Kenali 3 Tipe Modal Bisnis Properti

Kenali 3 Tipe Modal Bisnis Properti. Kali ini Perencanaan Keuangan Finansialku akan membahas sekilas mengenai modal bisnis properti dan bagaimana cara mendanainya.

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Modal Bisnis Properti

Meningkatkan kelas menengah Indonesia, secara langsung maupun tidak ternyata mendorong perkembangan investasi properti. Coba aja cek keuntungan-keuntungan dalam berinvestasi property. Berdasarkan riset secara online, ternyata banyak orang ingin mengetahui berapa modal bisnis properti, kemudian cara mengumpulkan modalnya.  Apakah membeli properti bisa dengan modal dengkul?

 Kenali 3 Tipe Modal Bisnis Properti - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Menurut Finansialku jawabannya BELUM TENTU BISA. Berbicara mengenai pendanaan bisnis properti atau bisnis pada umumnya, terdapat 3 jenis pendanaan yaitu:

  1. Pendanaan dengan Uang Sendiri
  2. Pendanaan dengan Uang Orang Lain
  3. Gabungan keduanya

 

Bagaimana dengan pendanaan bisnis propertidengan modal dengkul? Mungkin yang dimaksud adalah pendanaan jenis kedua, yaitu pendanaan dengan uang orang lain. Berikut penjelasannya.

 

Modal Bisnis Properti dengan Uang Sendiri

Sobat Finansialku pernah menemui kasus atau mendengar cerita seorang investor propertiyang membeli propertidengan uang tabungannya? Atau Sobat Finansialku ada yang pernah melakukannya? Jika pernah maka pendanaan tersebut dinamakan dengan uang sendiri.

 

Kenali 3 Tipe Modal Bisnis Properti - Uang Sendiri -  Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Modal Bisnis Properti dengan Uang Orang Lain

Pada jenis pendanaan kedua, Sobat Finansialku pernah mendengar promosi pelatihan membeli propertitanpa modal dan lain-lain? Pada dasarnya membeli propertimembutuhkan modal, tetapi uangnya dari orang lain. Istilah keren dalam bahasa Inggris adalah: Other People Money (OPM).

 

Kenali 3 Tipe Modal Bisnis Properti - Uang Orang Lain - Finansialku

 

Beberapa contoh pendanaan bisnis propertidengan uang orang lain: Pendanaan melalui bank.

  • Pendanaan melalui pemilik tanah atau pemilik rumah.
  • Pendanaan melalui kerjasama rekan bisnis.
  • dan lain sebagainya.

 

Menurut Finansialku jika Anda ingin mencoba pendanaan bisnis propertidengan uang orang lain, maka Anda harus menguasai ilmu keuangan (Anda harus mampu berhitung) dan seni negosiasi.

 

Gabungan Keduanya

Pilihan pendanaan tipe ketiga adalah gabungan dari pendanaan dengan uang sendiri dan orang lain. Contoh sederhana adalah penerapan KPR:

  • Uang muka pembelian rumah 30% (modal bisnis propertidengan uang sendiri).
  • Uang muka pembelian rumah 70% (modal bisnis propertidengan uang Bank).

 

Lho, pas mencicil kan pakai uang sendiri? Jadi 100% uang sendiri donk? Menurut aturan Dolf de Roos, ketika kita berinvestasi properti, kita bukan membeli properti kemudian properti tersebut menganggur. Properti tersebut adalah propertiyang dapat menghasilkan arus kas. Contoh: Membeli rumah kos, nah uang bulanan dari bisnis rumah kos yang digunakan untuk membayar cicilan ke bank.

 

Kesimpulan

Tiga jenis modal bisnis property:

  1. Pendanaan dengan Uang Sendiri
  2. Pendanaan dengan Uang Orang Lain
  3. Gabungan keduanya

 

 

Sumber:

  • Alternative Financing – http://goo.gl/jFEkq2
  • Business Financing – http://goo.gl/or7kMF
  • Business Loan – http://goo.gl/26F7W1

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment