Hari raya Idul Adha adalah salah satu hari besar umat Muslim yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijah, atau 70 hari setelah perayaan Idul Fitri.

Salah satu kegiatan pada Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban. Karena merupakan ibadah rutin tahunan, tentu kita ingin mempersiapkannya dengan baik, yaitu menabung untuk pembelian hewan kurban.

 

Kisah Hari Raya Idul Adha

Hari Raya Idul Adha erat kaitannya dengan keteladanan Nabi Ibrahim dalam menerima ujian dari Allah SWT.

Dikisahkan bahwa konon, Nabi Ibrahim memiliki kekayaan 1000 ekor domba, 300 ekor lembu dan 100 ekor unta. 

Suatu ketika seseorang bertanya kepada Nabi Ibrahim, “Milik siapa ternak sebanyak ini ?”

Maka dijawabnya “Kepunyaan Allah, tapi kini masih milikku, jika sewaktu-waktu Allah menghendaki, aku serahkan, jangankan cuma ternak, bila Allah meminta anakku Ismail, niscaya akan aku serahkan juga.”

Lalu Allah SWT. Menguji keimanan dan ketaqwaan Nabi Ibrahim melalui mimpi. Dalam mimpi tersebut, Nabi Ibrahim mengorbankan anak satu-satunya yaitu Ismail yang masih berusia 7 tahun.

3 Cara untuk Ibadah Qurban, Walau Penghasilan Pas-pasan 02

Ibrahim dan Ismail. Sumber: pedomanbengkulu.com – https://bit.ly/3BkZ401

 

Ibrahim bercerita kepada Ismail, anaknya mengenai dirinya yang menyembelih Ismail di dalam mimpi. Dengan ikhlas, Ismail pun berkata “Wahai bapakku kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu. InsyaAllah engkau akan mendapati termasuk orang yang sabar.” (QS As-Saffat:102).

Saat Nabi Ibrahim dan Ismail sudah siap untuk mengikuti apa yang ada dalam mimpi, tiba-tiba Allah berseru dengan firman-Nya dan merubah Ismail yang hendak disembelih menjadi kambing (hewan ternak).

Dengan ridho Allah kepada keduanya dan sebagai imbalan atas keikhlasan mereka, maka Allah mencukupkan dengan penyembelihan seekor kambing sebagai qurban, sebagaimana diterangkan dalam Al-Quran surat As-Saffat ayat 107-110.

[Baca Juga: Kurban 2020: Hukum, Syarat, Tata Cara dan Manfaat Berkurban]

 

Makna Idul Adha

Mengutip buku ‘Fiqih’ terbitan Grafindo Media Pratama, dalam Bahasa Arab Qurban bermakna hewan sembelihan.

Menurut bahasa berarti ‘mendekatkan diri’, sedangkan menurut istilah adalah menyembelih hewan tertentu, seperti unta, sapi dan kambing pada hari raya Idul Adha sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Diriwayatkan dalam satu hadits Ibnu Majah, Rasulullah menjelaskan dasar hukum qurban adalah di setiap bulu hewan yang disembelih terdapat kebaikan. Dari Zaid bin Arqam, seseorang bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, apakah arti qurban ini?”. Beliau menjawab “Ini Sunnah Ibrahim AS”. Beliau ditanya lagi “Mengapa kita harus melakukannya?”. Beliau menjawab “Pada setiap bulunya terdapat kebaikan.”

 

Persiapan Dana Qurban

Selain hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha merupakan salah satu hari besar yang dirayakan bagi umat Muslim.

Hari Raya Idul Adha atau yang akrab disebut Hari Raya Qurban di Indonesia memang kerap diindentikan dengan ibadah kurban atau penyembelihan hewan kurban.

Hewan qurban yang disembelih pada Hari Raya Idul Adha adalah hewan tertentu, yaitu unta, kambing dan sapi. Namun yang umum di Indonesia adalah kambing dan sapi.

Jika melihat harga pasaran saat ini, rata-rata harga kambing adalah di kisaran Rp 2,5 juta – Rp 3 juta per ekor, sedangkan untuk harga sapi sekitar Rp 13 juta – Rp 32 juta per ekor. Namun ada juga sapi yang sampai dibandrol dengan harga fantastis setara rumah.

Nilai di atas tentu menjadi berat bagi kita yang berpenghasilan pas-pasan setiap bulan. Dengan banyaknya pengeluaran setiap bulan, pembelian hewan qurban terasa cukup berat, jika tidak direncanakan dengan baik.

[Baca Juga: Tips Memilih Hewan Kurban yang Tepat dan Sehat]

 

Jadikan Sebagai Tujuan Keuangan Tahunan

Tentu kita menginginkan bisa melaksanakan ibadah qurban setiap tahun, namun perlu adanya perencanaan keuangan untuk tujuan tersebut disesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini

Karena ibadah qurban ini adalah satu ibadah rutin tahunan, maka bisa kita jadikan sebagai tujuan keuangan rutin tahunan. Tidak perlu takut tidak bisa memenuhinya karena penghasilan pas-pasan atau tidak pasti setiap bulannya.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan agar kita bisa beribdah qurban setiap tahun. Mari kita simak.

