Sobat Finansialku berikut ini tips mengelola gaji 2 juta, ketahui dan mulai terapkan yuk tips nya…

Jangan lewatkan pembahasan lengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Gaji 2 Jutaan

Memiliki pendapatan 2 jutaan setiap bulannya memang terasa kurang untuk sebagian orang. Tapi tenang, ketahui tips mengelola gaji 2 juta berikut ini supaya bisa tetap survive, ya.

Mengatur keuangan memanglah sangat penting apalagi bagi seseorang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Gaji adalah suatu bentuk apresiasi terhadap kinerja seseorang dalam suatu perusahaan yang berupa uang.

Upah atau gaji di setiap wilayah memiliki standar berbeda, hal ini sudah diatur oleh menteri tenaga kerja dan transmigrasi nomor 7 tahun 2013.

 

8 Tips Mengelola Gaji 2 Juta

Nah Sobat Finansialku, berikut Finansialku akan rangkum tips buat kita semua. Dicatat dan dipraktikkan ya. Karena kalau tidak dipraktikkan risiko tanggung sendiri. Tidak berlama-lama lagi ini dia caranya:

 

#1 Menabung 

Menabung dengan gaji 2 juta memanglah terkesan sulit, apalagi kebutuhan sehari-hari begitu banyak. Tapi ini harus jadi NOTE, tetap menabung. Untuk tetap bisa menabung, cara yang pertama tentunya dengan hidup hemat. Membeli sesuatu yang benar-benar dibutuhkan.

Retty NCS S.Akt., BKP., CFP, salah satu perencana keuangan dari Finansialku memberikan tips untuk  usahakan bisa menabung minimal 10% dari penghasilan utama setiap bulannya.

Dia menjelaskan bahwa kita harus tetap berpikir rasional mengingat banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, terlebih jika Sobat Finansialku adalah tulang punggung keluarga. 

 

#2 Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran

Apakah Anda termasuk seseorang yang masa bodoh dengan pengeluaran belanja? Kali ini Anda perlu menghilangkan kebiasaan tersebut. Tips mengelola gaji 2 juta ini akan sangat membantu Sobat Finansialku bila benar-benar dipraktikkan.

Karena dengan mencatat semua arus keluar masuk uang, Anda akan tahu pengeluaran apa yang bisa Anda kurangi atau hilangkan, dan lebih mampu mengalokasikannya pada sesuatu yang lebih bermanfaat dan produktif.

 

#3 Alokasi Gaji dengan Tepat

Tips mengatur gaji 2 juta selanjutnya adalah dengan mengalokasikannya secara tepat. Alokasi yang Finansialku anjurkan adalah berikut ini:

  • Dana donasi (zakat/perpuluhan)
  • Dana investasi
  • Dana tabungan
  • Dana asuransi
  • Dana pembayaran utang atau cicilan
  • Dana kebutuhan sehari-hari
  • Dana entertainment

Untuk berapa jumlahnya adalah dapat Sobat Finansialku atur.

Untuk bagian ini dapat Sobat Finansialku pelajari lebih lanjut dari artikel berikut ya. Trik Jitu Mengalokasi dan Mengatur Keuangan Bulanan dari Pendapatan Anda

 

#4 Membayar Tagihan Secara Otomatis

Masih terkait dengan cara yang di atas. Pada zaman digital ini Anda tentu harus manfaatkannya. Karena kecanggihan teknologi bisa sangat membantu segala urusan. Misalnya membayar tagihan secara otomatis, hal ini bisa mengurangi risiko keterlambatan dalam pembayaran yang akan ada denda di sana.

Jika denda terus membengkak, risikonya, pengeluaran Anda akan semakin besar. Dengan membayar tagihan bulanan secara otomatis di saat tanggal gajian, tentu sangat membantu.

Gaji Anda terpotong sesuai nominal tagihan secara otomatis. Jangan khawatir pembayaran ini dapat di pertanggung jawabkan. Selain terhindar dari keterlambatan dalam pembayaran yang akan terkena denda. 

Anda juga bisa menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu pergi ke kantor untuk membayar tagihan. Tentu tips mengelola gaji 2 juta ini bisa Anda coba.

Sobat Finansialku, bila bicara mengenai mengatur keuangan atau tips mengelola keuangan Finansialku spesialisasinya. Ada begitu banyak audiobook Finansialku, dengan berbagai macam spesifikasi. Yang tentunya bisa Anda dengarkan.

Salah satunya adalah audiobook berikut, selamat mendengarkan.  

banner -cara sukses atur gaji ala karyawan

 

#5 Pangkas Pengeluaran Kecil

Tips ini berkaitan dengan tips sebelumnya. Saat mencatat semua arus keuangan Anda, tentu Anda menemukan dalam catatan tersebut pengeluaran kecil.

