Angpao Imlek 2020: Angpao atau bingkisan amplop berwarna merah yang isinya sejumlah uang selalu ada di setiap perayaan Tahun Baru Imlek.

Sudahkah Anda membuat anggaran khusus untuk imlek? Agar keuangan tetap aman, simak tips mengatur keuangan di artikel berikut ini. Jangan lupa ikuti quiznya ya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tradisi Angpao Imlek 2020

Perayaan imlek tidak hanya identik dengan ornamen dan dekorasi bernuansa merah, tapi juga tradisi pemberian angpao yang melekat sampai sekarang.  Meskipun sejarahnya masih simpang siur, momen pemberian angpao tetap dinantikan semua orang.

Menyinggung soal angpao imlek, Anda harus well prepare untuk menyiapkan anggaran khusus supaya keuangan tetap sehat dan stabil saat perayaan imlek. Salah satunya dengan merencanakan keuangan.

Gak perlu khawatir, Anda bisa gunakan Aplikasi Finansialku untuk mengatur anggaran khusus imlek dan merencanakan keuangan. Aplikasi ini bisa Anda download di Google Play Store, gratis lho

Selain merencanakan keuangan, Finansialku akan membagikan beberapa tips mengatur keuangan saat imlek. Tapi sebelumnya, ikuti quiznya yuk untuk mencari tahu berbagai fakta tentang angpao.

Share the quiz to show your results !


Just tell us who you are to view your results !

Quiz: Fakta Tentang Angpao Saya benar %%score%% dari %%total%%, Kalau kamu?
0%

 

4+ Tips Mengatur Keuangan Saat Imlek

Imlek tahun 2020 merupakan tahun Tikus Logam yang diprediksi akan memberikan banyak hal tak terduga, termasuk permasalahan keuangan.

Berikut adalah tips mengatur keuangan saat Imlek:

Pengeluaran untuk Mempersiapkan Perayaan Tahun Baru Imlek 2018 04 Angpao - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bagi-bagi Angpao Saat Perayaan Imlek? Yuk, Ketahui Dulu Fakta Angpao]

 

#1 Tetapkan Tujuan Keuangan

Prioritaskan tujuan keuangan yang sudah Anda tetapkan, misalnya menabung untuk membayar tagihan atau persiapan dana hari tua. Setelah satu tujuan tercapai, Anda bisa beralih ke tujuan lainnya.

 

#2 Selalu Kontrol Keuangan

Mengontrol keuangan salah satunya bisa dilakukan dengan membuat skala prioritas dan menekan pengeluaran seminim mungkin.

Melalui aplikasi Finansialku, Anda bisa melakukan pengontrolan keuangan dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang digunakan sebagai bahan evaluasi.

 

#3 Buat Kalender Finansial

Kalender finansial yang dimaksud adalah daftar berbagai tagihan atau cicilan yang harus dibayarkan. Kalender finansial bisa dibuat dengan memanfaatkan kalender di smartphone atau kalender manual.

Kalender finansial akan membantu Anda mengawasi pengeluaran yang mungkin tidak Anda sadari (di luar tagihan).

 

#4 Ubah Kebiasaan Belanja

Salah satu kebiasaan belanja yang harus diubah yaitu meminimalisasi penggunaan kartu kredit untuk hal yang tidak perlu dan berhenti berlangganan keanggotaan online yang jarang digunakan.

Jangan lupa, selalu prioritaskan kebutuhan yang penting.

Moms, Ajarkan Anak Cara Mengurus Uang Angpao Imlek dengan Cara Ini 2 - Finansialku

[Baca Juga: Daripada Jajan, Mending Angpao Imlek 2020 Untuk 5 Hal Ini!]

 

#5 Pantau Kemajuan Anda

Cek kemajuan penghematan Anda secara berkala untuk melihat sejauh mana Anda telah membuat perubahan pada rencana keuangan.

Jika Anda menggunakan Aplikasi Finansialku, Anda dapat melakukan pemantauan ini dengan mudah berdasarkan catatan keuangan yang telah dilakukan.

 

#6 Berinvestasi dengan Cerdas

Jangan asal investasi pada sesuatu yang tidak Anda pahami hanya karena tergiur dengan keuntungannya saja. Investasi yang berhasil didasarkan pada perencanaan, riset dan kemampuan memahami tentang investasi yang dilakukan untuk membantu memaksimalkan posisi keuangan.

Jika Anda bingung, jangan ragu untuk hubungi perencana keuangan Finansialku yang siap membantu memberikan solusi dan pencerahan.

 

#7 Atur Budgeting Angpao

Hal penting yang Anda lakukan adalah mendata siapa saja orang yang akan mendapatkan angpao. Setelah itu, Anda juga bisa membedakan nominal berdasarkan umur mereka.

Oia, tidak perlu memaksakan diri untuk menaikkan nominal angpao Anda setiap tahunnya ya apalagi jika kondisi keuangan terbatas.

 

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara menghabiskan uang angpao yang bermanfaat, simak video keren ini: (tips dari Melvin Mumpuni, CFP)

 

Jaga Kesehatan Keuangan Saat Imlek

Euforia imlek dengan penuh suka cita pasti akan memberikan kesan tersendiri. Anda pun bisa merayakannya tanpa khawatir dengan kondisi keuangan.

Maka dari itu, terapkan beberapa tips mengatur keuangan saat imlek ya. Selamat hari Imlek 2020. Gong Xi Fa Cai!!

 

Siap menyambut imlek 2020? Berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Athika Rahma. 4 Februari 2019. 8 Tips Mengatur Keuangan di Tahun Baru China 2019. Liputan6.com – http://bit.ly/2uiqeH0

 

Sumber Gambar:

  • Angpao Imlek 2020 – https://bit.ly/2RPMoIH