Apakah Anda sudah merasa aman dan nyaman dengan pensiun Anda? Kali ini salah satu rekan Finansialku akan membahas mengenai pensiun dan strategi mempersiapkannya.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Halomoney Indonesia Logo

 

Persiapkan Pensiun Anda sejak Saat ini

Siapa sih orang yang tidak mau masa pensiun dijalani dengan rasa aman dan nyaman secara keuangan? Kalau boleh tahu, berapa lama lagi Anda akan pensiun? Apakah 10 tahun, 20 tahun atau 30 tahun lagi? Jika Anda ingin pensiun dengan aman nyaman, maka Anda harus mulai menyiapkan uang pensiun (dana hari tua) mulai dari sekarang. Bukan besok, bukan lusa, tetapi Sekarang.

Apakah Pensiun Anda sudah Aman dan Nyaman - Perencana Keuangan Independen FInansialku

[Baca Juga: Mengapa Perlu Mempersiapkan Uang untuk Pensiun?]

 

Mempersiapkan uang untuk pensiun atau dana hari tua adalah salah satu tujuan keuangan yang dimiliki oleh semua orang, baik karyawan maupun wiraswasta. Tetunya Anda ingin, saat pensiun nanti Anda tidak perlu bekerja untuk bertahan hidup. Jika memang Anda ingin bekerja, bukan karena untuk bertahan hidup tetapi melakukan apa yang Anda sukai.

 

Sayangnya, pensiun yang aman dan nyaman adalah harga mahal di Indonesia. Banyak sekali pekerja Indonesia harus tetap bekerja penuh waktu (full-time) untuk membiayai kebutuhan hidupnya. Banyak sekali alasan, mengapa hal tersebut harus terjadi, tetapi satu alasan yang pasti: Mereka tidak menyiapkan uang untuk pensiun atau dana hari tua. Jika Anda belajar dari kesalahan mereka, maka Anda tahu apa yang harus Anda lakukan saat ini.

 

[Baca Juga: Harga Mahal Jika Anda tidak Meyiapkan Dana Hari Tua Mulai Sekarang]

 

Managing Director dari situs pembanding produk keuangan paling populer di Indonesia Halomoney.co.id, Jay Broekman, menyatakan bahwa sebagian orang memilih untuk berfokus pada pemenuhan kebutuhan saat ini dibandingkan kebutuhan saat pensiun.

 

“Ketika akan mendirikan sebuah bangunan, Anda tentu memerlukan desain dari konstruksi bangunan tersebut. Anda tidak bisa sekedar mengira-ngira luas tanah yang diperlukan dan menempatkan material bangunan seadanya dengan berharap hasil akhirnya akan sama dengan bangunan yang anda imajinasikan. Pensiun, sama seperti mendirikan bangunan, perlu ‘desain’ yang sudah direncanakan agar berhasil dinikmati dengan tenang,” kata Jay.

 

Bagaimana cara menyiapkan uang untuk pensiun?

 

Strategi Mempersiapkan Pensiun yang Aman dan Nyaman

Ada beberapa strategi yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan pensiun Anda:

 

#1 Miliki “Desain” atau “Rencana Keuangan”

Pertama, Anda perlu memiliki sebuah desain atau rencana keuangan (financial plan). Dalam rencana tersebut, Anda akan dibantu untuk menghitung berapa dana hari tua yang Anda butuhkan? Tentu saja dalam perhitungan tersebut, dibutuhkan beberapa asumsi. Diskusikan angka tersebut dengan perencana keuangan Anda, karena mereka akan memberikan pertimbangan yang lebih komprehensif.

[Baca Juga: Berapa Dana Hari Tua yang Harus Dipersiapkan?]

 

#2 Strict to The Plan

Setelah Anda memiliki rencana keuangan, jangan biarkan rencana tersebut hanya sebagai pajangan. Lakukan apa yang tertulis dalam rencana keuangan (financial plan) tersebut. Contoh ikuti saran investasi yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan uang pensiun. Anda dapat mediskusikan mengenai produk-produk keuangan yang Anda pilih dengan perencana keuangan. Pastikan Anda juga meninjau kembali (review) investasi Anda dan rencana keuangan Anda.

[Baca Juga: Berinvestasi Sesuai dengan Rencana Keuangan]

 

#3 Manfaatkan JHT atau BPJS Ketenagakerjaan

Anda juga dapat ikut serta dengan program-program dana pensiun dan program Jaminan Hari Tua (JHT) yang diselenggarakan oleh pemerintah.  Dahulu program JHT dikenal dengan istilah Jamsostek. Saat ini program JHT dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan. Sebagai informasi, di Indonesia program BPJS ada dua jenis yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.  Keduanya memiliki fungsi yang berbeda lho ya. Anda dapat memadukan rencana keuangan Anda dengan program JHT dan Program dana pensiun yang Anda ikuti.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Indonesia BPJS Ketenagakerjaan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal BPJS Ketenagakerjaan]

 

Masa Pensiun Anda, Tergantung dengan Apa yang Anda Lakukan Sekarang

Ada orang bijak yang mengatakan masa depan kita tergantung dengan apa yang kita lakukan saat ini. Jika Anda ingin pensiun Anda aman dan nyaman, tentu saja Anda harus melakukan yang terbaik saat ini. Jika Anda belum melakukan persiapan apapun untuk hari tua Anda, maka Anda perlu melakukan dari membuat desain atau rencana keuangan.

 

Apakah Anda sudah memiliki strategi untuk menyiapkan uang pensiun?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

[/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]