Finansialku Perencana Keuangan Independen https://www.finansialku.com Konsultasi Perencanaan Keuangan Keluarga dan Individu Wed, 26 Jul 2017 05:00:49 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.7.5 11 Entitas Dihentikan OJK, First Travel Termasuk Didalamnya Apa Karena Skema Ponzi? https://www.finansialku.com/11-entitas-dihentikan-ojk-first-travel/ https://www.finansialku.com/11-entitas-dihentikan-ojk-first-travel/#respond Wed, 26 Jul 2017 05:00:49 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38867 Siapa yang tidak mengenal salah satu biro perjalanan Umroh First Travel, setelah banyaknya calon jemaah Umroh yang tidak kunjung diberangkatkan. Namanya kembali mencuat saat OJK membekukan aktivitas kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan tanpa izin. Kali ini, Finansialku akan membahas mengenai berita tersebut   Rubrik Finansialku   Biro Perjalanan First Travel Dihentikan Seorang Muslim pasti

The post 11 Entitas Dihentikan OJK, First Travel Termasuk Didalamnya Apa Karena Skema Ponzi? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Siapa yang tidak mengenal salah satu biro perjalanan Umroh First Travel, setelah banyaknya calon jemaah Umroh yang tidak kunjung diberangkatkan. Namanya kembali mencuat saat OJK membekukan aktivitas kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan tanpa izin. Kali ini, Finansialku akan membahas mengenai berita tersebut

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Biro Perjalanan First Travel Dihentikan

Seorang Muslim pasti menginginkan untuk pergi Umroh, namun bagaimana jika biro perjalanan yang Anda pilih tidak tepat bahkan sampai menipu Anda? Karena faktanya ada saja biro perjalanan nakal yang menggunakan kesempatan ini untuk menipu banyak orang. Satu biro perjalanan yang dibekukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah PT First Anugerah Karya Wisata First Travel.

11 Entitas Dihentikan OJK, First Travel Termasuk Didalamnya Apa Karena Skema Ponzi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Skema Ponzi Modus Klasik Investasi Bodong]

 

Perhentian kegiatan usaha tersebut dimulai pada 18 Juli 2107, sebelumnya OJK sudah mengundang perwakilan dari 11 entitas yang bermasalah dan 11 entitas itu adalah:

  1. PT Akmal Azriel Bersaudara
  2. PT First Anugerah Karya Wisata/First Travel
  3. PT Konter Kita Satria
  4. PT Maestro Digital Komunikasi
  5. PT Global Mitra Group
  6. PT Unionfam Azaria Berjaya/Azaria Amazing Store
  7. 4Jovem/PT Pansaky Berdikari Bersama
  8. Car Club Indonesia/PT Carklub Pratama Indonesia
  9. Koperasi Budaya Karyawan Bank Bumi Daya Cabang Pekanbaru
  10. PT Maju Mapan Pradana/Fast Furious Forex Index Commodity/F3/FFM
  11. PT CMI Futures, salah satunya adalah First Travel.

 

Dari kesebelas entitas yang paling mencolok adalah perusahaan biro perjalanan PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel). Setelah sebelumnya banyak orang berbondong-bondong meminta hak mereka untuk segera berangkat Umroh. First Travel dibekukan karena diduga melakukan penipuan dengan Skema Ponzi.

Di kutip dari laman Detik, Ketua Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi (Satgas Waspada Investasi), Tongam L. Tobing, menyatakan OJK menghentikan kegiatan penghimpunan dana untuk paket promo Umroh. Dalam promo ini, paket Umroh dipatok dengan harga Rp14,3 juta padahal dari Kementerian Agama biaya Umroh mencapai Rp21 juta hingga Rp22 juta.

11 Entitas Dihentikan OJK, First Travel Termasuk Didalamnya Apa Karena Skema Ponzi 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Penipuan Investasi dengan Skema Ponzi]

 

Tongam mengatakan, First Travel mengaku awalnya memberikan subsidi kepada jemaah. Namun, akibat subsidi ini pihak travel akhirnya merekrut jemaah baru untuk membiayai dan memberangkatkan jemaah yang sudah bayar. Tongam meminta First Travel segala menyelesaikan masalah dengan nasabahnya, dan diminta untuk menghentikan penawaran perjalanan Umroh promo sebesar Rp14,3 juta.

 

Siapakah Orang Dibalik First Travel?

Siapa yang tidak mengenal salah satu biro perjalanan Umroh First Travel, setelah banyaknya calon jemaah Umroh yang tidak kunjung diberangkatkan, namanya kembali mencuat saat OJK membekukan aktivitas kegiatan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan tanpa izin 11 entitas dan salah satunya adalah biro perjalanan First Travel.

Lalu siapa orang dibalik biro perjalanan ini ? Bisnis perjalanan Umroh ini dibangun oleh pasangan suami istri Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan. Berawal dari penjual pulsa hingga burger di pinggir jalan akhirnya pasangan suami istri ini berhasil membuat sebuah bisnis biro perjalanan.

Ada-ada Aja Penipuan Pakai Skema Bisnis Agrobisnis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ada-ada Aja Penipuan Pakai Skema Bisnis Agrobisnis]

 

Dikutip dari laman Liputan 6, Anniesa menuturkan, ide membuka agen perjalanan Umroh bermula dari cibiran hingga kecemburuan tetangga saat dia berjalan pulsa dan burger dipinggir jalan. Andika pun mengawali karier sebagai penjaga minimarket, karyawan bank honorer dan lainnya.

Dengan menggadai rumah Almarhum sang ayah, dengan biaya yang sangat besar pasangan ini membuat CV First Karya Utama pada 1 juli 2009.

Meski sempat menemui kesulitan, Andika dan Anniesa bangkit dari keterpurukan. Pada 2011, keduanya giat menyebar dan menawarkan jasa perjalanan Umroh ke berbagai instansi ataupun perorangan di seluruh Indonesia.

Bahkan, jasa penawaran mereka mendapat sambutan dari sejumlah karyawan PT Pertamina (Persero) pada 2012. Pelayanan memuaskan membuat First Travel dikenal lewat mulut ke mulut sehingga dipercaya ke korporat dan lembaga keuangan.  

Skema Ponzi Modus Klasik Investasi Bodong - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Para Investor, Hati-Hati dengan Penipuan Ponzi Berkedok Multi Level Marketing (MLM)]

 

Pasangan yang belum pernah melakukan perjalanan Umroh ini, dengan nekat membawa jemaahnya berangkat Umroh. Meski demikian, Andika dan Anniesa pun menempatkan First Travel sebagai agen perjalanan Umroh profesional yang berpengalaman, karena membawa ratusan bahkan ribuan jemaah pergi ke Tanah Suci untuk melakukan ibadah Haji kecil.

Jumlah jemaah yang diberangkatkan pun semakin naik signifikan. Bahkan biro perjalanan ini dipercaya memberangkatkan hingga 14.700 jemaah pada 2014. Andika pun menargetkan 35.000 orang jemaah diberangkatkan ke Tanah Suci pada 2015. First Travel pun sempat mendapatkan rekor MURI pada akhir 2014.

First Travel melayani perjalanan Umroh reguler dan five star serta Haji. Selain itu, Andika menuturkan, First Travel memiliki program promo bagi orang-orang yang mempunyai keterbatasan materi. Artinya, ada harga khusus yang menyasar segmen ini tanpa mengambil keuntungan sepeser pun.

Tips Mencermati Tawaran Investasi Bodong

[Baca juga: Tips Mencermati Tawaran Investasi Bodong]

 

Namun pada April 2017, terjadi penurunan kredibilitas dari First Travel, banyak jemaah yang terlantar dan keberangkatannya diundur dan klimaks akhirnya dengan dibekukannya kegiatan First Travel oleh Otoritas jasa Keuangan (OJK) perihal pemungutan dana kepada jemaahnya.

 

Membuat Surat Pernyataan

Dikutip dari laman Detik, dalam menyelesaikan permasalahan ini, pihak manajemen First Travel membuat surat pernyataan yang berisikan sebagai berikut:

  1. First Travel menghentikan pendaftaran jemaah Umroh baru untuk program promo.
  2. First Travel akan memberangkatkan jemaah Umroh setelah musim Haji, yaitu bulan November dan Desember 2017 masing-masing sebanyak 5.000 sampai 7.000 jemaah per bulan. Perusahaan ini akan menyampaikan timeline/jadwal keberangkatan jemaah Umroh kepada Satgas Waspada Investasi selambat-lambatnya pada bulan September 2017. Untuk keberangkatan bulan Januari 2018 dan seterusnya, First Travel akan menyampaikan jadwal keberangkatan kepada Satgas Waspada Investasi pada bulan Oktober 2017.
  3. Dalam hal terdapat permintaan pengembalian dana/refund dari peserta, pelaksanaannya dilakukan dalam waktu 30 sampai dengan 90 hari kerja.
  4. First Travel segera menyampaikan data-data jemaah Umroh yang masih menunggu keberangkatan kepada Satgas Waspada Investasi untuk pemantauan dan kepada Kementerian Agama Republik Indonesia dalam rangka pembinaan

 

Hati-Hati Penipuan Investasi Berkedok Harta Karun Soekarno 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-Hati Investasi Bodong, Berkedok Investasi Emas]

 

Pasca-keputusan Satgas Waspada Investasi ini, Andika berjanji akan memperbaiki manajemen internal First Travel untuk mengembalikan lagi kredibilitas perusahaan dan kepercayaan masyarakat. Caranya dengan memberangkatkan jemaah Umroh yang selama ini tertunda.

 

Hati-hati Dalam Memilih Biro Perjalanan

Sebagai masyarakat awam, sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam memilih biro perjalanan, terlebih jika itu perjalanan Umroh ataupun Haji. Jangan mudah tergoda dengan penawaran promo dengan harga murah karena mungkin itu sebenarnya jebakan yang dibuat oknum-oknum tertentu dalam menjebak konsumennya.

 

Apa tanggapan Anda pada artikel ini? Silakan beri komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. First Travel Ditutup Karena Gunakan Skema Ponzi? Ini Penjelasan OJK. Bareksa.com – https://goo.gl/BQUqYs
  • Fiki Ariyanti.23 Jul 2017. Dilarang Beroperasi oleh OJK, Siapa Pemilik First Travel? Liputan6.com – https://goo.gl/pPBWev
  • Idealisa Masyrafina. 23 Juli 2017. Gali Lubang Tutup Lubang Dana Umrah First Travel. Republika.com – https://goo.gl/GJFLB3
  • Sylke Febrina Laucereno. 24 Jul 2017. First Travel Ditutup Karena Kumpulkan Uang Pakai Skema Ponzi. Detik.com – https://goo.gl/8ykdKh

 

Sumber Gambar:

  • Kantor First Travel – https://goo.gl/mnnnJq
  • Nasabah – https://goo.gl/62dt6B
  • First Travel – https://goo.gl/aD8xTW

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post 11 Entitas Dihentikan OJK, First Travel Termasuk Didalamnya Apa Karena Skema Ponzi? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/11-entitas-dihentikan-ojk-first-travel/feed/ 0
Ini Dia Cara Menghasilkan Uang Dengan Cepat & Cara Yang Benar! Ayo Ketahui Caranya! https://www.finansialku.com/cara-menghasilkan-uang-dengan-cepat/ https://www.finansialku.com/cara-menghasilkan-uang-dengan-cepat/#respond Wed, 26 Jul 2017 04:00:33 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38782 Bagaimanakah cara menghasilkan uang dengan cara cepat dan benar? Ayo simak ulasan berikut ini untuk mengetahui berbagai cara mendapatkan uang dengan cepat namun tetap dengan cara yang benar dan halal. Selamat membaca dan terinspirasi!   Rubrik Finansialku   Semua Orang Butuh Uang Tidak dipungkiri lagi bahwa semua orang pasti membutuhkan uang karena uang adalah alat

The post Ini Dia Cara Menghasilkan Uang Dengan Cepat & Cara Yang Benar! Ayo Ketahui Caranya! appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Bagaimanakah cara menghasilkan uang dengan cara cepat dan benar? Ayo simak ulasan berikut ini untuk mengetahui berbagai cara mendapatkan uang dengan cepat namun tetap dengan cara yang benar dan halal. Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Semua Orang Butuh Uang

Tidak dipungkiri lagi bahwa semua orang pasti membutuhkan uang karena uang adalah alat tukar yang sah sehingga bisa digunakan untuk membeli barang/jasa yang diperlukan untuk kebutuhan hidup sehari-hari.

Apakah penghasilan yang Anda hasilkan setiap bulannya cukup bagi Anda? Pertanyaan ini agaknya memunculkan jawaban yang relatif karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Tentu apabila ditanya, “Puaskah Anda dengan gaji yang Anda terima?” Karena sifat dasar manusia yang tidak pernah mudah dipuaskan, tentu hampir semua orang akan menjawab belum puas.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan uang di samping pekerjaan tetap kita sehari-hari dan dengan cara yang relatif cepat namun tetap dalam koridor yang benar, dalam artian halal?

Ini Dia Cara Menghasilkan Uang Dengan Cepat & Cara Yang Benar! Ayo Ketahui Caranya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga]

 

Cara Cepat & Benar Mendapatkan Uang (Cara Menghasilkan Uang)

Berikut ini tim Finansialku akan membahas beberapa tips praktis cara menghasilkan uang dengan cepat dan dengan cara yang benar.

 

#1 Buka Garage Sale

Cara ini dapat Anda lakukan dengan mengumpulkan setiap barang bekas yang masih layak pakai dan Anda jual melalui event garage sale yang Anda upayakan sendiri. Anda dapat membuka lapak Anda di halaman rumah Anda dan menata setiap barang bekas layak pakai yang dapat dibeli orang tetangga atau orang yang melewati rumah Anda. Biasanya harga barang yang dapat Anda cantumkan adalah 25% dari harga beli. Jarang yang dapat mematok harga lebih dari 50% dari harga jual, kecuali barang tersebut adalah barang antik.

Sebelum membuka event garage sale, tentu saja Anda perlu meminta izin terlebih dahulu kepada ketua RT atau RW di lingkungan rumah Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

#2 Berjualan Makanan dan Minuman

Setiap orang pasti membutuhkan makanan dan juga minuman. Namun, hal ini pun tergantung selera orang. Anda dapat membuka toko di depan rumah Anda dan berjualan berbagai makanan dan minuman ringan atau bahkan berbagai kebutuhan keluarga lainnya. Hal ini akan sangat menguntungkan apabila Anda tinggal di komplek perumahan yang cukup jauh untuk mencapai toko swalayan.  

Bagi Anda yang hobi memasak, manfaatkan kesenangan Anda dengan cara yang positif bahkan bisa menghasilkan pendapatan tambahan bagi Anda. Anda juga dapat mengembangkan keahlian dan pengetahuan dengan belajar cita rasa masakan dari berbagai daerah. Kini bisnis kuliner dan café cukup menjadi perhatian khusus dan digandrungi oleh para pengusaha start up.

Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda 08 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Hidup Bahagia dan Sejahtera di Usia 30an? Cek Keuangan Pribadi Sekarang!]

 

#3 Jadi Guru Les Private

Bagi Anda yang memiliki talenta dalam mengajar, tidak ada salahnya jika membuka jasa les pelajaran secara private atau kelompok. Anda dapat membuka rumah Anda menjadi tempat belajar bagi anak-anak les yang tinggal di dekat rumah Anda.

Apabila Anda memiliki keahlian dalam hal musik atau bahasa, Anda dapat menawarkan jasa Anda untuk les private dengan mendatangi rumah anak les. Les musik yang biasanya digandrungi antara lain, piano, gitar, drum dan lain sebagainya sesuai talenta Anda dan permintaan dari calon murid. Manfaatkan hobi dan talenta Anda untuk sesuatu yang dapat menghasilkan pundi-pundi tambahan bagi Anda.  

 

#4 Menjadi Content Writer atau Translator

Menjadi penulis artikel yang bekerja secara freelance juga dapat menjadi alternatif. Anda dapat mencari berbagai informasi dari internet untuk setiap lapangan pekerjaan freelance ini. Anda dapat menentukan waktu untuk menyelesaikan tugas artikel sebelum deadline yang ditentukan. Apabila Anda mahir dalam bahasa asing, Anda bisa menjadi translator dengan cara  menerjemahkan buku atau artikel. Pekerjaan jenis ini dapat menambah wawasan Anda karena Anda mendapatkan banyak informasi dari setiap konten referensi yang akan Anda tulis.

 

#5 Mengumpulkan Rambut

Jenis pekerjaan ini tergolong unik karena mengumpulkan rambut manusia untuk dijual kepada suatu penadah yang akan membuat rambut palsu atau wig. Bayarannya pun lumayan. Anda bisa mendapatkan setidaknya Rp700 ribu untuk satu kilogram rambut dengan panjang di atas 50cm. Anda hanya perlu berkeliling ke tiap salon untuk membeli sisa-sisa rambut para konsumen dan menjualnya kepada penadah rambut.

Ini Dia Cara Menghasilkan Uang Dengan Cepat & Cara Yang Benar! Ayo Ketahui Caranya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ketahuilah Bagaimana Cara Menciptakan Peluang Usaha agar Sukses dan Kaya]

 

#6 Berjualan secara Online

Berkembangnya teknologi dan media sosial dapat menjadi salah satu media untuk berjualan dan menghasilkan uang. Sudah banyak orang yang mencobanya untuk menjual barang dagangan mereka melalui berbagai akun sosial media yang biasanya dipakai oleh sebagian besar orang. Dengan cara online, Anda bisa mendapatkan calon konsumen dari belahan bumi lainnya yang mengakses media sosial tersebut dan melihat barang dagangan Anda.

 

#7 Menjual Buku dan Pakaian Bekas

Apabila Anda tidak tertarik untuk membuka garage sale, Anda dapat menjual barang-barang bekas Anda kepada penadah. Berbagai barang elektronik bekas Anda juga dapat diuangkan kembali disamping buku-buku dan juga pakaian yang layak pakai yang dapat Anda jual kepada tukang loak.

Apabila Anda suka mengumpulkan koran dan botol bekas di rumah, Anda dapat menjualnya juga kepada tukang loak walaupun terkadang hasilnya tidak seberapa. Namun semakin banyak dan semakin berat, maka uang yang Anda dapatkan juga semakin besar kan?

 

#8 Bergabung dengan Group Band Penyanyi Café

Bagi Anda yang senang bermusik dan memiliki tim atau group band, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan menjual jasa kepada restoran atau café sehingga Anda dapat manggung dan menghibur setiap konsumen di restoran atau café tersebut. Bayaran yang didapat memang tergantung dari café atau resto yang Anda layani.

Tahukah Anda Eka Gustiwana yang sukses dalam karier musiknya? Ia mengawali kariernya dari penyanyi café keliling dengan penghasilan yang lumayan. Banyak juga penyanyi café lainnya yang mendapat peluang menjadi penyanyi (artis) dalam dunia hiburan.

Ini Dia Cara Menghasilkan Uang Dengan Cepat & Cara Yang Benar! Ayo Ketahui Caranya! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Hati-Hati Keuangan Berantakan Karena Lupa Membayar Tagihan Rutin]

 

Kerja dari Hobi pasti Happy

Setiap tips di atas dapat Anda lakukan untuk membantu menambah jumlah pundi-pundi Anda. Pekerjaan yang menyenangkan adalah pekerjaan yang berawal dari hobi. Kembangkan hobi Anda dan cari peluang usaha melalui hobi yang Anda gemari. Biasanya pekerjaan yang berawal dari hobi tidak akan terlalu membawa beban berat karena kita akan merasa enjoy.

 

Pekerjaan sampingan seperti apakah yang Anda lakukan untuk menambah jumlah pundi-pundi penghasilan Anda? Berikan tanggapan dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 12 Desember 2014. Bisnis Jual Beli Potongan Rambut yang Menggiurkan. Detik.com – https://goo.gl/VveyQb
  • Ramit Sethi. How To Make Money Fast. Iwillteachyoutoberich.com – https://goo.gl/RVvZW3
  • Detik Finance. 25 Juni 2012. 9 Cara ‘Ajaib’ Dapat Uang Cepat. Detik.finance.com – https://goo.gl/1GWEYK
  • Eko Sri Suharyanto. 17 November 2016. 7 TRIK JITU CARA CEPAT DAPAT UANG. Uangteman.com – https://goo.gl/LyKggJ
  • Vina A Muliana. 29 Des 2016. 5 Cara Cepat Dapat Uang Tambahan di 2017. Liputan6.com – https://goo.gl/8SngkP

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menghasilkan Uang – https://goo.gl/B8CMXs dan https://goo.gl/gff8SM
  • Usaha Membuat Rambut Palsu – https://goo.gl/yLLqAQ
  • Penyanyi Café – https://goo.gl/dpfVPU

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post Ini Dia Cara Menghasilkan Uang Dengan Cepat & Cara Yang Benar! Ayo Ketahui Caranya! appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/cara-menghasilkan-uang-dengan-cepat/feed/ 0
Aplikasi Finansialku: Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi? https://www.finansialku.com/keuntungan-investasi-hingga-2x-lipat/ https://www.finansialku.com/keuntungan-investasi-hingga-2x-lipat/#respond Wed, 26 Jul 2017 03:49:26 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38855 Ingin punya keuntungan investasi hingga 2x lipat dari modal, kapan bisa terjadi? Investasi dapat memberikan keuntungan lebih tanpa Anda perlu bekerja menukarkan waktu, tenaga dan pikiran dengan uang. Kapan Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 2x lipat dari modal investasi yang digunakan?   Rubrik Finansialku   Keuntungan Investasi Berlipat Ganda Siapa yang tidak ingin mendapatkan keuntungan

The post Aplikasi Finansialku: Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Ingin punya keuntungan investasi hingga 2x lipat dari modal, kapan bisa terjadi? Investasi dapat memberikan keuntungan lebih tanpa Anda perlu bekerja menukarkan waktu, tenaga dan pikiran dengan uang. Kapan Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 2x lipat dari modal investasi yang digunakan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Keuntungan Investasi Berlipat Ganda

Siapa yang tidak ingin mendapatkan keuntungan besar? Jika Anda berencana mulai berinvestasi, pasti satu hal yang ada di pikiran setiap orang adalah:

“Saya ingin mendapatkan keuntungan dari investasi ini”

 

Bukankah Anda juga berpikir demikian? Tentu akan menyenangkan jika Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa perlu menukarkan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan terkadang perasaan untuk mendapatkan uang. Dengan berinvestasi, uanglah yang bekerja dan menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Setiap produk investasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari risiko hingga return investasinya. Setiap investor pun memiliki karakteristik dan pilihan yang berbeda-beda. Pilihan produk investasi juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk tujuan keuangan seperti apa investasi ini akan digunakan? Apakah jangka pendek, menengah atau jangka panjang?

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Investasi untuk Mahasiswa yang Penting untuk Kamu Ketahui]

 

Tidak semua orang mampu memahami dan menggunakan produk investasi saham. Bisa jadi saham dianggap terlalu berisiko bagi sebagian orang, sehingga mereka memilih investasi yang lebih stabil, misalnya seperti logam mulia. Namun tidak semua orang cukup puas dengan keuntungan yang dihasilkan investasi logam mulia atau reksa dana pasar uang yang relatif kecil.

Lalu bagaimana jika ingin keuntungan investasi mencapai 2 kali lipat dari modal awal yang digunakan? Apakah hal ini mungkin terjadi? Tentu saja memungkinkan.

Ada berbagai produk investasi yang berpotensi memberikan keuntungan dalam jumlah yang sangat besar. Misalnya saja saham, reksa dana saham, bahkan investasi properti pun juga berpotensi memberikan keuntungan besar. Namun Anda harus menyesuaikan jangka waktu investasi, risiko investasi serta perkiraan return investasi dalam satu tahun.

 

Berapa Lama Modal Investasi Anda akan Bertambah Menjadi 2x Lipat?

Coba bayangkan jika Anda memiliki uang sebesar Rp100 juta. Uang ini diinvestasikan dan kemudian menghasilkan keuntungan sebesar 100%. Sehingga dana investasi Anda berlipatganda menjadi Rp200 juta. Tentunya keuntungan ini sangat menggiurkan. Tetapi berapa lama dana investasi Anda bisa berlipatganda seperti ini?

Ada cara yang mudah untuk menghitung berapa lama dana investasi Anda akan berlipatganda, yaitu dengan menggunakan aturan 72. Apa sih aturan 72?

Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan?]

 

Aturan 72 merupakan cara perhitungan kasar untuk mengetahui berapa lama uang yang Anda investasikan akan bertambah menjadi 2x lipat. Perhitungan kasar ini berarti secara matematis angka yang dihasilkan tidak 100% akurat. Namun secara kasar angka hasil perhitungan aturan 72 akan mendekati angka akurat.

Jangka waktu untuk melipatgandakan uang Anda bergantung penuh pada berapa return dari produk investasi yang Anda gunakan. Semakin tinggi return investasi maka akan semakin cepat dana investasi Anda bertambah menjadi 2 kali lipat.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai aturan 72 untuk menghitung kapan dana investasi Anda bertambah menjadi 2 kali lipat, Anda dapat membaca artikel berikut ini:

Bagaimana Cara Memulai Investasi Pertama Untuk Saya Fresh Graduate 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Aturan 72 dalam Investasi?]

 

Cara yang (Bahkan) Lebih Mudah

Aturan 72 adalah cara yang sederhana untuk menghitung berapa lama dana investasi Anda akan berlipatganda. Namun ada cara yang lebih mudah untuk menghitungnya, yaitu dengan menggunakan aplikasi keuangan Finansialku. Di dalam aplikasi Finansialku terdapat fitur menghitung jangka waktu dana investasi berlipatganda dengan aturan 72.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan aturan 72 pada aplikasi Finansialku:

 

Langkah #1

Masuk ke aplikasi keuangan Finansialku, pilih menu Investasi.

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Hati-Hati Keuangan Berantakan Karena Lupa Membayar Tagihan Rutin]

 

Langkah #2

Pilih menu Investasi72

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Kalau Ingin Keuangan Keluarga Teratur, Gunakan Anggaran Ini Dengan Aplikasi Finansialku]

 

Langkah #3

Masukkan berapa perkiraan hasil investasi Anda selama 1 tahun. Misalnya Anda ingin mengetahui berapa lama uang Anda yang disimpan pada produk deposito dengan return 5% akan meningkat menjadi 2 kali lipat.

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 05 - Finansialku

[Baca Juga: Yakin Anda Memiliki Keuangan yang Sehat? Yuk Coba Financial Health Check Up dari Aplikasi Finansialku]

 

Langkah #4

Berdasarkan perhitungan Aturan 72, uang Anda baru akan bertambah menjadi 2 kali lipat setelah 14,4 tahun jika diinvestasikan pada produk dengan return sebesar 5% per tahun.

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 06 - Finansialku

[Baca Juga: Aplikasi Finansialku: Ini Cara Mudah Mengatur Keuangan Bulanan Keluarga (Menu Transaksi)]

 

14,4 tahun adalah waktu yang cukup panjang. Jika Anda ingin uang berlipatganda dalam waktu yang lebih singkat maka Anda harus menggunakan produk investasi yang memberikan return lebih besar. Semakin besar return investasi maka akan semakin cepat dana berlipatganda. Yuk kita coba kerjakan quiz sederhana berikut ini:

 

Quiz:

Dana investasi = Rp10 juta

Produk investasi Reksa Dana Pasar Uang = Return 6% per tahun

Produk investasi Saham PT ABC Tbk = Return 15% per tahun

Investasi mana yang akan membuat dana investasi berlipatganda lebih dahulu? Mari kita hitung dengan aplikasi Finansialku berikut ini:

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 07 - Finansialku

Aplikasi Finansialku Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi 08 - Finansialku

[Baca Juga: DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku]

 

Berdasarkan perhitungan, jika menggunakan reksa dana pasar uang dengan return 6% per tahun maka uang sebesar Rp10 juta akan meningkat menjadi Rp20 juta dalam jangka waktu 12 tahun. Sementara jika menggunakan investasi saham dengan return 15% per tahun maka uang tersebut akan berlipatganda dalam waktu 4,8 tahun.

 

Keuntungan Berlipatganda Harus Diperhitungkan

Berapa lama dana investasi Anda akan meningkat menjadi 2 kali lipat? Jangka waktu ini dapat diperhitungkan dengan menggunakan fitur Investasi72 pada aplikasi Finansialku. Anda dapat menjadikan perhitungan ini sebagai salah satu referensi ketika memilih produk investasi yang akan digunakan.

 

Apa produk investasi yang Anda miliki saat ini? Berapa besar keuntungannya setiap tahun? Yuk coba hitung kira-kira berapa lama lagi uang Anda akan berlipatganda dengan menggunakan aplikasi Finansialku.

 

Sumber Gambar:

  • Berjabat Tangan – https://goo.gl/GrLWng
  • Look Out of Windows – https://goo.gl/6ycG99

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post Aplikasi Finansialku: Ingin Punya Keuntungan Investasi Hingga 2x Lipat, Kapan Bisa Terjadi? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/keuntungan-investasi-hingga-2x-lipat/feed/ 0
Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses https://www.finansialku.com/fresh-graduate-panduan-keuangan-hidup-sukses/ https://www.finansialku.com/fresh-graduate-panduan-keuangan-hidup-sukses/#respond Wed, 26 Jul 2017 03:00:22 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38772 Halo para fresh graduate! Ingin hidup sukses? Tentu saja perlu direncanakan dari sekarang terutama mengenai keuanganmu. Berikut ini panduan keuangan untuk hidup sukses yang dapat kamu terapkan dari sekarang mumpung baru lulus dan belum banyak tanggungan serta beban hidup. Selamat mempersiapkan langkah-langkah suksesmu!   Rubrik Finansialku   Congrats for All Fresh Graduaters – Apa Rencanamu

The post Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Halo para fresh graduate! Ingin hidup sukses? Tentu saja perlu direncanakan dari sekarang terutama mengenai keuanganmu. Berikut ini panduan keuangan untuk hidup sukses yang dapat kamu terapkan dari sekarang mumpung baru lulus dan belum banyak tanggungan serta beban hidup. Selamat mempersiapkan langkah-langkah suksesmu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Congrats for All Fresh Graduaters – Apa Rencanamu Selanjutnya?

Hellow para fresh graduate! Bagaimana hasil kelulusan kalian? Apakah sudah mencapai hasil yang memuaskan? Sebelum membahas lebih lanjut, Tim Finansialku mengucapkan selamat atas kelulusan kalian para fresh graduater!

Lalu, setelah lulus dan menerima ijazah dan berpesta wisuda melepas masa SMA atau kamu yang sudah lulus kuliah bersama teman-teman lulusan lainnya dan juga keluarga, apa yang menjadi rencana kalian ke depan?

Apakah kalian mau mencari tempat kuliah yang sesuai dengan minat kalian – bagi lulusan SMA? Sekolah di dalam negeri atau sekolah di luar negeri?

Atau melanjutkan kuliah S2 – bagi lulusan kuliah?

Apakah kalian akan mencoba peruntungan untuk langsung bekerja? Atau kalian ingin bekerja sambil berkuliah?

Apakah kalian akan meneruskan usaha keluarga yang sudah berjalan turun temurun? Atau mungkin ingin mencoba membuka usaha start up sendiri?

Atau mungkin akan menikah muda karena ada warisan dari keluarga?

 

Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Membuat Profil LinkedIn Tampak Profesional dan Dilirik Para Pencari Kerja untuk Karyawan dan Fresh Graduate]

 

Semua itu bisa saja menjadi pilihan kalian, para fresh graduater! Tapi, setiap pilihan kalian itu juga harus pertimbangkan yang matang terutama dalam perencanaan keuangannya.

Bayangkan jika kalian ingin kuliah tetapi biaya untuk beberapa semester ke depan belum cukup, bisa jadi kalian putus kuliah di tengah jalan. Walaupun ada orangtua yang masih bisa membiayai kalian, tentu kalian akan merasa lebih bangga jika kalian bisa membiayai uang kuliah kalian secara swadaya kan?

Jika pilihan kalian mau membuka usaha start up, tentu saja perlu modal dan perencanaan keuangan yang matang, demikian juga bila ingin menikah muda. Ingat guys bahwa menikah itu biayanya mahal karena kita tidak bisa hidup hanya bermodalkan cinta kan?

 

Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses!

Melalui artikel berikut ini, Tim Finansialku ingin menolong kamu untuk melakukan perencanaan keuangan melalui beberapa tips dan panduan keuangan yang praktis untuk hidup sukses. Tentu kamu juga ingin sukses kan? Mari simak beberapa tips berikut ini!

 

#1 Selalu Prioritaskan Menabung

Tips yang pertama ini adalah hal yang harus diprioritaskan apabila kamu ingin sukses. Setiap uang kamu terima, baik dari orangtua atau pun bagi kalian yang sudah menerima gaji bulanan dari pekerjaan kalian, selalu ingat untuk memprioritaskan tabungan – bukan menyisihkan!

 

 

Tabungan ini akan sangat berguna untuk hari depanmu, entah itu untuk membangun usaha atau rencana investasi kamu di kemudian hari. Tentu saja uang tabungan ini juga akan membuatmu memiliki mesin pencetak uang atau passive income jika kamu memiliki pengetahuan yang cukup dan mulai berpengalaman untuk mengelolanya dengan baik dengan berbagai kendaraan investasi yang ada. Tahukah kamu bahwa Warren Buffet (orang terkaya kedua di dunia setelah Bill Gates menurut versi majalah Forbes 2017) memulai usahanya saat lulus SMA di usia 14 tahun melalui tabungannya untuk membeli sebidang tanah seluas 40 hektar untuk disewakan kepada para petani? Mau jadi seperti dia? Prioritaskan menabung!

 

#2 Buatlah Alokasi Anggaran

Buatlah anggaran belanja bulananmu seperti alokasi dana untuk makan, transportasi, kebutuhan kuliah dan beberapa kebutuhan lainnya seperti memberi kepada orangtua. Jika kamu adalah seorang yang merantau keluar kota untuk berkuliah dan atau bekerja, biaya hidupmu akan lebih tinggi karena kamu perlu membayar uang kos atau sewa rumah (kecuali bila kamu tinggal dengan sanak keluarga lainnya).

 

 

Buat anggaran secara terperinci dan taatlah kepada besaran biaya yang memang harus dikeluarkan sesuai yang dianggarkan. Jangan usik dana tabungan yang sudah kamu masukan ke rekening.

 

#3 Mulai Menabung Dana Darurat

Dana darurat diperuntukkan untuk hal-hal yang bersifat urgent. Untuk kamu para fresh graduate yang masih single, kamu perlu mengumpulkan 6x dari anggaran belanja bulananmu untuk di simpan sebagai dana darurat di rekening terpisah.

 

 

Simpan dana darurat di bank yang sudah terjamin keamanannya dan dapat kamu cairkan kapanpun dan dimana pun. Selalu ingat untuk tidak mengusik dana darurat ini. Gunakan jika hal mendesak terjadi, misalnya kamu sakit dan dirawat di rumah sakit dan kamu jauh dari orangtua.

 

#4 Alokasikan Dana untuk Asuransi Kesehatan

Semasa kamu masih muda, bukan berarti kamu tidak perlu memikirkan tentang kesehatanmu. Di samping menjaga kesehatan dengan pola makan sehat, bergizi, seimbang dan teratur serta berolahraga secara rutin, kamu perlu perlindungan kesehatan. Sedini mungkin kamu memiliki asuransi kesehatan, maka biaya yang kamu tanggung semakin murah. Selalu ingat bahwa kesehatan itu penting dan untuk sehat itu mahal.

cara-perencanaan-karir-yang-benar-untuk-fresh-graduate-finansialku

[Baca Juga: Cara Merencanakan Karier yang Benar untuk Fresh Graduate]

 

#5 Tetapkan Tujuan Keuanganmu Jangka Pendek, Menengah & Panjang

Menetapkan tujuan keuangan memang salah satu seni tersendiri yang harus alami dan praktikkan. Buat tujuan keuangan jangka pendek menengah dan jangka panjang. Misalnya kamu ingin bersekolah lagi atau mengambil kursus untuk menambah keahlian, Tetapkan itu sebagai jangka menengah. Apabila membutuhkan sebuah motor untuk keperluan pekerjaan, prioritaskan sebagai kebutuhan jangka pendek. Tujuan keuangan jangka panjang misalnya kamu ingin membeli rumah melalui KPR dan melalui deposito atau alat investasi lainnya seperti Reksa Dana atau belajar investasi di saham. Semua itu harus kembali lagi pada poin 1 yaitu memprioritaskan tabungan. Buatlah tujuan keuangan yang SMART.

Sebagai bahan untuk menolong kamu melakukan perencanaan keuangan, kamu dapat Download secara gratis ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20-an

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#6 Belajar untuk Berinvestasi

Tahukah kamu banyak orang sukses yang memulai perjalanan kariernya semenjak ia muda bahkan ketika usianya masih belasan tahun seperti Warren Buffet. Orang terkaya ke-2 di dunia itu memulai usahanya dalam berinvestasi saham saat usianya masih menginjak 11 tahun. Tidak ada salahnya jika kalian mencoba untuk belajar bermain saham atau investasi lainnya.

Ada berbagai informasi yang dapat kamu dapatkan melalui internet tentang panduan investor saham bagi para pemula. Kamu bisa memulai dengan deposito, salah satu produk investasi dari bank atau Reksa Dana. Beberapa referensi artikel Finansialku bisa kamu baca dan pelajari. Finansialku memberikan berbagai informasi soal investasi juga yang dapat kamu lihat di website-nya.

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#7 Persiapkan Dana Pensiun

Bagi kamu yang sudah bekerja, apakah kamu terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan? Tahukah kamu bahwa setiap perusahaan di Indonesia wajib mendaftarkan para pekerjanya sebagai peserta penerima fasilitas dari BPJS Ketenagakerjaan?

Fasilitas Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun dapat kamu manfaatkan melalui kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Ingat, dana yang terkumpul untuk hari tuamu, bukan untuk hari mudamu.

10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Sukses Wawancara Kerja atau Interview Kerja untuk Para Fresh Graduate]

 

#8 Persiapkan Tabungan untuk Membeli Rumah

Tentu kamu ingin memiliki rumah sendiri bukan di kemudian hari? (kecuali kalau kamu mengandalkan warisan dari orangtua). Baru-baru ini ada fasilitas terbaru bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah menjadi peserta selama 1 tahun, yaitu fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) hingga Rp500 juta. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas ini. Baca setiap syarat dan ketentuannya dengan saksama.

 

#9 Jangan Sepelekan Pengeluaran Kecil

Tekan biaya jajan dan jangan sepelekan setiap pengeluaran kecil yang keluar dari pundi-pundi kalian. Masa muda biasanya ingin dihabiskan bersama teman-teman dengan hang-out dan makan di café atau bercengkerama di mall. Tentu saja setiap kegiatan tersebut akan mengeluarkan biaya kan?

Tetapkan biaya yang harus kalian keluarkan untuk kegiatan bersama teman-teman dan menjalin hubungan dengan relasi. Ada kalanya hang-out dengan teman tidak selalu mengeluarkan biaya bukan? Kamu bisa undang mereka ke rumahmu untuk mengobrol dan menonton film di rumah.

Para Fresh Graduate, Lakukan 9 Cara Agar Kamu Bisa Mencapai Kebebasan Finansial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Fresh Graduate, Lakukan 9 Cara Agar Kamu Bisa Mencapai Kebebasan Finansial]

 

Waktu Tidak dapat Diulang Kembali

Mulailah dari sekarang karena waktu tidak akan pernah bisa kembali. Manfaatkan masa mudamu dan jangan sia-siakan kesempatan yang ada dengan bijak untuk meraih hidup sukses dengan panduan keuangan yang sehat.

 

Bagikan pengalamanmu dalam merencanakan keuangan bulanan melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan kamu. Terima kasih!

 

Sumber Referensi

  • Kerry Hannon. 29 Mei 2013. 11 Essential Money Tips For New College Grads. Forbes.com – https://goo.gl/YYLKuQ
  • Fera Nur Aini. 15 Mei 2017. Panduan Keuangan Buat yang Baru Lulus Kuliah tapi Belum Kerja. Idntimes.com – https://goo.gl/zWNUiz
  • Ruisa Khoiriyah. 18 Januari 2017. 5 Trik Terbaru Mengatur Keuangan Fresh Graduate. Halomoney.com – https://goo.gl/TpY55i
  • Admin. 2 November 2015. TIPS KEUANGAN UNTUK FRESH GRADUATE. Uangteman.com – https://goo.gl/qA9rV3

 

Sumber Gambar:

  • Team Huddling – https://goo.gl/NnWiVU dan https://goo.gl/3XM7sV

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post Para Fresh Graduate, Baca 9 Panduan Keuangan untuk Hidup Sukses appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/fresh-graduate-panduan-keuangan-hidup-sukses/feed/ 0
Harga Emas Hari Ini 26 Juli 2017 Rp 590.000 per gram https://www.finansialku.com/harga-emas-hari-ini-26-juli-2017/ https://www.finansialku.com/harga-emas-hari-ini-26-juli-2017/#respond Wed, 26 Jul 2017 02:17:03 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38851 Harga Emas Hari Ini 26 Juli 2017 adalah Rp 590 ribu per gram, turun Rp 3.000 / gram pada perdagangan Selasa (25/7/2017). Pada perdagangan Selasa kemarin, harga emas Antam berada di posisi Rp 593 ribu per gram.   Adapun, harga pembelian kembali atau buyback di kisaran Rp 528 ribu per gram. Itu artinya jika Anda

The post Harga Emas Hari Ini 26 Juli 2017 Rp 590.000 per gram appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Harga Emas Hari Ini 26 Juli 2017 adalah Rp 590 ribu per gram, turun Rp 3.000 / gram pada perdagangan Selasa (25/7/2017). Pada perdagangan Selasa kemarin, harga emas Antam berada di posisi Rp 593 ribu per gram.

 

Adapun, harga pembelian kembali atau buyback di kisaran Rp 528 ribu per gram. Itu artinya jika Anda ingin menjual emas, Antam akan menghargainya Rp 5289 ribu per gram. Harga emas Antam tersebut berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta Timur.

 

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.00 WIB, sebagian besar ukuran emas Antam tidak tersedia.

 

Harga Emas Hari Ini 26 Juli 2017

Berikut daftar harga emas batangan yang dijual Antam:

  • 1 gram : Rp 590.000
  • 2 gram : Rp 1.140.000
  • 2,5 gram : Rp 1.415.000
  • 3 gram : Rp 1.692.000
  • 4 gram : Rp 2.244.000
  • 5 gram : Rp 2.805.000
  • 10 gram : Rp 5.560.000
  • 25 gram : Rp 13.825.000
  • 50 gram : Rp 27.600.000
  • 100 gram : Rp 55.150.000
  • 250 gram : Rp 137.750.000
  • 500 gram : Rp 275.300.000

 

Antam juga menjual emas dengan corak batik Mega Mendung, batik Kawung, batik Parang Barong dan batik Sido Mukti. Untuk harga emas Antam bercorak batik dengan :

Batik Mega Mendung

  • 10 gram = Rp 6.010.000
  • 20 gram = Rp 11.625.000

 

Batik Kawung

  • 10 gram = Rp 6.010.000
  • 20 gram = Rp 11.625.000

 

Batik Barong

  • 10 gram = Rp 6.010.000
  • 20 gram = Rp 11.625.000

 

Batik Sido Mukti

  • 10 gram = Rp 6.010.000
  • 20 gram = Rp 11.625.000

 

ANTAM juga melayani penjualan koin Dinar EK 22 (91,7%) dan Koin Dinar FG. Berikut daftar harga koin dinar yang dijual Antam:

 

Koin Dinar EK 22 (91,7%)

  • 1,0625 gram : Rp 652.375
  • 2.13 gram : Rp 1.239.500
  • 4.25 gram : Rp 2.431.000
  • 8.50 gram : Rp 4.792.000

 

Koin Dinar FG

  • FG 1/4 berat 1,0625 gram : Rp 652.375
  • FG 1/2 berat 2.13 gram : Rp 1.239.500
  • FG 1 berat 4.25 gram : Rp 2.431.000
  • FG 2 berat 8.50 gram : Rp 4.792.000

 

Untuk informasi lebih lengkap mengenai harga emas hari ini di kota Surabaya, Bandung, Medan dan Semarang, silakan cek harga emas di sini.

 

Ingin Mulai Berinvestasi Emas, tetapi Belum Tahu Caranya?

Silakan Download Ebook : Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Teman-teman Anda juga pastinya banyak yang sedang kebingungan mencari produk investasi saat ini. Anda akan menjadi orang yang pertama tahu di group whatsapp Anda mengenai investasi emas dan ebook investasi emas.

Jadi, jangan lupa share artikel ini di group whatsapp Anda, terima kasih.

 

Sumber gambar:

  • Emas – https://goo.gl/aVVcD9

The post Harga Emas Hari Ini 26 Juli 2017 Rp 590.000 per gram appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/harga-emas-hari-ini-26-juli-2017/feed/ 0
Kamu Mahasiswa Jurusan Akuntansi? Ini 8 Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan Kamu https://www.finansialku.com/jurusan-akuntansi-prospek-pekerjaan/ https://www.finansialku.com/jurusan-akuntansi-prospek-pekerjaan/#respond Wed, 26 Jul 2017 02:00:12 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38766 Berkarier di jurusan akuntansi, sangat menjanjikan karena adanya pemasukan yang menggiurkan serta lapangan kerja yang luas dan terbuka lebar. Selain itu, terdapat peningkatan karier yang terjamin. Tidak heran akuntansi menjadi salah satu jurusan populer di Indonesia. Ingin tahu lebih jauh tentang prospek pekerjaan untuk jurusan akuntansi? Silakan simak artikel berikut ini yang akan kami sajikan

The post Kamu Mahasiswa Jurusan Akuntansi? Ini 8 Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan Kamu appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Berkarier di jurusan akuntansi, sangat menjanjikan karena adanya pemasukan yang menggiurkan serta lapangan kerja yang luas dan terbuka lebar. Selain itu, terdapat peningkatan karier yang terjamin. Tidak heran akuntansi menjadi salah satu jurusan populer di Indonesia. Ingin tahu lebih jauh tentang prospek pekerjaan untuk jurusan akuntansi? Silakan simak artikel berikut ini yang akan kami sajikan untuk Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

8 Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan Kamu

Profesi akuntansi memang bisa dibilang sangat menjanjikan. Karena akuntansi dibutuhkan oleh semua bidang bisnis, entah bisnis model apapun pasti membutuhkan akuntansi.  

Akuntansi juga merupakan bidang yang selalu diminati dan merupakan bidang yang dapat terus Anda kembangkan dan selalu naik di dalam perusahaan Anda. Ada begitu banyak posisi berbeda yang bisa Anda temukan di bidang akuntansi. Prospek pekerjaan dalam bidang akuntansi yang menjanjikan adalah:

 

#1 Profesi Akuntan Publik

Akuntan publik adalah akuntan yang telah memperoleh izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik. Setiap akuntan publik wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI), asosiasi profesi yang diakui oleh pemerintah.

Akuntan publik berkenaan dengan pelayanan jasa akuntansi bagi masyarakat. Akuntan yang berprofesi pada akuntansi publik disebut sebagai akuntan publik dan mereka akan mendapatkan fee dari pengguna jasanya.

Kamu Mahasiswa Jurusan Akuntansi Ini 8 Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan Kamu 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Prospek Kerja Teknik Industri yang Harus Diketahui Semua Mahasiswa Jurusan Teknik Industri]

 

Jenis pekerjaan yang biasa dilakukan oleh akuntan publik meliputi pemeriksaan laporan keuangan, bantuan di bidang perpajakan, sistem informasi akuntansi, ataupun konsultasi manajemen.

Untuk dapat menjadi akuntan publik bersetifikat (Certified Public Accountants/CPA) ada persyaratan khusus yang harus ditempuh oleh para akuntan.

Jasa-jasa yang ditawarkan oleh akuntan publik terbagi dalam dua bagian, yaitu:

  1. Jasa atestasi: jasa yang ditawarkan di dalamnya seperti audit umum atas laporan keuangan, pemeriksaan atas pelaporan informasi keuangan proforma, pemeriksaan atas laporan keuangan prospektif, review atas laporan keuangan serta jasa audit atestasi lain.
  2. Jasa non atestasi: jasa yang mencakup akuntansi, manajemen, keuangan, perpajakan, kompilasi serta konsultasi

Kisaran gaji seorang akuntan publik di tahun-tahun pertama berkisar antara Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan.

 

#2 Auditor Internal

Internal auditor bertugas memeriksa atau mengaudit secara internal dalam perusahaan untuk kepentingan bagian manajemen perusahaan.

Auditor bertugas memastikan hasil laporan keuangan sesuai dengan aslinya. Selain itu juga, auditor internal memiliki kewajiban untuk memastikan pihak manajemen telah melakukan tugas dan fungsinya secara efisien untuk kemajuan perusahaan. Auditor internal akan lebih banyak memberikan saran perbaikan kepada pihak manajemen, sehubungan dengan tingkat kepatuhan operasional perusahaan terhadap sistem pengendalian internnya, terhadap berbagai regulasi (Bappepam dan Pajak), termasuk terhadap konsep Good Corporate Governance.

Orangtua Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika 01 - Finansialku

[Baca Juga: Orangtua: Ini Prospek Teknik Informatika, Kisaran Gaji dan Berapa Biaya Kuliah Teknik Informatika]

 

Untuk tahun-tahun pertama, auditor internal biasanya memperoleh gaji yang lebih baik dari eksternal auditor yang bekerja di KAP. Gaji auditor internal di perusahaan berskala besar, di tahun-tahun pertama berkisar antara Rp7 juta hingga Rp10 juta per bulan.

 

#3 Akuntan Intern

Akuntan intern atau akuntan privat adalah akuntan yang bekerja di perusahaan atau organisasi tertentu. Tugas-tugas akuntan intern adalah menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan yang ditujukan untuk pihak ekstern atau intern perusahaan, menyusun anggaran/budget, menangani masalah perpajakan perusahaan, melakukan pemeriksaan intern.

Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Kuliah Kedokteran Sekarang dan Berapa yang Dibutuhkan untuk Anak Saya?]

 

Jabatan yang dapat diduduki mulai dari staf sampai dengan kepala bagian akuntansi atau Direktur Keuangan. Bidang-bidang dalam akuntansi intern adalah:

  1. Akuntan umum, yang bertanggung jawab dalam hal pencatatan transaksi keuangan, penyusunan laporan manajemen, dan laporan keuangan umum (neraca, laba rugi, perubahan modal, aliran kas). Akuntansi umum menghasilan data dasar (basic data) untuk keperluan fungsi akuntansi.
  2. Akuntansi biaya, menganalisis biaya perusahaan untuk membantu manajemen dalam pengawasan biaya. Biasanya dalam akuntansi biaya ditekankan pada biaya produksi, tetapi akhir-akhir ini penekanan atas biaya pemasaran juga semakin meningkat.
  3. Penganggaran, menetapkan sasaran penjualan dan laba, serta perencanaan yang rinci untuk mencapai sasaran tersebut. Anggaran digunakan untuk mengawasi jalannya operasi perusahaan melalui perbandingan antara data sesungguhnya dengan anggaran.
  4. Perancangan sistem informasi, mengindentifikasikan kebutuhan informasi untuk kepentingan intern maupun ekteren. Setelah kebutuhan informasi diketahui, selanjutnya dirancang dan dikembangkan sistem yang sesuai.

Kisaran gaji seorang akuntan di tahun-tahun pertama berkisar antara Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan.

 

#4 Konsultan Pajak

Konsultan pajak merupakan orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Salah satu persyaratan untuk mendapatkan izin praktik sebagai konsultan pajak adalah lulus ujian sertifikasi konsultan pajak (USKP) yang diselenggarakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Bagi profesional yang telah lulus ujian ini berhak mendapatkan gelar BAP.

Merencanakan Dana Pendidikan SD, SMP dan SMA dengan Uang Les. Ini Contoh Perencanaan Keuangan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Dana Pendidikan SD, SMP dan SMA Beserta Uang Les. Ini Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Jasa konsultasi pajak yang diberikan biasanya jasa konsultasi pajak, perencanaan pajak (tax planning), pelayanan dalam pembuatan laporan SPT pajak (tax reporting services), review pajak (tax compliance service), jasa pendampingan pemeriksaan pajak (tax audit assistance), jasa pelatihan pajak (tax training services), jasa restitusi pajak (tax refund services).

Besaran biaya atau fee konsultan pajak adalah variatif tergantung dari jenis pekerjaan, kasus pajak, dan jangka waktu penyelesaian, semakin komplek permasalahan yang dihadapi akan semakin mahal biayanya.

 

#5 Financial Analyst

Posisi financial analyst bisa dibutuhkan oleh perorangan atau institusi (badan usaha) dimana pekerjaan adalah menerjemahkan informasi keuangan untuk dijadikan dasar pertimbangan pengambilan keputusan bisnis, terutama sekali untuk kepentingan strategi ke depan, termasuk investasi.

Kisaran gaji seorang financial analyst di tahun-tahun pertama antara Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan. Kemajuan karier seorang financial analyst ditentukan oleh seberapa mumpuni dan jitu analisa yang dihasilkan (sehingga seberapa akurat output analisis yang dihasilkan untuk dijadikan input pengambilan keputusan).

5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Memilih Taka atau Tabungan Pendidikan Anak]

 

Di Indonesia, financial analyst banyak menangani perusahaan sekuritas yang mengelola portofolio investasi para kliennya, atau menggeluti profesi sebagai seorang pialang saham mandiri.

Latar belakang pendidikan seorang financial analyst biasanya S1 akuntansi atau Manajemen Keuangan. Setelah dilanjutkan dengan program analis keuangan bersertifikasi dengan gelar Certified Financial Analyst (CFA). CFA dikeluarkan oleh CFA institute setelah seseorang lulus tahap tes sebanyak 3 level ujian. Orang yang ingin mengambil sertifikat CFA harus memiliki pengalaman kerja minimal 4 tahun dibidang analisis keuangan dan investasi.

 

#6 Perencana Keuangan

Seiring dengan bertumbuhnya golongan menengah dan peningkatan kesejahteraan yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun di Indonesia maka kebutuhan seseorang yang dapat memberikan saran di bidang keuangan juga meningkat. Peluang ini sudah dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa orang yang menekuni profesi sebagai perencana keuangan.

Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga 02 - Finansialku

[Baca Juga: Setiap Orang dapat Mengurus Keuangan Keluarga dengan Aplikasi Finansialku]

 

Untuk peningkatan karier yang lebih baik maka diperlukan sertifikasi sebagai perencana keuangan. Sertifikasi ini dikeluarkan oleh Financial Planning Standards Board (FPSB) untuk seseorang yang ahli di bidang perencanaan keuangan. Untuk mendapatkan sertifikat ini, seseorang harus lulus tahap ujian yaitu Foundation in Financial Planning, Investment Planning, Risk Management & Insurance Planning dan Retirement, Income Tax and Estate Planning.

Finansialku.com hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia sebagai Perencana Keuangan Independen. Kunjungi website kami di Finansialku.com, Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku dengan mendaftarkan diri Anda di sini atau Anda dapat download Aplikasi Finansialku di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#7 Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja di pemerintahan. Tugas utamanya adalah menyusun laporan keuangan pemerintah. Atau bisa juga mengaudit setiap instansi-instansi pemerintah di berbagai tingkat pemerintahan/dapil. Sudut pandang yang dipakai akuntan pemerintah bukanlah untung rugi melainkan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Akuntansi pemerintahan memiliki standar tersendiri dalam hal pencatatan akuntansi. Oleh karena itu, Ahli Akuntan Pemerintahan (AAP) ini adalah salah satu tolak ukur standarisasi akuntansi pemerintahan di Indonesia. AAP diselenggarakan oleh IAI (Ikatan Akuntan Indonesia). AAP biasanya diikuti oleh PNS yang menangani masalah keuangan di suatu lembaga pemerintah.

 

#8 Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas memberikan materi di dalam kelas/diluar kelas. Gampangnya, akuntan pendidik adalah dosen/guru yang mengajar mata pelajaran/mata kuliah tentang akuntansi.

Tetapi, bisa juga menjadi seorang konsultan/pemateri acara-acara terkait akuntansi. Bisa juga akuntan pendidik bekerja dalam lembaga riset/penelitian yang secara khusus mempelajari masalah/isu tentang akuntansi yang beredar di masyarakat.

Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri? Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Karier Jurusan Akuntansi

Menjelang kelulusan kuliah, pastikan Anda mencari tahu dengan pasti ingin dibawa ke mana gelar S.E. (Sarjana Ekonomi) yang akan disandingkan dengan nama Anda itu. Untuk meningkatkan karier yang cemerlang diperlukan penambahan pendidikan profesi, sehingga membuat Anda berbeda dengan lulusan S.E. yang lain. Jangan malas untuk mengembangkan wawasan akuntansi dan terus berkontribusi. Sudah siapkah Anda?

 

Berikan komentar dan saran Anda pada kolom di bawah ini. Jangan sungkan untuk bertanya kepada kami, tim perencana keuangan kami siap untuk membantu Anda!

 

Sumber Referensi:

  • HC Indonesia Editor. 24 Januari 2017. Prospek Kerja Jurusan Akuntansi & Persyaratan Mendaftar Kuliah ke Luar Negeri. Hotcourses.co.id – https://goo.gl/PKqnQ8
  • Admin. 7 Juli 2017. 6 Profesi Menjanjikan Lulusan Akuntansi. Rocketmanajemen.com – https://goo.gl/gvwGxT
  • Tara Struyk. 7 Juli 2017. A Look At Accounting Careers. Investopedia.com – https://goo.gl/ydt79A
  • Wadiyo. 12 Agustus 2016. Untukmu yang Kuliah Akuntansi, Inilah 10 Profesi Akuntansi yang Sangat Menjanjikan bagi Masa Depanmu. Manajemenkeuangan.net – https://goo.gl/b2dKic
  • Admin. 7 Juli 2017. Sertifikasi Profesional Akuntansi di Indonesia. Akuntansionline.id – https://goo.gl/f8Kij2

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa Jurusan Akuntansi – https://goo.gl/PaXvw6
  • Akuntansi – https://goo.gl/CdwXkX

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post Kamu Mahasiswa Jurusan Akuntansi? Ini 8 Prospek Pekerjaan yang Menjanjikan di Masa Depan Kamu appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/jurusan-akuntansi-prospek-pekerjaan/feed/ 0
Beneran Sudah Tahu Program Car 3i Networks? Apakah Menguntungkan dan Apakah Aman? https://www.finansialku.com/program-car-3i-networks/ https://www.finansialku.com/program-car-3i-networks/#respond Wed, 26 Jul 2017 01:50:48 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38842 Apakah Anda sudah mendengar program Car 3i Networks yang sedang booming sekarang ini? Ternyata banyak sekali orang-orang yang memasarkan produk Car 3i Networks. Sebenarnya produk apakah itu? Apakah menguntungkan?   Rubrik Finansialku   Car 3i Networks adalah Sistem Pemasaran Asuransi Jiwa melalui Jaringan Keagenan Sebelum membahas lebih dalam, kami ingin menjelaskan bahwa: Artikel ini bukanlah

The post Beneran Sudah Tahu Program Car 3i Networks? Apakah Menguntungkan dan Apakah Aman? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Apakah Anda sudah mendengar program Car 3i Networks yang sedang booming sekarang ini? Ternyata banyak sekali orang-orang yang memasarkan produk Car 3i Networks. Sebenarnya produk apakah itu? Apakah menguntungkan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Car 3i Networks adalah Sistem Pemasaran Asuransi Jiwa melalui Jaringan Keagenan

Sebelum membahas lebih dalam, kami ingin menjelaskan bahwa:

Artikel ini bukanlah artikel untuk menjual, mempromosikan atau menawarkan produk Car 3i Networks. Artikel ini kami buat untuk me-review produk dan program yang ditawarkan Car 3i Networks.

 

Beberapa belakangan ini banyak para pengunjung yang menanyakan mengenai program Car 3i Networks. Pertanyaan yang masuk rata-rata menanyakan:

  • Apakah aman program Car 3i Networks?
  • Apakah menguntungkan program Car 3i Networks?

 

Review Program Car 3i-Networks 02 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Asuransi Jiwa: Pilih Tradisional atau Unitlink]

 

Saat ini, penulis tidak ikut atau tidak bergabung dengan program Car 3i Networks. Penulis melihat dari sudut pandang seorang profesional perencana keuangan independen (independent financial planner).

 

Program Car 3i Networks adalah program yang ditawarkan oleh PT AJ Central Asia Raya (CAR Life Insurance). Seperti yang kita ketahui Car Life Insurance dimiliki oleh Salim Group. Bisnis yang ditawarkan adalah sistem pemasaran asuransi jiwa melalui jaringan keagenan. Menurut website 3i-networks.com, setiap pemegang polis (orang yang membeli polis) diajak untuk:

  1. Memiliki perlindungan atau asuransi jiwa (insurance)
  2. Memiliki investasi (investment)
  3. Penghasilan sebagai Agen Asuransi Jiwa (income)

 

Jadi produk yang ditawarkan adalah asuransi jiwa unitlink dan potensi penghasilan dari agen asuransi jiwa.

Produk ini ditawarkan dengan tiga pilihan harga yaitu:

  • Good Value – Rp350.000, dengan uang pertanggungan Rp21.000.000
  • Smart Value – Rp700.000, dengan uang pertanggungan Rp42.000.000
  • Best Value – Rp1.000.000, dengan uang pertanggungan Rp60.000.000

 

Uang Pertanggungan adalah uang yang dibayarkan oleh Perusahaan Asuransi kepada ahli waris, jika terjadi risiko meninggal (atau cacat tetap) terhadap diri tertanggung (orang yang ditanggung).

 

Bisnis Agensi Car 3i Networks

Menurut informasi, bisnis Car 3i Networks menawarkan 6 bonus keuntungan yaitu:

#1 Bonus referensi

#2 Bonus elit

#3 Bonus level

#4 Bonus posisi

#5 Bonus royalty

#6 Bonus persistensi

 

Penjelasan mengenai keenam bonus tersebut terdapat dalam video berikut ini:

Presentasi Singkat CAR 3i-Network

 

Apakah Produk Car 3i Networks ini Menguntungkan?

Yuk, kita bahas produk Car 3i Networks.

 

Pertama Produk Asuransi

Sebagai perencana keuangan saya lebih menyarankan beli asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membeli asuransi jiwa, sebenarnya Anda membeli uang pertanggungan (UP).

 

Beli asuransi jiwa = Beli uang pertanggungan (UP), #Asuransi via Finansialku.com

 

Pertanyannya paling penting adalah:

  • Berapa uang pertanggungan (UP) yang Anda butuhkan?

 

Sebelum bicara panjang lebar, saya ingin menjelaskan asuransi jiwa adalah salah satu cara memindahkan (mentransfer) risiko (baca: kerugian finansial), dari seseorang kepada perusahaan asuransi.

Review Program Car 3i-Networks 03 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Uang Pertanggungan Asuransi Jiwa yang Saya Butuhkan?]

 

Anda dapat menghitung kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa dengan menggunakan Aplikasi Finansialku (Silakan daftar di Aplikasi.Finansialku.com atau download di Google Play Store). Cara menghitung uang pertanggungan, silakan cek di sini.

 

Saran saya sebagai perencana keuangan adalah belilah asuransi jiwa dengan uang pertanggungan yang sesuai kebutuhan Anda.

 

Kedua Investasi

Apakah Anda sudah tahu bagaimana konsep kerja sebuah produk unitlink?

Produk unitlink menguntungkan nasabah, karena uang hasil investasi dapat digunakan untuk membayar premi (cost of insurance). Artinya, pada tahun ke-5 atau tahun ke-10, kita bisa melakukan cuti premi.

 

Sudah tahu cara kerja unitlink? Kalau belum Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai cara kerja unitlink.

Review Program Car 3i-Networks 04 - Finansialku

[Baca Juga: Perbedaan Menabung dan Berinvestasi yang Perlu Anda Ketahui]

 

Fakta mengenai produk investasi di unitlink yang perlu Anda ketahui:

  1. Produk unitlink ini sifatnya investasi, jadi uang Anda yang diinvestasikan bisa mengalami kenaikan, bisa tetap dan bisa turun. Dan ingat investasi tidak digaransi modal dan keuntungannya.
  2. Investasi di unitlink pada dasarnya memiliki fungsi utama untuk membayarkan premi asuransi jiwa. Jika Anda menarik semua investasi di unitlink Anda (dan Anda tidak membayar kembali atau top up premi), maka polis unitlink Anda akan hangus (lapse).
  3. Sebenarnya kurang tepat menyebut investasi di unitlink, sebagai tabungan. Hal ini disebabkan karena adanya potensi risiko yang bisa terjadi.
  4. Prospektus yang tertulis dalam penawaran adalah hasil perhitungan berdasarkan kinerja masa lalu. Perusahaan tidak memberikan jaminan bahwa kinerja yang akan datang sama dengan (atau lebih baik) dari kinerja masa lalu. Pastinya perusahaan memberikan yang terbaik, tetapi tidak ada garansi atau jaminan.

 

Ketiga Bisnis

Sebelumnya kami sangat mengapresiasi Car 3i Networks, karena agen Car 3i Network didorong untuk mengambil sertifikasi AAJI. Artinya seluruh agen Car 3i Network memiliki kompetensi untuk menjelaskan produk unitlink kepada nasabah.

Para tenaga pemasaran di bidang keuangan, akan fokus pada kebutuhan nasabahnya. Contoh seseorang membutuhkan uang pertanggungan asuransi jiwa sebesar Rp1 miliar, karena adanya beberapa tanggungan (risiko kerugian finansial) jika orang tersebut meninggal dunia. Tenaga penjual asuransi yang profesional akan menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan orang tersebut.

PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya pastinya memiliki produk yang dapat mengakomodir kebutuhan orang tersebut. Jadi agen Car 3i Network juga perlu tahu mengenai produk-produk selain 3 paket yang ditawarkan.

Jadi, para agen Car 3i Network jangan hanya fokus pada bisnis (mencari downline), tetapi produk yang ditawarkan juga menjadi solusi untuk pembeli.

 

Selain Car 3i Network, Apakah Asuransi Jiwa Lain Juga Memiliki Sistem Keagenan yang Sama?

Jawabannya sama, namun berbeda di sistem bonus. Jika Anda menjadi agen asuransi, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dari bonus-bonus penjualan (seperti bonus referensi). Hal yang membedakan adalah jenjang karier, besaran bonus dan waktu penerimaan bonus).

Pada perusahaan asuransi jiwa, seorang agen dapat merekrut agen lainnya untuk menjadi anggota tim. Jadi, pemasaran asuransi jiwa dengan sistem keagenan (dan agen merekrut agen) adalah hal yang wajar. PT Asuransi Jiwa Central Asia Raya mampu berinovasi dari segi pendistribusian produk.

 

Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda. Jika ada pertanyaan atau masukan silakan tinggalkan komentar Anda di bawah ini. Terima kasih, sukses selalu.

 

Sumber Gambar:

  • Car3inetworks – https://goo.gl/JU795a, https://goo.gl/ed84FQ, https://goo.gl/yEEx3G
  • Writing – https://goo.gl/tKZEpo

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post Beneran Sudah Tahu Program Car 3i Networks? Apakah Menguntungkan dan Apakah Aman? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/program-car-3i-networks/feed/ 0
Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud? https://www.finansialku.com/cara-menghemat-uang-dana-pensiun/ https://www.finansialku.com/cara-menghemat-uang-dana-pensiun/#respond Wed, 26 Jul 2017 01:00:20 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38758 Bagaimana cara menghemat uang agar dana pensiun dapat terwujud? Kita semua tahu bahwa menabung itu penting, tanpa menghemat kita akan sulit untuk memiliki dana darurat, dana hari tua dan dana-dana lainnya. Tetapi seringkali pendapatan kita lenyap begitu saja tanpa tahu pergi kemana, dan akhirnya menabung terasa mustahil karena kebutuhan hidup yang sangat besar. Apakah Anda

The post Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Bagaimana cara menghemat uang agar dana pensiun dapat terwujud? Kita semua tahu bahwa menabung itu penting, tanpa menghemat kita akan sulit untuk memiliki dana darurat, dana hari tua dan dana-dana lainnya. Tetapi seringkali pendapatan kita lenyap begitu saja tanpa tahu pergi kemana, dan akhirnya menabung terasa mustahil karena kebutuhan hidup yang sangat besar. Apakah Anda merasakan hal yang sama dengan saya? Apakah Anda berpikir, begini terus, kapan Anda bisa menabung? Jika Anda berpikir hal demikian, mari kita simak rubrik berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pentingnya Menghemat Uang

Hidup dengan segala kebutuhan yang harus dipenuhi tidaklah mudah. Pendapatan yang kita dapatkan setiap bulannya bahkan serasa tidak cukup untuk memenuhi semuanya, sehingga banyak sekali orang yang berutang dengan menggunakan kartu kredit. Boro-boro ingin menabung, bahkan untuk hidup dengan pendapatan yang ada saja biasanya sangat sulit. Apakah hal demikian adalah gambaran hidup Anda?

Jika ya, maka Anda berada pada tempat yang tepat. Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghemat uang Anda. Menghemat uang merupakan langkah awal bagi kita yang merasa sangat pas-pas’an bahkan sulit untuk menabung. Karena dengan menghemat, kita dapat menggunakan dana tersebut untuk ditabung atau bahkan diinvestasikan.

Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ubah 12 Sifat Boros Ini Dan Kamu Akan Menjadi Lebih Hemat Pengeluaran]

 

Sebelum menjalankan cara-cara dibawah ini, Anda harus memiliki pola pikir cukup, bahwa apa yang ada pada Anda adalah cukup untuk keadaan Anda saat ini. Jika kita tidak memiliki pola pikir cukup, maka pada saat Anda mendapatkan penghasilan lebih, Anda juga tidak akan pernah merasa cukup, bahkan harus berutang untuk mencukupi kebutuhan Anda. Oleh karena itu, cukupkan diri Anda dengan apa yang ada pada Anda dan simak beberapa cara menghemat uang di bawah ini.

 

Cara Menghemat Uang

Berikut ini ada beberapa cara menghemat uang yang dapat Anda lakukan agar Anda memiliki keuangan yang sehat.

 

#1 Prioritaskan Kebutuhan Dasar, Utang dan Menabung

Untuk menghemat uang Anda, pada saat mendapatkan penghasilan atau gaji, Anda harus memprioritaskan kebutuhan-kebutuhan dasar, membayar utang dan menabung, baru setelah itu Anda dapat menghabiskan sisanya untuk pengeluaran bulanan Anda. Kebutuhan dasar yang dimaksud disini adalah untuk membayar listrik, air dan makanan.

Jika Anda sudah berkeluarga, maka Anda harus melakukan anggaran rumah tangga sehingga biaya listrik, air dan makanan Anda tidak melebihi penghasilan Anda, tetapi jika Anda masih single, maka Anda dapat memprioritaskan membayar kos, karena Anda masih dapat menghemat uang makan Anda seorang diri.

Kenali Perbedaan Menabung Dan Investasi yang Perlu Anda Ketahui 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Perbedaan Menabung Dan Investasi yang Perlu Anda Ketahui]

 

Setelah Anda memprioritaskan kebutuhan dasar, Anda harus memprioritaskan membayar utang yang ada, baik itu kartu kredit ataupun utang lainnya. Kalau bisa sebesar mungkin Anda membayar utang Anda, sehingga tidak ada atau hampir sedikit sekali bunga utang yang ada. Setelah itu jika masih ada lebihnya, Anda dapat menghabiskan lebihnya tanpa menambah utang yang baru. Jika utang Anda sudah lunas, maka uang yang tadinya untuk membayar utang, Anda dapat gunakan untuk ditabung.

 

#2 Berjalan Kaki Ke Tempat Tujuan

Dengan banyaknya transportasi online sekarang ini, terkadang membuat kita dengan mudah untuk menggunakan transportasi tersebut walaupun bepergian ke tempat yang dekat.

Salah satu cara menghemat, Anda harus mengubah kebiasaan tersebut dengan berjalan kaki. Apalagi jika tempat tujuan Anda cukup dekat, sekitar 5-15 menit waktu perjalanan. Selain Anda dapat menghemat, tentu saja berjalan kaki akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

 

#3 Membawa Makanan Dari Rumah

Salah satu cara menghemat lainnya adalah dengan membawa makanan atau bekal sendiri dari rumah. Atau cara yang lain adalah dengan makan di rumah apabila Anda seorang sales atau memiliki rumah yang dekat dengan kantor Anda. Dengan makan di rumah Anda dapat mengurangi budget atau pengeluaran Anda untuk makan diluar, karena bisa saja Anda memasak satu kali untuk makan pagi, siang dan malam.

6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Tips dan Trik Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Menabung]

 

#4 Mencuci Baju Sendiri

Seringkali di dalam kesibukan kita, kita sudah sangat lelah untuk mencuci baju sendiri. Lebih sering kita menggunakan jasa laundry atau meminta agar baju kita dicucikan. Tetapi jika kita mempunyai waktu, biasa di hari sabtu atau minggu, kita dapat menghemat dengan cara mencuci baju sendiri. Bahkan tidaklah mustahil, uang hasil penghematan kita, dapat kita gunakan untuk membeli sebuah mesin cuci kecil, sehingga Anda tidak perlu menggunakan jasa laundry lagi, dan dapat menghemat lebih.

 

#5 Membeli Barang Second

Barang second tidak selalu identik dengan kualitas yang tidak baik atau jelek. Terkadang, ada barang second yang memiliki kualitas hampir sama dengan yang baru. Sebelum Anda ingin membeli barang-barang elektronik atau barang guna lainnya, ada baiknya Anda melihat ke toko dimana ada menjual barang second.

Mungkin saja Anda dapat menemukan barang yang Anda inginkan dengan kualitas yang masih bagus atau sama seperti baru, dengan harga yang lebih murah dibandingkan Anda membeli barang baru. Tetapi tentu saja tidak semua barang Anda dapat membeli barang second-nya. Anda harus melakukan survei terlebih dahulu.

 

#6 Mengurangi Membeli Pakaian Bermerek

Menggunakan pakaian yang bagus memang merupakan hal yang membanggakan. Tetapi pakaian yang bagus tidak selalu identik dengan pakaian bermerek. Ada banyak pakaian yang tidak bermerek yang masih akan terlihat bagus pada saat Anda memakainya. Anda dapat menghemat dengan mengganti kebiasaan Anda berbelanja pakaian bermerek, dengan pakaian-pakaian bagus lainnya. Kecantikan tidak berasal dari apa yang Anda pakai saja, tetapi berasal dari dalam diri Anda, bagaimana Anda melihat diri Anda cantik dengan menggunakan apapun.

 

#7 Membeli Sesuai Kebutuhan

Setiap orang tentu senang dengan adanya diskon dan potongan. Tetapi diskon dan potongan dapat membuat Anda membeli sesuatu yang sebenarnya tidak Anda butuhkan dan membuat penghasilan Anda menjadi habis tanpa Anda sadari. Jika Anda ingin menghemat, Anda harus dapat membeli apa yang Anda butuhkan saja pada saat itu, bukan tergantung dari diskon yang ada.

Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Dalam Mengatur Keuangan Keluarga]

 

Akan jauh lebih baik apabila saat Anda membutuhkan barang tersebut, barang tersebut sedang dalam harga diskon. Tetapi jika tidak, Anda tetap harus membeli sesuai dengan yang Anda butuhkan saja.

 

#8 Hindari Menggunakan Kartu Kredit

Kebiasaan menggunakan kartu kredit akan membuat Anda sangat sulit untuk berhemat. Mengapa demikian? Karena Anda diharuskan melunasi kartu kredit tersebut. Apalagi jika Anda tidak dapat melunasinya, maka penghasilan Anda dipaksa untuk membayar bunga utang kartu kredit Anda, sehingga akan semakin sulit untuk berhemat atau menabung.

Hindari atau hentikan penggunaan kartu kredit Anda untuk membeli barang-barang konsumtif. Hanya gunakan kartu kredit apabila Anda ingin mendapatkan promo atau diskon dari barang tertentu, yang sebenarnya tanpa menggunakan kartu kredit pun, Anda memiliki uang untuk membelinya.

 

#9 Tidak Mengikuti Gaya Hidup Mewah

Gaya hidup merupakan masalah terbesar dimana membuat kita sulit untuk berhemat ataupun menabung. Menonton bersama teman di bioskop, nongkrong di cafe-cafe mewah, makan di restoran, dan lain sebagainya, dapat membuat uang Anda habis tanpa Anda sadari. Jika Anda ingin melakukan hal tersebut, Anda harus melakukannya dengan anggaran, tidak mengikuti gaya hidup yang ada.

Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda]

 

Karena dengan mengurangi minum kopi di cafe seharga kurang lebih Rp50.000 dan menggantinya dengan minum kopi di tempat lainnya, dapat membuat Anda menghemat lebih dari setengahnya. Makan di rumah dibandingkan makan di restoran juga dapat membuat Anda menghemat sebagian besar uang Anda. Bukan berarti Anda tidak boleh melakukannya, tetapi Anda harus menganggarkan sesuai dengan kemampuan Anda. Tetap prioritaskan yang utama yaitu menabung dan berhemat, hindari gaya hidup yang berlebihan.

 

 

Lakukan Dengan Konsisten dan Disiplin

Cara menghemat uang di atas memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan konsistensi dan disiplin, sehingga nantinya akan menjadi gaya hidup Anda untuk berhemat dan memprioritaskan menabung. Untuk memotivasi Anda berkomitmen untuk menghemat secara konsisten dan disiplin, Anda dapat menentukan tujuan keuangan Anda terlebih dahulu, misalnya menabung untuk hari tua, menabung untuk dana darurat, atau menabung untuk biaya pernikahan, membeli rumah, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda akan lebih berkomitmen untuk secara konsisten berhemat dan menabung. Selamat mencoba!

 

Apakah Anda pernah melakukan cara-cara diatas? Ataukah Anda memiliki cara lain untuk menghemat uang Anda? Bagikan pengalaman Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Megan Faustine. 21 Januari 2017. Ingin Kaya Raya? Tiru 11 Cara Menghemat Uang ala Miliarder. Idntimes.com – https://goo.gl/zQt44g
  • Ratna Wahyuningsih. 22 Agustus 2016. Agar Uang Tidak Makin Habis, Lakukan Penghemat dengan Cara Berikut Ini. Cermati.com – https://goo.gl/hHahjZ
  • Rahmadianti Cynthia. 2014. 10 Cara Supaya Uang Bulananmu Nggak Cepat Habis. Hipwee.com – https://goo.gl/bscaYf

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun – https://goo.gl/uxgnzb
  • Keluarga Bahagia – https://goo.gl/XVUUBc

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post Bagaimana Cara Menghemat Uang agar Dana Pensiun Dapat Terwujud? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/cara-menghemat-uang-dana-pensiun/feed/ 0
Kata-kata Bijak Woodrow Wilson: Kepemimpinan Tidak Selalu Berkompromi https://www.finansialku.com/kata-kata-bijak-woodrow-wilson-kepemimpinan-tidak-selalu-berkompromi/ https://www.finansialku.com/kata-kata-bijak-woodrow-wilson-kepemimpinan-tidak-selalu-berkompromi/#respond Tue, 25 Jul 2017 22:00:44 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38483 Leadership does not always wear the harness of compromise.   Bahasa Indonesia Kepemimpinan tidak selalu memakai baju zirah kompromi.  Woodrow Wilson   Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)  Download Sekarang

The post Kata-kata Bijak Woodrow Wilson: Kepemimpinan Tidak Selalu Berkompromi appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Leadership does not always wear the harness of compromise.

Woodrow WilsonWoodrow Wilson, Presiden Amerika Serikat ke-28

 

Bahasa Indonesia

Kepemimpinan tidak selalu memakai baju zirah kompromi. 

Woodrow Wilson

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

The post Kata-kata Bijak Woodrow Wilson: Kepemimpinan Tidak Selalu Berkompromi appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/kata-kata-bijak-woodrow-wilson-kepemimpinan-tidak-selalu-berkompromi/feed/ 0
Dugaan Korupsi Beras, dan Harga Saham yang Terus Menurun, Bagaimana Prospek Saham AISA? https://www.finansialku.com/bagaimana-prospek-saham-aisa/ https://www.finansialku.com/bagaimana-prospek-saham-aisa/#respond Tue, 25 Jul 2017 08:05:56 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38781 Baru-baru ini kita mendengar ada skandal yang menimpa salah satu perusahaan publik di BEI, yaitu PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA). Apa itu PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk? Mengapa Perusahaan ini bisa terkena kasus? Bagaimana Prospek Saham AISA ke depannya? Finansialku akan mencoba membahasnya.   Rubrik Finansialku   AISA, PT Tiga Pilar Sejahtera

The post Dugaan Korupsi Beras, dan Harga Saham yang Terus Menurun, Bagaimana Prospek Saham AISA? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Baru-baru ini kita mendengar ada skandal yang menimpa salah satu perusahaan publik di BEI, yaitu PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA). Apa itu PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk? Mengapa Perusahaan ini bisa terkena kasus? Bagaimana Prospek Saham AISA ke depannya? Finansialku akan mencoba membahasnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

AISA, PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk

PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk merupakan salah satu perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2003. Kode saham perusahaan ini adalah AISA.

AISA merupakan perusahaan multinasional yang memproduksi makanan yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1992. Perusahaan ini menghasilkan berbagai macam-macam bahan makanan. Sebagai produsen makanan, ada 3 jenis produk makanan yang diproduksi dan dijual oleh AISA. Ketiga jenis produk tersebut antara lain:

  • Makanan Dasar, yaitu jenis makanan yang harus diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, seperti Mie dan Bihun. AISA memiliki produk ini dengan merek dagang: Mie Ayam 2 Telor, Mie Superior, Bihun Superior, Bihun Jagung Tanam Jagung, dan Bihunku.
  • Makanan Konsumsi, yaitu jenis makanan yang dapat langsung dikonsumsi, seperti makanan ringan. AISA memiliki produk ini dengan merek dagang: Taro, Bravo, Gulas, dan Mie Kremezz.
  • Beras, dengan merek dagang: Maknyuss, Cap Ayam Jago, Jatisari, Istana Bangkok, Desa Cianjur, Beras Rumah Adat, dan Rojolele Dumbo.

 

Prospek Saham AISA

Prospek Saham AISA

[Baca Juga: Kenali Apa itu Analisa Fundamental, Beserta Rasio Keuangan Penting Yang Dipakai Dalam Berinvestasi Saham]

 

Hingga pada tahun 2016, pendapatan AISA paling besar terutama diperoleh dari penjualan beras, baru diikuti oleh produk makanan konsumsi dan makanan dasar. Total penjualan sebesar Rp6,54 triliun, sebesar Rp4 triliun sendiri berasal dari penjualan beras. Dapat dikatakan lebih dari setengah pendapatan AISA adalah dari produk berasnya.

 

Kasus yang Menimpa PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk

Pada tanggal 21 Juli 2017, gudang milik salah satu anak usaha AISA, yaitu PT Indo Beras Unggul digerebek oleh kepolisian. Penggerebekan gudang beras milik anak usaha AISA ini karena adanya dugaan kecurangan pengoplosan beras oleh PT Indo Beras Unggul.

Dilansir dari sumber Kontan.co.id pada tanggal 21 Juli 2017, Kapolri Tito Karnavian mengatakan, tersangka nantinya bisa dijerat menggunakan Undang-Undang Konsumen dan Pasal 382 bis KUHP tentang Perbuatan Curang dalam Usaha.

Prospek Saham AISA

[Baca Juga: Kasus Mega Korupsi e-KTP Triliunan Rupiah, Menurut Anda Mengapa Korupsi Masih Terjadi?]

 

PT. Indo Beras Unggul sendiri adalah produsen beras yang 99,9% sahamnya dimiliki oleh AISA. Polisi mengungkapkan dugaan kecurangan pengoplosan beras oleh PT. Indo Beras Unggul. Modusnya, perusahaan mengemas beras IR64 dengan label cap Ayam Jago dan Maknyuss.

Padahal IR64 adalah beras medium bersubsidi yang harganya Rp9.000 per kilogram. Beras itu dikemas dan diberi label premium, lalu dijual ke gerai retail modern dengan harga Rp20.000 per kilogram. Tak terelakkan, setelah adanya pemberitaan penyegelan atas anak usahanya, harga saham AISA pun anjlok pada hari Jumat, 21 Juli 2017 kemarin.

 

AISA Rugikan Negara Triliunan?

Dalam penggerebekan gudang beras milik PT Indo Beras Unggul, sebanyak 1.161 ton beras di Kabupaten Bekasi disita Satgas Pangan. Dilansir dari sumber News.detik.com pada tanggal 21 Juli 2017, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menduga perusahaan tersebut telah rugikan negara ratusan triliun.

“Ini nggak main-main. merugikan masyarakat dan negara, sampai nilainya ratusan triliun (rupiah). mereka menjual beras medium seharga beras premium. Beras subsidi dikemas seolah-olah barang premium supaya harganya tinggi sekali,”

Tito Karnavian, 20 Juli 2017

 

Kapolri Tito pun mengatakan, kepolisian akan memeriksa 15 orang saksi terkait kasus ini. Setelah itu, baru akan ditetapkan tersangka.

Bagaimana dengan omzet AISA sendiri? Apakah mungkin AISA merugikan negara sebesar ratusan Triliun? AISA merupakan perusahaan yang tercatat di bursa saham dan merupakan perusahaan publik, karenanya laporan keuangannya pun bisa diakses secara terbuka.

Mengutip laporan keuangannya pada tahun 2016, AISA tercatat mengantongi total penjualan (omzet) sebesar Rp6,54 triliun pada 2016, naik 8,9% dari tahun sebelumnya Rp6,01 triliun.

Adapun perolehan penjualan tersebut didapat dari penjualan makanan dan beras. Penjualan beras AISA sendiri omzetnya mencapai Rp4 triliun, atau sebesar 61,28% dari total penjualan.

Prospek Saham AISA

[Baca Juga: Contoh Laporan Keuangan Perusahaan: Laporan Laba Rugi, Neraca, Laporan Arus Kas dan Cara Bacanya untuk Investor]

 

Dilansir dari sumber Liputan6.com pada 24 Juli 2017, Komisaris Utama dan Komisaris Independen AISA, Anton Apriyantono pun, membantah telah merugikan negara dan masyarakat hingga ratusan triliun Rupiah. Pasalnya, jumlah itu tak sebanding dengan omzet beras AISA setiap tahunnya.

“Kalau dibilang negara dirugikan, dirugikan dimananya? Apalagi sampai bilang ratusan triliun, lha wong omzet beras TPS saja hanya Rp4 triliun per tahun”

Anton Apriyantono, 24 Juli 2017

 

Meskipun begitu, kementerian pertanian juga sebelumnya pernah menyebutkan bahwa kerugian negara terkait dugaan pemalsuan beras subsidi di gudang beras milik PT Indo Beras Unggul tersebut dapat mencapai Rp10 triliun. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Sub bidang Data Sosial-Ekonomi pada Pusat Data dan Sistem Informasi, Ana Astrid.

“Hitungan kerugiannya seperti ini, yaitu harga beras di petani sekitar Rp7.000/kg dan harga premium di konsumen sampai Rp20.000/kg. Jika diasumsikan selisih harga ini minimal Rp10.000/kg dengan pengkalian beras premium yang beredar 1,0 juta ton atau 2,2% dari beras 45 juta ton setahun, maka kerugian keekonomian ditaksir Rp10 triliun,”

Ana Astrid, 22 Juli 2017

 

Bagaimana Kondisi Fundamental AISA Setelah Kasus?

Penyegelan PT Indo Beras Unggul ini pastinya akan berdampak langsung pada fundamental AISA. Bisnis beras sendiri memberikan omzet yang tinggi mencapai 60% dari keseluruhan omzet AISA, sehingga dengan disegelnya PT Indo Beras Unggul, maka AISA berpotensi kehilangan lebih dari setengah pemasukannya.

Pemberitaan media mengenai kasus ini pun pastinya akan merusak image kedua merek beras tersebut, yaitu merk Ayam Jago dan Maknyuss. Sekalipun perusahaan dinyatakan tidak bersalah nantinya, tetap saja akan membutuhkan waktu dan usaha yang besar untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari pembeli.

[Baca Juga: Mau Korupsi? Sekarang Keluarga Wajib Mengganti Kerugian Negara!]

 

Dari sisi keuangan pun, kehilangan 60% dari pendapatan secara tiba-tiba akan sangat berbahaya bagi keberlangsungan perusahaan, terutama dari sisi arus kas. AISA pun memiliki beban hutang yang cukup besar, yaitu sebesar Rp4,96 triliun dari total asetnya sebesar Rp9,34 triliun. Jadi dari sisi fundamental, masa depan dan kelangsungan AISA cukup mengkhawatirkan.

 

Bagaimana Harganya Secara Analisis Teknikal?

Harga saham AISA sempat menyentuh angka setinggi Rp2.470 per lembar pada tanggal 13 April 2017. Setelah menyentuh angka tersebut, harga saham AISA berangsur-angsur turun secara perlahan.

Prospek Saham AISA

[Baca Juga: IHSG Menembus All Time High, Apa itu IHSG dan Bagaimana Prospek Investasinya?]

 

Pada bulan Juni, harga saham AISA barulah turun secara signifikan. Hal ini dipicu oleh banyaknya investor asing yang menjual saham AISA sebelum terjadinya penggerebekan gudang anak usaha AISA.

Pada hari penggerebekan pun, harga AISA turun jauh dari harga Rp1.605 per lembar ditutup di batas auto reject bawah di harga Rp1.205 per lembar. Tidak sampai situ, saham AISA pun sempat menyentuh angka Rp905 per lembar sebelum akhirnya memantul kembali.

[Baca Juga: Kenali Dasar Analisis Teknikal Sebagai Alat Bantu Trading]

 

Pergerakan harga AISA tersebut sesuai dengan perubahan fundamental yang terjadi karena adanya kasus hukum yang menjerat AISA. Memantulnya kembali harga saham AISA pun masih perlu diwaspadai apakah hanya sekedar Technical Rebound.

 

Bagaimana Prospek Saham AISA Selanjutnya?

Pada perdagangan hari senin kemarin, tanggal 24 Juli 2017, investor asing kembali membeli saham AISA dalam jumlah cukup besar. Namun pembelian ini tidak dilanjutkan pada besoknya. Sampai siang hari pada tanggal 25 Juli 2017, tidak ada indikasi pembelian dari investor asing dalam jumlah banyak walaupun harganya telah naik. Bila Anda ingin membeli saham AISA sebaiknya berhati-hatilah dan selalu pasang stop loss.

 Dalam jangka pendek, AISA mungkin terlihat menarik untuk trading, namun mempertimbangkan perubahan fundamental yang terjadi pada saham ini, maka cukup riskan untuk memegangnya dalam jangka waktu yang lama.

[Baca Juga: Mau Belajar Trading? Yuk Pahami Serba-Serbi Trading Sebelum Memulainya]

 

Berhati-hatilah Memilih Saham Perusahaan Untuk Diinvestasikan

Saham AISA di tahun 2016 sebetulnya cenderung memiliki kinerja pergerakan harga yang bagus karena ditopang oleh fundamentalnya yang kuat. Namun adanya skandal masalah hukum yang menjeratnya memang merupakan stigma negatif bagi saham AISA.

Dalam berinvestasi saham perusahaan memang kita harus meneliti fundamental perusahaan saham yang bersangkutan. Mengecek perubahan fundamental secara berkala sangat diperlukan agar Anda bisa tetap yakin akan saham yang Anda pegang dalam jangka waktu yang lama.

Atas kejadian yang menimpa PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk ini semoga kita semua sebagai investor dapat lebih berhati-hati dalam meneliti dan memilih instrumen saham diinvestasikan. Selamat Berinvestasi!

 

Disclaimer: Artikel ini adalah sebagai edukasi, bukan sebagai saran investasi apalagi rekomendasi. Keputusan pembelian saham tetap ada pada masing-masing investor!

 

Setelah pembahasan di atas, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi saham PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk? Mari ceritakan pendapat Anda mengenai prospek saham AISA. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • TPS Food. Tentang Kami. https://goo.gl/HVPcYw
  • TPS Food. (2017). Financial Statement 2016. https://goo.gl/B82835
  • Teodosius Domina. (21 Juli 2017). PT Tiga Pilar Sejahtera terancam pidana. https://goo.gl/yhKLAk
  • Luthfiana Awaludin. (21 Juli 2017). Sita 1.161 Ton Beras, Kapolri: Negara Rugi Ratusan Triliun Rupiah. https://goo.gl/spNLQb
  • Nurmayanti. (24 Juli 2017). Dituding Rugikan Negara, Berapa Omzet Produsen Beras Maknyuss? https://goo.gl/tHhauP
  • Argha Jonathan Karo Karo. (24 Juli 2017). Bandar Sudah Cut Loss 40M, What’s Next For AISA? http://goo.gl/Wv5nWg
  • Aplikasi HOTS Mirae Asset

 

Sumber Gambar:

  • AISA Chart – Aplikasi HOTS Mirae Asset
  • Beras Maknyuss – https://goo.gl/9FfP4d

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post Dugaan Korupsi Beras, dan Harga Saham yang Terus Menurun, Bagaimana Prospek Saham AISA? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/bagaimana-prospek-saham-aisa/feed/ 0
Kartu Kredit Syariah vs Kartu Kredit Konvensional! Apakah Kartu Kredit Syariah Ada Bunganya? https://www.finansialku.com/kartu-kredit-syariah-kartu-kredit-konvensional/ https://www.finansialku.com/kartu-kredit-syariah-kartu-kredit-konvensional/#respond Tue, 25 Jul 2017 04:00:24 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38741 Apakah kartu kredit syariah ada bunganya? Layanan perbankan syariah kini sudah mulai umum di telinga masyarakat. Merupakan kabar baik bagi masyarakat yang kini memiliki alternatif pilihan dari produk bank konvensional. Salah satu contoh produk perbankan syariah adalah kartu kredit syariah. Apa perbedaan kartu kredit syariah vs. kartu kredit konvensional? Mari kita lihat sekilas mengenai kartu

The post Kartu Kredit Syariah vs Kartu Kredit Konvensional! Apakah Kartu Kredit Syariah Ada Bunganya? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Apakah kartu kredit syariah ada bunganya? Layanan perbankan syariah kini sudah mulai umum di telinga masyarakat. Merupakan kabar baik bagi masyarakat yang kini memiliki alternatif pilihan dari produk bank konvensional. Salah satu contoh produk perbankan syariah adalah kartu kredit syariah. Apa perbedaan kartu kredit syariah vs. kartu kredit konvensional? Mari kita lihat sekilas mengenai kartu kredit syariah dan apakah kartu kredit syariah menerapkan sistem bunga.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Kartu Kredit Syariah: Kenali dan Pahami

Selain bank konvensional, kini hadir yang namanya bank syariah atau Lembaga Keuangan Syariah (LKS). Sesuai dengan namanya, bank dan lembaga keuangan tersebut menerapkan prinsip-prinsip syariah, yang artinya seluruh aturan dan kebijakan pada bank tersebut diatur di bawah prinsip dan hukum Islam. Dewan Syariah Nasional kini melihat potensi perbankan syariah dan terus mengembangkan produknya. Dengan semakin variatifnya produk perbankan syariah yang ditawarkan, muncul produk syariah lainnya yaitu kartu kredit syariah.

Kartu kredit syariah atau biasa disebut bithaqah al-l’timan pada dasarnya adalah kartu kredit dengan fungsi sebagaimana kartu kredit konvensional lainnya. Perbedaannya adalah kartu kredit syariah terikat dengan peraturan yang berlaku dengan mengacu pada prinsip serta kebijakan yang bersifat syariah.

Kartu Kredit Syariah vs Kartu Kredit Konvensional! Apakah Kartu Kredit Syariah Ada Bunganya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Yakin Mau Ajukan Kartu Kredit Tambahan? Perhatikan Dulu Hal-hal Berikut Ini]

 

Seluruh peraturan dan kebijakan kartu kredit syariah tercakup dalam ketentuan umum fatwa Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) No. 54/DSN-MUI/X/2006, tentang kartu kredit syariah.

Dengan kata lain, kartu kredit syariah dan konvensional memiliki fungsi dan manfaat yang sama, namun diterapkan kebijakan dan aturan yang berbeda sesuai acuan masing-masing. Untuk lebih mengenal mengenai kartu kredit syariah termasuk perbedaannya dan kelebihannya  jika dibandingkan dengan kartu kredit konvensional, Finansialku akan menjabarkan sekilas mengenai kartu kredit tersebut bagi Anda.

 

Kartu Kredit Syariah vs. Kartu Kredit Konvensional: Apa Saja Perbedaannya

Secara fungsi, keduanya ditujukan untuk manfaat yang sama, yakni memudahkan transaksi dengan adanya transaksi non-tunai. Namun Anda tentunya bertanya-tanya, lantas buat apa dibuat kartu kredit syariah jika tidak ada bedanya? Tentunya terdapat perbedaan yang mendasar, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut ini:

 

#1 Pihak Penerbit Kartu Kredit

Sederhananya, kartu kredit konvensional diterbitkan oleh bank konvensional sedangkan kartu kredit syariah diterbitkan oleh bank syariah atau lembaga keuangan syariah (LKS). Namun kini bank konvensional sudah banyak bekerja sama untuk turut menerbitkan kartu kredit syariah, contohnya adalah Bank BNI Syariah yang bekerja sama dengan Master Card sejak 2008 yang lalu. Layaknya bank konvensional seluruh bisnis bank syariah diawasi pelaksanaannya oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

#2 Sistem Akad

Berdasarkan hukum Islam, tidak diberlakukan sistem bunga dalam kartu kredit syariah. Sebagai contoh, pada kartu kredit konvensional terdapat denda berupa bunga jika Anda melakukan tarik tunai atau pinjaman pada kartu kredit. Berbeda halnya dengan kartu kredit konvensional, ketentuan pinjaman kartu kredit syariah diatur dalam akad qardh. Selain akad qardh, berlaku beberapa akad lainnya yang akan dibahas lebih lanjut pada poin selanjutnya.

 

#3 Cara Perhitungan Angsuran Kartu Kredit

Dalam perhitungan angsuran kartu kredit konvensional, umumnya terdapat dua komponen utama yakni pokok utang dan bunga. Namun karena tidak adanya bunga dalam kartu kredit syariah, terdapat perbedaan cara menghitung besaran cicilan setiap bulannya. Dalam kartu kredit syariah, digunakan biaya yang disebut monthly fee, yaitu biaya yang muncul pada kartu kredit sesuai dengan limit kartu kredit. Biaya yang dibebankan sama besar bagi seluruh nasabah pemegang kartu kredit dengan rentang limit kartu tertentu.

Pilih Kredit Emas atau Nabung Saham, Belinya di Pegadaian Atau Bank Syariah 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Kredit Emas atau Nabung Emas? Belinya di Pegadaian Atau Bank Syariah?]

 

Salah satu perbedaan mencolok pada kartu kredit syariah dibandingkan dengan kartu kredit konvensional adalah pada perhitungan monthly fee tersebut. Pola perhitungan pada kartu kredit syariah jika Anda tidak mampu membayar tagihan secara penuh yaitu monthly fee hanya dikenakan pada sisa utang saja. Sedangkan pada kartu kredit konvensional, bunga dihitung terhadap seluruh pemakaian atau tagihan yang terjadi pada bulan sebelumnya. Karena perbedaan inilah, umumnya besaran cicilan pada kartu kredit syariah lebih kecil dibandingkan kartu kredit konvensional.

Adapun rumus dan contoh perhitungan yang digunakan dalam net monthly fee yakni sebagai berikut:

Net monthly fee = Outstanding (sisa utang) x (monthly fee : limit kartu)

 

Contoh: Seorang nasabah memiliki sebuah kartu kredit syariah A dengan limit sebesar 10 juta rupiah dan besaran monthly fee 2,95%, maka monthly fee-nya sebesar:

Rp10.000.000 x 2,95% = 295.000 rupiah

 

Nasabah tersebut melakukan transaksi pada tanggal 3 Maret 2016 sebesar 1.000.000 rupiah. Tagihan tersebut akan dicetak pada tanggal 15 Maret 2016 dan jatuh tempo pada tanggal 5 April 2016. Namun nasabah yang bersangkutan melakukan pelunasan tagihan sebesar 600.000 rupiah pada tanggal 2 April 2016, sehingga utang yang tersisa dan belum terbayarkan adalah:

Net monthly fee = Rp400.000 x (Rp295.000 : Rp10.000.000) = 11.800 rupiah

 

#4 Penetapan Denda dilakukan di Awal

Dalam kartu kredit syariah, diberlakukan sistem denda jika Anda terlambat melakukan pembayaran. Denda yang biasanya disebut Tawidh ini sudah diperhitungkan dan ditetapkan di awal. Akibatnya, denda tidak diperhitungkan berdasarkan lamanya keterlambatan atau besarnya jumlah tagihan yang terlambat dibayarkan seperti pada kartu kredit konvensional.

Setiap bank memiliki kebijakan tersendiri yang berbeda satu sama lain dalam penetapan jumlah tawidh ini. Misalkan, berdasarkan jenis kartu atau masa jatuh temponya. Namun semuanya sudah ditetapkan dan diinfokan sejak awal Anda mendaftar untuk membuat kartu kredit.

 

#5 Promo dan Potongan Harga

Beberapa nasabah atau pengguna memilih menggunakan kartu kredit dalam transaksi bukan karena kebutuhan kredit atau kemudahannya, namun dikarenakan oleh banyaknya promo dan potongan harga yang ditawarkan di ritel-ritel tertentu.

Jangan Apply Kartu Kredit Sebelum Anda Ketahui 23 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit Ini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Apply Kartu Kredit Sebelum Anda Ketahui 23 Kesalahan Penggunaan Kartu Kredit Ini]

 

Sayangnya salah satu perbedaan kartu kredit syariah dengan kartu kredit konvensional adalah pada penawaran promonya. Karena menganut prinsip dan ketentuan Syariah yang diatur berdasarkan hukum Islam, tujuan penggunaan kartu kredit syariah adalah untuk transaksi yang bersifat produktif. Dengan demikian, tidak banyak promosi atau penawaran menarik yang diberikan oleh kartu kredit syariah ini.

 

Bunga dalam Kartu Kredit Syariah: Akad

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, kartu kredit syariah menggunakan prinsip-prinsip Islami dalam pelaksanaannya. Satu pertanyaan yang sering muncul terkait aturan syariah adalah:

Apakah kartu kredit syariah ada bunganya?

 

Jawabannya adalah: TIDAK ADA, namun diterapkan beberapa akad dalam kartu kredit syariah, antara lain:

 

#1 Kafalah

Akad kafalah dalam bahasa Indonesia berarti penjamin transaksi. Dengan kata lain, bank syariah selaku penerbit kartu kredit akan bertanggungjawab sepenuhnya sebagai pihak penjamin dalam berbagai macam transaksi yang dilakukan oleh nasabah selaku pemegang kartu kredit. Perbankan sebagai lembaga penjamin akan memperoleh keuntungan berupa fee (ujrah) dari nasabah melalui jasa tersebut.

 

#2 Qardh

Akad qardh merupakan akad pemberian pinjaman yang dilakukan oleh pihak bank syariah kepada pihak nasabah selaku pengguna kartu kredit, dengan ketentuan bahwa nasabah wajib mengembalikan dana yang diterimanya pada waktu yang telah disepakati. Akad ini layaknya fitur pinjaman untuk mengambil sejumlah uang tunai melalui kartu kredit syariah.

Waspadai Penipuan Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit 02 - Finansialku

[Baca Juga: Waspadai Penipuan Kartu Kredit dan Bagaimana Cara Menghindari Penipuan Kartu Kredit?]

 

#3 Ijarah

Akad selanjutnya merupakan akad ijarah, yakni sejumlah biaya keanggotaan (iuran tahunan) yang dikenakan oleh bank syariah kepada nasabah selaku pemegang kartu kredit syariah. Akad ijarah merupakan bentuk imbalan atas layanan yang telah diberikan oleh bank dalam bentuk kartu kredit syariah. Akad ijarah juga sering disebut sebagai member fee, dimana jumlahnya bersifat tetap dan telah dijelaskan sejak awal aplikasi kartu kredit tersebut.

 

#4 Sharf

Akad sharf merupakan fitur transaksi menggunakan mata uang asing yang difasilitasi oleh bank syariah bagi nasabahnya. Fitur ini dimanfaatkan layaknya kartu kredit konvensional saat bepergian ke luar negeri.

 

Keuntungan Kartu Kredit Syariah

Secara umum, nilai lebih kartu kredit syariah daripada kartu kredit konvensional adalah memungkinkan nasabahnya menggunakan fasilitas kartu kredit yang benar-benar sesuai dengan prinsip dan ketentuan syariah. Lantas apa saja kelebihan lainnya? Poin-poin berikut akan menunjukkan beberapa kelebihan kartu kredit syariah daripada kartu kredit konvensional:

 

#1 Sesuai dengan Prinsip dan Ketentuan Islami

Indonesia merupakan negara dengan populasi Islam yang mayoritas, sehingga Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia menerbitkan sebuah produk perbankan baru yang sesuai dengan kaidah Islam. Oleh karena itu, kartu kredit syariah memiliki beberapa batasan transaksi, contohnya adalah tidak diperbolehkannya transaksi di pub atau diskotik atau transaksi pembelian minuman keras.

Infografis Lakukan dan Jangan Lakukan Penggunaan Kartu Kredit yang Benar 01a - Finansialku

[Baca Juga: Infografis: Lakukan dan Jangan Lakukan Penggunaan Kartu Kredit yang Benar]

 

Adapun beberapa prinsip syariah yang berlaku melarang beberapa tindakan sebagai berikut ini:

  • Adanya riba atau pengambilan keuntungan secara tidak sah
  • Terjadi transaksi yang bersifat untung-untungan
  • Adanya transaksi yang objeknya tidak jelas
  • Terjadi transaksi yang objeknya dilarang dalam hukum Islam
  • Terjadi transaksi yang menyebabkan ketidakadilan bagi pihak lain
  • Adanya praktik penimbunan

 

#2 Penerapan Sistem Akad Ketimbang Bunga

Seperti telah disebutkan pada poin sebelumnya, tidak ada sistem bunga dalam kartu kredit syariah. Sebagai penggantinya, digunakan sistem akad yang sesuai dengan hukum Islam. Dengan demikian, pendapatan bank syariah hanyalah berdasarkan akad tersebut.

 

#3 Sistem Amal melalui Denda

Jika Anda pernah mendengar biaya keterlambatan dalam kartu kredit konvensional, maka dalam kartu kredit syariah denda tersebut disebut tawidh. Serupa dengan kartu kredit konvensional, tawidh dihitung sebagai persentase dari tagihan yang terlambat termasuk sejumlah biaya fee yang dikeluarkan pihak bank syariah selama proses penagihan.

Apa Bedanya KPR Syariah dan KPR Tradisional 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bedanya KPR Syariah dan KPR Tradisional?]

 

Letak perbedaannya adalah, jika Anda terkena denda atau tawidh pada bank syariah, maka uang tersebut akan disumbangkan sepenuhnya kepada lembaga sosial. Dengan demikian, jika Anda dikenakan denda, sama saja artinya Anda beramal.

 

Nikmati Manfaat Kartu Kredit Syariah

Beberapa kebijakan dalam kartu kredit syariah tentunya memberikan kenyamanan dan keuntungan bagi Anda selaku nasabah yang memegang kartu. Jika Anda sudah mengenal dan memahami perbedaan kartu kredit syariah dan kartu kredit konvensional, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai kartu kredit syariah vs. kartu kredit konvensional? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ruisa Khoiriyah. 7 Desember 2016. Apa, sih, Perbedaan Kartu Kredit Syariah dengan Konvensional? Halomoney.co.id – https://goo.gl/2C5VZT
  • Cermati. 28 April 2016. Kartu Kredit: Mengenal Kartu Kredit Syariah dan Bank-Bank yang Menerbitkannya. Cermati.com – https://goo.gl/isoFDA
  • Cermati. 22 April 2016. Kartu Kredit: Kelebihan Kartu Kredit Syariah dan Perhitungan Tagihannya. Cermati.com – https://goo.gl/r3qBh4
  • Cermati. 28 April 2016. Kartu Kredit: Memahami Istilah dan Ketentuan di Dalam Kartu Kredit Syariah. Cermati.com – https://goo.gl/1BTbws

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit Syariah – https://goo.gl/v8TQ9b dan https://goo.gl/efSmYK

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post Kartu Kredit Syariah vs Kartu Kredit Konvensional! Apakah Kartu Kredit Syariah Ada Bunganya? appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/kartu-kredit-syariah-kartu-kredit-konvensional/feed/ 0
Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi https://www.finansialku.com/baru-baru-ini-saya-coba-website-dan-aplikasi-keuangan-untuk-cara-menghemat-uang-perencanaan-keuangan-dan-investasi/ https://www.finansialku.com/baru-baru-ini-saya-coba-website-dan-aplikasi-keuangan-untuk-cara-menghemat-uang-perencanaan-keuangan-dan-investasi/#respond Tue, 25 Jul 2017 03:00:44 +0000 https://www.finansialku.com/?p=38733 Apakah ada aplikasi keuangan untuk cara menghemat uang, perencanaan keuangan dan investasi yang bisa diakses dengan mudah dan memberi solusi untuk perencanaan keuangan pribadi? Bagaimana ya caranya merencanakan keuangan yang benar dan menghemat uang? Mari kita lihat beberapa website berikut ini dan aplikasi keuangan yang ditawarkan untuk menghemat uang kita. Selamat membaca!   Rubrik Finansialku

The post Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>

Apakah ada aplikasi keuangan untuk cara menghemat uang, perencanaan keuangan dan investasi yang bisa diakses dengan mudah dan memberi solusi untuk perencanaan keuangan pribadi? Bagaimana ya caranya merencanakan keuangan yang benar dan menghemat uang? Mari kita lihat beberapa website berikut ini dan aplikasi keuangan yang ditawarkan untuk menghemat uang kita. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Seni Perencanaan Keuangan

Merencanakan dan mengelola keuangan setiap bulannya menurut saya memerlukan seni tersendiri. Setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang berbeda-beda dengan tingkat pendapatan dan juga tujuan keuangan yang tidak sama satu dengan yang lain.

Tentu banyak kesulitan yang dihadapi oleh setiap orang perihal masalah keuangan pribadi, seperti kesulitan dalam menentukan pos-pos pengeluaran, kesulitan dalam prioritas pengeluaran, kesulitan dalam merancang anggaran bulanan yang terkadang tidak sesuai dengan aktualisasi biaya pengeluaran bulanan.

Belum lagi untuk orang-orang yang sudah berkeluarga, sudah pasti perencanaan keuangan keluarga lebih kompleks daripada perencanaan keuangan pribadi.

 

Lantas apakah kita perlu meng-hire konsultan keuangan?

Tapi, bukankah biayanya tidak sedikit? Apakah ada aplikasi yang dapat menolong dalam merencanakan keuangan terutama yang dapat menolong dalam menghemat uang?

Mari kita coba beberapa website yang menawarkan aplikasi keuangan yang dirancang untuk menolong orang-orang yang mengalami kesulitan dalam merencanakan keuangan dan berbagai fitur lainnya yang ditawarkan.

Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku: Kalo Ga Direncanain Sekarang, Duit Darimana?]

 

Website Finansialku

Finansialku adalah perusahaan konsultan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi profesional.

Beberapa layanan yang diberikan Finansialku diantaranya adalah jasa konsultasi perencana keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar serta pelatihan terkait perencanaan keuangan.

 

Aplikasi Finansialku

Oiya, ini dia beberapa fitur dari Aplikasi Finansialku yang saya coba “oprek” dan saya bagikan sekilas untuk Anda, namun sebelumnya Anda perlu masuk ke website Finansialku.

Setelah Anda membuka website Finansialku, tampilan layar akan terpampang berbagai informasi dari artikel seputar keuangan, investasi, asuransi, dan entrepreneurship. Berbagai artikel menarik dan menambah wawasan bisa Anda akses pada laman tersebut.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang fitur yang ditawarkan, Anda perlu daftar di sini atau men-download aplikasi Finansialku di Google Play Store.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Pada widget, Aplikasi Finansialku menawarkan berbagai fasilitas untuk pengguna seperti pencatatan arus transaksi, perencanaan keuangan untuk dana darurat, dana asuransi jiwa hingga dana liburan.

Aplikasi Finansialku juga memberikan layanan bagi pengguna untuk merencanakan anggaran setiap bulannya serta membandingkan realisasinya dengan dana yang telah dianggarkan pada bulan sebelumnya.

Hebatnya lagi, aplikasi ini bisa memperlihatkan kepada pengguna apakah kondisi keuangannya dalam kondisi yang sehat atau tidak melalui fitur Financial Health Check Up.

Jika Anda berminat untuk menambah pundi-pundi pendapatan secara online, Anda bisa berafiliasi dengan Finansialku melalui Program Afiliasi Finansialku.com

Wah, ternyata masih ada produk free yang ditawarkan Finansialku, yaitu ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20-an. Untuk Anda yang berusia kisaran 20 tahun-an dan ingin merencanakan keuangan dengan benar, download saja ebook-nya secara gratis.

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Selain itu, terdapat pula koleksi ebook lainnya yang dapat Anda miliki sekarang juga dengan gratis. Seperti ebook investasi reksa dana untuk pemula, ebook investasi emas untuk pemula, dan lain sebagainya.

 

Website DuitPintar.com

Selanjutnya, mari kita lihat website dari DuitPintar.com, tentang informasi produk keuangan serta widget di dalamnya.

Website Duit Pintar sebenarnya adalah situs yang menyediakan informasi tentang berbagai produk keuangan. Perusahaan ini tidak menjual atau pun menyediakan produk-produk tersebut secara langsung, tetapi hanya untuk membuatnya lebih mudah bagi para pengguna untuk menemukan semua informasi yang relevan dari semua produk yang tersedia di pasaran.

Ingin Hidup Bahagia dan Sejahtera di Usia 30an 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Hidup Bahagia dan Sejahtera di Usia 30an? Cek Keuangan Pribadi Sekarang!]

 

Seperti website sebelumnya dari Finansialku, website ini juga memberikan informasi melalui artikel seputar asuransi, kredit, dunia wirausaha dan lain sebagainya.

Pada website awal, Anda dapat melihat tampilan widget yang menyediakan layanan seperti Pinjaman, Asuransi, Kartu Kredit dan juga Tabungan.

Mari lihat sekilas berbagai layanan tersebut yang ditawarkan oleh Duit Pintar.com.

 

#1 Pinjaman

Jika Anda sedang membutuhkan dana pinjaman, tidak ada salahnya Anda melihat pilihan produk pinjaman yang ditawarkan dengan fasilitas Kredit Tanpa Agunan, Kredit Multiguna, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Kendaraan Bermotor.

Fitur ini memberikan gambaran tentang manfaat dari setiap produk pinjaman tersebut ditambah lagi dengan detail ringkasan pembayarannya secara lengkap.

 

#2 Asuransi

Pada widget ini menampilkan penawaran bagi Anda yang ingin mengasuransikan kendaraan bermotor Anda seperti mobil dan motor hingga asuransi perjalanan liburan Anda. Keterangan mengenai setiap produk yang direkomendasikan hingga detail manfaat dari setiap asuransi tertera di dalamnya. Mengenai harga, semuanya ditampilkan lengkap dari harga termahal hingga termurah, tergantung fasilitas yang Anda pilih.

 

#3 Kartu Kredit

Bagi Anda yang sedang kebingungan mencari kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan langsung cari melalui widget kartu kredit. Semua informasi tentang kartu kredit dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan hingga fasilitas reward, ada di dalam pilihan widget ini. Temukan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Tips Cara Mengatur Keuangan Fresh Graduation, yang Seharusnya Kamu Lakukan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Cara Mengatur Keuangan Fresh Graduation, yang Seharusnya Kamu Lakukan]

 

#4 Tabungan

Semua produk tabungan yang ditawarkan oleh bank ada di dalam widget ini. Dapatkan informasi mengenai rekening tabungan pada tahun 2017 melalui perbandingan dari setiap pilihan yang ditawarkan. Anda dapat memastikan secara langsung pilihan rekening tabungan dengan bunga dan layanan terbaik.

 

Website Bareksa.com

Jika Anda berminat untuk menambah pundi-pundi pendapatan melalui jalur investasi, tidak ada salahnya mencoba produk investasi dari reksa dana. Salah satu website yang dapat menjadi pilihan Anda adalah Bareksa.com

Apabila melihat dari profile Bareksa.com, website ini adalah sebuah portal yang menyediakan platform untuk melakukan jual-beli reksa dana secara online dengan layanan data, informasi dan alat investasi berupa reksa dana, saham, obligasi dan lainnya untuk memudahkan para pengguna yang ingin berinvestasi.

Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana Untuk Karyawan?]

 

Website yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan dunia investasi ini memberikan layanan Simulasi Reksa Dana sebelum Anda secara langsung bermain di dalamnya. Pilihan Jenis Reksa Dana hingga Manajer Investasi dari berbagai Perusahaan yang sesuai standar OJK, semua tersedia di dalam layanan pada website Bareksa.com.

 

Website RajaPremi.com

Bagi Anda yang membutuhkan layanan asuransi, salah satu website yang menyediakannya adalah RajaPremi.com.

RajaPremi.com adalah anak perusahaan dari FatFish Internet Group, sebuah perusahaan pengembang teknologi berbasis internet dari Singapura yang memulai debut perdagangannya di Bursa Efek Australia (ASX) sejak Juli 2014.

RajaPremi.com berfokus pada layanan keuangan yang menyediakan berbagai asuransi seperti asuransi mobil seperti asuransi mobil, motor dan truk, asuransi kecelakaan diri, asuransi properti, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan dan asuransi jiwa untuk pasar Indonesia.

Sedang Mencari Asuransi Terbaik Inilah Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sedang Mencari Asuransi Terbaik? Inilah Kriteria Memilih Perusahaan Asuransi]

 

Beberapa perusahaan asuransi terkenal di Indonesia yang bermitra dengan  RajaPremi.com termasuk Asuransi Central Asia (ACA), Sinar Mas, Asuransi MNC, Asuransi BESS, Asuransi Umum AVRIST, JAPRO (Asuransi Jaya Proteksi) dan ZURICH.

 

Website IndoGold.com                         

Salah satu website penyedia layanan jual beli emas yang dipercaya salah satunya yang dapat menjadi pilihan Anda adalah IndoGold.com.

IndoGold adalah perusahaan yang menjual dan membeli emas atau perak. dengan berbagai penawaran produk diantaranya adalah Emas Logam Mulia PT Antam, Emas Logam Mulia PT UBS, dan Perak SRH 99.9%.

Beberapa layanan yang Anda dapatkan melalui IndoGold.com antara lain layanan tabungan emas dengan cara membeli atau menjual emas hingga berat terkecil 0,0001 gram, layanan cicilan melalui sistem elektronik online bagi member, layanan peminjaman dengan agunan emas hingga layanan membeli emas dengan fitur quick buy.

Cara Investasi Emas Batangan dengan Berkebun Emas, Apakah Menguntungkan atau Tidak - Finansialku

[Baca Juga: Cara Investasi Emas Batangan dengan Berkebun Emas, Apakah Menguntungkan atau Tidak?]

 

Wujudkan Kondisi Keuangan yang Stabil hingga Mengalami Financial Freedom

Setelah memiliki perencanaan keuangan yang matang dan pengelolaan keuangan yang stabil, tentu jika Anda ingin meningkatkan kualitas keuangan Anda, perlu mengembangkannya dengan cara investasi untuk berbagai tujuan keuangan dan juga rencana dana hari tua, bukan?

Investasi memang salah satu jalan keluar yang sangat memungkinakan, apalagi jika Anda bermimpi memiliki passive income dan menjadi seorang financial freedom. Awali dengan mimpi yang diwujudkan melalui setiap langkah-langkah nyata dari sekarang.

 

Apakah Anda sudah mencoba aplikasi Finansialku? Bagaimana pengalaman Anda dalam menggunakan setiap fitur yang tersedia? Bagikan pengalaman Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • InfoGold.com – https://goo.gl/cCf8BX
  • RajaPremi.com – https://goo.gl/2vc9VE
  • Bareksa.com – https://goo.gl/ZMK5At
  • DuitPintar.com – https://goo.gl/Zaqg31

 

Sumber Gambar:

  • Asian Man with Laptop – https://goo.gl/tjLJm8
  • Asian Man with Phone – https://goo.gl/fXtMve

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

The post Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi appeared first on Finansialku Perencana Keuangan Independen.

]]>
https://www.finansialku.com/baru-baru-ini-saya-coba-website-dan-aplikasi-keuangan-untuk-cara-menghemat-uang-perencanaan-keuangan-dan-investasi/feed/ 0