Aplikasi untuk menggambar di android kini beragam. Bahkan, ada yang fiturnya hampir mirip dengan aplikasi di PC. Apa saja, ya?

Artikel berikut akan mengulas aplikasi menggambar terbaik yang bisa kamu coba.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Menekuni Hobi

Menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan. Bagi sebagian orang, kegiatan ini dianggap mujarab untuk mengusir stres akibat tuntutan kerja.

Alih-alih menggunakan kertas, pensil, dan pewarna untuk membuat bentuk-bentuk, kini kamu bisa lebih mudah mengekspresikan ide melalui aplikasi menggambar.

Suka Gambar Coba Pakai Aplikasi untuk Menggambar di Android, Gratis! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Beli HP,  Kalau Belum Baca Rekomendasi HP Oppo 2020 Ini!]

 

Tentu saja, menggambar menggunakan aplikasi jauh lebih hemat, karena tidak perlu membeli pewarna atau pensil berulang kali.

Selain itu, penyimpanan file jauh lebih praktis karena ditaruh dalam format digital.

Dengan sentuhan jari, kamu bisa merealisasikan imajinasi menjadi karya seni yang bagus. Hasilnya pun bisa kamu pajang di instagram atau di-upload di pinterest.

 

Mulai Menggambar dengan Aplikasi Terbaik

Menggambar di smartphone kini lebih mudah dengan kehadiran aplikasi khusus gambar. Aplikasi ini telah hadir di hampir semua smartphone.

Tetapi, secara umum, menggambar jadi jauh lebih mudah jika kamu menggunakan smartphone dengan layar 6 inci atau justru menggunakan tablet.

Berikut rekomendasi aplikasi gambar gratis yang layak dicoba.

 

#1 PicsArt

Sebagian orang mengenal PicsArt sebatas untuk editing foto, padahal aplikasi ini memiliki fitur lebih dari itu.

Aplikasi ini memiliki drawing tools di bagian paling kanan bawah untuk menggambar layaknya di Photoshop. Jika kamu cukup telaten, terdapat efek-efek seperti bayangan, tekstur, dan fitur lain yang bisa kamu manfaatkan.

Menariknya, drawing tools di sini juga memiliki menu layer sehingga membuat pengguna mudah untuk me-manage goresan-goresan.

PicsArt memiliki kualitas ekspor yang baik dan jernih, interface-nya juga sederhana ,sehingga tak akan membingungkan pengguna awal.

 

#2 Autodesk SketchBook dan SketchBook Express

Kedua aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan yang sama, yakni Autodesk. Keduanya sama-sama dibuat untuk menggambar sketsa dan desain. Namun, secara khusus memiliki fitur yang sedikit berbeda.

Autodesk SketchBook cocok untuk digunakan oleh profesional. Pasalnya, pengguna (premium) akan diberi kemampuan untuk mengatur gradient fills, selections tools, layers, smudge and syntetic, dan sebagainya. Sementara pengguna freemium akan dibekali dengan fitur dasar saja.

Sedangkan SketchBook Express, merupakan aplikasi yang tak berbayar, serta memiliki fitur lebih lengkap, termasuk pengaturan radius dan opacity.

 

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Sekarang

 

#3 Adobe Illustrator Draw

Di ranah PC, Adobe sering menjual produknya dengan harga yang cukup mahal. Tetapi, di android, mereka menyediakannya secara gratis.

Adobe Illustrator Draw adalah versi mobile dari Illustrator yang ada di PC. Namun, tentu saja versi ini memiliki fitur yang jauh berbeda dari versi desktopnya.

Aplikasi ini hadir dengan UI sederhana, bahkan terlalu sederhana untuk ukuran produk Adobe.

Menariknya, aplikasi ini juga menggunakan format vektor seperti di PC. Jika kamu ingin gambar yang lebih jernih, aplikasi ini sangat layar dipertimbangkan.

 

#4 MediBang Paint

MediBang Paint banyak direkomendasikan oleh desainer. Aplikasi ini pun termasuk ke dalam rekomendasi editor Google Play.

Di sini, kamu bisa menggunakan tools pencil, watercolor, airbrush, g pen, mapping pen, flat brush, dan sebagainya. Dan yang terpenting, MediBang Paint bisa diunduh secara gratis.

Genre gambar paling umum yang dibuat menggunakan MediBang adalah manga. Namun, genre gambar lain juga bisa dibuat, kok.

 

#5 Ibis Paint X

Ibis Paint X merupakan aplikasi yang cukup ajaib untuk ukuran mobile drawing app. Pasalnya, pilihan brush-nya saja ada 142 buah yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Di samping itu, tools lain untuk mempercantik gambar juga tersedia.

Jika masih kurang, aplikasi ini juga memiliki fitur layer dengan jumlah tak terbatas. Fitur perekaman gambar juga tersedia jika kebetulan kamu ingin membagikan progres menggambar di media sosial.

Di sini, ada beberapa preset yang bisa kamu coba. Misal, jika kamu ingin menggambar manga, maka kamu bisa memilih manga function agar diberikan tools khusus untuk menggambar manga.

 

Kreatif melalui Gawai

Itulah beberapa aplikasi terbaik untuk menggambar. Sekarang tidak ada lagi alasan untuk tidak berkarya, kan?

Mari ekspresikan kreativitasmu melalui aplikasi yang telah kami rekomendasikan ini!

Jika sudah sukses menemukan aplikasi menggambar terbaik, ini merupakan saat yang tepat bagi kamu untuk sukses dalam keuangan.

Ada baiknya agar kamu senantiasa melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik.

Agar lebih mudah dan praktis, yuk manfaatkan aplikasi dan e-book Finansialku untuk mempraktikkannya. Kamu bisa mengunduh e-book dan aplikasinya pada tombol di bawah ini.

playstore icon
appstore icon

 

Dapatkan pula inspirasi cara mengatur keuangan melalui video berikut.

 

Manakah aplikasi menggambar yang kamu pernah gunakan? Adakah alasan mengapa kamu memilih aplikasi tersebut? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat! Jangan lupa share artikel ini kepada teman-temanmu juga. Terima kasih.   

 

Sumber Referensi:

  • Jaka. 05 April 2020. 10 Aplikasi Menggambar Terbaik di HP Android 2020 | Langsung Jago! Jalantikus.com – https://bit.ly/3jNviHD
  • Ketut Krisna Wijaya. 15 Oktober 2014. 5 aplikasi Android gratis untuk membuat gambar dan sketsa. Id.techinasia.com – https://bit.ly/31YkYXe
  • Listiorini. 23 Juli 2020. 15 Aplikasi Menggambar Terbaik di Smartphone Android. Carisinyal.com – https://bit.ly/3brGO8R

 

Sumber Gambar:

  • Aplikasi Menggambar 01 – https://bit.ly/3m5q4cc
  • Aplikasi Menggambar 02 – https://bit.ly/33e7y95