Apa saja yang harus dilakukan agar menjadi sukses secara keuangan? Berikut ini penjelasan 7 langkah menuju sukses keuangan dari seorang coach Amerika bernama Brian Tracy.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Disiplin pada Diri Sendiri (Self Dicipline)

Siapa yang tidak mau sukses secara keuangan? Anda tentunya juga mau kan sukses secara keuangan: dapat memenuhi kebutuhan – kebutuhan jangka pendek, bisa membeli rumah, kendaraan, menyekolahkan anak, perjalanan ibadah, liburan ke luar negeri dan pensiun nyaman. Pertanyannya bagaimana caranya agar kita dapat sukses secara keuangan?

7 Langkah Menuju Sukses Keuangan - Perencanaan Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 90+ Cara Miliarder Mengelola Keuangannya, yang Harus Anda Tiru]

 

Berikut ini 7 langkah menuju sukses keuangan yang disarankan oleh coach terkenal dari Amerika, Brian Tracy. 7 Langkah berikut adalah langkah-langkah yang perlu Kita lakukan untuk menjadi seseorang yang sukses, tidak hanya keuangan tetapi juga sukses di semua bidang. Menurut Brian Tracy kunci utamanya adalah disiplin pada diri sendiri (self discipline).

[Baca Juga: Gaji Besar kok Tabungan Kecil dan Utang Besar?]

 

Apa yang dimaksud dengan disiplin pada diri sendiri (self discipline)? Menurut Brian Tracy, self discipline adalah kemampuan untuk membuat diri kita melakukan apa yang harus dilakukan dan pada waktu yang tepat, entah suka atau tidak. Contoh:

  • Orang yang mau kurus, suka tidak suka harus mengurangi makan (diet) dan memperbanyak aktivitas olahraga.
  • Mahasiswa/i kalau mau mendapatkan nilai bagus, harus mau membagi waktu bermain dan bersosialisasi dengan waktu belajar.
  • Orang kalau mau hidup lebih sejahtera harus mau mengurangi pengeluaran dan menambah penghasilan.
  • dan lainnya.

[Baca Juga: 90+ Cara Milliarder Mengelola Kebiasaan dan Disiplin, yang Harus Anda Ikuti]

 

Tentunya sangat mudah melakukan pekerjaan atau kegiatan yang Anda sukai. Bagaimana dengan melakukan pekerjaan yang tidak Anda sukai?

  • Berapa banyak orang yang suka diet?
  • Berapa banyak orang yang suka belajar?
  • Berapa banyak orang yang suka berhemat?

[Baca Juga: 90+ Cara Milliarder Mengelola Waktu yang Harus Anda Tiru]

 

Menurut Brian Tracy jika kita mampu menjalankan hal-hal yang tidak kita sukai (tentunya dengan disiplin), maka Kita dapat bergerak cepat, menuju masa depan yang lebih baik (dalam hal hidup dan karir).

  • Tidak banyak orang yang suka diet, tetapi jika Kita mampu mengurangi berat badan dan hidup sehat, Kita akan mendapatkan kesehatan.
  • Tidak banyak orang yang suka belajar, tetapi jika Kita mampu belajar, Kita dapat meningkatkan pengetahuan (dan tentu saja nilai bagus).
  • Tidak banyak orang yang suka berhemat, tetapi jika Kita mampu berhemat, Kita akan hidup lebih sejahtera.

 

Apa saja langkah-langkah yang harus diambil untuk menuju kesuksesan? Khususnya kesuksesan dalam bidang keuangan.

 

7 Langkah Menuju Sukses Keuangan

Brian Tracy menyarankan Kita untuk menjalankan 7 langkah menuju sukses keuangan:

 

Langkah 1 Tentukan Apa yang Anda Inginkan

Anda perlu menentukan dengan jelas apa yang Anda inginkan dalam kehidupan. Tentukan dengan spesifik, contoh jangan menuliskan ingin kaya (general), tetapi saya ingin membeli rumah pertama yang memiliki taman, 3 kamar tidur, dapur dan 1 garasi.

[Baca Juga: 5 Tahun Kerja Bisa Membeli Rumah, Asal Tahu Caranya]

 

Langkah 2 Tulis dan Ucapkan

Langkah selanjutnya adalah tuliskan dan ucapkan apa yang Anda inginkan. Ambil kertas tuliskan atau gambarkan apa yang Anda inginkan. Jangan hanya dibayangkan.

 

Langkah 3 Buat Tenggang Waktu

Selanjutnya tentukan kapan, Anda ingin mewujudkan tujuan tersebut? 1 bulan, 2 bulan, 1 tahun, 2 tahun atau berapa lama lagi? Tenggang waktu (deadline) secara otomatis akan membuat sebuah sistem yang secara tidak langsung memotivasi Anda untuk bekerja mewujudkan tujuan Anda.

 

Langkah 4 Buat Daftar Pekerjaan

Tentukan apa saja yang harus Anda lakukan untuk dapat mewujdukan tujuan-tujaun Anda. Melanjutkan contoh di atas, misal Anda ingin membeli rumah maka:
1. Cari tahu berapa harga rumahnya
2. Datangi lokasi liat contoh rumahnya
3. Jika perlu ambil foto untuk memotivasi
4. Hitung berapa yang Anda butuhkan untuk uang muka
5. Berapa cicilan yang harus dibayarkan
6. Cari tahu bagaimana cara menyiapkan uang muka
7. Mulai membuat strategi untuk berinvestasi
8. Dan lain sebagainya

 

Langkah 5 Susun Rencana Kerja

Susun langkah-langkah tersebut ke dalam sebuah rencana keuangan. Rencana keuangan ini yang akan membimbing Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

[Baca Juga: Buat Tujuan Keuangan yang Benar-Benar SMART]

 

Langkah 6 Jalankan Rencana Tersebut

Membuat rencana tidak ada gunanya jika tidak dijalankan. Jadi Anda perlu melaksanakan rencana yang sudah dibuat. Lakukan dengan disiplin, suka atau tidak suka. Terkadang ada saat-saat Anda merasa malas dan kurang semangat dalam menjalankan prosesnya. Anda perlu melihat catatan Anda, melihat foto rumah tersebut. Bayangan Anda sudah membeli rumah tersebut, menempati rumah tersebut.

[Baca Juga: Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan]

 

Langkah 7 Lakukan Setiap Hari

Pikirkan cara untuk mempercepat mencapai tujuan keuangan Anda, lakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan. Jika Anda melakukannya dengan disiplin, Anda dapat mewujudkan tujuan Anda.

Contoh: saat ini Anda memutuskan berinvestasi di reksa dana untuk menyiapkan uang muka. Cari tahu bagaimana cara mengoptimalkan keuntungan dari reksa dana, dengan baca buku, ikuti seminar dan pelatihan investasi.. Apakah ada cara lain untuk menyiapakan uang muka rumah dengan waktu yang lebih singkat.

 

Harga dari Keberhasilan Anda

Setiap orang pastinya memiliki definisi “Sukses Keuangan” yang berbeda-beda.

  • Ada yang mengatakan sukses keuangan jika memiliki emas 10 kg.
  • Ada yang mengatakan sukses keuangan jika memiliki 5 rumah.
  • Ada yang mengatakan sukses keuangan jika memiliki deposito Rp 2M.
  • Ada yang mengatakan sukses keuangan jika mampu membuat 100 rumah untuk orang-orang yang kurang mampu.
  • Ada yang mengatakan sukses keuangan jika sudah mampu mewujudkan tujuan-tujuan keuangan: punya rumah, kendaraan, mampu menyekolahkan anak, melaksanakan perjalanan ibadah dan pensiun nyaman.
  • Tuliskan definisi sukses keuangan menurut Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Apapu definisi kesuksesan keuangan Anda, pertama tentukan apa yang ingin Anda capai, tulis dan ucapkan, buat tenggang waktu, buat list pekerjaan, jadikan dalam sebuah rencana kerja serta laksankan. Setidaknya Anda dapat memulai 1 tujuan keuangan pada hari ini.

 

Keputusan apa yang sudah Anda lakukan hari ini untuk mengubah masa depan Anda? Keputusan sekecil apapun yang Anda buat hari ini dapat mengubah kehidupan Anda menjadi lebih sukses?

 

  • Success – https://goo.gl/elLG5W

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang