Saat ini, banyak aplikasi reksa dana yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi. Dari sekian banyak aplikasi tersebut, manakah yang cocok untuk pemula?

Temukan jawabannya dalam artikel Finansialku kali ini. Selamat membaca!

 

Summary

  • Ada banyak aplikasi reksa dana yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan keuanganmu.
  • Finansialku.com, Bareksa, Tanam Duit, IPOT, Ajaib, POEMS ID, Invisee adalah beberapa aplikasi reksa dana yang direkomendasikan untuk pemula.
  • Masing-masing aplikasi tersebut memiliki fitur tersendiri yang memudahkan pemula dalam berinvestasi.

 

Berinvestasi Reksa dana

Dunia investasi semakin menarik untuk diselami. Selain karena meningkatnya pengetahuan tentang keuangan, kecanggihan teknologi juga memberi kemudahan bagi siapapun yang ingin berinvestasi. 

Sebut saja salah satunya investasi reksa dana. Instrumen investasi ini cukup menarik perhatian generasi muda juga investor pemula.

Sebab, reksa dana bisa dimulai dengan modal yang minim, mulai dari Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribu.

Selain modal yang minim, investasi reksa dana banyak jenisnya. Ada Reksa Dana Pasar Uang (RDPU), Reksa Dana Pendapatan Tetap (RDPT), Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Saham. 

Untuk pemula bisa mulai dengan RDPU atau RDPT karena jenis reksa dana ini minim resiko, walaupun keuntungannya pun tidak terlalu besar.

Menariknya lagi, sekarang membeli reksadana bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja karena adanya aplikasi yang bisa diunduh di ponselmu.

Tidak perlu datang ke bank atau gerai APERD (Agen Penjual Efek Reksa Dana) seperti jaman old. Praktis, bukan?

Tertarik mencobanya? Eitss jangan buru-buru! Sebelum mulai investasi ada baiknya kamu belajar dulu tentang investasi ini, agar tidak salah dalam mengambil langkah. 

10 Panduan Investasi Reksadana Pemula

 

Sudah download ebook-nya? Yuk kita lanjut. Kamu bisa download aplikasi investasi reksa dana, ada beberapa yang recomended untuk pemula. Simak baik-baik ya.

 

7 Rekomendasi Aplikasi Reksa Dana untuk Pemula

Di Indonesia sendiri sudah banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk berinvestasi reksa dana, baik yang dibuat oleh bank ataupun sekuritas.

Ketika Sobat Finansialku akan berinvestasi reksa dana pastikan kamu sudah mempunyai akun reksa dana itu sendiri. Supaya transaksi jual-beli reksa dana yang dilakukan bisa berjalan lancar.

Berikut 7 rekomendasi aplikasi reksa dana yang cocok untuk pemula:

 

Finansialku.com

Finansialku.com adalah aplikasi Perencana Keuangan pertama di Indonesia yang membantu penggunanya untuk mencatat keuangan, merencanakan keuangan, konsultasi keuangan, hingga berinvestasi. 

Saat ini Finansialku bekerja sama dengan Bareksa dan Tanam Duit agar memudahkan Sobat Finansialku untuk melakukan perencanaan keuangan sekaligus investasi dalam satu aplikasi. 

Aplikasi Finansialku sangat cocok sekali untuk pemula yang ingin memulai investasi reksa dana.

Karena sebelum membeli produk reksa dana, pengguna akan diberitahu jenis reksa dana apa yang cocok dengan kondisi keuangan dan tujuan keuangan yang ingin dicapainya. 

Selain itu, pengguna akan dimudahkan dengan adanya progress bar yang memberitahu sudah sejauh mana investasi reksa dana yang dimiliki bisa memenuhi tujuan keuangannya. Keren bukan? 

Daripada penasaran, yuk Sobat Finansialku bisa download aplikasinya sekarang juga! 

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Bareksa

Bisa dibilang Bareksa adalah punggawa aplikasi investasi reksa dana di Indonesia, karena sudah ada sejak tahun 2015. 

Setidaknya ada 190 produk reksadana dan 40 manajer investasi yang bisa jadi pilihan investasi.

Aplikasi Bareksa juga dilengkapi dengan fitur Robo Advisor dan kamu pun melakukan simulasi pergerakan dana dan memperkirakan untung rugi yang akan didapat.

Bukan hanya menyajikan produk reksa dana, Bareksa juga menjadi tempat distribusi resmi SBN yang dipercaya oleh Kementerian Keuangan.

[Baca Juga: Review Aplikasi Bareksa: Keunggulan Hingga Cara Daftar Akun]

 

Tanam Duit

Aplikasi Tanam Duit juga recommended untuk pemula yang ingin berinvestasi reksa dana. Bahkan Tanam Duit juga menyediakan produk keuangan dan investasi lainnya, seperti surat berharga negara (SBN), asuransi dan emas.

Salah satu fitur keunggulan di aplikasi ini adalah Oneview Portofolio, yang bermanfaat untuk memantau pergerakan investasi. Tentunya, sangat membantu kan, apalagi jika kamu adalah investor pemula.

[Baca Juga: Review Tanamduit, Tempat Jual Beli Reksa Dana Kaum Milenial]

 

Bibit

Bibit menjadi aplikasi yang dikhususkan untuk investasi reksa dana. Kamu bisa memulai investasi di aplikasi ini karena semua pendaftaran pun dilakukan secara online

So, gak pake ribet. Hanya dalam hitungan menit, akunmu akan terverifikasi dan kamu bisa langsung memulai investasi tanpa harus melakukan pengiriman berkas. 

