Moms, siapa di sini yang tidak tahu apa itu arisan? Di Indonesia ini, arisan sudah menjadi budaya yang umumnya diikuti oleh para wanita, khususnya ibu-ibu. Tapi, pernahkah Moms mendengar tentang Arisan Mapan?

Arisan Mapan adalah sebuah perusahaan start-up yang bergerak di bidang arisan. Wah! Sesuatu yang menarik, bukan? Seperti apa sih Arisan Mapan itu?

Yuk, langsung kita kepoin!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Awal Mula Arisan Mapan

Bermula dari keluhan seorang pedagang yang kesulitan untuk menambah barang penunjang dagangannya, Hendra Tjanaka terinspirasi untuk membuat bisnis rintisan (start up) yang bergerak di bidang arisan.

Perusahaan ini bernama PT RUMA (Rekan Usaha Mikro Anda) atau biasa dikenal dengan sebutan “Mapan”. Sebuah bisnis layanan jasa yang berfokus pada kebutuhan rumah tangga.

Mapan memiliki sebuah program unggulan bernama ‘Arisan Mapan’ yang menyediakan ratusan produk untuk kebutuhan keluarga.

Barang-barang yang bisa diperoleh dari program arisan ini meliputi empat kategori, yakni kebutuhan rumah tangga, kebutuhan isi rumah, kebutuhan keluarga dan anak, serta kebutuhan untuk memulai usaha.

Ide membuat Arisan ini ditemukan ketika timnya terjun ke sejumlah daerah untuk mengetahui secara langsung apa yang dibutuhkan masyarakat di masing-masing daerah.

Melalui langkah itulah, pihaknya bisa melihat bahwa masyarakat ternyata memiliki kebutuhan yang berbeda satu dengan lainnya.

Seperti dilansir dari Tribunnews.com, Hendra (7/1/2019) mengucapkan:

“Arisan Mapan mulai dikembangkan ketika tim Mapan berkunjung ke daerah-daerah, untuk melihat kebutuhan masyarakat yang ternyata sangat beragam.”

 

Ia pun menyebutkan contoh, antara tetangga satu dengan tetangga lainnya bahkan membutuhkan barang yang berbeda.

“Dalam satu lingkungan yang berdekatan, ada yang membutuhkan kipas angin, panci, bahkan sofa untuk berkumpul bersama keluarga.”

 

Sistem Arisan Mapan tidak jauh berbeda dengan arisan lainnya, yakni diikuti anggota yang saling mengenal satu sama lain.

Moms Daripada Arisan Mending Investasi 01 Finansialku

[Baca Juga: Bu Ibu, Sudah Tahu Jenis Arisan yang Bisa Dilakukan?]

 

Setiap kelompok arisan sedikitnya harus terdiri dari 5 orang dan tidak lebih dari 10 orang dengan salah satunya sebagai ketua.

Mereka pun bisa memilih produk yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Bahkan untuk penentuan tanggal ‘mengocok’ arisan pun, dapat mereka sepakati bersama sebelum disampaikan kepada tim Mapan melalui aplikasi.

Teknologi memiliki peranan penting dalam pengembangan program yang berfokus di seluruh kawasan Jawa dan Bali tersebut.

Melalui aplikasi Arisan Mapan, para anggota dapat mengajukan usulan barang yang dibutuhkan, melihat apa saja kategori yang ditawarkan, serta mengetahui harga cicilan jika kelompok beranggotakan 5 hingga 10 orang.

“Hal inilah yang membedakan antara Arisan Mapan dengan arisan lainnya di luar sana, penggunaan teknologi dan aplikasi juga membuat perencanaan kebutuhan hidup menjadi mudah.”

 

Moms Daripada Arisan Mending Investasi 02 Finansialku

[Baca Juga: Moms, Daripada Arisan Mending Investasi! Lakukan Sekarang Juga Moms]

 

Namun tentunya hanya ketua arisan yang memegang kendali atas pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman barang kepada anggotanya.

Jadi sistemnya seperti memberikan kepercayaan kepada ketua arisan yang biasa digelar secara tradisional.

Perlu diketahui, setelah para anggota kelompok Arisan ini sepakat untuk menentukan barang yang akan dipesan dan kapan tenggat waktu pembayaran, maka langkah selanjutnya adalah menyampaikannya kepada tim Mapan.

Tim Mapan akan melakukan pengocokan terhadap barang tersebut, sesuai waktu yang disepakati tiap kelompok.

Nantinya jika nama barang dan pemesannya itu muncul, maka tim Mapan akan menghubungi ketua untuk proses pembayaran dan pengiriman barang.

Untuk sistem pembayaran, para anggota akan terlebih dahulu mengumpulkan uang cicilan atas barang yang dipesannya kepada masing-masing ketua kelompok.

Arisan ini menggunakan tiga jenis metode yakni Cash On Delivery (COD), GO-PAY, serta pembayaran melalui Indomaret.

Untuk COD, ketentuannya adalah barang ‘barter’ dengan uang tunai saat tim pengantar dari Mapan datang.

