Kenali 4 Sumber Pendapatan Ini dan Maksimalkan

Kenali 4 Sumber Pendapatan Ini dan Maksimalkan. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas 4 sumber pendapatan seseorang.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

  

Kenali 4 Sumber Pendapatan

Darimana sajakah sumber pendapatan seseorang?

  • Jika Anda seorang karyawan, Anda akan menjawab gaji, bonus dan tunjangan.
  • Jika Anda seorang pemilik toko, pekerja profesi (dokter, atlet, pengacara, notaris), Anda akan menjawab keuntungan bisnis, fee konsultasi, fee penjualan dan lainnya.
  • Jika Anda seorang pemilik bisnis atau investor, Anda akan menjawab keuntungan bisnis, dividen, pembagian hasil dari bisnis, capital gain dan lainnya.

 

Gambar berikut ini menjelaskan sumber penghasilan seseorang. Secara umum Finansialku membagi menjadi tiga jenis yaitu pendapatan aktif (active income), pendapatan pasif (passive income) dan pendapatan investasi (portfolio income).

Mengelola Arus Kas Keluarga - Cash Flow Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Nah bagaiamana dengan Robert T. Kiyosaki? Seorang penasihat keuangan Amerika bernama Robert T. Kiyosaki menggambarkan  4 sumber pendapatan. Keempat sumber pendapatan tersebut digambarkan dalam sebuah quadrant yang disebut dengan ESBI Quadrant. Berikut ini ESBI Quadrant dari Robert T. Kiyosaki:

4 Sumber Pendapatan - ESBI Quadrant - Cashflow Quadrant - RichDad - Robert T. Kiyosaki - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Quadrant ESBI tersebut menunjukkan 4 jenis sumber pendapatan. Kuadran pertama diberi lambang “E” yaitu “Employee” atau “Karyawan”. Kuadran kedua diberi lambang “S” yaitu “Self Employed” atau “Pekerja Mandiri / Pekerja Profesi”. Kuadran ketiga diberi lambang “B” yaitu “Business Owner” atau “Pemilik Bisnis”. Kuadran terakhir adalah “I” atau “Investor”. Masing-masing kuadran memiliki sumber pendapatan yang berbeda, psikologi yang berbeda dan tujuan-tujuan keuangan yang berbeda. 

Berikut ini video penjelasan mengenai ESBI Quadrant (menggunakan bahasa Inggris).

Courtesy Health is Wealth – Robert Kiyosaki ESBI Quadrant

 

Perencanaan Keuangan dan ESBI Quadrant

Finansialku akan membahas lebih dalam ESBI Quadrant pada artikel terpisah. Pertanyaan berikutnya, saat ini Anda sudah dapat membedakan 4 sumber pendapatan. Nah menurut Anda, apakah perencanaan keuangan dibutuhkan oleh keempat quadrant tersebut?

Kenali  4 Sumber Pendapatan Ini dan Maksimalkan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Di dalam bukunya, Robert T. Kiyosaki mengungkapkan beberapa kritik mengenai perencana keuangan. Hal ini terjadi karena banyak perencana keuangan (dalam kasus ini di Amerika) yang berfokus pada menjual produk – produk keuangan. Mungkin saja Anda pernah menemui kasus serupa di Indonesia. Anda menemukan tenaga penjual produk-produk keuangan yang menggunakan titel atau sebutan perencana keuangan.

Disisi lain Robert T. Kiyosaki juga menuliskan bahwa beliau memiliki konsultan keuangan yang terdiri dari beberapa profesi, salah satunya perencana keuangan. Quadrant di atas menunjukkan salah satu bagian dari perencanaan keuangan yaitu manajemen arus kas keluarga bagian pemasukan.

Perencanaan keuangan tidak hanya berbicara mengenai manajemen arus kas, tetapi melihat gambaran besar untuk membantu seseorang mencapai tujuan-tujuan keuangan. Menurut Finansialku perencana keuangan memiliki peran yang penting pada masing-masing quadrant.

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Ibu-Rumah-Tangga-Harus-Mengenal-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

Seorang karyawan membutuhkan sebuah rencana keuangan untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangannya. Pemilik bisnis atau pekerja mandiri juga perlu memiliki rencana keuangan, begitu pula dengan pebisnis serta investor. Perbedaannya adalah masing-masing quadrant memiliki rencana keuangan yang berbeda, cara memenuhi tujuan-tujuan keuangan yang berbeda.

 

Kesimpulan

Kenali 4 sumber pendapatan dan pastikan kita dapat mengoptimalkan keempatnya. Perencanaan keuangan memiliki peran penting untuk setiap quadrant.

 

Sumber:

  • Buku: CashFlow Quadrant. Robert T. Kiyosaki.

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

Baca E- Magazines #IndonesianDreams

Edisi April 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment