tidak menggunakan prinsip pertama masuk pertama keluar (first in first out)

 

[Baca Juga: Belajar Hidup Sederhana dari Orang Terkaya No 2, Warren Buffet]

 

Sebenarnya permasalahan tersebut dapat Anda selesaikan dengan cara: membeli bahan-bahan makanan dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak kurang dan tidak lebih. Selain itu Anda juga dapat mempelajari cara penyimpanan yang benar, misal menggunakan lemari beras, lemaris es atau wadah kedap udara. Terakhir Anda sebaiknya memiliki daftar masakan mingguan. Dengan cara – cara tersebut Anda dapat mengurangi membuang bahan makanan dengan mubazir.

 

Cara Menghemat Uang Belanja #4 : Kurangi Belanja dengan Kredit atau Debit

Terkadang kita tergoda untuk berbelanja di luar kebutuhuan jika kita menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Jika Anda perhatikan banyak cara yang dilakukan penjual untuk membuat pembeli terpancing untuk membeli lebih banyak contoh: promo beli 3 dapat 5, mengubah letak rak secara periodik, meletakkan makanan kecil atau minuman di dekat kasir dan lain sebagainya. Jika Anda berbelanja dengan menggunakan uang kontan, Anda akan cenderung membeli barang seperlunya saja.

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Bijak?]

 

Ow ya, terkadang ada bebera supermarket yang memberikan promo diskon jika Anda bertransaksi dengan kartu kredit tertentu. Anda dapat memanfaatkan promo tersebut jika, memang tujuannya untuk mendapatkan keuntungan. Kami sangat tidak menyarankan kredit atau utang belanja bulanan. Boleh belanja bulanan dengan kartu kredit, tetapi Anda harus langsung melunasi tagihan (jangan bayar minimum).

 

Cara Menghemat Uang Belanja #5 : Buat Rencana Belanja dan Catat Pembelian

Selain membuat anggaran, Anda juga disarankan untuk membuat catatan pengeluaran harian. Catatan pengeluaran memiliki banyak sekali manfaat, antara lain Anda dapat mengontrol pengeluaran Anda dan mengecek pengeluaran yang dapat dihemat.

 

Cara Menghemat Uang Belanja #6 : Membandingkan Harga Sebelum Membeli

Sebaiknya beli produk sekaligus dalam jumlah banyak, pilih saja produk ‘istimewa’ dari masing-masing supermarket. Akan lebih baik jika  Anda bersedia mengganti daging dengan produk makanan berprotein, seperti telur atau tahu-tempe. Konsumsi daging memang nikmat namun jika berlebih tidak baik untuk kesehatan dan harganya juga lebih mahal.  Selain itu bandingkan produk yang ingin  Anda beli di beberapa supermarket, misalnya, supermarket A  harga ikannya lebih murah dibanding supermarket B namun tisu, pembersih lantai, gula pasir, terkadang juga diproduksi supermarket dengan harga yang berbeda namun kualitasnya cukup baik dan jelas lebih murah.

 

Cara Menghemat Uang Belanja #7 : Subscribe Website Diskon atau Follow Social Media

Ternyata ada banyak sekali cara untuk mengetahui diskon atau promo harga. Anda dapat follow akun social media dan messenger serta subscribe email di website akun milik supermarket / minimarket tempat Anda biasa berbelanja. Anda juga dapat mencari katalog promosi di website. Contoh:

 

Cara Menghemat Uang Belanja #8 : Gunakan Voucher Belanja + Berburu Diskon

Jurus terkahir dan paling ampuh ada sering-sering melihat voucher belanja. Kita dapat membeli voucher melalui website seperti Lakupon, GroupOn dan LivingSocial. Selain itu Anda juga bisa membeli voucher belanja di Tokopedia atau BukaLapak.com.

 

Jika Anda Bisa Berhemat Artinya Anda Konsumen yang Cerdas

Salah satu tanda konsumen cerdas adalah konsumen yang dapat memprioritaskan pengeluaran, dapat berhemat (bukan pelit) dan dapat mengontrol keuangannya. Apakah Anda termasuk konsumen cerdas?

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Menurut Anda, apakah perlu mengajak anggota keluarga untuk berbelanja bulanan?

 

Image credit:

Household shopping – http://goo.gl/8pcWVh

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku