Apa sih itu coding? Yuk kita cari tahu apa itu coding dari artikel berikut ini. Jangan di skip dan jangan sampai terlewat ya.

Finansialku akan membahasnya di sini. 

 

Teknologi dan Coding

Teknologi terus berkembang dengan cepat dan dampak dari perkembangan teknologi tersebut, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan orang dengan kemampuan coding untuk meng-upgrade teknologi perusahaan.

Bukan hanya perusahaan besar, bahkan di bidang bisnis usaha kecil dan menengah pun sudah menggunakan teknologi yang canggih.

Apa sih coding itu? Nah untuk Anda yang belum paham mengenai salah satu skill ini simak artikel ini sampai habis ya. Siapa tahu setelah membaca artikel ini Anda berminat untuk menambah kemampuan Anda.

 

Definisi Coding

Coding adalah kegiatan menerjemahkan bahasa manusia ke bahasa mesin. Dengan begitu, mesin atau komputer bisa menjalankan instruksi yang dibuat dengan baik.

Coding ini sebenarnya juga jadi bagian yang tidak terpisahkan dari programming. Untuk bisa membuat instruksi yang dipahami komputer, Anda perlu mengubah bahasa manusia yang kompleks ke dalam struktur bahasa komputer yang isinya hanya angka nol dan satu.

Jika Anda ingin menjadi seorang coder, maka Anda harus menguasai satu atau lebih bahasa pemrograman.

 

Mengubah Bahasa Manusia Menjadi Bahasa Pemrograman

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bahasa pemrograman, Anda perlu tahu bahwa bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi yang diberikan kepada komputer untuk dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

Bahasa program berfungsi untuk memerintah komputer agar dapat mengolah data sesuai dengan langkah-langkah penyelesaian yang telah ditentukan oleh programmer.

Bahasa ini memungkinkan seorang programmer untuk menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan atau diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.

Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan penulisan berbeda-beda, dikenal dengan istilah sintaks.

Contoh bahasa pemrograman dalam bentuk yang sederhana, bisa Anda lihat di bawah ini:

 

Print(“Selamat datang”)

 

Dalam kode tersebut, programmer memerintahkan komputer untuk menulis kata “Selamat datang” dalam bahasa pemrograman Python. Ketika menuliskan kode tersebut, maka terdapat 3 langkah yang terjadi, yaitu:

  • Programmer memberi perintah untuk menulis “Selamat datang”, dengan perintah: print(“Selamat datang”).
  • Kode tersebut kemudian di-compile sehingga berubah menjadi kode mesin yang dapat dipahami oleh komputer.
  • Terakhir, komputer akan mengeksekusi kode perintah tersebut dan menuliskan kata Selamat datang di layar.
  • Hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika menuliskan kode bahasa pemrograman adalah terkait sintaks.

Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan ketat dalam penulisan kode. Ketika terjadi kesalahan dalam penulisannya, kode tidak akan bisa di-compile.

Kita main kode-kodean nih, baca juga kode yang satu ini, Kode Broker Dihapus = Bye-Bye Bandarmologi?.

 

Sebagai contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari, misalkan Anda memiliki sebuah bisnis kuliner, Anda perlu menentukan tujuan aplikasi dibuat ingin menampilkan fitur apa saja dan tujuan dibuat aplikasi untuk apa.

Misalkan tujuan dibuat aplikasi kuliner minuman, dengan tujuan orang akan dengan mudah memesan minuman melalui aplikasi yang dibuat dan bisa memilih sendiri topping atau mencoba ramuan sendiri dengan menu yang ada di aplikasi.

Dengan adanya tujuan pembuatan aplikasi, maka Anda dapat mengetahui kira-kira bahasa pemrograman apa yang dibutuhkan untuk menjadi sebuah aplikasi kuliner minuman yang Anda inginkan. Dari bahasa manusia diubah menjadi bahasa pemrograman.

Berikut adalah bahasa pemrograman sederhana yang Anda bisa pelajari di awal.

  • Phyton
  • Ruby
  • Java

Ada juga loh hasil coding yang berhasil dibuat oleh Tim Finansialku menjadi sebuah audiobook, nah Anda dapoat degarkan audiobook ini ya…

banner -keuangan mahasiswa

 

Ngoding Gak Sulit Kok, Pelajari dan Pahami Dengan Baik

Menjadi seorang coder atau ngoding sebenanya bukanlah hal yang sulit. Anda bisa kok belajar walau ga punya basic sama sekali dalam bidang IT.

Sekarang serba mudah, Anda dapat belajar dari mana saja, bisa dari buku, website tentang ilmu per IT-an, bahkan dari training online dan lainnya.

Setelah membaca artikel ini pasti Anda sudah lebih mengenal tentang coding dan bahasa pemrograman bukan? Buat Anda yang berminat di dunia teknologi, yuk pelajari mulai sekarang.

 

Semoga setelah membaca artikel ini Anda mendapatkan ilmu baru mengenai coding. Pelajari, pahami dan coba terus sampai Anda bisa yuk!

Bagikan dan tinggalkan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bima Tandika. 25 Maret 2021. Apa Itu Coding? Begini Penjelasannya untuk Pemula. Glints.com – https://bit.ly/3gr9p11
  • Admin. 2020. Coding vs Programming: Apa Sih Bedanya? Bitlabs.id – https://bit.ly/3uPdj93

 

Sumber Gambar:

  • https://bit.ly/350jahl