Yuk siapkan liburan hemat dan seru untuk mengisi acara akhir tahun. Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan membahas tips-tips untuk tips liburan seru hemat.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Halomoney Indonesia Logo

 

 

5 Tips Liburan Hemat dari HaloMoney

Salah satu agenda akhir tahun adalah liburan. Sudahkah Anda membuat acara untuk liburan hemat Anda?Berikut ini beberapa list liburan hemat untuk menghilangkan kepenatan dari rutinitas:

 

Survei Online Lokasi Liburan!

Langkah pertama, agar Anda dapat merasakan liburan hemat adalah dengan melakukan survei online lokasi liburan. Cari tahu tempat-tempat yang seru dan terjangkau dengan dana liburan kita. Anda dapat melakukan survei melalui website-website, seperti Trip Advisor, Wikipedia dan juga website-website perusahaan agen perjalanan. Salah satu cara gampang untuk cari tahu kegiatan seru di tujuan wisata, adalah dengan mengecek itinerary.

 

5 Tips Liburan Hemat A La HaloMoney[Jawab Quiz: Liburan itu Kebutuhan atau Keinginan?]

 

Lakukan Pemesanan dari Jauh-Jauh Hari

Salah satu cara liburan hemat adalah dengan melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Anda dapat mulai memesan tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Terkadang ada beberapa maskapai yang memberikan diskon besar, jika Anda beli tiket hari ini untuk terbang tahun depan. Tidak ada salahnya Anda manfaatkan penawaran tersebut.

 

[Baca Juga: Berapa yang Dibutuhkan untuk Dana Liburan?]

 

Hindari Utang untuk Liburan

Jangan pernah utang, baik KTA dan Kartu Kredit untuk liburan. Ga asyik donk, kalau selesai liburan masih nyicil utang liburan. Kartu kredit boleh digunakan untuk liburan, sebagai alat bantu pembayaran, bukan alat utang. Liburan hemat, adalah liburan tanpa harus bayar bunga atau cicilan. Percayalah, Anda akan menyesal jika pergi berlibur dengan utang.

 

[Baca Juga: Apakah Boleh Liburan dengan Utang?]

 

Buat Anggaran Sebelum Melakukan Perjalanan

Salah satu cara untuk liburan hemat adalah buat anggaran sebelum perjalanan. Paling sederhana adalah mulai membuat list pengeluaran-pengeluaran saat liburan. Mulai dari membeli tiket, memesan hotel, membeli tiket untuk permainan, membeli oleh-oleh dan lainnya. Setelah membuat list tersebut, Anda harus turuti anggaran yang sudah dibuat. Jika anggaran untuk penginapan adalah Rp 1.000.000, ya Anda cari hotel dengan harga maksimal Rp 1.000.000. 

 

Rencanakan Dana Perjalanan

Terakhir dan hal yang paling penting yaitu rencanakan dana perjalanan. Dengan perencanaan yang baik dan matang, Anda akan memiliki dana perjalanan pada jumlah yang tepat dan waktu yang tepat.

 

[Baca Juga: Merencanakan Dana Liburan Keliling Dunia]

 

Kesimpulan

Liburan hemat bukan berarti tidak seru atau menderita. Liburan hemat dapat Kita jalankan dengan mulai survey online, cari lokasi yang seru untuk liburan. Lakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Jangan pernah berutang untuk dana perjalanan. Siapkan anggaran dan rencanakan keuangan untuk dana perjalanan.

 

Tuliskan juga ya tips liburan hemat Anda dan keluarga!

 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang