Apakah saja cara-cara memperbaiki kondisi keuangan pribadi Anda? Berikut ini beberapa cara memperbaiki kondisi keuangan pribadi, yang disarankan oleh salah satu rekan Finansialku.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Kami Yakin, Kondisi Keuangan Anda Bisa Menjadi Jauh Lebih Sehat

Permasalahan-permasalahan keuangan Anda, sebenarnya bukan masalah pendapatan, tetapi permasalahan cara mengelola keuangan yang kurang tepat. Berita baiknya, solusi untuk memperbaiki kondisi keuangan keluarga, sebenarnya bukan solusi yang sulit dilakukan.

 

  • Pertanyannya apakah Anda mau memperbaiki kondisi keuangan keluarga Anda?
  • Jika Anda mau, Kapan Anda akan mulai memperbaiki kondisi keuangan pribadi Anda?

 

8 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Pribadimu - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Jawab Quiz: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

8 Cara Memperbaiki Kondisi Keuangan Pribadi Anda

Jika Anda mau memperbaiki kondisi keuangan pribadi Anda Sekarang Juga, Saat Ini Juga, maka Anda harus lakukan 8 cara memperbaiki kondisi keuangan:

 

Cara 1 Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda : Lakukan Cek Kondisi Keuangan

Langkah Pertama yang harus Anda lakukan adalah cek kondisi kesehatan keuangan Anda. Mengapa perlu mengecek kondisi kesehatan keuangan? Tentu saja Anda harus mengetahui kondisi saat ini, apa saja yang masih kurang sehat: apakah jumlah utang, apakah jumlah investasi, apakah jumlah tabungan, apakah jumlah cicilan atau lainnya.

 
Atas Infographic Cek Kesehatan Keuangan Keluarga Atas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Lihat Infografis: Sudah Sehatkan Kondisi Keuangan Keluarga Anda?]

 

Cara 2 Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda : Menyusun dan Menjalankan Anggaran

Banyak orang tidak tahu, cara menggunakan uang. Pertanyaan sederhana: setelah gajian, bagaimana cara Anda membelanjakan uang tersebut? Pengeluaran apa yang pertama kali Anda lakukan? Apakah Anda memiliki pos-pos keuangan? Nah jika Anda belum memiliki anggaran keuangan, saatnya Anda membuatnya. Banyak keuntungan yang Anda akan dapat, jika Anda memiliki anggaran keuangan.

[Baca Juga: Apa itu Anggaran Keuangan dan Apa Manfaatnya?

 

Cara 3 Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda: Lunasi Utang dan Batasi Cicilan

Apakah saat ini memiliki utang? Berapa besar cicilan bulanan yang harus Anda bayar? Apakah cicilan bulanan Anda lebih dari 30% pendapatan Anda? Ada hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai utang. Sejatinya utang itu ada 2 jenisnya, yaitu utang produktif dan utang konsumtif. Jika Anda memutuskan utang, pastikan keputusan Anda adalah untuk tujuan-tujuan yang produktif. Salah satu jenis utang yang produktif adalah utang untuk membeli asset, seperti Kredit Pemilkan Rumah (KPR). Nah bagaimana dengan utang kartu kredit atau kredit tanpa agunan?

[Cek Infografis: Kartu Kredit: U untuk Untung bukan Utang]

 

Cara 4 Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda: Berinvestasi Sesuai Rencana Keuangan

Cara ke 4 untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda adalah dengan berinvestasi. Investasi adalah kendaraan yang dapat Anda gunakan untuk mewujudkan tujuan-tujuan keuangan. Nah berbicara investasi sebagai kendaraan, Indonesia memiliki banyak sekali pilihan investasi. Anda bisa jadi bingung memilih produk-produk investasi. Satu hal yang perlu Anda ingat: Pilihlah produk investasi yang sesuai dengan rencana keuangan.

[Baca Juga: Waspadai Investasi Bodong, Ini Cirinya

 

Cara 5 Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda: Miliki Asuransi

Kebanyakan dari kita, mungkin masih meragukan fungsi asuransi. Pertanyaan klasik adalah: “Mengapa kita perlu keluar uang untuk membeli asuransi?’ Dalam teori perencanaan keuangan, asuransi adalah satu cara untuk mengelola risiko. Jika Anda membeli produk-produk asuransi, berarti Anda berusaha mentransfer (memindahkan) risiko Anda ke perusahaan asuransi.

[Baca Juga: 5 Produk Asuransi yang Wajib Anda Miliki]

 

Contoh jika Pak Ronald membeli asuransi mobil all risk, berarti jika terjadi sesuatu dengan mobil Pak Ronald yang menimbulkan kerugian finansial, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Contoh terjadi kecelakaan lalu lintas, sehingga mobil Pak Ronald mengalami kerusakan. Dalam kasus tersebut Pak Ronald dapat melakukan klaim ke perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi akan membiayai perbaikan mobil Pak Ronald.

 

Cara 6 Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda: Miliki Dana Darurat

Dana darurat (emergency fund) adalah dana yang perlu disiapkan untuk membiayai kebutuhan-kebutuhan darurat. Tahukah Anda 8 dari 10 pekerja tidak memiliki dana darurat. Jika terjadi kondisi-kondisi darurat, yang akan mereka lakukan adalah mencari pinjaman teman, pinjaman koperasi, memanfatkan kartu kredit dan KTA. Sebenarnya Anda dapat menyiapkan dana darurat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

[Baca Juga: Berapa Dana Darurat yang Perlu Saya Siapkan?]

 

Cara 7 Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda: Ubah Kebiasaan-Kebiasaan Buruk

Tahukah Anda, mengapa orang kaya menjadi semakin kaya? Dan sebaliknya, orang miskin bertambah menjadi semakin miskin? Perbedaan orang kaya dan orang miskin terdapat dalam banyak hal, seperti cara mereka memandang uang, cara mereka mengelola keuangan, cara mereka memanfaatkan waktu, cara mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan dan lain sebagainya. 

[Baca Juga: 90+ Perbedaan Cara Mengelola Keuangan ala Miliarder dan Orang Biasa]

 

Cara 8 Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda: Miliki Komitmen

Terakhir dan hal yang paling penting: Setiap perubahan memerlukan komitmen. Berbicara mengenai komitmen, belum banyak orang yang bisa berkomitmen pada dirinya sendiri. Saya yakin Anda adalah orang yang mampu berkomitmen, setidaknya Anda sudah membaca sampai dengan bagian ini. Nah sekarang saatnya Anda mulai menyusun, langkah-langkah untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda. Selamat bekerja.

 

Jangan Lagi Bingung, Karena …

Seperti penjelasan di atas, ternyata banyak sekali cara memperbaiki kondisi keuangan Anda. Semuanya mudah, mulai dari membuat anggaran, catatan keuangan, batasi utang, batasi cicilan, berinvestasi, memiliki asuransi, dana darurat, memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk mengelola keuangan. Satu lagi, yang dapat Anda lakukan adalah miliki rencana keuangan. Rencana keuangan dapat membantu Anda mewujudkan tujuan-tujuan keuangan dan berperan sebagai guide (penunjuk jalan).

 

Sudahkah Anda mulai memperbaiki kondisi keuangan Anda? Ceritakan kesulitan Anda dalam mengubah kondisi keuangan Anda, kami akan siap membantu Anda. 

 

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang