Jadi instrumen investasi yang digadang-gadang minim risiko, apakah investasi tabungan emas menguntungkan buat jangka panjang?

Yuk, cari tahu jawabannya di artikel Finansialku satu ini!

 

Summary

  • Emas bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk melindungi uang kita dari gerusan inflasi karena nilainya yang stabil.
  • Emas memiliki risiko yang tidak terlalu signifikan dan keuntungan yang didapatkan pun cenderung lebih kecil sehingga cocok untuk tujuan jangka panjang.

 

Investasi Tabungan Emas

Masifnya perkembangan teknologi membuat manusia makin dimanjakan dengan segala kemudahan dan inovasi yang hadir di kehidupan kita.

Seperti salah satunya di bidang investasi. Beberapa tahun terakhir saja, rasanya agak sulit bagi kita untuk membeli emas batangan, karena dijual dengan karat dan gramasi yang tinggi.

Membuat mayoritas dari kita merasa keberatan dengan modal awal yang harus dikeluarkan.

Tapi tidak dengan sekarang, kita bisa punya aset emas batangan bahkan dengan bermodalkan Rp 100 ribu saja, berkat kecanggihan dan revolusi teknologi.

‘Fitur’ atau layanan ini biasa kita sebut juga sebagai investasi tabungan emas, yang sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan investasi emas biasa.

Nah, kalau Sobat Finansialku ingin mengetahui lebih banyak tentang investasi emas, kamu bisa mencari tahu informasi yang lebih dalam lewat e-book gratis tentang emas, yang bisa diakses dengan menekan tombol di bawah ini!

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS Untuk PEMULA

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Perbedaan Investasi Emas Fisik dan Emas Digital

Berikut adalah beberapa poin pembeda antara investasi emas secara fisik dan investasi tabungan emas secara digital:

  • Investasi tabungan emas tidak mematok adanya pembelian minimal, berbeda dengan investasi emas fisik yang nilai pembeliannya ditentukan dengan besaran gramasi dari emas tersebut.
  • Investasi tabungan emas dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, sementara emas fisik harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu. 
  • Tidak ada biaya penyimpanan untuk investasi tabungan emas, yang mana berbeda dengan pembelian emas fisik, yang mana memerlukan biaya tambahan untuk penyimpanan emas jika nasabah menitipkan emas mereka di perusahaan tempat mereka membeli emasnya.

 

Kelebihan Tabungan Emas Fisik

Setelah mengetahui beberapa perbedaan mendasar terkait investasi tabungan emas dan investasi emas fisik, maka saatnya kita mencari tahu tentang kelemahan dan kelebihan dari investasi tabungan fisik berikut ini:

 

#1 Nilainya Stabil

Sejalan dengan sebutannya, investasi tabungan emas memiliki nilai yang stabil dan risiko yang cenderung rendah dibandingkan instrumen investasi lain. 

Bahkan jika dilihat grafik pergerakannya, harga emas cenderung mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Oleh karena itu, emas bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk melindungi uang kita dari gerusan inflasi yang besarannya juga tidak bisa diabaikan begitu saja.

 

#2 Aman dan Mudah

Kelebihan yang kedua adalah, tabungan emas cenderung lebih aman dan mudah, karena kita tidak perlu menyimpan sendiri aset fisiknya.

Kemudahan lainnya menyangkut transaksi yang bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun, tidak peduli waktu dan tempat, yang penting ponsel tersambung dengan internet.

[Baca Juga: Anti Ribet! Semudah Itu Buka Tabungan Emas di Pegadaian Digital]

 

#3 Bisa Dicairkan

Untuk beberapa platform, terdapat layanan untuk mencairkan  investasi tabungan emas milik kita dalam bentuk fisik, dengan kisaran gramasi mulai dari 1 gram hingga 100 gram.

Tapi, yang harus diketahui adalah, pastikan kamu memiliki saldo sisa 0,1 gram di rekening tabungan agar tetap aktif, ya.

 

#4 Administrasi Murah

Membuka akun investasi tabungan emas memang dibebani biaya administrasi, tapi tetap saja lebih murah jika dibandingkan dengan administrasi investasi emas fisik.

Beberapa platform membebani biaya administrasi untuk biaya penitipan tabungan emas, dan administrasi bulanan mulai dari Rp 10 ribu saja.

 

#5 Lebih ‘Murah’

Terakhir, kelebihan dari tabungan emas adalah harganya yang lebih ‘murah’.

Murah yang dimaksud adalah modal yang harus dikeluarkan lebih sedikit dibandingkan investasi emas fisik, mulai dari Rp 100 ribu.

Oleh karena itu, meski gramasi yang kita dapatkan pun sama kecilnya, kita tidak perlu menunggu punya uang yang banyak untuk punya aset emas pertama.

 

Kelemahan Tabungan Emas Fisik

Adapun, kekurangan dari kegiatan investasi tabungan emas sendiri di antaranya adalah:

 

#1 Terdapat Biaya Tersembunyi

Berbeda dengan investasi emas fisik, terdapat beberapa biaya tersembunyi selain biaya administrasi di awal. Meski begitu, biayanya cenderung rendah dan masih bisa ditoleransi.

 

#2 Ada Kurs Transaksi

Kekurangan selanjutnya adalah terdapat kurs dan jual beli atau selisih harga saat beli dan jual, yang meski tidak terlalu besar, tentu hal yang disayangkan oleh banyak orang.

Besaran kursnya sendiri bergantung pada peraturan masing-masing platform penyedia layanan investasi tabungan emas.

[Baca Juga: Tabungan Emas Shopee: Syarat dan Cara Daftarnya]

 

Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan keduanya, menurut Sobat Finansialku manakah yang lebih menguntungkan?

Dari pada menerka-nerka, yuk simak video ini.

 

Apakah Investasi Tabungan Emas Menguntungkan Untuk Jangka Panjang?

Banyak dari kita yang memulai investasi emas untuk tujuan jangka panjang. Lalu, pertanyaannya, apakah instrumen satu ini cocok untuk dimanfaatkan jangka panjang?

Dengan risiko yang tidak terlalu signifikan, maka keuntungan yang didapatkan pun cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan instrumen lainnya yang punya risiko lebih besar, seperti saham.

 

Hal ini pula yang membuat tabungan emas justru lebih cocok untuk dimanfaatkan sebagai investasi jangka panjang, karena kenaikan keuntungannya yang cenderung lambat.

Jika Sobat Finansialku tertarik berinvestasi emas untuk tujuan jangka panjang namun masih bingung atau kesulitan merencanakan keuangannya, yuk diskusi saja bersama ahlinya.

Sobat Finansialku bisa hubungi perencana keuangan Finansialku untuk dapat solusi terbaik lewat fitur ‘Konsultasi Keuangan’ di aplikasi Finansialku atau melalui WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

Banner Iklan Konsultasi via Apps - PC
Banner Iklan Konsultasi Apps - HP

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan terkait tabungan emas ini? Kalau ada, sampaikan pertanyaanmu di kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini ke teman-temanmu yang tertarik untuk melakukan investasi emas, lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Andre Kurniawan. 06 Januari 2022. Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas, Pahami Sebelum Berinvestasi. Merdeka.com – https://bit.ly/3q4qjbi
  • Admin. 15 Maret 2022. Pahami Keuntungan dan Kekurangan Membuka Tabungan Emas Sebagai Produk Investasi. Cimbniaga.co.id – https://bit.ly/3t9Dnhf