Sementara proses pembayaran menggunakan GO-PAY harus dilakukan satu hari sebelum hari pengocokan dan pembayaran melalui Indomaret harus dilakukan 2 hari sebelum waktu pengocokan.

Proses pembayaran dilakukan oleh ketua, sehingga pastinya akan lebih repot dari anggota lainnya. Tapi jangan salah Moms, menjadi ketua Arisan Mapan ada bonusnya  juga lho.

Yuk kita lihat bagaimana cara kerja Arisan Mapan berikut ini.

 

Cara Kerja Arisan Mapan

Pada dasarnya, cara kerja Arisan Mapan kurang lebih sama dengan arisan pada umumnya di mana ada sekelompok orang yang berkumpul pada periode tertentu (mingguan atau bulanan) untuk menyetorkan uang arisan dan di setiap periode tersebut akan ditentukan pemenang arisan.

Bedanya, di Arisan Mapan pemenang arisan akan mendapatkan barang yang diinginkan, bukan uang.

Berikut ini adalah cara kerja Arisan Mapan:

 

#1 Pilih Barang Impian di Katalog Arisan Mapan

Sebelum memulai Arisan Mapan, ada baiknya Moms melihat dan memilih barang yang akan dibeli.

Barang-barang ini dapat dilihat di Katalog Arisan Mapan. Terdapat berbagai kategori barang berkualitas dan terjangkau yang di katalog ini.

Moms bisa membaca katalog secara online, memesan katalog cetak, ataupun mengunduh katalog dalam format pdf.

 

#2 Daftar Sebagai Ketua Arisan Mapan

Setelah memilih barang yang akan dibeli, selanjutnya Moms bisa daftar menjadi Ketua Arisan. Jika tidak ingin jadi Ketua Arisan, Moms bisa ajak teman lalu menentukan siapa yang menjadi Ketua Arisan, kemudian mendaftarkan diri.

Tugas utama Ketua Arisan adalah mengatur kegiatan arisan dan mengumpulkan uang setoran sampai selesai periodenya. Ketua Arisan akan mendapatkan berbagai bonus menarik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

#3 Cari 4 Anggota dan Daftarkan Mereka

Untuk dapat memulai arisan, sebuah kelompok arisan harus memiliki minimal 4 anggota (bisa termasuk Ketua Arisan). Kemudian mintalah anggota arisan untuk memilih barang impian mereka dari katalog Arisan Mapan.

Arisan akan dimulai ketika para anggota sudah didaftarkan, diawali dengan pengocokan urutan pemenang arisan. Moms akan menerima SMS pemenang kocokan 2 hari sebelum Hari Bayar Arisan.

 

#4 Bayar Setoran dan Terima Barang Arisan

Moms akan menerima barang pesanan sesuai urutan pemenang dari hasil kocokan arisan. Pesanan dikirim langsung oleh Tim Antar Mapan ke Ketua Arisan.

Ketua Arisan harus memastikan uang sudah terkumpul saat Hari Kumpul Uang (sehari sebelum Hari Bayar Arisan).

Jenis Arisan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cerdas, Cara Mengatur Keuangan Ibu Rumah Tangga Meski Harga Bahan Makanan Naik]

 

Iuran arisan yang disetor oleh anggota ke Ketua Arisan akan berbeda-beda, menyesuaikan dengan harga barang yang mereka pesan.

Pembayaran diberikan kepada Tim Antar Mapan saat barang diterima (bayar di tempat atau cash on delivery).

Untuk kategori barang non-dropship, barang akan dikirim langsung ke alamat Ketua Arisan saat Hari Bayar Arisan.

Untuk kategori barang dropship (barang dengan logo dropship di Katalog Arisan Mapan), Ketua Arisan akan membayar uang setoran arisan pada Tim Antar Mapan pada Hari Bayar Arisan.

Tim Antar Mapan akan menyerahkan Sertifikat Tanda Terima Pembayaran sebagai bukti setoran. Barang akan dikirim oleh Tim Antar Mapan ke alamat anggota maksimal 7 hari setelah pembayaran.

 

#5 Terima Bonus Arisan

Jika Moms menjadi ketua Arisan, Moms berhak atas berbagai macam bonus menarik.

Bonus ini diberikan sebagai apresiasi untuk Ketua Arisan karena mereka telah membantu anggotanya untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Bonus yang mungkin didapatkan adalah: Bonus Rekrut Anggota, Bonus Rekrut Ketua Arisan Binaan, Bonus Bulanan, Bonus Promosi Ketua Arisan Binaan, dan Bonus Jalan-Jalan.

 

Moms sekarang tahu, kan, mengenai Arisan Mapan? Apakah informasi ini bermanfaat?

Jika ya, yuk bagikan artikel ini kepada Moms yang lain supaya bisa lebih bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Fitri Wulandari. 7 Januari 2019. Arisan Mapan, Metode Baru Dapatkan Barang Kebutuhan Anda Tanpa Pusing. Tribunnews.com – https://bit.ly/2JI16gz
  • Admin. Cara Kerja Arisan Mapan. Mapan.id – https://bit.ly/2XH78bi

 

Sumber Gambar:

  • Arisan 01 – http://bit.ly/2SXOV3P

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal