Tips Pengajuan Kredit Rumah KPR

Sudah menjadi persetujuan umum, kalau memiliki keluarga sebaiknya kita memiliki rumah sendiri. Rumah tersebut dapat kita bangun, beli baru atau beli bekas. Kira-kira darimana sumber pendanaan membeli rumah? Ya betul bisa jadi tabungan, investasi, warisan atau kredit rumah KPR Bank. Dalam artikel ini akan difokuskan pendanaan untuk membeli rumah dengan menggunakan Kredit Pemilkan Rumah atau dikenal dengan KPR.

weekly-Mortgage-Application-survey-mortgage-bankers-association-market-composite-index-frm-arm

 

Berikut ini ada beberapa tips, agar kredit rumah KPR mudah disetujui bank.

 

Jangan malu untuk mencoba memasukan ke banyak kredit rumah kpr bank.

Hal yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah masukkan aplikasi ke beberapa bank sekaligus, mengapa? Sederhana saja prinsipnya sama seperti seorang saleman yang belajar untuk berjualan. Bagaimana cara sukses seorang salesman? Caranya gampang coba jualan sebanyak mungkin, muka tebal semakin banyak ditolak, semakin banyak pengalaman, belajar dari penolakan-penolakan yang ada. Dan akhirnya pandai juga berjualan.

Nah kurang lebih seperti itu, kita coba masukan aplikasi ke banyak bank. Apakah mungkin ditolak? Ya pasti ada kemungkinan ditolak. Jangan ragu untuk bertanya (tentunya dengan sopan) kenapa tawaran Anda ditolak. Pelajari dari masukan-masukan pihak perbankan. Perbaiki aplikasi Anda sesuai yang diharapkan oleh pihak perbankan.

 

Ketahui data-data rumah dan jenis KPR nya

Kumpulan Tips Membeli Rumah dari Developer - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : 6 Penyebab Appraisal Rumah KPR Rendah]

 

Anda juga perlu tahu data-data rumah agar Anda tidak gagap jika ditanya-tanya sama pihak perbankan, mengisi formulir dan lain-lain. Salah satu hal yang perlu di highlight adalah harga pasar rumah yang Anda beli. Apabila Anda tidak tahu harga pasar rumah, caranya gampang lakukan dulu tes. Tanya ke rumah-rumah sekitar dan/atau datang ke agen properti. Agen-agen property biasanya memiliki harga pasar rumah-rumah.

Selain data-data rumah Anda juga perlu mengenali jenis kredit rumah KPR yang Anda ingin masukan, apakah KPR syariah, KPR konvensional subsidi atau KPR konvensional non subsisdi.

 

Persiapkan data – data yang diperlukan agar KPR mudah disetujui.

Kelengkapan data menunjukan kita bersikap kooperatif (bekerja sama) dengan pihak perbankan. Orang perbankan pastinya memiliki kesibukan, sangat mungkin orang yang mengajukan tidak hanya kita, bisa jadi 10, 20 atau ratusan. Oleh sebab itu kita sebaiknya mempermudah kerja mereka dengan bersikap kooperatif. Dokumen-dokumen standar dalam pengajuan KPR adalah: fotokopi KTP pemohon (usia tidak lebih dari 50 tahun saat pengajuan), akta nikah atau cerai, kartu keluarga, surat keterangan WNI. Dokumen kepemilikan agunan (SHM. IMB. PBB). Dokumen-dokumen standar tersebut juga harus dilengkapi dengan:

Bagi karyawan : slip gaji bulanan, surat keterangan dari tempat bekerja, buku rekening tabungan yang menampilkan kondisi keuangan 3 bulan terakhir.

Bagi pemilik bisnis: bukti transaksi keuangan usaha, catatan rekening bank, NPWP, SIUP, surat-surat izin lainnya dan tanda daftar perusahaan (TDP).

 

Pastikan Anda sehat secara keuangan sebelum KPR rumah

6 Penyebab Appraisal Rumah KPR Rendah - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Apa Saja Keuntungan Membeli Rumah dengan KPR?]

 

Kemudian berbicara kapasitas kita. Bank pasti bertanya apakah kita mampu membayar cicilan kpr. Sebelum Anda memasukan cicilan, sebaiknya pastikan total cicilan Anda maksimal adalah 30% dari pendapatan Anda. Jadi missal pendapatan Anda Rp 10.000.000 per bulan, maka cicilan maksimal Anda (cicilan kartu kredit, kendaraan, dan tentunya kpr) adalah Rp 3.000.000 per bulan. Selain itu ada baiknya Anda melakukan financial checkup untuk mengetahui kesehatan keuangan Anda. Financial checkup dapat Anda lakukan sendiri atau meminta bantuan profesional seperti perencana keuangan independen.

 

Mulai segera mungkin

Kapan waktu yang tepat? Ada yang bilang January, ada yang bilang awal tiap kuartal atau semester, ada yang bilang akhir bulan. Sebaiknya mulai secepat mungkin. Coba sesegera mungkin, sebanyak mungkin. Pelajari dari segala kesalahan-kesalahan yang akan Anda buat. Semakin Anda cepat memulai semakin cepat Anda belajar dan peluang keterimanya semakin besar.

 

 

Sekian tips mengenai pengajuan KPR rumah, bagi yang mau mengajukan KPR semoga KPR nya segera diterima. Jangan menyerah apabila KPR Anda ditolak, apalagi kalau baru coba sekali.

By | 2016-12-14T16:07:44+00:00 July 9th, 2013|Categories: Uncategorized|2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. grosir baju anak 1 January 2016 at 18:10 - Reply

    thanks informasinya

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download