4 Mental Block dalam Konsultasi Perencanaan Keuangan. Konsultasi perencanaan keuangan adalah hal baru di Indonesia dan dalam perjalannya banyak menemui tantangan, salah satunya adalah mental block sebagian masyarakat Indonesia mengenai konsultasi perencanaan keuangan. Apa sajakah mental block seseorang dalam konsultasi perencanaan keuangan?

 

Apakah yang Dimaksud Mental Block?

Mental blocks dapat didefinisikan sebagai hambatan secara mental atau psikologis yang berada dalam pikiran seseorang. Mental block dapat terjadi karena beberapa hal, seperti kesalahan pergaulan, pengalaman hidup yang kurang enak, sisa traumatik, luka batin, pengalaman yang tidak mengenakkan di masa kecil dan kekeliruan terhadapa cara pandang seseuatu akibat informasi atau pendidikan yang kurang tepat. Wujud mental block adalah adanya penolakan dari dalam, tidak mau bertindak dan kesulitan mengaktualisasikan diri.

 

Don’t let mental walls block you in. Direct your thoughts, control your emotions and ordain your destiny. - Unknown Click to Tweet

 

Mental block masyarakat Indonesia mengenai konsultasi perencanaan keuangan terjadi karena banyak faktor, seperti cara mengelola keuangan keluarga di masa lalu, pengalaman buruk di masa kecil mengenai keuangan dan kurangnya informasi. Perencanaan keuangan adalah hal baru di Indonesia dan tentu saja informasi yang berkembang masih kurang banyak. Titel profesi perencana keuangan diklaim oleh beberapa oknum tenaga penjual (tanpa dasar pengetahuan, pengalaman dan sertifikasi) untuk menawarkan jasa keuangan kepada nasabah.

 

Konsultasi Perencanaan Keuangan

Sebelum membahas konsultasi perencanaan keuangan, kita bahas terlebih dahulu perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan adalah proses mencapai tujuan hidup seseorang melalui manajemen keuangan secara terencana. Apa sajakah itu tujuan hidup? Kapan tujuan hidup itu harus dicapai? Berikut ini gambar piramida perencanaan keuangan dan periode untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan tersebut.

Piramida Perencanaan Keuangan - Ibu Rumah Tangga Harus Mengenal Perencanaan Keuangan Finansialku

Umur dan Perencanaan Keuangan - Ibu Rumah Tangga Harus Mengenal Perencanaan Keuangan Finansialku

Gambar di atas menunjukkan bahwa perencanaan keuangan tidak hanya asuransi, tidak hanya investasi. Rencana keuangan memberikan gambar besar dalam melakukan perencanaan keuangan seseorang mulai dari proteksi, akumulasi dan distribusi.

Jasa konsultasi perencanaan keuangan di beberapa Negara maju, seperti Amerika dilakukan oleh seorang professional yang disebut perencana keuangan (financial planner). Perencana keuangan ada yang tergabung dalam perusahaan-perusahaan perbankan, asuransi, manajer investasi. Ada juga perencana keuangan yang sifatnya independent atau tidak terikat pada perusahaan-perusahaan keuangan.

Mana yang lebih baik perencana keuangan yang tergabung dengan perusahaan atau perencana keuangan yang independent? Masing-masing memiliki plus minus tersendiri. Seorang perencana keuangan independent mampu memilih produk – produk keuangan yang sesuai dengan nasabah, tidak terikat pada satu perusahaan tertentu. Perencana keuangan yang bekerja pada satu perusahaan tertentu, misal asuransi X tentu akan lebih menawarkan produk-produk yang dimiliki oleh asuransi X.

 

Mental Block dalam Konsultasi Perencanaan Keuangan

Apa sajakah mental block seseorang dalam konsultasi perencanaan keuangan? Berikut ini terdapat 4 mental block seseorang dalam konsultasi perencanaan keuangan.

 

 

mutual-funds-portfolio 4 Mental Block dalam Konsultasi Perencanaan Keuangan

 

Perencanaan keuangan tidak penting

Pernakah Anda terpikir, kapan pertama kali Anda mendapat pengetahuan tentang keuangan? Mungkin sebagian besar mengatakanv ketika SMP atau SMA, dalam mata pelajaran ekonomi. Ketika masa kanak-kanak, kebanyakan dari kita tidak mendapatkan pelajaran mengenai keuangan pribadi, perencanaan keuangan, asuransi, investasi, waris, pajak dan lainnya. Kurangnya informasi dan pendidikan menjadi salah satu penyebab orang-orang tidak sadar pentingnya sebuah rencana keuangan.

Ketika seseorang selesai kuliah, mulai bekerja dan mulai mengelola keuangan, seseorang menjalani hidup yang baru. Ketika awal bekerja kebanyakan orang cenderung melakukan dua hal yang pertama menikmati uang yang didapatkan (lebih ke arah pengeluaran konsumtif) dan orang kedua adalah menabung. Hal ini mulai berubah ketika orang tersebut mulai masuk ke fase pra pernikahan dan memikirkan kebutuhan jangka panjang.

Perencanaan keuangan adalah hal yang penting, lebih cepat seseorang mulai merencanakan keuangan maka semakin baik. Kenapa lebih cepat lebih baik atau “sooner is better”? Jawabannya sederhana, uang memiliki nilai dan sangat tergantung pada variabel waktu. Salah satu ilmu keuangan mengenal istilah nilai uang atas waktu (time value of money). Lebih cepat seseorang memulai rencana keuangan, Anda mendapatkan keuntungan dari segi waktu. Cara Anda mengelola keuangan akan memiliki dampak yang sangat besar untuk 40-60 tahun ke depan.

 

 

 

0405women 4 Mental Block dalam Konsultasi Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan hanya untuk yang berpenghasilan besar

Banyak orang berpikir konsultasi itu mahal, terlebih konsultasi di bidang keuangan, padahal mereka belum bertanya atau berdiskusi. Seorang penasihat keuangan di Amerika, Robert T. Kiyosaki mengatakan permasalahan keuangan di dunia ini dibagi menjadi dua macam yaitu masalah karena kekurangan uang dan masalah karena kelebihan uang. Konsultasi perencanaan keuangan dibutuhkan untuk menyelesaikan kedua permasalahan tersebut.

Berikut ini ada sedikit cerita: Ada seseorang yang tahu bahwa dia mengalami kesulitan keuangan, dia tidak memiliki dasar ilmu keuangan dan pengalaman di bidang keuangan. Bagaimana cara dia menemukan solusi atas keuangannya?

Kebanyakan orang gagal berpikir mereka dapat menyelesaikan semua masalahnya dan merasa paling pintar, orang-orang gagal berpikir kebalikan dari cara pikir orang-orang sukses. Apa yang dilakukan orang-orang sukses ketika mengalami kesulitan? Mereka akan berdiskusi dengan orang-orang yang dianggap memiliki keahlian dan pengalaman di bidangnya. Jangan jadikan biaya konsultasi sebagai salah satu mental blocking yang menghalangi Anda untuk sukses. Anda sebagai nasabah memiliki hak untuk menegosiasikan harga. Intinya jangan biarkan masalah harga menjadi penghalang kesuksesan masa depan keuangan Anda dan keluarga.

 

 

no-doubts-high-500x310 4 Mental Block dalam Konsultasi Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan sulit diterapkan

Berdiskusi mengenai keuangan adalah hal tabu bagi sebagian orang. Bagi sebagian besar orang tanpa pendidikan keuangan, kosakata-kosakata keuangan (asuransi, investasi, waris, pajak) sangat mengintimidasi dan kalau bisa dihindari. Kenyataannya ketika Anda hidup dalam dunia saat ini, Anda butuh pengelolaan keuangan. Jadi bagaimana cara menangani pengelolaan keuangan pribadi?

Anda sebagai nasabah sedikit banyak harus belajar dan meningkatkan kosakata di bidang keuangan. Anda dapat membaca, mendengar berita, berdiskusi dan berkonsultasi dengan ahlinya. Hal yang terpenting adalah gambaran besar atau master plan kehidupan keuangan Anda. Master plan tersebut akan menjadi guide atau panduan dalam mengelola keuangan pribadi dan keuangan keluarga. Sebuah perencanaan keuangan umumnya ditutup dengan action plan, hal apa yang harus dilakukan, kapan waktunya, bagaimana mekanisme pelaksanaannya dan lain sebagainya untuk mempermudah penerapan rencana keuangan.

 

Perencanaan-Keuangan-Seni-dan-Ilmu-Keuangan

Perencanaan keuangan panjang prosesnya

Banyak orang merasa bahwa perencanaan keuangan itu sulit, mahal, panjang waktunya, butuh pengetahuan keuangan dan lain sebagainya. Pendapat ini benar jika Anda melakukannya dengan cara yang konvensional dan tidak smart. Setiap orang pada dasarnya dapat mengelola keuangan secara logika, tetapi belum tentu dapat membuat sebuah rencana keuangan. Rencana keuangan adalah gabungan antara art (seni) dan ilmu pengetahuan (pengetahuan keuangan dan logika). Proses pembuatan rencana keuangan membutuhkan adanya pengalaman dan edukasi yang menunjang.

Mungkin saja Anda saat ini tidak memiliki waktu untuk mulai belajar perencanaan keuangan atau keuangan pribadi. Solusi yang paling mudah adalah berkonsultasi dengan perencana keuangan untuk membantu Anda membuat rencana keuangan dan mengawasi jalannya proses.

Kesimpulan

4 Mental block yang sering menghantui di otak seseorang mengenai konsultasi perencanaan keuangan:

  1. Perencanaan keuangan tidak penting
  2. Perencanaan keuangan hanya untuk yang berpenghasilan besar
  3. Perencanaan keuangan sulit diterapkan
  4. Perencanaan keuangan panjang prosesnya

Semoga dengan artikel ini Anda sudah tidak terkungkung dalam pemikiran yang kurang tepat. Jika Anda ingin melakukan langkah pertama dalam mengelola keuangan keluarga, mulailah dengan mengecek kondisi kesehatan keuangan keluarga. Anda dapat berdiskusi dengan konsultan perencana keuangan Finansialku untuk mengetahui lebih banyak mengenai konsultasi perencanaan keuangan.

 

Hubungi Perencanaan Keuangan Finansialku

Hubungi Perencana Keuangan Finansialku

 

Finansialku.com akan sangat senang jika teman-teman mau berbagi pendapat dan meninggalkan komentarnya mengenai mental block teman-teman dalam konsultasi perencanaan keuangan.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang