Sudahkah Mengecek Kesehatan Keuangan Rumah Tangga ?

Sudahkah Anda mengecek kesehatan keuangan rumah tangga Anda? Mengecek kesehatan keuangan rumah tangga menjadi bagian yang sangat penting. Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas lebih dalam, sudahkan Anda mengcek kesehatan keuangan rumah tangga Anda?

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Sudahkah Anda Mengecek Kesehatan Keuangan Rumah Tangga Anda

Mengecek kesehatan keuangan rumah tangga mirip dengan cek darah di laboratorium. Anda akan medapatkan informasi mengenai rekap medis Anda. Jika Anda mengecek kesehatan keuangan rumah tangga, Anda akan mendapatkan rekap kondisi keuangan rumah tangga Anda.

 Cek Kesehatan Keuangan Anda dan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Seseorang dapat mengetahui kondisi kesehatan keuangan rumah tangganya. Ada beberapa besaran yang dapat diketahui, ketika kita mengecek kesehatan keuangan rumah tangga, seperti kondisi likuiditas, kondisi utang, kondisi tabungan terhadap pendapatan dan lain sebagainya.

Mengecek kesehatan keuangan rumah tangga dilakukan dengan mengisi sejumlah formulir, mengenai keuangan Anda. Tentu saja jika data yang Anda masukkan tidak benar, maka hasil yang didapat juga tidak valid (Garbage In Garbage Out).

 

Setelah Anda Mengecek Kesehatan Keuangan Rumah Tangga Anda

Setelah Anda mengecek kesehatan keuangan rumah tangga, langkah selanjutnya adalah melakukan action. Jika saat ini keuangan rumah tangga Anda masih belum sehat, maka Anda dapat melakukan perubahan terkait dengan permasalahan. Misal saat ini likuiditas Anda terlalu banyak, artinya banyak uang di tabungan. Nah sebaiknya Anda menggunakan sebagian uang Anda untuk diinvestasikan, agar uang Anda dapat berkembang.

 

Mengecek Kesehatan Keuangan Rumah Tangga sebagai Lifestyle

Kebanyakan orang masih asing dengan istilah mengecek kesehatan keuangan rumah tangga. Hal ini terjadi karena sistem pendidikan di Indonesia, tidak mengenalkan keuangan dari sejak kita kecil. Anak-anak tidak diajarkan mengenai keuangan oleh guru dan sebagian besar orang tua. Setelah kita dewasa, bekerja dan memiliki uang, kita kerap kali lalai dalam mengelola keuangan.

Perencana Keuangan Independen Finansialku - Sudahkah Mengecek Kesehatan Keuangan Rumah Tangga

 

Idealnya berapa kali seseorang harus mengecek kesehatan keuangan rumah tangga? Belum ada nilai atau batasan ideal atau tidak. Saran kami, sebaiknya mengecek kesehatan keuangan keluarga dijadikan lifestyle (gaya hidup) yang dilakukan setidaknya sekali dalam setahun. Paling tidak Anda tahu Anda bekerja selama sekian tahun, apa yang Anda dapatkan? Apa yang Anda miliki? Apakah hasil kerja Anda dapat memenuhi tujuan-tujuan Anda, membeli rumah, mobil, dana pendidikan anak dan tujuan lainnya?

 

Kesimpulan

Mengecek kesehatan keuangan keluarga menjadi hal yang penting dan urgent untuk dilakukan oleh setiap keluarga. Jika Anda saat ini belum mempunyai rekap kondisi keuangan rumah tangga, Anda dapat melakukan cek kesehatan keuangan rumah tangga Anda bersama Finansialku.

 

Silahkan hubungi perencana keuangan independen Finansialku, untuk mulai merencanakan keuangan keluarga Anda!

 

Hubungi Finansialku

 

Sumber Gambar:

  • Don’t Worry be Happy – Fullhdwpp di http://goo.gl/Tg1t2Q

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Maret 2015

Baca E Magazine Sekarang!

 

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai

kelas menengah Indonesia, Indonesian Dreams dan Perencanaan Keuangan

 

[formcraft id=’4′]

 

Follow Finansialku 

dan ikuti diskusinya di

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment