Rekan bisnis (co-founder) adalah peran yang sangat penting bagi seorang entrepreneur. Kesalahan dalam memilih rekan bisnis (co-founder) akan menjadi penghambat dalam bisnis. Kali ini Finansialku.com akan berbagi 5 cara memilih rekan bisnis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

3 Penilaian dalam Memilih Rekan Bisnis (Co-Founder)

Anda mungkin pernah mendengar istilah rekan bisnis (co-founder) atau “kongsian”? Ada beberapa orang yang lebih suka menjadi entrepreneur tunggal (solo entrepreneur), tetapi saya sendiri lebih suka memiliki rekan bisnis (co-founder). Bukan berarti kalau Anda memiliki rekan bisnis (co-founder), bisnis Anda menjadi lebih mudah. Banyak kasus perusahaan menjadi berantakan, karena kesalahan dalam memilih rekan bisnis (co-founder).

 

Nasehat Jack Ma untuk Entrepeneur Muda - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Nasehat Jack Ma untuk Entrepreneur Muda]

 

Bagi saya, rekan bisnis (co-founder) memiliki peran yang sangat penting. Orang pertama yang saya ajak diskusi mengenai bisnis, adalah rekan bisnis (co-founder). Tidak dipungkiri bahwa saya juga pernah melakukan kesalahan dalam memilih rekan bisnis (co-founder). Ada beberapa pelajaran yang dapat saya ambil ketika memilih rekan bisnis (co-founder):

 

Kecocokan Misi dan Passion

Tahukah Anda, apa yang menjadikan keuntungan utama perusahaan startup dbandingkan dengan perusahaan besar (misal perusahaan yang sudah menjadi perusahaan terbuka – IPO)? Perusahaan startup memiliki mimpi yang besar. Perusahaan startup tidak meributkan masalah angka. Perusahaan startup lahir dari seorang pendiri (founder) yang mempunya passion dan misi.

 

Bagaimana Cara Memilih Rekan Bisnis (Co-Founder) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat memilih rekan bisnis (co-founder) adalah memastikan kecocokan antara misi dan passion. Mengapa demikian? Di waktu yang akan datang, Anda akan bersama-sama dengan rekan bisnis (co-founder) membesarkan perusahaan, menjalankan bisnis, melakukan sesuatu yang wow. Dan itu semua adalah omong kosong, kalau Anda dan rekan bisnis Anda tidak ada kecocokan antara passion dan misi.

Kecocokan misi dan passion bukan berarti Anda tidak boleh berbeda dengan rekan bisnis (co-founder). Tidak mungkin ada dua orang, dua otak yang sama persis. Perbedaan boleh ada, tetapi hal yang paling penting adalah membicarakan ekspetasi, shared value (nilai-nilai yang Anda pegang dan yakini), mimpi besar apa yang akan Anda capai.

Sebisa mungkin dalam memilih rekan bisnis (co-founder) cari orang yang memiliki banyak kesamaan. Pastikan sebelum Anda mulai menjalankan bisnis, Anda perlu duduk bersama, membicarakan tujuan jangka pendek dan tujuan jangka panjang bisnis Anda, serta berada dalam satu tujuan.

 

Saling Menghormati dan Menghargai

Dalam membangun hubungan antara founder dan co-founder perlu ada sebuah sikap saling menghormati dan menghargai. Dalam kenyataannya, saya sering kali memikirkan kembali ide-ide saya, setelah berdiskusi dengan rekan bisnis (co-founder). Begitupula dengan sebaliknya.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Cara Bagi Hasil Bisnis Patungan]

 

Saling Melengkapi

Baik saya maupun rekan bisnis (co-founder) sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam hal apapun juga, misal kemampuan (skill), pengetahuan, pengalamanan, koneksi dan pendanaan. Jangan hanya mencari rekan kerja (co founder) yang hanya memiliki pendanaan.

 Jenis Pendanaan Bisnis Buat Yang Memulai Bisnis Startup - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Jenis-Jenis Pendanaan untuk Perusahaan Startup]

 

Sebagai seorang entrepreneur saya perlu memetakan apa saja kelebihan dan kekurangan saya. Setela itu saya perlu menentukan, kira-kira sosok seperti apa yang dapat bekerja sama dengan saya dan membangun usaha ini bersama. Anda juga dapat menggunakan matrix SWOT (Strength, Weakness, Opportunities and Weakness) untuk membantu memetakan.

 

Kesimpulan

Ingat satu hal: ketika memilih rekan bisnis (co-founder) kita siap berbagi kepemilikan (saham). Jadi pilih orang yang tepat untuk bekerja sama, mewujudkan mimpi dan misi dari perusahaan Anda.

Apakah Anda saat ini sedang memilih rekan bisnis (co-founder)?

Image Credit:

  • Co Founder – http://goo.gl/BOJ5Bp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang