Apakah Anda pernah membayangkan bagaimana kehidupan saat nanti pensiun? Tidak lagi harus bangun pagi, macet-macetan ke kantor, cek email kerjaan, meeting sana sini? Apa yang harus dilakukan untuk menghabiskan waktu seharian, jika tidak bekerja?

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

5 Hal Tersulit Saat Pensiun Nanti, yang Dipikirkan Oleh Banyak Orang

Apakah Anda termasuk orang-orang yang senang bekerja? atau malah Anda seorang workaholic? Apakah Anda sudah pernah memikirkan atau diajak ngobrol mengenai bagaimana kondisi-kondisi setelah pensiun? Berikut ini 5 hal tersulit saat pensiun nanti, yang mungkin Anda pikirkan saat ini:

 

#1 Anda Tidak Terlalu Bisa Menikmati 24 Jam Waktu Anda dengan Pasangan

Orang-orang yang baru memasuki masa pensiun akan merasa bersemangat, mereka berpikir memiliki banyak watu untuk jalan-jalan, menghabiskan waktu bersama pasangan dan keluarga, jalan-jalan liburan dan lain sebagainya. Mengutip Deana Arnett, seorang konsultan di Rosenthal Wealth Management Group, banyak istri yang terkena “Sindrom Suami yang Pensiun” atau “Retired Husband Syndrome” Sindrom ini membuat istri stress dan depresi karena suaminya berhenti bekerja.

 

#2 Anda Memiliki Banyak Waktu Tetapi Tidak Tahu Cara Menghabiskannya

Ada orang yang mengatakan manusia memiliki 3 masalah klasik:

  • Saat Usia Muda : punya waktu + punya tenaga dan tidak punya banyak uang
  • Saat Usia Kerja : punya uang + punya tenaga dan tidak punya banyak waktu
  • Saat Pensiun : punya uang + punya waktu dan tidak punya banyak tenaga

 

[Baca Juga: 3 Masalah Klasik Manusia dan Cara Menyikapinya]

 

Apakah Anda juga berpikir hal yang sama?

Oleh sebab itu banyak orang di negara-negara maju seperti Amerika berpikir untuk segera bebas keuangan dan pensiun muda. Istilah kerennya adalah pensiun muda dan kaya (retire young, retire rich). Jadi Anda masih muda, memiliki uang, tenaga dan waktu untuk dinikmati.

 

#3 Anda Tidak Memiliki Cukup Uang Untuk Membeli Barang yang Anda Inginkan

Apakah Anda pernah terpikir, uang pensiun dari perusahaan tidak cukup untuk membiayai masa pensiun Anda? Fakta membuktikan, 90% karyawan hanya mengandalkan uang pensiun dari perusahaan dan mereka tidak tahu apakah jumlah itu cukup atau tidak. Mereka berpikir perusahaan telah mempersiapkan masa pensiunnya dengan baik.

5 Hal Tersulit Saat Pensiun Nanti yang Dipikirkan oleh Banyak Orang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Berapa Dana yang Harus Disiapkan untuk Pensiun?]

 

Kenyataanya: Perusahaan tentu berusaha memberikan yang terbaik untuk para karyawannya. Namun pensiun Anda adalah tanggung jawab Anda, bukan tanggung jawab perusahaan. Anda dan pasangan adalah orang yang harusnya mempersiapkan pensiun Anda.

 

#4 Anda Takut Masih Harus Bekerja untuk Hidup (Tidak 100% Pensiun)

Apakah Anda termasuk orang yang berpikir: menggunakan uang pensiun untuk memulai bisnis? Jika Ya, Anda harus memikirkan kembali ide tersebut. Anda tentu masih ingat kan, ketika seseorang pensiun, orang tersebut memiliki uang, memiliki waktu tetapi tenaganya sudah tidak seperti saat usia muda. Tantangan terberatnya adalah: Ketika seseorang mulai berbisnis di usia pensiun, orang tersebut harus saingan dengan anak-anak muda yang masih memiliki waktu, memiliki tenaga dan bisa jadi memiliki kenalan investor.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Bagi Hasil Bisnis dengan Investor?]

 

#5 Anda Takut Mengenai Kondisi Kesehatan Anda

Ketakutan terakhir berhubungan dengan kondisi kesehatan saat pensiun. Harus diakui usia senior memang membutuhkan perawatan ekstra, mulai dari menjaga makanan, vitamin, olahraga dan aktivitas lainnya. Selain itu juga perlu rutin melakukan check up. Sebisa mungkin mulailah pola hidup sehat dan kebiasaan-kebiasaan sehat sejak usia muda.

 

Merencanakan Dana untuk Pensiun Dari Muda, Segera Pensiun Dini dan Nikmati Hidup

Sebagai perencana keuangan, kami menyarankan agar Anda mempersiapkan dana hari tua (dana pensiun) sejak usia masih muda. Kenapa? Anda memiliki cukup banyak waktu untuk berinvestasi, menciptakan penghasilan pasif dan tidak menutup kemungkinan memiliki bisnis sampingan. Itu semua yang dapat Anda jadikan sebagai bekal untuk pensiun dini dan lebih menikmati hidup.

 

Sumber Artikel

  • Kathryn Tuggle. 6 April 2015. 5 Hardest Things About Retirement That You Aren’t Expecting. Mainstreet.com – https://goo.gl/9RNlO4

 

Sumber Gambar

  • Cowboy – https://goo.gl/yVKNq8

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang