Reksa dana saham Principal Total Return Equity Fund sukses catat return 11,5% dalam setahun. Kinerjanya rata-rata diatas indeks reksa dana saham pada jangka waktu yang relatif panjang.

Mari kita bahas!

 

Profil Reksa Dana Saham Principal Total Return Equity Fund

Berikut ini penjelasan mengenai Reksa Dana Saham (RDS) Principal Total Return Equity Fund.

(Update: 29 Mei 2022)

Profil Principal Total Return Equity Fund

 

Profil Asset Management dan Bank Kustodian

Manajer investasi RDS Principal Total Return Equity Fund adalah PT Principal Asset Management.  Sedangkan bank kustodiannya adalah Deutsche Bank A.G.

Berikut ini adalah penjelasan perusahaan asset management dan bank kustodian RDS Principal Total Return Equity Fund.

[Baca Juga: Analisis Reksa Dana Saham Danareksa Mawar Konsumer 10]

 

PT Principal Asset Management

PT Principal Asset Management (sebelumnya dikenal sebagai PT CIMB-Principal Asset Management), merupakan perusahaan patungan antara Principal Financial Group®, anggota dari FORTUNE 500® dan layanan keuangan global yang terdaftar di Nasdaq, dengan CIMB Group Holdings Berhad, salah satu grup perbankan dunia yang terkemuka di Asia Tenggara.

principal logo

 

Principal menawarkan berbagai solusi untuk membantu masyarakat dan perusahaan dalam membangun, melindungi, dan memajukan kesejahteraan finansial mereka dengan pengelolaan dana investor dan keahlian Principal dalam mengelola aset.

Dengan ide-ide inovatif dan solusi nyata, Principal membantu seluruh investor memperoleh kemajuan dalam hal pemenuhan kebutuhan keuangan di masa mendatang.

PT Principal Asset Management telah memperoleh izin usaha dari otoritas Pasar Modal sebagai Manajer Investasi berdasarkan Surat Keputusan Ketua BAPEPAM Nomor: KEP-05/PM/MI/1997 tertanggal 7 Mei 1997.

Berdasarkan data Ipotfund.com (per tanggal 29 Mei 2022) PT Principal Asset Management termasuk dalam 20 besar manajer investasi di Indonesia berdasarkan jumlah dana kelolaan yang totalnya sebesar Rp 5,486 triliun.

Principal Asset Management dikelola oleh Alexander Sri Agung sebagai Direktur Utama serta Mauldy Rauf Makmur, Rudi Hermanto Sagala, dan Priyanto Soedarsono sebagai Direktur.

 

Bank Kustodian Deutsche Bank A.G.

Deutsche Bank A.G. Cabang Jakarta telah memiliki persetujuan sebagai kustodian di bidang pasar modal berdasarkan Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Nomor Kep-07/PM/1994 tanggal 19 Januari 1994.

Oleh karenanya Deutsche Bank A.G. Cabang Jakarta telah memberikan pelayanan jasa kustodian sejak tahun 1994 dan fund administration services yaitu jasa administrasi dan kustodian dana sejak tahun 1996.

Deutsche Bank AG. Cabang Jakarta

 

Deutsche Bank A.G. Cabang Jakarta merupakan bank kustodian pertama yang memberikan jasa fund administration services untuk produk reksa dana pertama yang diluncurkan pada tahun 1996, yaitu reksa dana tertutup.

Selanjutnya, Deutsche Bank A.G. Cabang Jakarta menjadi pionir dan secara konsisten terus menerus memberikan layanan fund administration services untuk produk reksa dana dan produk lainnya untuk pasar domestik.

Antara lain produk asuransi (unit linked fund), dana pensiun, discretionary fund, syariah fund dan sebagainya.

 

Kinerja Reksa Dana Saham Principal Total Return Equity Fund

Analisis yang kami lakukan dengan cara membandingkan return dengan risikonya. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait analisis return dan risiko, bisa nonton video berikut ini atau gabung di grup belajar reksa dana Finansialku, ya!

 

Jika Anda ingin gali informasi lebih detail seputar investasi reksa dana, yuk, pelajari melalui ebook gratis dari Finansialku Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana.

Klik banner di bawah ini untuk download ebook-nya, ya!

Banner Iklan Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana - PC
Banner Iklan Ebook Cara Mudah Maksimalkan Untung di Reksa Dana - HP

 

Analisis Return

Data NAV (Net Asset Value) dan imbal hasil dari reksa dana saham Principal Total Return Equity Fund berikut di-update pada tanggal 29 Mei 2022.

NAV Principal Total Return Equity

Net Asset Value (NAV) Principal Total Return Equity Fund.
Sumber: IPOTFund tanggal 29 Mei 2022

 

Berikut ini analisis return dan risiko produk Principal Total Return Equity Fund.

Analisis Return dan Risk Principal Total Return Equity Fund

 

Return Principal Total Return Equity Fund

Return Principal Total Return Equity Fund

 

Sepanjang awal tahun 2022, total dana kelolaan dari reksa dana saham ini mengalami trend penurunan yang terjadi sejak bulan Januari 2022 hingga April 2022.

Total dana kelolaan pada bulan Januari 2022 adalah sebesar Rp 97,5 miliar, sedangkan pada bulan April 2022 turun menjadi Rp 82,4 miliar.  

AUM Principal Total Return Equity Fund

Asset Under Management (AUM) Principal Total Return Equity Fund.
Sumber: IPOTFund tanggal 29 Mei 2022

 

Analisis Risiko

Beberapa pendekatan analisis risiko RDS Principal Total Return Equity Fund.

  • Trend sharpe ratio sedang mengalami penurunan, hal ini berarti dalam jangka pendek reksa dana saham Principal Total Return Equity Fund masih belum menguntungkan.
  • Hi-Lo 66%, artinya sekarang ini harga Principal Total Return Equity Fund sempat mengalami penurunan dan sedang tidak berada di harga tertingginya.
  • Ddown dalam 1 tahun 9,61%, artinya terjadi penurunan harga NAV/unit sebesar 9,61% dari titik tertinggi ke titik terendah dalam 1 tahun terakhir.

[Baca Juga: Analisis Reksa Dana Pasar Uang RHB Rupiah Liquid Fund]

 

Penilaian Eksternal

Principal Total Return Equity Fund mendapatkan beberapa penilaian eksternal.

Bareksa (memberikan nilai 3,79 dari 5)

bintang 3,26

Pasardana (memberikan nilai 3 dari 5)

bintang 3

 

Berita Terkait RDS Principal Total Return Equity Fund

Berdasarkan informasi dari fund fact sheet bulan April 2022, manajer investasi dari reksa dana saham ini berfokus pada perusahaan-perusahaan yang memiliki pertumbuhan pendapatan yang kuat serta mendapatkan manfaat dari orientasi dalam negeri.

Beberapa saham yang termasuk dalam top holdings reksa dana saham ini adalah PT Aneka Tambang Persero Tbk. (ANTM), PT Astra International Tbk. (ASII), PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), dan saham-saham lainnya.

 

Cara Penggunaan

Melihat strateginya, kinerja rata-rata dari RDS Principal Total Return Equity Fund masih dibawah benchmarknya yaitu 100% JCI (Jakarta Composite Index) dalam berbagai jangka waktu baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Hal ini berarti RDS Principal Total Return Equity Fund belum berhasil mengungguli benchmark-nya.

Data ini diambil berdasarkan data dari fund fact sheet reksa dana saham Principal Total Return Equity Fund bulan April 2022.

Kinerja Keuangan (1)

Kinerja Keuangan (2)

Kinerja Reksa Dana Principal Total Return Equity Fund.
Sumber: Fund Fact Sheet bulan April 2022

 

Sedangkan jika reksa dana saham Principal Total Return Equity Fund dibandingkan dengan indeks reksa dana saham (equity fund index).

Maka kinerja RDS ini cenderung lebih unggul pada jangka waktu yang lebih panjang seperti 1 tahun, 3 tahun, dan 5 tahun.

Dengan begitu, reksa dana Principal Total Return Equity Fund dapat menjadi alternatif untuk tujuan investasi jangka panjang.

indeks RDS

Indeks Reksa Dana Saham.
Sumber: Bareksa tanggal 29 Mei 2022

 

Perbandingan return

Perbandingan Principal Total Return Equity Fund

[Baca Juga: Analisis Reksa Dana Campuran Danareksa Syariah Berimbang]

 

Cara Pembelian

Anda dapat melakukan pembelian reksa dana saham Principal Total Return Equity Fund di bank dan/atau Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) online.

Anda juga dapat membeli reksa dana ini di Aplikasi Finansialku. Untuk informasi lebih lanjut silakan download Aplikasi Finansialku.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Manfaatkan kode voucher WEBTAHUNAN dan dapatkan potongan Rp 50 ribu berlangganan aplikasi Finansialku premium tahunan untuk penggunaan aplikasi lebih maksimal.

Aplikasi Finansialku bisa membantu Anda berkonsultasi dengan Certified Financial Planner mengenai keuangan, termasuk menentukan investasi seperti apa yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Booking jadwal konsultasinya melalui Whatsapp Finansialku, sekarang!

 

Itulah kinerja keuangan dari RDS Principal Total Return Equity Fund, apakah Sobat Finansialku berminat untuk menjadikan investasi jangka panjang? Share jawaban di kolom komentar, ya! Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Link terkait:

  • Principal.co.id – https://bit.ly/3tmtaxK, https://bit.ly/3O2EIhO
  • Bareksa. com- https://bit.ly/3mrReeJ
  • Indopremier.com- https://bit.ly/3xenC9V, https://bit.ly/3NYXaHP
  • Pasardana.id- https://bit.ly/3xgJAZS,