facebook_pixel

Contoh Merencanakan Keuangan dan Memantau Perkembangannya

Apakah Anda pernah merencanakan keuangan, misalnya merencanakan dana untuk pendidikan anak? Kali ini Finansialku akan memperlihatkan, bahwa merencanakan keuangan itu penting untuk semua orang dan dapat dilakukan oleh siapapun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Contoh Merencanakan Keuangan: Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak

Dalam artikel kali ini, Finansialku akan membahas salah satu contoh menghitung, berapa sih yang harus kita investasikan setiap bulannya, untuk menyiapkan biaya kuliah anak?

 Contoh Merencanakan Keuangan dan Memantau Perkembangannya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Menghitung Biaya Pendidikan Anak]

 

Misal: Mama Glory ingin menyiapkan biaya kuliah untuk anak pertamanya, Amora. Saat ini Amora sedang menjalani kelas 9 atau SMP Kelas 3. Kira-kira Amora berusia 14 tahun. Itu artinya 4 tahun lagi Amora akan masuk kuliah. Rencananya Kak Amora ingin dikuliahkan di kampus swasta di kota Bandung. 

Perkiraan biaya pendaftaran, uang gedung dan lain-lain sekitar Rp 30.000.000. Biaya per semesternya saat ini kurang lebih Rp 7.200.000 (kurang lebih sebulannya Rp 1.200.000). Kenaikan biaya pendidikan sebesar 10% per tahun. Kira-kira berapa yang harus diinvestasikan Mama Glory untuk menyiapkan biaya kuliah Amora? 

 

Contoh Merencanakan Keuangan dan Memantau Perkembangannya - Dana Pendidikan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Kalkulator Dana Pendidikan

 

Kesimpulan perhitungan:

Kekurangan dana pendidikan yang diperlukan Amora adalah Rp 141.769.388. Anda perlu berinvestasi sebesar Rp 26.484.855 per tahun (atau Rp 2.292.711 per bulan) dengan asumsi hasil investasi 12% per tahun.

 

Setelah Berhitung, Apa Langkah Selanjutnya?

Setelah tahu kesimpulan di atas, apa yang harus dilakukan Mama Glory? Nah selanjutnya Mama Glory harus berinvestasi di produk-produk keuangan. Mama Glory harus cari produk investasi yang dapat memberikan hasil sebesar 12% per tahun. Apakah ada produk keuangan seperti itu? Jawabannya ada banyak, salah satunya adalah investasi reksa dana.

Lakukan investasi secara berkala, setiap bulannya sebesar Rp 2.292.711 atau dibuletin aja jadi Rp 2.300.000 per bulan. Mama Glory juga dapat melihat yang awalnya, biaya pendidikan Amora masih kurang Rp 141.769.388 (gambar A) menjadi terpenuhi 100% (gambar B).

 

Contoh Merencanakan Keuangan dan Memantau Perkembangannya - Awal - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Gambar A

Contoh Merencanakan Keuangan dan Memantau Perkembangannya - Hasil - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Gambar B

 

Perhitungan yang dilakukan Mama Glory, juga bisa Anda lakukan. Anda juga dapat mulai merencanakan biaya kuliah Anak Anda. Tapi ingat setelah Anda tahu berapa yang harus diinvestasikan, Anda harus disiplin dalam berinvestasi. Investasi yang dilakukan sesuai dengan rencana keuangan, memiliki peluang keberhasilan lebih tinggi, dibandingkan investasi tanpa rencana.

[Baca Juga: Berinvestasi Sesuai dengan Rencana Keuangan]

 

Bicara Investasi, Ada yang Otomatis Tidak ya?

Pertanyaan di atas, Ada ga sih investasi yang otomatis biar ga repot? Jawabannya ada, investasi reksa dana online dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan fitur auto debet. Untuk informasi lebih lanjut mengenai reksa dana auto debet, Anda dapat membaca penjelasan berikut.

 

[Baca Juga: Mama Sudah Daftar Auto Debet Reksa Dana]

 

Jadi, Merencanakan Keuangan itu Penting atau Sangat Penting?

Setelah Anda membaca dan melihat simulasi perhitungan di atas, Anda sudah memiliki gambaran bagaimana proses perencanaan keuangan itu berjalan. Proses perencanaan keuangan, juga dapat dilakukan untuk memenuhi tujuan keuangan yang lain, seperti membeli rumah, kendaraan, dana hari tua dan lain sebagainya.

 

Menurut Anda, apakah merencanakan keuangan itu penting atau sangat penting?

 

Sumber Gambar:

  • Woman on Laptop – http://goo.gl/CCVgeB

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

By | 2016-11-29T10:59:41+00:00 February 10th, 2016|Categories: Dana Pendidikan, Tujuan Keuangan|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download