Sobat Finansialku saat akan memilih konsultan keuangan, pertimbangkan hal-hal berikut ini. Jangan sampai salah memilih!

Jangan sembarangan memilih konsultan keuangan. Jadi simak penjelasan Finansialku berikut ini.

 

Summary:

  • Konsultan ini bertugas merencanakan dana juga merealisasikan rencana dari klien yang dipegangnya. 
  • Pertimbangan memilih konsultan keuangan adalah pendidikan, sertifikat, keterampilan komunikasi, penguasaan proses bisnis, dll

 

Apa itu Konsultan Keuangan? 

Para konsultan keuangan ini biasanya bekerja pada perusahaan-perusahaan seperti bank atau perusahaan asuransi. Atau bahkan perusahaan keuangan lainnya yang berada di bawah naungan perusahaan resmi. 

Ini merupakan sebuah profesi yang dimiliki seseorang, di mana seseorang ini memiliki keahlian khusus di bidangnya. Konsultan ini bertugas merencanakan dana juga merealisasikan rencana dari klien yang dipegangnya. 

Jadi untuk Anda yang membutuhkan jasa konsultan ini, Anda butuh pertimbangan yang matang siapa yang akan Anda percayai menjadi konsultan keuangan Anda. Karena yang Anda rencanakan berkutat dengan uang. Yang pasti itu adalah hal yang memiliki risiko.

 

Tanggung Jawab 

Mereka mempunyai tanggung jawab dalam membantu klien untuk keluar dari masalah keuangan yang mereka alami. Seperti contohnya seorang klien datang kepada konsultan keuangan di mana klien tersebut memiliki masalah hutang piutang yang harus diberikan solusi. 

Maka dalam hal ini seluruh langkah yang harus dilakukan adalah bagaimana agar klien terbebas dari jerat utang tersebut dan mendapatkan nikmatnya kebebasan finansial atau financial freedom

Namun untuk konsultan bisa memberikan solusi dari masalah tersebut ia harus mendengarkan seluruh cerita yang dialami oleh klien tersebut. Maka klien yang datang, untuk meminta pertolongan pada konsultan ini, harus bersedia jujur dan menceritakan seluruh kronologi yang telah dialaminya. 

 

Biaya 

Biaya konsultasi kepada konsultan ini tergantung dari seberapa pelik masalah yang Anda hadapi dan lama konsultasi.

Di sisi lain pasti juga terdapat tarif pada setiap sesi konsultasinya. Biasanya para konsultan ini akan menarik tarif mulai dari 500 ribuan rupiah hingga jutaan rupiah.

Baca Juga:  Konsultan Keuangan: Biaya Konsultasi & Rencana Keuangan

 

6 Pertimbangan Memilih Konsultan Keuangan Terbaik 

Pertimbangan berikut ini dapat diperhatikan saat Anda akan memilih konsultan Anda.

 

#1 Kemampuan dari Segi Pendidikan

Suatu hal penting yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan adalah dia yang mengerti dan juga sebagai ahli dalam bidangnya.

Karena kita harus benar-benar menemukan orang yang memang kompeten, bila ternyata dia tidak kompeten maka risikonya Anda akan tanggung.

 

#2 Adanya Sertifikat Pendukung

Seorang financial consultant yang profesional berarti dia harus memiliki sebuah sertifikat agar kemampuannya ini dapat diakui oleh masyarakat luas.

Serta kemampuannya ini bisa dipercaya untuk memecahkan masalah klien, memberi solusi. 

 

#3 Keterampilan Komunikasi 

Di mana pun keberadaannya seorang konsultan tetap harus memiliki keterampilan dalam berkomunikasi yang baik.

Bila Anda bertemu dengan konsultan keuangan namun dalam berkomunikasi ia masih meragukan, akankah Anda yakin untuk mempercayakan masalah Anda? Tentu tidak bukan?

 

#4 Menguasai Proses Bisnis 

Seorang konsultan ini tidak hanya harus bisa lues berbicara dengan klien, tetapi juga harus bisa menguasai proses bisnis. Biasanya seorang konsultan akan mengarahkan para klien untuk membuka bisnis baru atau berinvestasi.

Namun bila dalam konsultasi sang konsultan tidak memahami atau tidak menguasai proses bisnis yang disarankan kepada klien. Itu menjadi pertimbangan bagi Anda (klien) untuk tidak lagi menggunakan jasanya.

 

#5 Berpengalaman Dalam Bidangnya 

Anda sebagai klien, bila Anda membutuhkan pertolongan agar cepat keluar dari masalah keuangan Anda, maka carilah konsultan yang telah berpengalaman.

Namun Anda harus sadari semakin berpengalaman mereka maka semakin mahal jasa konsultasi kepada mereka.

 

#6 Berpenampilan Menarik 

Memang benar jangan menilai buku dari sampulnya. Namun sebagai seorang yang membutuhkan pertolongan dari seseorang yang kita anggap mampu memberi solusi, namun dia berpenampilan tidak meyakinkan.

Maka hal itu bisa menjadi pertimbangan Anda untuk mempercayakan masalah Anda kepada mereka atau tidak.

Sobat Finansialku bisa dengarkan audiobook berikut untuk tahu lebih banyak hal termasuk, mengelola keuangan pribadi dan bisnis.

banner -pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis

 

Temukan Konsultan Keuangan Terbaik 

Perhatikan pertimbangan di atas, sebelum Anda menjatuhkan pilihan kepada siapa Anda akan meng-konsultasikan masalah keuangan Anda. 

Pertimbangan tersebut hendaknya kita perhatikan agar kita tidak mendapat masalah baru karena salah memilih konsultan.

 

Sobat Finansialku, jangan lupa membagikan artikel ini kepada rekan sahabat dan saudara Anda. Tinggalkan pertanyaan atau komentar di kolom yang sudah kami sediakan. Terima kasih.

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Referensi: 

  • Chyntia Maretha. 21 Mei 2019. Tips Menjadi Konsultan Keuangan. Glints.com – https://bit.ly/3BizR6L

Sumber Gambar: 

  • Cover – https://bit.ly/3GN1QfY