Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an. Perencana keuangan independen Finansialku pernah membahas artikel mengenai apa saja perencanaan keuangan untuk usia 30 an. Berikut ini lanjutan dari artikel sebelumnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Pada artikel sebelumnya Finansialku sudah menuliskan 6 perencanaan keuangan untuk usia 30 an yaitu:

  1. Tingkatkan Dana Darurat
  2. Review Pengeluaran dan Anggaran Anda
  3. Review Kembali Asurasi Jiwa
  4. Perbaiki Kondisi Utang Anda!
  5. Persiapkan Dana untuk Pendidikan Anak
  6. Persiapkan Dana Membeli Asset

 

 

Kali ini Finansialku akan membahas 3 perencanaan keuangan untuk usia 30 an yaitu:

  1. Mempersiapkan Dana Hari Tua
  2. Mereview strategi dan perencanaan investasi
  3. Membuat rencana keuangan

 

Mari kita bahas satu persatu.

 

Mempersiapkan Dana Hari Tua

Pada saat Anda berusia 30 an, idealnya Anda harus sudah berinvestasi untuk kebutuhan dana hari tua. Kasus yang terjadi di Indonesia adalah, masyarakat sudah mulai berinvestasi di usia 30 an, tetapi:

  • Tujuan investasi tidak jelas.
  • Jumlah dana yang diinvestasikan tidak dapat mencukupi kebutuhan dana hari tua.
  • Investasi di produk yang salah, contoh investasi bodong.
  • Berinvestasi dengan cara yang salah.

 

Sebagai perencana keuangan, FInansialku senantiasa menyarankan klien dan masyarakat untuk mulai menyiapkan dana hari tua sejak usia 20 an. Kenapa demikian? Semakin panjang waktu yang Anda miliki, maka Anda dapat berinvestasi dengan jumlah dana yang lebih kecil.

 

 

Finansialku menyarankan klien-klien kami di usia 30 an, untuk meningkatkan jumlah investasi terutama guna memenuhi kebutuhan dana hari tua. Kami akan mengulas lebih dalam perencanaan dana hari tua pada artikel berikutnya.

 

Mereview Strategi dan Perencanaan Investasi

Ketika usia 30 an, ada baiknya kita mulai mereview strategi investasi yang sudah kita jalankan. Beberapa kasus yang umum dijumpai dalam mereview strategi dan perencanaan investasi:

  • Mungkin kebutuhan atau tujuan keuangan Anda sekarang, sudah berbeda banyak pada saat Anda pertama kali berkarir. Itu artinya Anda harus membuat uang Anda bekerja lebih keras untuk memenuhi tujuan – tujuan keuangan Anda.
  • Mungkin saja ada beberapa produk investasi yang mampu menunjukkan performansi yang lebih baik dibandingkan produk investasi kita.
  • Adanya perubahan kondisi ekonomi yang menyebabkan investasi kita kurang tepat. Contoh pada saat suku bunga naik, kecenderungan investasi di obligasi kurang menarik.

 

Pastikan Anda senantiasa melakukan review investasi Anda. Investasi dapat diibaratkan sebagai sebuah kendaraan yang mengantar Anda mencapai tujuan Anda. Bisa jadi kendaraan yang dulu Anda gunakan, kurang tepat untuk Anda gunakan saat ini. 

 

Membuat Rencana Keuangan

Pada saat usia 30 an, Anda harus sudah memiliki rencana keuangan. Idealnya rencana keuangan dibuat ketika seseorang sudah mulai bekerja dan mengelola keuangannya sendiri. Jika saat ini Anda belum memiliki rencana keuangan, jangan tunda lagi untuk membuatnya.

Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

 

Kesimpulan

Jika saat ini usia Anda berada di usia 30 – 39, maka Anda harus memperhatikan 9 point penting terkait perencanaan keuangan untuk usia 30 an. Perencanaan keuangan yang matang, banyak membantu Anda untuk mendapatkan tujuan-tujuan keuangan Anda. Selamat mencoba

 

Menurut Anda, Mengapa perencanaan keuangan untuk usia 30 an itu penting?

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang