Reksa dana KIK-EBA (Kontrak Investasi Kolektif – Efek Beragunan Aset) adalah salah satu jenis produk investasi yang ada di Indonesia. Finansialku.com akan bahas reksa dana KIK-EBA.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Reksa Dana KIK-EBA

Kontrak Investasi Kolektif atau Efek Beragunan Aset (KIK-EBA) atau di luar negeri dikenal dengan Asset-Backed Security (ABS). Reksa Dana KIK-EBA sederahannya wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor) dan kemudian diinvestasikan kepada surat berharga komersial. Jadi Reksa Dana KIK-EBA ini investasinya ke produk utang, tetapi bukan obligasi.

Reksa Dana KIK-EBA - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Lihat Slide: Mengenal Reksa Dana untuk Pemula

 

Sebelum membahas lebih dalam, mungkin Anda penasaran dengan kata security. Apakah maksudnya aman atau yang lainnya? Jadi kata security mengacu pada sekuritisasi, yang artinya mengubah aset keuagan (surat utang KPR, surat utang kendaraan dan lainnya) menjadi surat berharga yang dapat diperdagangkan.

 [Baca Juga: Mengenal Reksa Dana Pendapatan Tetap]

 

Reksa Dana KIK-EBA investasinya di kredit kepemilikan rumah, kredit kepemilikan kendaraan dan lainnya. Pertanyannya bagaimana kalau kredit rumah nya tidak bisa ditagih (alias utang macet atau bad debt)? Pertanyaan tersebut jawabannya adalah krisis ekonomi 2008 di Amerika, atau Sub Prime Mortgage. Pada kasus krisis tersebut, permasalahan utama adalah reksa dana KIK-EBA yang dijual memiliki aset dasar berupa kredit dengan kualitas buruk.

Salah satu produk reksa dana KIK-EBA di Indonesia adalah reksa dana Efek Beragun Aset Danareksa BTN 03 Tawarkan Kupon 7,75%. Kupon disini artinya bunga utang yang dibayarkan kepada Anda (sebagai investor). Jadi kalau Anda berinvestasi di reksa dana KIK-EBA Danareksa BTN 03, Anda akan mendapatkan dua potensi keuntungan. Pertama Anda mendapat pembayaran bunga utang sebesar 7,75% dan potensi keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

[Baca Juga: Mengapa Investasi itu Membingungkan?]

 

Ada pihak yang menggolongkan reksa dana KIK-EBA ini sebagai obligasi, karena memang aturan investasi dan perdagangannya mirip dengan obligasi. Misal perdagangan dilakukan secara OTC (Over the Counter).

Walaupun reksa dana KIK-EBA ini termasuk produk yang cukup canggih, Anda sebagai investor dapat membeli produk-produk tersebut di perusahaan manajer investasi (asset management).

 

Kesimpulan

Perkembangan produk investasi, seperti reksa dana KIK-EBA ini sebenarnya dapat digunakan untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan Anda. Pastikan sebelum berinvestasi, Anda sudah mempelajari produk reksa KIK-EBA dan ketahui risiko-risikonya.

 

Menurut Anda, apakah berinvestasi reksa dana KIK-EBA cukup aman?

 

Image Credit:

  • Mutual Fund – http://goo.gl/gj84zE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang