Mungkin pertanyaan serupa juga pernah terpikir dari pembaca, apakah saya butuh jasa perencana keuangan independen? Terus apa yang ingin saya konsultasikan? Oke kita bahas topik ini, “Apakah Saya Butuh Jasa Perencana Keuangan Independen?”

 

financial-planner-checklist

 

Perencana Keuangan Independen Umumnya Tidak Jualan Produk

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita samakan persepsi kita mengenai istilah perencana keuangan independen. Perencana keuangan independen biasanya mendapatkan penghasilan mereka dari biaya konsultasi, mereka biasanya tidak menjual produk asuransi, investasi (reksadana, saham dan lain-lain). Hal yang umum dilakukan oleh perencana keuangan independen adalah memberikan beberapa alternative atas produk asuransi atau investasi yang tentunya menguntungkan bagi klien (dapat memenuhi kebutuhan atau rencana keuangan klien). Jadi kalau tiba-tiba ada financial planner yang datang kepada Anda dan menjual produk asuransi, alih-alih memberikan solusi, berarti orang tersebut adalah perencana keuangan yang terafiliasi (tidak independent).

 

Kembali ke Topik, Apakah Saya Butuh Jasa Perencana Keuangan Independen

Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Perencanaan Keuangan Yang Tepat dan Wujudkan Mimpi Anda]

 

Perencana keuangan independen itu apa sih? Mereka membantu saya apa? Apakah ketika saya menggunakan jasa perencana keuangan semua keuangan saya langsung dicatat dengan rapi? Artikel ini dibuat oleh tim Finansialku untuk memberikan gambaran tentang kebutuhan akan jasa perencana keuangan. Sayangnya perencana keuangan bukanlah orang yang seperti administrasi, mengurus keuangan harian Anda dari hari ke hari, membuat pembukuan atas keuangan Anda.

Mari kita diskusi santai, seperti yang kita ketahui setiap fase umur seseorang pasti ada tujuan-tujuan keuangan atau rencana-rencana keuangan yang ingin di capai. Contoh ketika seorang lajang berumur 24-25 tahun mungkin mempersiapkan biaya pernikahan, bulan madu, rumah, kendaraan. Setelah 1-2 tahun menikah kemudian orang tersebut berpikiran untuk memiliki seorang anak, maka akan butuh dana untuk kelahiran, beli susu, beli peralatan bayi dan lain-lain. Memiliki anak tidak berarti berhenti pada saat bayi, setelah cukup dewasa pasti ada dibutuhkan dana untuk pendidikan dan lain-lain. Belum lagi seseorang juga ingin pergi jalan-jalan ke luar negeri atau pergi perjalanan ibadah. Sebagian orang ada yang berkeinginan ingin pensiun dini dan mulai membuat usaha sendiri.

Pernakah Anda berpikir tentang hal ini? Bagi sebagian kita yang bekerja sebagai karyawan, berapa jam sih sisa waktu yang kita punya dalam 1 hari pada saat weekday (hari-hari kerja)? Oke mari kita hitung 1 hari terdiri dari 24 jam. 8 jam kita gunakan untuk tidur, 2 jam untuk keperluan pribadi (mandi, memakai baju, sarapan, makan malam, beribadah, liat-liat facebook atau twitter, baca koran dan lain-lain). 1 jam untuk perjalanan (30 menit untuk perjalanan dari rumah ke kantor dan 30 menit untuk perjalanan dari kantor ke rumah). 8 jam kerja di kantor plus 1 jam istirahat. Total waktu yang sudah kita gunakan adalah: 8+2+1+8 +1 = 20 jam.

jam

Yah sisanya 4 jam. Hal yang menjadi pertanyaan adalah apakah Anda ingin menggunakan sisa 4 jam tersebut untuk berpikir mengenai uang? Sebagian besar dari orang menjawab tidak, sebagian lagi menggelengkan kepalanya. Mereka lebih mau memanfaatkan waktu 4 jam untuk keluarga, hobi, teman, olahraga, komunitas dan lain-lain. Oke singkat saja dalam bentuk pertanyaan: Menurut Anda mana yang lebih penting pemenuhan masa sekarang atau mempersiapkan kebutuhan yang akan datang?

 

Sekilas mengenai Perencana Keuangan Independen

Perencanaan Keuangan Apapun, Kapanpun, Berapapun - Perencana Keuanagan Independen Finansialku

[Baca juga : Fungsi dan Manfaat Perencanaan Keuangan]

 

Apakah yang dikerjakan oleh perencana keuangan? Perencana keuangan independen membantu Anda melakukan perhitungan rencana keuangan dan membantu memilih investasi yang cocok buat Anda untuk memenuhi tujuan keuangan tersebut.

Siapakah yang membutuhkan jasa perencana keuangan? Orang muda yang ingin mulai merencanakan keuangan masa depannya. Orang-orang yang cukup mapan yang ingin merencanakan persiapan hari tuanya.

Bagaimana cara mencari perencana keuangan? Perencana keuangan di Indonesia umumnya terpusat di Jakarta. Apabila Anda ingin mengetahui beberapa profil perencana keuangan di Indonesia, Anda dapat mengunjungi website klub perencana keuangan independen Indonesia. Tidak berarti perencana keuangan yang ngetop di tv-tv sesuai dengan Anda. Perencana keuangan pada dasarnya adalah gabungan antara ilmu keuangan (khususnya keuangan pribadi) dan seni. Tidak ada mutlak benar dan mutlak salah. Ada rasa cocok atau tidak cocok menggunakan perencana keuangan independen.

Berapa biayanya? Pastikan Anda bertanya di awal berapa biaya yang perlu dikeluarkan. Biasanya perencana keuangan memiliki beberapa standar harga atas sebuah rencana keuangan,

Apakah Saya dapat melakukannya sendiri? Sangat bisa, karena ilmu perencana keuangan pada dasarnya adalah gabungan antara ilmu keuangan (keuangan pribadi) dan seni. Tidak ada namanya mutlak benar dan mutlak salah. Jadi siapapun, termasuk Anda juga bisa melakukannya. Apa yang membedakannya? Yang membedakan Anda dan Perencana Keuangan adalah dari tingkat edukasi (perencana keuangan umumnya memiliki pengetahuan yang lebih spesifik dibidang keuangan pribadi) dan pengalaman.

 

Semoga artikel singkat ini dapat membantu Anda, supaya dapat menentukan apakah saya membutuhkan jasa perencana keuangan independen atau tidak.