Apa saja ciri-ciri pengusaha sukses? Apakah Anda memiliki ke lima ciri pengusaha sukses ini? Langsung saja mari kita bahas 5 ciri pengusaha sukses, yang perlu kamu ketahui!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Pengusaha Sukses itu Seperti Apa ya?

Siapa sih yang tidak mau menjadi pengusaha sukses? Semua tentunya mau donk, tetapi bagaimana caranya? Apakah yang harus kita lakukan agar dapat menjadi pengusaha sukses?

 5 Ciri Pengusaha Sukses, yang Perlu Kamu Ketahui - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

[Baca Juga: Kisah Sukses Nadiem Makarim pendiri GoJek]

 

Jangan Banyak Alasan

Banyak pengusaha yang menjadi gagal karena pandai mencari alasan. Nah jika Anda mau menjadi pengusaha yang sukses, Anda harus berusaha melakukan yang terbaik, berpikir unik (think out of the box), konsisten dan persistence dalam menjalankan usaha. Tidak ada lho jalan singkat untuk menuju kesuksesan. Daripada mikir banyak alasan, lebih baik berpikir positif dan berusaha yang terbaik. Pernahkah Anda mendengar kisah sukses Merry Riana? Beliau adalah entrepreneur yang sangat ulet dalam menjalankan bisnisnya. 

 

[Baca Juga: Kisah Sukses Merry Riana – Mimpi Satu Juta Dollar]

 

Yakin dan Terukur dalam Bertindak

Keyakinan adalah modal yang perlu dimiliki oleh seorang pengusaha. Percaya atau tidak semua pebisnis bergerak karena mereka melihat peluang (yang belum tentu dilihat orang lain) dan memiliki ide unik. Karena unik dan sebagian besar orang tidak melihat, biasanya banyak orang yang tidak percaya dan berusaha menghina. Contoh, coba saja bayangkan pada tahun 1998 mana ada orang yang membeli laptop secara online di Indonesia? Jika saat itu Pak Hendrik tidak memiliki keyakinan, mana mungkin Bhinneka.com bisa sebesar sekarang?

[Baca Juga: Kisah Sukses Hendrik Thio Pendiri Bhinneka.com]

 

Perhatikan Proses, Jangan Hanya Hasil Saja

Banyak pebisnis yang inginnya melihat hasil, padahal proses adalah bagian penting. Salah satu pebisnis sukses di Indonesia, bernama Pak Theodore p Rachmat (pendiri Triputra Group) mengatakan bahwa proses adalah hal yang penting. Proses yang bagus dan solid akan lebih tahan terhadap cobaan. Selain itu proses yang benar juga akan menghasilkan keuntungan yang lebih bertahan dalam jangka panjang. Berbicara proses, mungkin Anda perlu tahu kisah sukses Achmad Zaky yang mendirikan BukaLapak.com. Zaki memulai dengan proses yang sangat panjang dan tidak mudah. 

[Baca Juga: Kisah Sukses Achmad Zaky pendiri BukaLapak.com]

 

Manfaatkan Kesempatan yang Ada

Kata orang kesempatan hanya datang sekali dan tidak akan datang kembali. Apakah Anda percaya dengan kata-kata tersebut? Kenyataanya banyak sekali entrepreneur dunia yang sukses membangun bisnis kemudian menjual bisnisnya. Kemudian entrepreneur tersebut membangun startup kedua, ketiga dan seterusnya. Hal tersebutlah yang dilakukan oleh Aaron Patzer. 

[Baca Juga: Aaron Patzer, Pemuda Brillian yang Kantongi Keuntungan US$ 170 Juta]

 

Tahu Apa yang Harus Dilakukan

Banyak orang ingin sekali membangun bisnisnya dan menjadi kaya. Sayangnya tidak semua orang tahu apa yang harus dilakukan untuk membesarkan bisnisnya. Idealnya seorang pebisnis harus update dengan informasi-informasi serta ilmu-ilmu yang terkait dengan bisnisnya. Misal Anda seorang pebisnis yang menjual furniture, maka Anda harus update dengan teknologi terbaru untuk membuat furniture. Selain itu Anda juga harus update dengan cara pemasaran furniture melalui internet. 

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai dan Membesarkan Bisnis Rumahan?]

 

 

Sumber Gambar:

  • Successful Business – https://goo.gl/Kk1Kt4

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

  • Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

    Download Sekarang