Kesehatan keuangan seseorang sebenarnya dapat digunakan sebagai sebuah indikator untuk meningkatkan kesejahteraan kondisi keuangan keluarga. Finansialku.com akan membahasnya dalam artikel angka berbicara, bagaimana kesehatan keuangan Anda?

Angka Berbicara Bagaimana Kesehatan Keuangan Anda Finansialku

 

Kesehatan Keuangan Keluarga

Banyak orang yang tidak asing dengan kata KPI (Key Performance Index), karena dalam dunia pekerjaan selalu ada indikator-indikator yang memperlihatkan performansi seseorang. Begitupula dalam keuangan pribadi, terdapat beberapa indikator yang berfungsi untuk mengetahui kesehatan keuangan keluarga.

sudahkah-anak-anak-anda-terproteksi-dengan-asuransi-kesehatan-finansialku

[Baca juga : Cek Kesehatan Keuangan Anda dan Keluarga]

 

Banyak orang yang belum mampu berkomunikasi dengan angka-angka. Bahkan laporan keuangan menjadi hal yang mengintimidasi. Satu hal yang penulis pernah pelajari, ketika sekolah anak ditanya mengenai rapor atau indeks prestasi. Ketika Kita akan meminjam uang di bank, pertanyaan yang sering ditanya adalah laporan keuangan perusahaan, laporan keuangan pribadi, laporan pajak dan lain-lain.

Angka-angka yang tertera dalam laporan keuangan pribadi, laporan kesehatan keuangan keluarga dapat digunakan sebagai petunjuk untuk melakukan perbaikan-perbaikan cara mengelola keuangan. Berikut ini contoh angka berbicara mengenai kesehatan keuangan: seseorang memiliki nilai rasio likuiditas sebesar 100 bulan, hal ini berarti kekayaan orang tersebut berada dalam bentuk uang kas 500.000.000 sedangkan pengeluaran per bulan 5.000.000. Angka ini melewati batas rasio likuiditas yang idealnya di angka 6-12 bulan. Permasalahan dengan rasio likuiditas yang terlalu besar ini adalah uang orang tersebut tidak berkembang, karena uang sebesar 500.000.000 hanya ada di tabungan. Lebih baik uang tersebut diputar dalam bentuk usaha, membeli properti, bisnis waralaba investasi-investasi atau lainnya.

 

Angka Berbicara

Jika Anda ingin mengendalikan keuangan keluarga, paksakan diri Anda untuk mempelajari mengenai indikator-indikator dan kenali cara berkomunikasi dengan angka. Kenali 8 rasio yang dapat menggambarkan kondisi kesehatan keuangan keluarga: rasio likuiditas, rasio aset likuid terhadap nilai bersih kekayaan, rasio utang, rasio perbandingan utang terhadap asset, rasio kemampuan pelunasan utang, rasio kemampuan pelunasan utang non hipotek, rasio perbandingan nilai bersih asset investasi terhadap nilai bersih kekayaan dan rasio solvabilitas.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai kesehatan keuangan.