 

#1 Niatkan untuk Beribadah

Niat adalah awal dari segala ibadah yang kita lakukan karena itu setiap amalan dari apa yang kita lakukan tergantung dari niatnya. Tidak terkecuali untuk ibadah qurban Idul Adha.

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah niatkan agar ibadah qurban bisa kita lakukan setiap tahun.

Bagi yang berpenghasilan cukup besar, bisa jadi itu tidak menjadi masalah. Mungkin penghasilannya setiap bulan cukup untuk membeli hewan qurban kambing atau bahkan sapi. 

Lalu bagaimana dengan yang penghasilannya pas-pasan dan hanya cukup untuk kebutuhan bulanan. Tenang Sobat Finansialku, kita masuk ke langkah selanjutnya ya.

 

#2 Buat Rencana Keuangan

Niat saja tanpa diamalkan maka akan jadi perbuatan sia-sia. Untuk itu kita perlu membuat rencana untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Membuat rencana keuangan bukan hal yang sulit, bahkan saat ini perhitungannya juga sudah dipermudah bisa menggunakan aplikasi. Seperti pada aplikasi Finansialku.

Sobat Finansial tinggal memasukan target dana yang dinginkan yaitu harga hewan qurban yang mau dibeli, kapan target tersebut ingin dicapai, serta masukan juga nilai inflasi untuk mengantisipasi jika ada kenaikan harga dari hewan qurban. 

 

Contoh sederhana perhitungannya bisa dilihat seperti dibawah ini:

Misalnya harga 1 ekor kambing Rp 3 juta.

Kita berencana untuk membelinya untuk hari raya Idul Adha tahun depan atau asumsi 12 bulan lagi.

Maka kita bisa hitung dana yang perlu kita tabung adalah: 

Rp 3 juta : 12 bulan = Rp 250.000 per bulan

 

Manfaatkan juga penghasilan tahunan seperti THR dan bonus bila ada, untuk mempercepat target tersebut tercapai.

Dalam menentukan target dana, juga harus mempertimbangkan jenis hewan qurban apa yang mau kita beli. Lakukan juga survei harga pasaran hewan qurban dan sesuaikan dengan kondisi kita.

 

#3 Tentukan Tempat Kurban

Berbeda dengan jaman dulu dimana qurban umumnya hanya bisa dilakukan di lingkungan rumah atau kantor. Pada saat ini dalam menjalankan ibadah qurban tidak terbatas pada batas geografis tertentu

Kita yang tinggal di Jakarta, bisa membeli hewan qurban dan membagikanya sampai ke daerah pelosok, bahkan sampai ke luar negeri, seperti di Palestina dan Syria.

Sudah banyak aplikasi dan badan yang bisa mengakomodasikan ibadah qurban kita agar bisa diterima di lebih banyak tempat hingga ke daerah terpencil. Tidak hanya pilihan tempat saja, jenis hewan qurban dan harganya juga beragam.

Dengan demikian kita bisa mendapat lebih banyak pilihan dalam menunaikan ibadah qurban. Bisa disesuaikan juga dengan kondisi dan preferensi masing-masing.

[Baca Juga: Jenis Hewan Kurban Mana Pilihanmu? Ayo Ketahui Sekarang!]

 

Masih Ada Tahun Depan

Ibadah qurban pada Hari Raya Idul Adha adalah satu ibadah yang sangat baik untuk dilakukan. Karena didalamnya terdapat makna keikhlasan dan berbagi kebaikan.

Namun jangan jadikan ibadah tersebut menjadi beban karena saat ini kondisi keuangan belum memungkinkan untuk membeli hewan qurban.

Masih ada tahun depan untuk kita bisa mempersiapkan ibadah qurban dengan membuat perencanaan yang baik. Mulailah dengan niat, niscya dengan awal niat yang baik maka akan dimudahkan jalan untuk mencapainya.

 

 

Bagaimana Sobat Finansialku, tercapainya tujuan keuangan tidak hanya tergantung dari besar penghasilan namun dari bagaimana cara kita mengelolanya.

Untuk membuat perhitungan tujuan keuangan dan mengatur keuangan, Sobat bisa menggunakan fitur yang ada dalam aplikasi Finansialku.

 

Editor: Eunice Caroline

Sumber:

  • Puti Yasmin. 24 Juli 2020. Apa Arti Qurban dalam Raya Idul Adha? Ini Hukum dan Ketentuannya. Detik.com – https://bit.ly/3ivrlbQ
  • Admin. 13 Juli 2020. Cara Menabung Supaya Bisa Berkurban Setiap Tahun. Avrist.com – https://bit.ly/3evWbj2
  • Oktaviani Wahyu Widayanti. 23 Juli 2020. Idul Adha: Kisah Hari Raya Penyembelihan Lengkap dan Pelaksanaannya Selama Pandemi Covid-19. Tribunnews.com – https://bit.ly/3wPLDla

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/36LG9NJ