Kecanduang kartu kredit adalah salah satu penyakit keuangan yang menyerang banyak orang. Apakah Belakangan ini Anda merasa gesek kartu kredit terus menerus? Hati-hati bisa jadi Anda sudah mulai kecanduan kartu kredit. Finansialku.com akan membahas 7 Tanda seseorang kecanduan kartu kredit.

7 Tanda Seseorang Kecanduan Kartu Kredit Finansialku

 

7 Tanda Kecanduan Kartu Kredit

Kartu kredit adalah salah satu produk keuangan yang memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Orang yang belum memiliki literasi keuangan, bisa jadi menyalahgunakan fungsi kartu kredit dan menjadi perusak kondisi keuangan. Salah satu tanda bahwa kartu kredit sudah merusak adalah adanya kecanduan kartu kredit. Berikut ini 7 tanda seseorang mulai kecanduan kartu kredit.

 

Selalu Menggesek Kartu Kredit

Ciri utama yang paling jelas adalah Anda selalu menggesek kartu kredit disetiap kali Anda berbelanja, makan direstaurant, membeli alat elektronik dan lainnya. Jika frekuensi penggunaan kartu kredit Anda sudah mulai meningkat, saatnya Anda berhati-hati.

 

Penyangkalan

Ciri kedua adalah Anda pura-pura tidak tahu tagihan kartu kredit. Bahasa sederhananya adalah masa bodoh dengan tagihan. Seseorang yang melakukan kesalahan kerapkali melakukan penyangkalan atas kesalahannya. Orang yang menyangkal kesalahannya bisa jadi membohongi orang lain, tetapi Anda tidak dapat membohongi diri sendiri. Akui kesalahan dan mulai melakukan perubahan.

 

Selalu Bayar Minimum

Ciri ketiga adalah Anda selalu membayar minimum (minimum payment) tagihan kartu kredit Anda. Mengapa seseorang membayar minimum kartu kredit? Biasanya orang tersebut sedang mengalami krisis likuiditas (uang kontan terbatas). Jika Anda memiliki tagihan kartu kredit, sebaiknya bayar lunas tagihan Anda. Usahakan agar menghindari pembayaran minimum.

 

Selalu Apply Kartu Baru

Ciri keempat seseorang yang sudah kecanduan kartu kredit adalah selalu apply kartu kredit baru. Ketika ditawari kartu kredit baru di mall, di bioskop, di bandara atau di tempat lainnya selalu berusaha apply. Permasalahan ini sudah diantisipasi oleh pemerintah, melalui Bank Indonesia yang telah membatasi kepemilikan kartu kredit.

 

Merahasiakan Utang

Ciri kelima adalah Anda mulai tidak terbuka dengan jumlah utang Anda. Ketika pasangan atau anggota keluarga bertanya mengenai utang kartu kredit, Anda berusaha menutupi jumlahnya atau berupaya mengalihkan topik.

 

Tabungan Mengecil

Ciri keenam adalah tabungan Anda mulai mengecil karena uang di tabungan mulai digunakan untuk membayar utang kartu kredit. Hal yang paling parah adalah gaji atau pendapatan setiap bulannya habis digunakan untuk membayar utang kartu kredit.

 

Strategi Pelunasan yang Kacau

Ciri ketujuh adalah seseorang yang kecanduan kartu kredit adalah mulai menghalakan segala cara untuk melunasi utang kartu kredit. Salah satu strategi yang kurang bijak adalah strategi gali lubang tutup lubang. Strategi gali lubang tutup lubang adalah strategi pelunasan utang dengan cara menggunakan utang baru.

 

Kesimpulan

Berikut ini 7 tanda seseorang yang kecanduan kartu kredit:

  1. Selalu Menggesek Kartu Kredit
  2. Penyangkalan
  3. Selalu Bayar Minimum
  4. Selalu Apply Kartu Baru
  5. Merahasiakan Utang
  6. Tabungan Mengecil
  7. Strategi Pelunasan yang Kacau

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai kecanduan kartu kredit.

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku 3 Alat Pengingat Pembayaran Kartu Kredit Baca
finansialku Rencana Keuangan atau Investasi, Mana yang Lebih Penting Baca
finansialku Jebakan Pendapatan: Pendapatan Lebih Bukan Solusi Baca