X

10+ Alat Fitnes Murah yang Bisa Kamu Miliki Di Rumah

Apakah kamu suka berolahraga Fitnes tapi tidak punya budget? Dengan sedikit kreativitas, kamu bisa punya alat fitnes murah sendiri di rumah.

 

Rubrik Finansialku

 

10+ Alat Fitnes Murah Untuk di Rumah

Sebenarnya fitnes tidak melulu harus pergi ke tempat Gym. Mungkin kamu pasti sudah tau dong, jika zaman sekarang sudah banyak alat-alat fitnes yang dirancang secara praktis untuk digunakan di rumah.

Alat-alat ini dibuat ringan, compact, dan tidak memakan banyak tempat. Sehingga alat ini sangat membantu untuk orang-orang yang terlalu jauh dari tempat olahraga, tidak mau membuang banyak waktu di jalan, dan mungkin lebih menyukai privasi daripada keramaian.

Biasanya, alat-alat ini banyak dijual dan ditawarkan di innovation store yang sudah ternama dan memiliki banyak cabang di beberapa wilayah di Indonesia.

Keunggulan jika kamu membeli produk-produk di innovation store ini, yang bisa dipastikan alat yang kamu beli dan terima adalah alat asli dan bukan tiruan.

Meskipun produk asli terbilang cukup mahal, namun alat-alat ini sudah dibuat dengan standar yang baik dan berkualitas. Sehingga jangka waktu pemakaian bisa lebih awet dan tahan lama.

 

#1 Dumbbell Botol Air Mineral

Ya betul! Kamu bisa memanfaatkan botol mineral 1 Liter dan 600ml untuk latihan beban. Kamu bisa mengikuti gerakan-gerakan sederhana yang menggunakan dumbbell dan menggantinya dengan botol mineral.

 

#2 Dumbbell Botol Plastik Campuran Adonan Semen

Sama seperti penggunaan botol plastik berisi air mineral, namun kali ini kamu bisa memasukkan campuran semen dan beberapa batu sebagai pemberat tambahan.

Jika dirasa kurang pas ditangan, kamu bisa memasukkan tiang kokoh seperti besi atau kayu diantara dua botol plastik berisi semen tersebut. Murah dan praktis bukan?

 

#3 Barbell Botol Plastik 1 Liter

Suka main dan pergi ke pantai? Coba bawa pasirnya! Dengan dua botol plastik air mineral 1 liter kamu bisa membuat barbell ringan.

Tentunya perlu ditambah dengan gagang tiang atau bar yang cukup nyaman digenggaman kamu. Kamu juga bisa memanfaatkan botol pewangi atau botol pembersih lantai sebagai pengganti botol air mineral.

 

#4 Barbell dan Dumbbell Kaleng dan Adonan Semen

Punya kaleng bekas cat dan kaleng bekas kue? Jangan dibuang dulu.

Kalau kamu mau punya alat fitnes sendiri dirumah, kamu cuma perlu manfaatin gagang besi yang dibebani dua kaleng berisi campuran semen di kedua sisinya.

[Baca Juga: Kamu Terlalu Gemuk? Ikuti 5 Tips Memulai Fitness Berikut]

 

Asalkan berlatih dengan disiplin badan kamu nantinya gak akan kalah keren dari teman-teman kamu yang berlatih di tempat Gym.

 

#5 Dumbbell Kaleng Susu Kental Manis

Seperti poin nomor empat, namun ini versi lebih kecilnya. Kamu bisa menyulap kaleng susu kental manis bekas menjadi dumbbell rumahan. Dengan alat sederhana ini kamu bisa gunakan untuk latihan otot bisep dan trisep kamu nih!

 

#6 Barbel Kokoh dari Ban Bekas

Ban bekas siapa sih yang tidak pernah lihat. Di jalan dan di tukang tambal ban biasanya bertumpuk dan berserakan. Daripada nganggur tidak terpakai, mungkin kamu mau memanfaatkannya sebagai barbell rumahan.

[Baca Juga: 10 Rekomendasi Fitness tracker Buat Kamu yang Suka Olahraga]

 

Ban bekas akan cukup membantu sebagai pemberat beban untuk disimpan di kedua sisi tiang besi. Selain kamu bisa melatih dada, dengan alat ini kamu juga bisa melatih kaki dan bokong kamu agar lebih berbentuk.

 

# 7 Tangga Rumah

Tangga rumah bisa kamu manfaatkan untuk melatih betis dirumah. Caranya kamu bisa menaiki sekaligus menuruni tangga dengan setengah telapak kaki seperti sedang berjinjit.

[Baca Juga: Baru Mulai Fitness? Ikuti Tips Fitness Bagi Pemula Berikut!]

 

Jika ingin lebih berat, tambahkan saja beban dumbbell sederhana di kedua tanganmu.

Tapi berhati-hati dan perhatikan keselamatan kamu yah. Jangan terlalu terburu-buru melakukannya. Semua latihan dengan gerakan yang tepat pasti akan memberikan hasil.

 

#8 Tali Skipping Karet Gelang

Skipping alias lompat tali adalah olahraga kardiovaskular yang sangat mudah dilakukan sekaligus memiliki hasil yang efektif. Dan tidak hanya berhasil mengecilkan lingkar paha, tapi juga bisa untuk lengan lho!

Jika dilakukan selama 60 menit, kamu akan membakar sebanyak 550 kalori.

 

#9 Matras Puzzle Anak

Gak perlu gengsi punya matras puzzle warna-warni di rumah. Matras angka dan bentuk buah atau hewan ini, pasti kamu udah sering melihatnya bukan?

Meskipun matras ini adalah alas untuk pelindung anak terhadap lantai jika terbentur. Tetapi, kamu yang dewasa bisa menggunakan matras ini juga untuk banyak gerakan tanpa beban dirumah.

Seperti Plank, Sit up, Back up, Push up adalah gerakan olahraga tanpa beban namun juga efektif membentuk otot tubuh.

 

#10 Kursi + Tiang Jemuran

Kursi apapun bisa kamu manfaatkan untuk gerakan latihan push up incline dan decline.

Dengan kursi yang bisa kamu genggam sejajar dengan bahu, kamu bisa menggunakannya sebagai sandaran tangan dan kaki kamu saat melakukan push up.

[Baca Juga: 4 Kesalahan Fitness Ini Bisa Bahaya Buat Ototmu, Waspada!]

 

Push up berguna untuk melatih otot tangan, perut dan dada kamu. Dengan membalik badan dan meletakkan tanganmu di kursi, kamu bisa melakukan gerakan tricep dips, untuk melatih tangan dan dada bawah.

Manfaatkan juga tiang jemuran kamu jika cukup kokoh sebagai pengganti alat untuk gerakan pull up.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

 

Mana Alat Fitnes Murah yang Mau Kamu Coba?

Sekarang ayo cari barang-barang itu di rumah! Jika sudah ada, kamu bisa langsung berolahraga dan membentuk badan idaman kamu di rumah.

Yuk gunakan aplikasi Finansialku untuk mencatat pengeluaran kamu untuk berolahraga. Aplikasinya bisa kamu download di Google Play dan App Store ya!

 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Kurnia Putri Utomo. 17 Februari 2019. Alat Fitnes Ini Dibuat dengan Bahan yang Mudah Ditemui Sehari-hari. Brilio.net – https://bit.ly/39cOXvs
  • Dwita Apriliani. 23 November 2016. Tanpa Harus ke Gym, 7 Benda Rumahan Ini Bisa Kamu Pakai Buat Berolahraga. Hasilnya Pun Sama! – https://bit.ly/39lwaxW

 

Sumber Gambar:

  • Fitnes 01 – https://bit.ly/32xvqDX
  • Fitnes 02 – https://bit.ly/2VwoDZA
  • Fitnes 03 – https://bit.ly/3aatPpX
  • Fitnes 04 – https://bit.ly/32xjDoU
  • Fitnes 05 – https://bit.ly/38cAQFH

Posting ini diterbitkan pada 28/02/2020 16:00

Angga Tammara, A.Md.: Seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta di Bandung. Menyukai berbagai kegiatan dan pengalaman yang dapat menambah wawasan dalam pengembangam diri, khususnya dalam mempelajari manajemen, strategi bisnis, kuliner dan fenomena yang terjadi sehari-hari. Gunung, danau, pantai dan menikmati perbedaan kultur dan kultus di waktu lepas, menjadi cara untuk mengaktualisasi diri dan menempatkan itu semua sebagai warisan cerita dalam bersosialisasi.