Sobat Finansialku, kalau berbincang-bincang dengan orang baru, hindari 3 pertanyaan ini ya… Pertanyaan seperti apa? Mari kita simak.

Artikel ini dipersembahkan oleh Ayobandung.com

 

3 Pertanyaan ini Perlu Dihindari Kepada Orang Baru

Manusia adalah makhluk sosial. Di mana pun dan kapan pun, sudah pasti kita membutuhkan orang lain, untuk kebutuhan dan kepentingan apa pun itu. Mungkin Sobat Finansialku kini tengah dihadapkan dengan situasi di mana mengharuskan kita untuk berkenalan dengan orang baru.

Entah itu di kantor, lingkungan perumahan, dan masih banyak lagi. Nah sebagai tips untuk Sobat Finansialku semua, hindari 3 pertanyaan ini ya, kalau berbincang dengan orang baru.

Tapi kalau ini boleh banget kita baca juga, bahkan kita sebarkan, Tips dan Kumpulan Pertanyaan Interview Kerja Secara Online

Nah kalau pertanyaan yang agak terlalu “kepo” ini perlu kita hindari, pertanyaan tersebut adalah:

 

Status Menikah

Bagi kamu, mungkin pertanyaan ini sepele. Tapi cobalah posisikan diri pada perspektif orang lain. Karena untuk sebagian orang pertanyaan ini sangat sensitif. Dalam proses perkenalan, tentu kamu tidak tahu apakah orang tersebut suka atau tidak ditanyai status pernikahannya.

Jadi sebaiknya hindari pertanyaan seputar status pernikahan. Beberapa contoh dari pertanyaan mengenai status pernikahan misalnya:

  • “Mas/mbak, sudah menikah?”
  • “Kapan Anda menikah?”
  • “Kenapa sih Anda belum menikah?”

Untuk konteks baru berkenalan, sangat tidak etis bukan pertanyaan-pertanyaan tersebut?

Lain cerita bila kita sudah lama berbincang dengan orang tersebut dan dia cerita kalau akan segera menikah. Sobat Finansialku malah mungkin bisa merekomendasikan audiobook ini untuk dia.

banner -mau lamaran tapi dompet menipis

 

Anak atau Momongan

Kemudian pertanyaan kedua yang harus kita hindari adalah apakah seputar memiliki anak atau momongan. Buah hati adalah dambaan setiap keluarga, terutama yang baru saja menikah. Akan tetapi banyak sekali orang yang perlu berjuang lebih untuk memiliki seorang anak. 

Di sisi lain, ada orang yang menganggap keluarganya sebagai ranah pribadi yang tidak perlu disentuh oleh orang lain. Jika baru kenal dengan seseorang dan tahu bahwa orang tersebut sudah berkeluarga, sebaiknya hindari pertanyaan menyangkut anak atau momongan.

Beberapa contoh dari pertanyaan mengenai hal ini antara lain:

  • “Anak ada berapa?”
  • “Sudah punya momongan belum?”

Coba bayangkan jika orang yang baru kamu kenal menanyakan hal tersebut disertai wajah yang penuh selidik dan kerutan yang menunjukkan keheranan, pasti menyebalkan bukan?

 

Status Pekerjaan dan Penghasilan

Dan pertanyaan terakhir yang sebaiknya kamu hindari adalah mengenai status pekerjaannya. Kita sama sekali tidak tahu, apakah kenalan barumu sudah bekerja atau tengah berjuang untuk mendapatkan pekerjaan.

Sehingga bukan tidak mungkin pertanyaan tersebut menjadi sensitif dan muncul persepsi kurang baik dari orang tersebut terhadap dirimu. Di lain sisi, jika kenalanmu cenderung tidak masalah ditanyai pekerjaannya, usahakan tidak menanyakan berapa penghasilan sebulannya. 

Tidak hanya sensitif, pertanyaan tersebut, sudah masuk ke ranah pribadi yang sebaiknya tidak kamu ketahui selaku orang yang baru saja kenal.

 

Nah itulah 3 pertanyaan yang harus kita hindari saat bertemu dengan orang baru. Ramah boleh-boleh saja tapi tetap harus menghargai privasi orang lain ya.

Mungkin Sobat Finansilaku adalah salah satu dari orang yang pernah menerima pertanyaan sensitif tersebut. Yuk bagikan artikel ini supaya mereka pun mengerti apa yang baru kita baca ini.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama Finansialku.com dengan Ayobandung.com. Isi dan data yang tertera dalam artikel ini merupakan tanggung jawab Ayobandung.com

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Referensi: 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3tz1dCr