Misalnya pengeluaran berlangganan televisi kabel yang kadang kala jarang Anda nyalakan karena kesibukan bekerja. mengapa tidak dipangkas saja pengeluaran ini? Atau juga berlangganan koran yang terkadang jarang Anda baca karena keterbatasan waktu.

Nah untuk bisa bisa menemukan pengeluaran apa yang bisa dipangkas, tips catat semua pemasukan dan pengeluaran di atas perlu untuk Sobat Finansialku lakukan.  

 

#6 Kurangi Bepergian Ke Luar

Mengurangi mobilitas atau bepergian ke luar dapat menjadi salah satu cara mengelola gaji 2 juta. Misalnya Anda terkadang perlu menolak ajakan teman untuk nongkrong di cafe atau menonton bioskop.

Awalnya mungkin merasa tidak enak, tetapi jika dijelaskan alasannya mungkin teman Anda akan mengerti. Bisa juga dialihkan agar nongkrong di rumah saja atau bisa juga menonton film di rumah.

Tentu hal ini lebih bisa menghemat biaya pengeluaran Anda. Selain itu dengan menghabiskan waktu di rumah tentu akan dapat terjalinnya hubungan harmonis dengan keluarga.  Jika menghabiskan waktu dengan teman di rumahnya tentu akan mempererat tali silaturahmi. Juga bisa menghangatkan suasana.

 

#7 Biasakan Anda untuk Memasak

Membiasakan memasak sendiri di rumah tentu akan sangat membantu dalam mengatur keuangan. Tips mengelola gaji 2 juta, dengan memasak sendiri tentu lebih menghemat pengeluaran Anda.

Selain itu tentunya Anda akan lebih sehat. Memasak juga dapat membantu Anda dalam mengontrol pengeluaran primer.  Karena dengan memasak sendiri tentu Anda akan berbelanja dan dapat mengetahui harga bahan makanan yang dibeli.

Sobat Finansialku juga akan memiliki kemungkinan untuk membuka usaha kuliner dari hasil masakan yang Sobat Finansialku telah biasakan. Hm… Why Not?

 

#8 Mengurangi Kredit

Tips mengelola gaji 2 juta selanjutnya ialah mengurangi kredit. Dimaksudkan agar Anda tidak terlalu sering mengambil barang yang dibeli secara kredit. Jika memang itu tidak terlalu penting sebaiknya Anda tidak melakukannya.

Karena kredit dapat membuat membengkaknya pengeluaran anggaran. Apalagi barang kredit jika ada keterlambatan dalam pembayaran akan ada denda. Hal ini justru membuat alokasi gaji Anda menjadi berantakan.

Jadi jika memang terpaksa mengambil kredit, ambil barang yang benar-benar dibutuhkan dan sesuatu yang produktif, yang bisa meningkatkan kinerja Sobat Finansialku. Karena kebutuhan berbeda dengan keinginan.

Jika Sobat Finansialku sudah terlanjur memiliki cicilan, tidak perlu gundah, Sobat Finansialku bisa menerapkan metode debt snowballseperti yang direkomendasikan oleh Retty CFP.

Apa itu metode debt snowball? Sederhananya, debt snowball adalah metode yang mengharuskan kita untuk membayar utang dengan terlebih dulu membuat urutan dari sisa pokok utang yang paling rendah ke yang paling tinggi dan abaikan besaran bunga yang harus dibayar.

Untuk informasi yang lebih jelas, Sobat Finansialku bisa membaca artikel Finansialku satu ini, ya! (link: https://www.finansialku.com/cara-melunasi-pinjaman-dengan-debt-snowball-pkup0302/)

 

#9 Cari Pemasukan Tambahan

Tips terakhir, coba lah untuk mencari pemasukan tambahan jika memungkinkan. Bukan hanya sebatas menjalani usaha kecil, tapi juga sumber lain, misalnya membantu projek teman, mencari pekerjaan freelance yang bisa dilakukan di waktu luang.

Selain itu, Sobat Finansialku juga bisa memanfaatkan aplikasi yang memberikan fasilitas cashback untuk setiap transaksi yang dilakukan secara online, misalnya Shopback, dan lain-lain.

 

Tahu dan Lakukan Tipsnya

Sobat Finansialku, sudah tahu bukan tipsnya apa saja? Kita mulai lakukan yuk, karena ada perkataan bijak yang mengatakan:

Barang siapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barang siapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. 

Mungkin gaji 2 juta terlihat kecil untuk saat ini, namun kalau kita setia dan benar dalam mengelola gaji tersebut, maka seperti kata bijak di atas, kita akan menjadi orang yang dapat dipercayakan gaji yang besar juga tentunya.

Untuk Sobat Finansialku yang punya pendapat dan pertanyaan seputar isi artikel, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih.

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Gambar: 

  • Cover – https://bit.ly/3BizR6L