Karyawan yang bangga dengan perusahaanya adalah kekuatan tersendiri bagi sebuah perusahaan. Finansialku.com akan membahas dari sisi seorang pemilik bisnis, bagaimana cara membuat karyawan yang bangga dengan perusahaannya?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Karyawan yang Bangga dengan Perusahaannya

Sebagai perencana keuangan independen, Finansialku sering kali menerima klien yang bekerja sebagai pemilik usaha (wirausaha / entrepreneur). Kami banyak berdiskusi dengan para entrepreneur. Ternyata ada hal-hal yang penting tetapi seringkali terlupakan oleh pemilik bisnis.

 

Karyawan yang Bangga dengan Perusahaanya (Studi Kasus Gojek) - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Nasehat Bisnis dari Jack Ma]

 

Zaman dahulu orang berkata, pembeli adalah raja. Di abad saat ini Anda perlu mempertimbangkan kembali pernyataan tersebut. Jack Ma pendiri Alibaba.com mengatakan dalam kondisi terburuk, Dirinya akan memegang teguh 3 prinsip:

  1. Prinsip pertama dengarkan konsumen.
  2. Prinsip kedua jadikan karyawan yang bangga dengan perusahaannya.
  3. Prinsip ketiga tanggung jawab dengan pemegang saham

 

Secara teori, para pengusaha tidak boleh hanya fokus pada pembeli, pembeli dan pembeli. Pengusaha juga harus berusaha menjadikan karyawan yang bangga dengan perusahaan. Salah satu bukti di Indonesia adalah fenomena GoJek

 

GoJek: Mampu membentuk Karyawan yang Bangga dengan Perusahaannya

Sebelum masuk ke pembahasan utama, lebih baik kita lihat video berikut ini

 

YouTube Courtesy : GO-JEK Indonesia – Pak Rochim (GO-JEK Driver)

 

Setelah Anda melihat video tersebut, apakah Anda mer asakan ada kebahagiaan dan kebanggan dari Pak Rochim, pengemudi GO-JEK? Menurut Finansialku.com rasa kebanggaan para pengemudi GO-JEK adalah senjata pamungkas bisnis GO-JEK. Walaupun ada banyak kompetitor, tetapi rasa kebanggaan tersebut tidak mudah ditiru.

Kenapa rasa bangga tersebut dapat menjadi senjata pamungkas? Ada sebuah teori yang mengatakan kebahagiaan seseorang itu memiliki sifat menular. Coba kita bereksprimen. Ketika Anda berpapasan dengan seseorang yang tidak Anda belum kenal, berikan senyum hangat dan anggukan penuh hormat. Orang tersebut juga membalasnya dengan hal yang sama.

 

 [Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem pendiri GO-JEK]

 

Kebanggaan pengemudi GO-JEK tersebut, memotivasi pengemudi mau melayani customer GO-JEK dengan sepenuh hati. Rasa kebangaan pengemudi GO-JEK menular ke customer. Customer yang puas akan bercerita dan membicarakan hal-hal baik tentang GO-JEK. Hal tersebut juga sebenarnya dapat dilakukan pada semua bisnis termasuk bisnis Anda.

 

Bagaimana Membentuk Karyawan yang Bangga dengan Perusahaannya?

Pertanyaan tersebut kayanya agak sulit, tetapi jawabannya sederha.

 

Jika Anda ingin dihormati orang lain,

maka Anda harus menghormati orang lain terlebih dahulu.

 

Lakukan hal tersebut, lakukan karyawan bukan sebagai pembantu. Lakukan karyawan sebagai anggota keluarga. Dalam keluarga selalu ada rasa sayang, saling membantu, kompak, keceriaan, kedamaian dan kebahagiaan.

 

Kesimpulan

Cara paling sederhana membentuk karyawan yang bangga dengan perusahaan tempat mereka bekerja adalah: memperlakukan karyawan sebagai seorang manusia. Memanusiakan manusia adalah pekerjaan yang paling sulit untuk seorang entrepreneur. Tetapi sulit bukan berarti tidak mungkin.

 

Untuk Entrepreneur

Apa ide Anda untuk membentuk karyawan yang bangga perusahaannya? 

 

Untuk Karyawan

Apa yang membuat Anda bangga bekerja diperusahaan Anda?

 

Image Credit:

  • Happy – http://goo.gl/BBjjR7

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang