Apa itu melek keuangan keluarga (financial literacy)? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai melek keuangan keluarga lebih dalam.

  

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa itu Melek Keuangan Keluarga?

Melek keuangan keluarga atau dalam bahasa Inggris (financial literacy), adalah pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola keuangan keluarga.

 

 

Minimum Anda tahu pengetahuan-pengetahuan dasar:

  1. berapa jumlah uang yang masuk ke rekening Anda?
  2. berapa jumlah uang yang keluar dari rekening Anda?
  3. tahu mana yang dibutuhkan dan mana yang diinginkan?
  4. berapa jumlah utang saat ini?
  5. berapa jumlah investasi yang mendatangkan uang saat ini?

 

Bagaimana caranya agar dapat melek keuangan keluarga? Tentu saja Kita harus mempelajari kosakata-kosakata yang digunakan dalam keuangan keluarga. Finansialku akan membahas istilah-istilah dasar dalam keuangan keluarga.

 

Melek Keuangan Keluarga: Tahu Uang Masuk, Keluar dan Asset mana yang Bekerja

Seperti penjelasan di atas, hal yang paling dasar dalam melek keuangan keluarga adalah tahu uang masuk, tahu uang keluar dan asset (investasi) mana yang mendatangkan uang ke rekening kita?

Berikut ini Finansialku akan menggunakan tampilan sebuah permainan berjudul Cashflow. Game ini dibuat oleh RichDad Company (perusahaan penasihat keuangan di Amerika) dan di jual Google Play Store. Harganya tidak terlalu mahal dan sangat mempermudah kita untuk belajar keuangan keluarga.

 

 

Sumber Gambar: Game Cashflow versi Android

Keterangan:

  • Income: uang yang masuk ke rekening atau dompet Anda.
  • Expenses: uang yang keluar dari rekening atau dompet Anda.
  • Asset: segala sesuatu yang menghasilkan uang masuk ke rekening atau dompet Anda.
  • Liabilities: kewajiban atau utang. segala sesuatu yang memnyebabkan uang keluar dari rekening atau dompet Anda.
  • Cash: uang kontan di tangan.
  • PayDay: penghasilan bersih, pendapatan dikurangi pengeluaran.
  • Passive Income: pendapatan pasif yang didapat dari asset Anda.

 

Gambar di atas menunjukkan kondisi keuangan sebuah keluarga. Apakah Anda memiliki komentar, atau sesuatu yang ingin didiskusikan? Jangan ragu, silahkan tinggalkan komentar Anda, kami akan sangat senang berdiskusi dengan Anda.

Apa Itu Melek Keuangan Keluarga - Cashflow Review - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Finansialku tidak akan mengulas game cashflow dalam artikel ini. Kami akan mengulas mengenai aliran uang (cash flow):

  1. Semua permainan pasti tentu punya tujuan. Nah tujuan awal adalah keluar dari rat race, dengan cara menghasilkan pendapatan pasif sebesar 1 tahun pengeluaran. Dalam kasus ini target passive income adalah US$ 6.950.
  2. Bagaimana cara mendapatkan passive income? Dalam game cashflow terdapat beberapa pilihan cara, seperti membeli saham, investasi di logam mulia, menjalankan bisnis atau investasi properti. Anda dapat melihat beberapa properti dari laporan keuangan di atas. (lihat kolom ASSETS, nomor 2). 3/2 HOUSE seharga US$ 35.000. Rumah ini dibeli dengan sistem KPR (kredit kepemilikan rumah).
  3. Ketika membeli rumah dengan KPR, kita cukup membayar uang muka dan cicilan pertama. Seterusnya ada sisa utang lihat nomor 3 bagian 3/2 HOUSE seharga US$ 33.000.
  4. Berapa pendapatan pasif yang didapat dengan menyewakan rumah tersebut? Lihat kolom nomor 4, 3/2 HOUSES US$ 220 per tahun.
  5. Berapa cicilan yang harus dibayar? Dalam permainan ini semua cicilan digabungkan menjadi satu dengan sebutan LOAN. Contoh permainan di atas total utang pembelian asset (rumah, apartemen dan bisnis) sebesar US$ 3.200. Pendapatan pasif yang didapat dari asset tersebut sebesar US$ 7.190. Jadi pendapatan pasif masih lebih besar dibanding kewajiban bayar utang.

Kami sarankan Anda mencoba untuk memainkan permainan tersebut. Permainan ini sebagai simulasi keuangan keluarga dan sangat membantu meningkatkan kemampuan untuk melek keuangan keluarga.

 

Kesimpulan

Melek keuangan keluarga adalah kemampuan yang idealnya harus dimiliki oleh setiap keluarga. Sayangnya sistem pendidikan di Indonesia dan Negara-negara lainnya (termasuk Amerika) tidak mengajarkan melek keuangan keluarga dalam pendidikan formal. Hal ini menyebabkan banyak keluarga terlibat permasalahan keuangan. Salah satu cara meningkatkan kemampuan melek keuangan keluarga adalah dengan simulasi permainan.

 

Catatan:

Finansialku tidak menjual permainan Cashflow. Kami menggunakan permainan tersebut sebagai bahan pembelajaran. Jika ada yang ingin didiskusikan silakan tinggalkan komentar Anda. Kami akan dengan senang hati membantu. Terima kasih.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Febuari 2015

Baca E Magazine Sekarang!