Selain itu, aplikasi Bibit terbilang user friendly sehingga banyak investor pemula yang tertarik menggunakannya.

Bibit juga akan memberikan rekomendasi reksa dana yang sesuai dengan profil risiko kamu lewat fitur Robo.

Melalui aplikasi ini, kamu pun bisa berinvestasi dengan modal mulai dari Rp 100 ribu.

[Baca Juga: Step by Step Investasi Reksa Dana di Aplikasi Bibit]

Recommended Aplikasi Beli Reksa Dana untuk Pemula Tahun 2022 - 02 - Finansialku

Sumber: idxchannel.com – https://bit.ly/3IokBre

 

IPOT

Aplikasi IPOT kepunyaan PT Indo Premier Sekuritas juga bisa jadi pilihan untuk berinvestasi reksa dana. Selain itu, IPOT juga menyediakan beberapa produk investasi lainnya seperti saham dan ETF.

Nah, jika tertarik mempelajari saham, kamu pun bisa memanfaatkan aplikasi ini karena melalui fitur Robot Trading, Aplikasi IPOT akan menjalankan instruksi pembelian dan penjualan dengan harga saham yang kamu inginkan.

[Baca Juga: Review Lengkap Supermarket Reksa Dana Indopremier (IPOT)]

 

Ajaib 

Mulanya aplikasi Ajaib memang dikenal sebagai aplikasi investasi saham. Tapi saat ini, Ajaib sudah bisa digunakan untuk investasi reksa dana juga lho

Aplikasi yang dimiliki oleh PT Takjub Teknologi Indonesia dan PT Ajaib Sekuritas Asia menyediakan fitur jual-beli reksadana.

Sebagai pemula, kamu gak perlu khawatir kebingungan memilih produk reksa dana yang tepat.

Sebab, Ajaib akan membantu memilih sesuai dengan profil risikomu berdasarkan pertanyaan yang sebelumnya harus dijawab di kuesioner. Next, tinggal kamu ikuti arahannya aja deh.

 

POEMS ID

Meski terdengar familiar sebagai aplikasi investasi saham. POEMS ID sebenarnya menawarkan investasi reksa dana dalam satu aplikasi.

Pembelian produknya bisa dilakukan melalui fitur Profunds, sebagai supermarket reksadana online dengan lebih dari 100 produk.

POEMS ID sendiri dijalankan oleh Phillip Sekuritas, salah satu sekuritas top yang ada di Indonesia.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa berinvestasi mulai dari Rp 50 ribu dan memantau pertumbuhan reksa dana secara real time.

Selain itu, POEMS ID juga punya fitur SmartStart yang memberikan rekomendasi paket reksa dana bagi investor pemula.

Tentunya disesuaikan dengan profil risiko kamu, apakah termasuk konservatif, moderat, atau agresif.

 

Invisee

Last, aplikasi untuk investasi reksa dana yang bisa jadi pilihan adalah Invisee. Aplikasi ini cocok buat pemula yang ingin memulainya dengan modal kecil, mulai dari Rp 10 ribu saja. 

Kelebihan lainnya, Invisee ini dilengkapi fitur pengingat. Jadi kamu pun bisa atur jadwal investasi yang sesuai dengan kondisi finansial.

Contohnya, gaji kamu masuk ke rekening setiap tanggal 25. Nah, kamu tinggal atur pengingat setiap tanggal 26 lewat e-mail yang dikirim Invisee. Sangat membantu, kan?

 

Yuk, Mulai Investasi!

Sobat Finansialku, itulah rekomendasi aplikasi reksadana yang cocok untuk pemula. Kira-kira aplikasi apa yang jadi pilihanmu?

Apapun pilihannya, yang terpenting kamu harus ingat bahwa segala sesuatu yang dilakukan dalam hidup pasti ada risikonya, termasuk ketika memutuskan berinvestasi. 

Untuk meminimalisir risiko dalam investasi reksa dana, kamu harus tahu cara memilih reksa dana yang tepat.

Bagaimana sih caranya? Kamu bisa mempelajarinya melalui audiobook Finansialku di bawah ini. Tentu saja kamu bisa mempelajarinya secara gratis.banner -mudah cara memilih reksa dana yang tepat

Tapi, jangan sampai risiko ini membuatmu takut berinvestasi. Karena dengan investasi yang tepat, bisa membantu menata keuangan yang lebih baik di masa depan. Selamat mencoba.

 

Apakah ada aplikasi reksa dana lainnya yang recommended untuk pemula? Sobat Finansialku bisa sharing di kolom komentar di bawah ini. 

Semoga informasinya bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih.

 

 

Editor: Maria Christianti

Sumber Referensi:

  • Romi Subhan. 2 Februari 2021. Bikin Cuan, Ini 7 Rekomendasi Aplikasi Reksa Dana Terbaik untuk Pemula. Popbela.com- https://bit.ly/3KgQYtW
  • Redaksi. 9 November 2021. No Tipu-Tipu! Ini 8 Aplikasi Investasi Aman & Terdaftar OJK. Cnbc.indonesia.com- https://bit.ly/3K7Fusu

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3tRzJtl