Memisahkan uang pribadi dan usaha adalah hal WAJIB untuk pebisnis pemula. Kali ini Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas alasan mengapa kamu harus memisahkan uang pribadi dan usaha.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Memisahkan Uang Pribadi dan Usaha itu Wajib

Ketika Finansialku ada sesi diskusi dengan para pemiliki bisnis, salah satu pertanyaan yang sering keluar adalah: Pak/Bu saya mengalami kesulitan mengelola keuangan keluarga. Uang keluarga dan usaha kecampur, susah untuk mencatatnya. Kesalahan pemilik bisnis adalah tidak memisahkan uang pribadi dan usaha.

Memisahkan Uang Pribadi dan Usaha - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Apa maksudnya memisahkan uang pribadi dan usaha? Maksudnya adalah buat rekening bank yang terpisah antara uang pribadi dan usaha. Jadi rekening uang pribadi dan keluarga di rekening A, sedangkan rekening usaha di rekening B. Apakah bank harus berbeda? Tidak harus berbeda, Anda boleh kok membuat beberapa rekening dalam satu bank.

 

Setelah Memisahkan Uang Pribadi dan Usaha, Kemudian …

Apa yang harus dilakukan setelah memisahkan uang pribadi dan usaha? Ya langkah selanjutnya adalah mulai mengelola keuangan. Cara sederhananya adalah

  1. Membuat anggaran pengeluaran dan pemasukan.
  2. Kemudian mencatat pengeluaran dan pemasukan.
  3. Lakukan analisis kondisi kesehatan keuangan secara berkala.
  4. Perhatikan kondisi likuiditas.
  5. Perhatikan kondisi utang.

 

Ow ya, selain rekeningnya dipisah, pencatatan keuangannya juga harus dipisah ya. Hal ini diperlukan agar Anda tidak pusing, dalam mengelola uang pribadi dan usaha. Ga mungkin kan, Anda mau direpotin dengan masalah: ini utang ke Ibu Aan, utang buat keluarga atau utang buat usaha ya?

[Coba jawab Quiz: Sudahkah Anda mengelola keuangan keluarga dengan benar?]

 

Kami sarankan, jika Anda sedang memulai usaha baru, Anda harus memisahkan uang pribadi dan usaha. Gunakan jasa akuntan freelance bisa mahasiswa/I akuntansi untuk membantu pencatatan keuangan Anda.

Kalau keuangan pribadi atau keluarga, ya Anda harus rajin mencatat dan miliki rencana keuangan. Finansialku saat ini sedang mengembangkan sebuah aplikasi untuk membantu Anda merencanakan keuangan dan mengelola keuangan. Subscribe Finansialku dan dapatkan update terbaru mengenai aplikasi Finansialku.

 

Kesimpulan

Tidak ada kata lain untuk para pengusaha pemula yaitu memisahkan uang pribadi dan usaha. Lakukan pencatatan keuangan dan miliki rekening yang terpisah, akan sangat membantu Anda mengelola keuangan keluarga dan usaha.

 

Jika Anda entrepreneur atau memiliki usaha sampingan, Apakah Anda sudah memisahkan uang pribadi dan usaha?

Jika saat ini Anda sedang memilih program pensiun, apakah Anda mau memilih program pensiun iuran pasti?

 

Image Credit:

  • Usaha – http://goo.gl/hDuI2n

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang