Jasa wedding organizer rasanya sangat bermanfaat untuk merancang pesta perkawinan. Salah satu reksan Finansialku.com akan membahas untung ruginya menggunakan jasa wedding organizer.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 DuitPintar

 

Pake Wedding Organizer Ga Ya?

Salah satu solusi mempermudah menyiapkan resepsi pernikahan adalah dengan menggunakan jasa wedding organizer. Ga ada salahnya sih, menggunakan jasa wedding organizer, karena mungkin saja calon suami-istri sibuk dan tidak ada waktu untuk mengurusnya.

 

Jasa Wedding Organizer, Pake Ga Ya?

[Baca Juga: 5 Tips Hemat Biaya Pernikahan]

  

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa wedding organizer, Anda harus menimbang terlebih dahulu untung ruginya. Jangan sampai sudah pakai jasa wedding organizer, tetapi acara tidak berjalan mulus.

 

Hati-Hati dengan “Penipuan” berkedok Wedding Organizer

Biasanya ada dua model harga yang digunakan oleh wedding organizer, yaitu:

  1. Calon pengantin memberikan anggaran (budget), kemudian wedding organizer akan menyusun resepsi sesuai dengan anggaran.
  2. Calon pengantin memilih paket yang sudah disediakan oleh wedding organizer.

Keduanya sebenarnya kurang lebih sama, tetapi Anda harus menjadi pembeli yang pandai. Jika Anda memilih paket, sesuaikan dengan anggaran untuk resepsi pernikahan Anda. Tidak ada salahnya Anda bertanya pada beberapa perusahaan wedding organizer untuk mengetahui penawaran-penawaran paket pernikahan.

Anda dapat meminta rekomendasi dari teman-teman, keluarga, kerabat yang pernah menggunakan jasa wedding organizer tersebut. Hati-hati dalam memilih perusahaan wedding organizer, karena beberapa kali terjadi kasus penipuan. Calon pasangan sudah membayar uang muka, kemudian pemilik usaha wedding organizer kabur.

 

Bagaimana jika Anggaran untuk Resepsi tidak Mencukupi?

Jangan pernah memaksakan untuk membuat resepsi nikah yang mewah. Resepsi pernikahan bukanlah syarat resminya sebuah perkawinan yang sah. Salah satu alasan kenapa seseorang melakukan pesta resepsi pernikahan yang mewah adalah untuk pamer (show off). Kembali ke dasar, apa tujuan Anda melakukan resepsi pernikahan.

 

 [Baca Juga: Syarat Sahnya Perkawinan]

 

Kesimpulan

Seperti dijelaskan di atas, kalau salah memilih perusahaan wedding organizer, bisa-bisa Anda malah merugi. Jadi buat pilihan yang tepat dari segi penawaran paket, acara, makanan dan anggaran yang Anda miliki.

 

Apakah Anda pernah menggunakan jasa wedding organizer?

 

 

 

Image Credit:

  • Jasa Wedding Organizer – https://goo.gl/RDpPjn

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang