Asuransi adalah salah satu produk keuangan yang harusnya Anda ketahui dan Anda miliki. Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas mengenai asuransi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Pengertian Asuransi

Asuransi adalah teknik untuk mengelola risiko (risk management) dengan memindahkan risiko kepada pihak ketiga (biasanya perusahaan asuransi). Biasanya pengelolaan risiko dengan asuransi dilakukan untuk risiko yang jarang terjadi (low frequency) tetapi kerugian yang besar (loss severity). Apa saja contohnya? sakit parah, cacat tubuh, kematian, kehilangan kendaraan, kerusakan rumah dan lain sebagainya. 

Asuransi Kenapa Anda Harus Tahu dan Harus Punya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 [Baca Juga: Mengenal Perusahaan Asuransi di Indonesia]

 

Manfaat Asuransi

Apa saja manfaat asuransi? Seperti yang dijelaskan di atas, dalam kehidupan selalu ada saja risiko. Sederhananya ketika seseorang membeli asuransi, orang tersebut memindahkan risikonya ke perusahaan asuransi. Jadi jika sampai risiko tersebut terjadi (misal tiba-tiba sakit, kehilangan aset atau yang lainnya) maka perusahaan asuransi akan memberikan kompensasi.

 

Jenis-Jenis Asuransi

Apa saja asuransi yang ada di Indonesia? Produk-produk asuransi yang sering kita temui adalah:

 

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang bertujuan menanggung orang terhadap kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena meninggalnya seseorang. Jadi yang ditanggung adalah potensi kerugian finansial, karena meninggalnya seseorang.

 

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Tambahan pada Asuransi Jiwa]

 

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah sebuah produk asuransi yang memberikan manfaat jaminan keamanan secara finansial kepada pemegang polis, jika yang bersangkutan mengalami gangguan kesehatan (sakit atau kecelakaan).

 

[Baca Juga: Perbedaan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan]

 

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah sebuah produk asuransi yang memberikan manfaat jaminan penggantian kerugian finansial kepada pemegang polis, jika yang terjadi keterlambatan, sakit saat perjalanan atau kerugian karena gagalnya perjalanan.

 [Baca Juga: Apakah Saya Perlu Asuransi Perjalanan?]

 

Asuransi Umum

Asuransi umum adalah jenis-jenis asuransi yang mengganti kerugian finansial karena adanya kerusakan aset, kehilangan aset atau juga tuntutan pihak ketiga. Beberapa diantara: asuransi kendaraan, asuransi umum, asuransi kecelakaan pesawat terbang dan lain sebagainya.

 

Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan adalah sebuah produk asuransi yang memberikan manfaat jaminan penggantian kerugian finansial kepada pemegang polis, jika yang terjadi kerusakan atau kehilangan kendaraan.

 

 [Baca Juga: Pilih Asuransi Mobil TLO atau All Risk?]

 

Asuransi Rumah

Asuransi kendaraan adalah sebuah produk asuransi yang memberikan manfaat jaminan penggantian kerugian finansial kepada pemegang polis, jika yang terjadi kerusakan atau kehilangan pada rumah.

 

Kesimpulan

Jadi seperti yang dibahas di atas, asuransi adalah salah satu cara untuk memindahkan risiko (risk transfer). Tidak semua risiko harus di transfer, tetapi ada cara lain untuk menangani risiko. Beli produk-produk asuransi yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Apakah Anda atau kenalan Anda pernah mengalami kerugian, karena tidak memiliki asuransi?

 

Image Credit:

  • Insurance – http://goo.gl/KUA8eE

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang