Banyak sekali makanan Indonesia yang dikenal sampai ke luar negeri dan salah satunya adalah makanan khas Padang. Rasa pedas dengan bumbu rempah yang khas membuat makanan ini banyak peminatnya. Apakah kamu salah satunya sobat Finansialku?

Artikel kali ini, Finansialku akan memberi informasi masakan khas Padang yang bikin ketagihan. Yuk, simak sampai habis ya.

 

 

Menu Makanan Khas Padang yang Maknyus

Siapa sih yang tidak mengenal masakan khas Padang? Kebanyakan orang pasti tidak akan menolak deh salah satu makanan ini.

Salah satu makanan Indonesia ini merupakan makanan yang disukai oleh orang luar negeri juga loh. Bahkan ada 1 buah rumah makan makanan khas Padang yang sangat laris manis diluar negeri yaitu Rumah Makan (RM) Garuda.

RM Garuda merupakan salah satu restoran yang menyajikan berbagai makanan khas Minang di Indonesia ini sudah memperluas jaringannya hingga Singapura dan di Filipina. Dari semua jenis masakan khas Padang, ternyata di beberapa daerah, masakan khas Padang ini memiliki jenis dan cita rasa yang berbeda.

[Baca Juga: Mengenal Bisnis Kuliner yang Ga Ada Matinya ]

Padang di daerah perbukitan lebih sering menggunakan lauk daging, seperti dendeng, rendang dan lain sebagainya. Sedangkan, kawasan Padang pesisir lebih banyak lauk ikan. Misalnya seperti gulai ikan, ikan bakar, gulai kepala ikan, dan masih banyak lagi.

Berikut adalah beberapa makanan khas Padang yang banyak disukai oleh semua kalangan.

 

10 Makanan Khas Padang yang Maknyus, Bikin Nagih 02-Finansialku

Masakan Padang. Sumber: https://bit.ly/3iTv1Wq

 

#1 Ayam Goreng Khas Padang

Sobat Finansialku pasti berfikir kalau yang namanya ayam goreng pasti monoton dan itu-itu saja. Jangan salah ayam goreng khas Padang ini beda, loh. Ayam goreng khas Minangkabau ini sangat gurih dan sedap.

Ayam jantan kecil yang diungkep dengan bumbu bawang diolah dengan bumbu rempah dan kelapa lalu digoreng hingga kuning kecoklatan.

Yummy, pokoknya gurih enak banget deh!

 

#2 Dendeng Balado

Di restoran Minang, dendeng balado berwarna hitam, diiris tipis, dan digoreng sampai kering. Sambalnya terasa pedas karena menggunakan cabai rawit yang tak dibuang bijinya. 

Renyah dan gurih dendeng yang ditaburi oleh cabai rawit sudah pasti deh bikin ketagihan juga.

 

#3 Dendeng Batokok

Makanan yang dipenuhi potongan daging sapi tebal dipadukan dengan sambal cabai hijau dan potongan bawang merah di atasnya.

Daging sapinya sangat empuk dengan sentuhan rasa pedas dan asam pasti bikin keta deh! Ada yang belum pernah coba? Kalo belum yuk cobain sobat Finansialku.

 

#4 Ikan Balado

Ikan balado khas Padang berbeda ya dengan ikan balado biasa. Ikan balado khas Padang sendiri ternyata tiap rumah makan memiliki resep ikan balado yang berbeda.

Akan tetapi tetap memiliki bahan dasar yang sama, seperti bawang merah, cabai, tomat, air jeruk nipis, garam, dan gula.

Ikan balado ini akan dicampur dengan sayuran rebus sehingga rasa pedas dan manisnya ikan akan terasa tajam.

 

#5 Ikan Asem Padeh

Masakan khas Padang ini tidak menggunakan santan loh, tapi kuah asam padeh ini tampak keruh karena menggunakan kemiri.

Ikan ini dimasak dengan cara gulai dengan kuah merah. Warna merah nya berasal dari cabai. Rasa dari masakan ini asam dari kandis dan pedas dari cabai.

Kalo makan di siang hari pasti segar nih asem bercampur dengan pedas.

 

#6 Telur Dadar

Perbedaan dari telur dadar khas Padang dan telur dadar biasa adalah ada di ketebalan telur dan ada parutan kelapanya. Jadi sudah pasti lebih gurih dan lebih kenyang karena lebih tebal.

Telur dadar memiliki harga yang paling murah nih biasanya, paling murah tapi rasa gak murahan dong. Telur dadar khas Padang biasanya dimakan dengan siraman kuah rendang sambal hijau.

 

#7 Rendang

Rasanya rendang, beuhhhh gak usah ditanya lagi ya. Proses masak yang butuh waktu cukup lama membuat rasanya sudah pasti enak.

Rendang biasanya menjadi makanan yang selalu hadir di setiap acara. Biasanya di acara-acara besar seperti hari raya Idul Fitri, acara syukuran bahkan di acara pernikahan.

Pasti semua orang sudah pernah nyoba deh gimana rasanya rendang ini. Bahkan rendang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia loh.

[Baca Juga: Kulineran di Medan? 34 Makanan Khas Medan ini Harus Kamu Coba! ]

Pada tahun 2011 silam, rendang terpilih menjadi makanan terlezat di dunia yang menduduki peringkat pertama dalam World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International.

Pada tanggal 12 Juli tahun 2017, CNN kembali merilis 50 makanan terlezat di dunia, dan rendang masih bertahan di posisi pertama untuk makanan terlezat di dunia.

Data ini didapatkan dari 35.000 voting di media sosial Facebook yang dilakukan oleh CNN, dan hasilnya rendang kembali menduduki posisi pertama. Tahun 2018 lalu, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima kuliner nasional Indonesia.

 

#8 Sate Padang

Sate Padang berbeda loh dari sate biasanya, sate yang dibuat dari bahan dasar tepung beras ini diolah sedemikian rupa menjadi sate yang nikmat banget.

Tepung beras yang diencerkan lalu dicampur ke dalam air rebusan daging kayak rempah.

Nah, ternyata sate Padang ini ada 3 jenis yaitu sate Padang Panjang sausnya berwarna kuning, sate Padang Pariaman sausnya berwarna merah dan sate Padang Kota sausnya berwarna kecoklatan.

[Baca Juga: 5 Kuliner Jakarta Olahan Lauk Harga Bersahabat, Dijamin Lezat]

 

#9 Soto Padang

Soto Padang berisi daging kering yang renyah, paru, perkedel dan suun.

Kuahnya yang beraroma rempah membuat wanginya enak banget, wanginya enak apalagi rasanya ya sobat Finansialku.

Soto Padang ini kalau ditambah dengan sambal, kerupuk dan minuman air jeruk wah lengkap deh rasa enaknya.

 

#10 Teh Talua

Teh Talua ini sangat unik karena terdiri dari campuran teh, gula, telur, dan sedikit perasan jeruk nipis. Mungkin kalo ngebayangin bau telur dalam minuman teh aneh banget.

Eh ternyata kalau cium aromanya wangi banget, bahkan ga kerasa bau amis telur di dalamnya. Ayo yang belum coba, cobain deh. Daripada penasaran terus.

 

Makanan yang Membanggakan Indonesia

Biasanya yang sering mengharumkan nama bangsa adalah prestasi olahragawan, prestasi lomba dan hal lainnya. Tetapi kali ini makanan yang mengharumkan nama bangsa loh, makanan khas Padang kami bangga padamu!

Semoga semakin banyak makanan khas Indonesia daerah lainnya yang digemari oleh banyak orang ya.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

Semoga setelah membaca artikel ini sobat Finansialku jadi tahu informasi lebih banyak mengenai makanan khas Padang.

Jika menurut kamu artikel ini sangat bermanfaat, bagikan artikel ini agar dapat bermanfaat bagi banyak orang juga dan berikan komentar di kolom bawah ini ya.

 

Editor: Julius Fallen

 

Sumber Referensi:

  • Reza Iqbal. 8 November 2017. 10 Makanan Khas Padang yang Nikmat Banget, Mana Favoritmu? Idtimes.com – https://bit.ly/3vktXxk
  • Admin. 1 Februari 2015. Masakan Padang Go International. Sindonews.com – https://bit.ly/2ToJr6f
  • Tri Apriyani. 27 Desember 2019. Makanan Khas Indonesia, Rendang yang Mendunia. Yoursay.suara.com – https://bit.ly/2U1Oqdw

 

Sumber Gambar: https://bit.ly/3gJ2fFb