Salah satu tips investasi kondotel adalah dengan memperhatikan lokasinya, tapi selain itu, masih ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda ikuti.

Simak ulasannya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Tips Investasi Kondotel untuk Raup Keuntungan

Bergelut dengan dunia investasi memang tidak semudah membalikkan telapak tangan apalagi dengan harapan meraup banyak keuntungan. Termasuk ketika Anda tertarik dengan investasi kondotel.

Kondotel menjadi bagian investasi bidang properti, yang juga dikenal dengan istilah apartel atau apartemen hotel.

Seperti dilansir dari Liputan6.com, investor mengakui bahwa kondotel cukup menguntungkan sebagai investasi, maka tak heran jika semakin hari banyak investor yang meliriknya.

Selain masih dalam area properti yang jelas bisa menguntungkan, Anda juga akan diuntungkan karena kondotel secara fisik sudah bagus hanya tinggal dikelola.

Teknisnya, jika Anda membeli kondotel yang merupakan unit-unit kondominium atau apartemen, maka kondotel tersebut bukan untuk dihuni oleh Anda tapi diserahkan kepada operator hotel untuk dikelola.

Tapi meski menggiurkan, Anda tetap harus selektif dalam menentukan kondotel mana yang akan Anda beli dari portal properti supaya benar-benar untung. Berikut adalah tips investasi kondotel yang perlu Anda tahu. Check it out!

 

#1 Perhatikan Lokasi

Sebagus-bagusnya fasilitas kondotel, salah satu hal penting adalah lokasi dimana kondotel itu berada.

Pilihlah kondotel dengan lokasi strategis, karena akan berpengaruh pada kemungkinan besar orang-orang yang menyewa dan menginap di kondotel tersebut.

 

#2 Cermati Skema Rental Guarantee

Hak Anda sebagai investor adalah mengetahui dan mencermati tentang skema rental guarantee. Biasanya garansi yang didapatkan terbatas dalam beberapa tahun saja dan bisa menyusut seiring waktu.

Namun jika masa garansi terlampaui, Anda akan mendapatkan skema bagi hasil atau profit sharing berkaitan dengan besaran okupansi hotel.

6 Tips Investasi Kondotel yang Bisa Anda Lakukan 002

[Baca Juga: Check It Out! Keuntungan Investasi Kondotel Bagi Investor]

 

Profit yang diperoleh, yaitu perhitungan setelah dipotong berbagai biaya berkaitan dengan fee untuk pihak manajemen hotel, marketing, operasional, dan pemeliharaan kondotel.

Pendapatan yang bisa Anda nikmati sangat beragam dengan rasio 50:50 atau 60:40. Anda bisa menanyakan lebih lanjut kepada pengelola kondotel mengenai kesepakatan ini.

Anda juga bisa mendiskusikan berapa besaran profit yang memungkinkan untuk Anda dapatkan dengan para Perencana Keuangan.

Tidak perlu khawatir membayar mahal, karena di aplikasi Finansialku Anda dapat terhubung langsung dengan para Perencana Keuangan yang telah bersertifikat untuk melakukan diskusi di mana pun kapan pun.

Anda hanya tinggal klik menu Tanya Jawab di aplikasi Finansialku dan Anda langsung diarahkan kepada para Perencana Keuangan.

 

#3 Belilah Sebelum Bangunan Kondotel Dibangun

Kenapa hal ini disarankan? Ketika Anda membeli kondotel sebelum bangunan dibangun maka harganya akan lebih murah karena dianggap turut membiayai dibangunnya proyek kondotel tersebut.

Namun dibalik keuntungan tersebut, pola investasi ini memang rentan risiko besar bagi investor, sehingga Anda harus benar-benar memastikan proyek ini tetap berjalan.

 

#4 Ketahui Track Record Pengembang

Selain memastikan harga beli dan fasilitas kondotel, Anda perlu selektif untuk memastikan pengembang atau developer yang membangun kondotel.

Sebaiknya pengembang tersebut telah terpercaya menyelesaikan bangunan sampai selesai dengan tepat waktu sesuai dijanjikan.

6 Tips Investasi Kondotel yang Bisa Anda Lakukan 03

[Baca Juga: Para Investor, Kenali Tips Bisnis Kondotel yang Bisa Meraih Keuntungan Besar]

 

Anda juga harus cek track record pengembang tersebut, hal ini perlu diperlukan apabila kondotel yang hendak Anda beli masih dalam tahap pembangunan atau belum dibangun.

Salah satunya adalah Wika Realty yang telah berhasil membangun ribuan rumah tapak, apartemen, kondotel, perkantoran, dan area komersil di berbagai kota besar di Indonesia.

 

#5 Status Tanah

Membeli kondotel bukan hanya memikirkan wujud bangunannya saja tetapi bagaimana status tanah tempat unit kondotel itu berdiri. Pastikan status tanah tersebut apakah hak milik, hak sewa, atau hak guna pakai.

Usia kondotel biasanya disesuaikan dengan lama hak sewa/pakai tanahnya. Tahap awal biasanya pengembang menawarkan masa sewa 20 tahun atau 25 tahun.

Nah, jika dapat diperpanjang, maka ada kemungkinan masa sewa Anda juga diperpanjang.

 

#6 Kesempatan Menginap di Kondotel

Hak sebagai investor kondotel bisa saja berubah seiring perjalanan. Kebanyakan pemilik unit adalah pengembang yang juga berperan sebagai pengelola kondotel dan silent investor.

Umumnya hak menginap dan menikmati fasilitas bisa berkurang seiring waktu. Ketika Anda ingin menginap di kondotel juga harus melakukan reservasi.

Tentunya Anda tidak bisa menginap di unit milik Anda, kecuali unit tersebut sedang kosong.

Investasi Kondotel_ Raih Peluang dan Keuntungannya Sekarang 01

[Baca Juga: Soho vs Kondotel, Apa dan Bagaimana Perbedaannya?]

 

Anda akan mendapatkan layanan, layaknya tamu lain yang menginap di kondotel tersebut. Biasanya Anda mempunyai kesempatan menginap di kondotel selama 16-30 hari setiap tahunnya.

Tentunya fasilitas ini sangat sayang Anda lewatkan bersama pasangan atau keluarga Anda.

 

Selektif Berinvestasi Kondotel

Tidak dipungkiri bahwa tujuan investasi adalah meraih keuntungan. So, ketika Anda mengharapkan hal itu maka bersikaplah selektif dalam mengawali investasi khususnya pada investasi kondotel ini.

Pahami berbagai kemungkinan risiko yang akan Anda hadapi dan jangan ragu untuk mencari fact finding dari pengalaman-pengalaman investor lainnya yang lebih dulu bermain dengan investasi kondotel. Selama berinvestasiā€¦

 

Tertarik untuk investasi kondotel? Semoga tips yang sudah dibagikan bisa menjadi referensi serta memberikan gambaran dan manfaat untuk Anda mengenai prosedur berinvestasi kondotel.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman yang berminat investasi kondotel. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 29 Juli 2018. Ini Cara Cepat Meraup Keuntungan Investasi Kondotel. Liputan6.com- https://bit.ly/2XBeJFf

 

Sumber Gambar:

  • Tips Investasi Kondotel 01 – http://bit.ly/35RxUxt
  • Tips Investasi Kondotel 02 – http://bit.ly/2srer8j
  • Tips Investasi Kondotel 03 – http://bit.ly/2Os6Z5n