8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Online

Apa saja kesalahan-kesalahan yang harus dihindari saat memulai bisnis online? Kali ini Finansialku mengutip tulisan Carolyn Sun, research editor majalah Entrepreneur.com.

 

Rubrik Finansialku

 Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Online

Bisnis online adalah salah satu jenis bisnis yang paling booming beberapa tahun belakangan. Semua serba online, mulai dari memesan ojek melalui GoJek, membuka toko online dengan TokoPedia dan BukaLapak. Nah sudah saatnya Anda juga bergabung dalam anak muda yang membangun bangsa melalui bisnis online. Eits, sebelumnya hati-hati dengan 10 kesalahan ini yang harus dihindari saat memulai bisnis online

8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memulai Bisnis Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Internet Telah Merubah Cara Berbisnis Tradisional]

 

Seorang periset dari majalah Entrepreneur menjabarkan 10 kesalahan yang harus dihindari, saat kita akan memulai bisnis online. Mari kita bahas satu per satu:

 

Kesalahan 1 : Tidak Memiliki Rencana Bisnis

Jika Anda ingin memulai bisnis online, Anda tidak perlu membuat rencana bisnis yang tebalnya mencapai 30 – 40 halaman. Anda butuh rencana bisnis (business plan), yang dapat menggambarkan model bisnis Anda.

 

9 Tahap Membuat Model Bisnis - Perencana Keuangan Finansialku - Netizen Consultant

[Baca Juga: 9 Bagian Model Bisnis]

 

Rencana bisnis Anda harus dapat menjawab: Siapa customer Anda? Apa yang Anda tawarkan? Bagaimana cara Anda menawarkan produk tersebut? Relasi seperti apa yang Anda bangun? Darimana sumber pemasukan dan pengeluaran utama? Siapakah partner utama Anda? Apa saja aktivitas-aktivitas yang penting? dan Berapa modal yang dibutuhkan? 

 

Kesalahan 2 : Terlalu Banyak Fokus, Bukan Pada Pekerjaan Utama

Jika Anda memulai bisnis online, ada banyak hal yang harus dipikirkan. Ada hal-hal yang penting Anda putuskan, misal nama bisnis dan domain, membuat logo, menentukan visi dan lain sebagainya. Gunakan energi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang mendapat prioritas utama. Delegasikan pekerjaan-pekerjaan yang bukan prioritas utama. Misal memasang jaringan computer, memasang internet, menghubungi provider internet dan lain sebagainya.

[Baca Juga: Perhatikan Ini Saat Anda Memilih Nama untuk Bisnis Anda]

 

Kesalahan 3 : Mengabaikan Arus Kas

Kesalahan yang sering dilakukan pebisnis baru adalah mengabaikan keuangan: arus kas, kebutuhan modal dan pencatatan keuangan. Pastikan Anda memiliki perhitungan berapa modal yang dibutuhkan dan kapan? Untuk apa modal tersebut? Jangan pernah meremehkan pencatatan keuangan dan mengatur keuangan bisnis.

 

Kesalahan 4 : Merendahkan Layanan atau Produk Anda

Ada beberapa ahli marketing yang mengatakan FREEMIUM. Terkadang ada produk-produk yang dapat menerapkan konsep FREE (gratisan). Bisnis online tidak sama dengan bisnis yang serba gratisan. Anda harus tahu darimana sumber pemasukan Anda. Kalau gratisan terus, darimana Anda mendapatkan penghasilan?

[Baca Juga: Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online?]

 

Kesalahan 5 : Mengabaikan Customer Service

Dalam bisnis online, customer service adalah bagian yang paling penting. Kita sebagai customer akan lebih percaya jika ada layanan live chat di toko online. Kita bisa bertanya mengenai cara pesan, detil order atau proses pengiriman dan lainnya. Bisnis online juga harus memiliki prosedur untuk menyelesaikan keluhan pelanggan.

 

Kesalahan 6 : Terlalu Banyak Sasaran dI Sosial Media

Pada saat Anda memulai bisnis online, usahakan agar Anda fokus pada hal-hal yang memang penting. Kesalahan yang sering dilakukan pebisnis pemula adalah memiliki akun sosial media yang lengkap. Kemudian bingung bagaimana harus mengoptimalkan media sosial tersebut, bingung apa yang harus dipost dan lain sebagainya. Carolyn Sun menyarankan Anda boleh mendaftar di beberapa media sosial (agar akun tidak digunakan orang lain), tetapi fokus pada 2 atau 3 media sosial.

[Baca Juga: 5+ Sumber Pendapatan Bisnis Online]

 

Kesalahan 7 : Kacau Balau Saat Rekrut Tenaga Kerja

Kesalahan berikutnya yang paling fatal adalah saat rekrut tenaga kerja. Biasanya pebisnis pemula, memiliki semangat menggebu-gebu dan merekrut terlalu banyak pekerja. Hal ini dapat merusak cash flow Anda. Selain itu ada juga risiko Anda mendapakan tenaga kerja yang tidak sesuai dengan visi Anda.

 

Kesalahan 8 : Berpikir Strategi Orang Lain, Cocok untuk Anda

Kesalahan terakhir adalah meniru persis apa yang dilakukan orang lain. Strategi yang cocok untuk produk pesaing, belum tentu cocok untuk bisnis online Anda. Jika Anda ingin memulai bisnis online, pastikan Anda menemukan keunikan bisnis Anda dan cari tahu cara terbaik untuk mengkomunikasikannya.

[Baca Juga: Seperti Apa Peluang Bisnis Online di Indonesia?]

 

Saatnya Anda Bergerak

Bisnis online boleh dibilang adalah bisnisnya orang-orang yang memiliki visi ke depan. Anda pastilah satu dari sekian banyak orang yang memiliki visi ke depan. Nah mulailah merancang dan memulai bisnis online Anda, tapi ingat hindari 10 kesalahan di atas ya.

 

Kesalahan apa yang pernah Anda lakukan saat menjalankan bisnis online?

 

Sumber Gambar:

  • Mistake – http://goo.gl/1CTem1

 

Sumber Artikel

  • Carolyn Sun. 16 Oktober 2015. 10 Mistakes to Avoid When Starting an Online Business. Entrepreneur.com – http://goo.gl/WobzjN

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

  • Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

    Download Sekarang

     

 

By | 2016-11-29T15:56:27+00:00 March 10th, 2016|Categories: Bisnis, Investasi|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment