Penting ga ya: Asuransi Kartu Kredit. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai asuransi kartu kredit. Lho kartu kredit kok diasuransi, buat apa ya?

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Tahukan Anda Asuransi Kartu Kredit?

Sobat Finansialku mungkin pernah ditelepon oleh telemarketer yang menawarkan layanan asuransi kartu kredit, credit protector, credit shield, atau credit guard. Asuransi kartu kredit itu tujuannya buat apa sih?

Asuransi kartu kredit bertujuan untuk membantu pemilik kartu kredit jika sewaktu-waktu pemilik kartu kredit mengalami musibah atau kecelakaan (misal meninggal dunia atau cacat tetap) sehingga tidak membayar kartu kredit. Jika memiliki asuransi kartu kredit, saldo tagihan kartu kredit akan dibayar oleh perusahaan asuransi. Jadi jika ada masalah dengan pemilik kartu kredit, beliau tidak perlu lagi pusing memikirkan tagihan kartu kredit dibebankan kepada isteri, suami atau anak-anak.

Penting Ga Ya Asuransi Kartu Kredit - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Berapa biaya premi asuransi kartu kredit? Setiap bank menawarkan premi yang berbeda-beda, umumnya berada diantara 0,3%-0,8% dari total tagihan bulanan kartu. Contoh Bank X menawarkan biaya berlangganan asuransi kartu kredit sebesar 0,4%. Tagihan bulan ini sebesar Rp 1 juta. Maka biaya premi yang harus dibayar adalah Rp 4.000 (1.000.000 x 0,4%). Nah bagaimana kalau bulan ini tidak punya tagihan? Anda tidak perlu membayar premi (0 x 0,4%).

 

Bagaimana Cara Klaim Asuransi Kartu Kredit?

Ahli waris pemegang kartu kredit harus menghubungi bank penerbit kartu kredit Batas waktunya maksimal 3 bulan sejak pemegang kartu kredit meninggal dunia. Ahli waris perlu melampirkan surat permohonan, surat kematian sebagai bukti dan mengisi formulir-formulir (beberapa perusahaan). Jika ahli waris melakukan klaim, berarti masa pertanggungan juga berakhir.

 

Kesimpulan

Menjawab pertanyaan di judul, penting ga ya: asuransi kartu kredit? Nah jika Anda memang bisa menjaga kebiasaan kartu kredit, selalu membayar tepat waktu dan memiliki dana darurat yang cukup asuransi kartu kredit mungkin tidak perlu. Tetapi ada juga orang, ga ada salahnya beli karena premi asuransi kartu kredit cukup kecil jika dibandingkan tagihan yang harus dibayar. Tapi ingat ya sebelum membeli produk keuangan apapun, termasuk asuransi kartu kredit pelajari dengan teliti produknya.

 

Sumber:

  • Grace S. 31 Jan 2014. Asuransi Kartu Kredit: Perlukah Kita Memilikinya?. http://goo.gl/8JM5fr
  • Mafia Kartu Kredit. Credit Shield Kartu Kredit. http://goo.gl/MfpSey
  • Femina. Credit Shield, Pentingkah? http://goo.gl/Y8d5ht
  • Citibank Indonesia. CREDIT SHIELD PLUS. http://goo.gl/r9Ig6O
  • Credit Card Image. http://goo.gl/pSWsfJ

 

Silahkan hubungi perencana keuangan independen Finansialku, untuk mulai merencanakan keuangan keluarga Anda!

 

Hubungi Finansialku

 

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi April 2015

Baca E Magazine Sekarang!