Apakah penting asuransi kesehatan untuk anak? Lalu, apakah manfaat yang didapatkan sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan?

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan penjelasan mengenai asuransi kesehatan untuk, anak mulai dari contoh produk hingga tips untuk memilih asuransi kesehatan anak yang sesuai.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kesehatan untuk Anak

Asuransi kesehatan untuk anak memiliki sistem yang sama dengan asuransi kesehatan pada umumnya, namun tidak sepenuhnya sama. Asuransi kesehatan untuk anak dirancang khusus untuk anak.

Biasanya pemeriksaan umum yang dicakup oleh asuransi kesehatan untuk anak adalah pemeriksaan kesehatan rutin, pemeriksaan mata serta biaya imunisasi. Jaringan rumah sakit yang ditawarkan pun biasanya khusus untuk ibu dan anak.

Berbeda untuk setiap asuransi, namun biasanya asuransi anak telah melindungi anak mulai dari anak berumur beberapa hari atau beberapa bulan sejak dilahirkan.

Asuransi Kesehatan Untuk Anak Penting Nggak 03 - Finansialku

[Baca Juga: Lengkap! Serba-serbi Asuransi Kesehatan Untuk Pelajar]

 

Untuk sistem pembayaran klaim tidak jauh berbeda dengan asuransi kesehatan umum. Ada sistem cashless, di mana tertanggung tidak perlu membayar biaya perawatan terlebih dahulu.

Ada pula sistem reimburse di mana tertanggung harus membayar biaya dan kemudian meminta pengembalian dana dari pihak asuransi. Premi yang ditawarkan pun beragam dan bergantung pada jenis perlindungan yang Anda pilih.

Semakin lengkap perlindungan yang diberikan, semakin mahal pula premi yang harus dibayarkan. Uang pertanggungan juga akan mempengaruhi jumlah premi yang harus dibayar.

 

Produk Asuransi Kesehatan untuk Anak

Dengan banyaknya peminat dan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kebutuhan asuransi untuk anak, banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang mengeluarkan produk asuransi kesehatan untuk anak.

Di bawah ini adalah beberapa produk asuransi kesehatan anak yang dapat Anda pilih.

 

#1 Prudential Indonesia: PRUMy Child

Asuransi PRUMy Child merupakan asuransi kesehatan anak dari Prudential Indonesia. Asuransi ini melindungi anak Anda mulai dari kandungan hingga anak lahir dan dewasa.

Ini berarti, produk ini juga melindungi risiko kerugian finansial yang terjadi akibat risiko komplikasi pada ibu hamil dan ketika atau setelah persalinan.

Tidak hanya memberikan perlindungan kesehatan, asuransi ini juga memberikan perlindungan finansial dan pendidikan.

Asuransi Kesehatan Untuk Anak Penting Nggak 01 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Kesehatan Rawat Jalan? Perlukah Dibeli? Gini Ulasannya!]

 

#2 Cigna Indonesia: Family Care Optima

Asuransi ini memberikan perlindungan hingga 5 anggota keluarga dan yang lebih mudahnya adalah, Anda hanya cukup membayar 1 premi saja.

Selain perlindungan kesehatan, asuransi ini menyediakan fasilitas pengembalian premi 30% setiap 5 tahunnya dengan atau tanpa adanya klaim.

Selain itu, terdapat manfaat lain yang dapat Anda terima, misalnya potongan harga dan diskon dengan menggunakan kartu peserta, manfaat harian perawatan ICU dan lain sebagainya. Uang pertanggungan pun dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan.

 

#3 Allianz: Smartmed Premier

Smartmed Premier merupakan salah satu asuransi kesehatan dari Allianz yang menyediakan perlindungan untuk individu dan keluarga. Peserta asuransi dapat berusia minimal 15 hari hingga 75 tahun.

Asuransi ini bersifat cashless dengan jaringan rumah sakit yang luas tidak hanya di Indonesia, namun di beberapa negara Asia lainnya. Manfaat penggantian biaya perawatan pun diberikan sesuai dengan tagihan (jika perawatan sesuai dengan plan).

Keunggulan lainnya adalah no claim bonus di mana terdapat bonus sebesar 20% yang diberikan pada saat perpanjangan polis apabila tidak ada catatan klaim selama 1 tahun polis.

 

GRATISSS, Yuk Download Sekarang!

ASURANSI KESEHATAN Bisa Menyelamatkan Hidup

1 Ebook Studi Kasus Asuransi

 

Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi Kesehatan untuk Anak

Daftar kebutuhan anak pastilah tidak sedikit dan membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika harus ditambah dengan asuransi kesehatan, mungkin cukup berat bagi sebagian keluarga.

Untuk itu, sebelum Anda membeli asuransi kesehatan untuk anak, pertimbangkanlah beberapa hal di bawah ini.

Selain dapat membantu Anda menentukan perlunya asuransi kesehatan, pertimbangan ini dapat membantu Anda memilih asuransi terbaik.

 

#1 Riwayat Kelahiran

Riwayat kelahiran dapat menentukan apakah seorang anak membutuhkan asuransi kesehatan atau tidak. Pasalnya, riwayat kelahiran dapat membawa pengaruh untuk kondisi kesehatan anak ke depannya.

Riwayat kelahiran yang perlu Anda perhatikan adalah kelahiran prematur, kondisi paru-paru yang belum sepenuhnya matang, berat badan di bawah rata-rata dan lain sebagainya.

Jika memang terdapat masalah khusus pada proses persalinan, maka sebaiknya Anda menyediakan asuransi kesehatan untuk anak. Dengan cara ini, seluruh risiko kerugian finansial karena biaya pengobatan dapat diantisipasi.

Asuransi Kesehatan Untuk Anak Penting Nggak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Asuransi Kesehatan Manulife, Cocok Buat Siapa?]

 

#2 Tunjangan Kesehatan Ekstra

Seseorang dapat menerima beberapa tunjangan kesehatan, misalnya dari pemerintah atau tempat Anda bekerja. Klausal untuk tunjangan kesehatan ini berbeda untuk setiap lembaga penyedianya.

Namun, terdapat beberapa perusahaan yang memberikan tunjangan kesehatan lengkap untuk pegawai dan keluarganya (termasuk anaknya).

Jika memang Anda mendapatkan tunjangan tersebut, alangkah baiknya untuk memeriksa lebih lanjut perlindungan yang diberikan serta manfaat yang dapat Anda terima.

Jika memang tunjangan tersebut sudah cukup untuk melindungi risiko kerugian yang mungkin terjadi, maka Anda tidak perlu membeli asuransi kesehatan untuk anak secara terpisah atau Anda hanya cukup membeli asuransi tambahan untuk menunjang perlindungan yang lebih memadai.

 

#3 Alokasi Dana

Keperluan asuransi kesehatan untuk anak sangatlah berhubungan dengan alokasi dana yang Anda miliki. Idealnya, untuk kebutuhan perlindungan, Anda dapat menyisihkan 10% – 20% dari pendapatan.

Misalnya pendapatan gabungan keluarga adalah Rp 25 juta, maka Anda dapat mengalokasikan R p2,5 juta hingga Rp 5 juta untuk kebutuhan asuransi, baik asuransi kesehatan pribadi dan/atau keluarga hingga asuransi kendaraan bermotor.

Jika anggaran tersebut tidak lagi tersedia untuk kebutuhan anak, maka Anda dapat menutup perlindungan lain yang kurang mendesak atau menyesuaikan perlindungan diri sendiri.

Jika memang tidak tersedia, maka Anda dapat menunda kebutuhan asuransi kesehatan untuk anak dan memanfaatkan kepesertaan BPJS Kesehatan.

Anda pun dapat mengoptimalkan langkah pencegahan agar anak senantiasa dalam kondisi sehat.

 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan untuk Anak Terbaik

Jika Anda memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan untuk anak, maka terdapat beberapa tips yang dapat membantu pilihan Anda. Di antaranya adalah:

  • Sistem pembayaran klaim dengan cashless akan lebih menguntungkan karena Anda tidak perlu dipusingkan dengan masalah biaya dan prosedur pengajuan klaim penggantian uang
  • Memiliki pilihan yang beragam sehingga Anda dapat menyesuaikan kebutuhan dan kemampuan
  • Jaringan rumah sakit yang lebih luas dapat membuat Anda mendapatkan perawatan lebih cepat dan di mana saja
  • Asuransi kesehatan yang juga menyediakan fasilitas investasi dapat berguna untuk anak Anda kelak, misalnya untuk dana pendidikan.
  • Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya yang memiliki rekam jejak yang baik dan reputasi baik.

Asuransi Kesehatan Untuk Anak Penting Nggak 04 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan]

 

Itulah penjelasan mengenai asuransi kesehatan anak yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Jika Anda masih ragu, konsultasikanlah dengan perencana keuangan untuk mendapat rekomendasi asuransi terbaik.

Terhubunglah dengan perencana keuangan dalam aplikasi Finansialku yang akan membantu Anda memilih asuransi kesehatan anak. Download aplikasinya dan rencanakan masa depan buah hati Anda dengan asuransi.

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda memiliki bayangan mengenai perlunya asuransi kesehatan untuk anak dan cara untuk memilih asuransi yang tepat.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Begini Pertimbangan Bijak Sebelum Membeli Asuransi untuk Bayi. Allianz.co.id – https://bit.ly/2I9GUr7
  • Gesti Weningtyas. 27 April 2020. Asuransi Kesehatan Anak Terbaik dan Jenis Asuransi nya. Cekaja.com – https://bit.ly/3exPMTs
  • Admin. 23 Juni 2020. Informasi Seputar Asuransi Kesehatan Anak [Plus Cara Memilihnya] Lifepal.co.id – https://bit.ly/3l44gNk

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://bit.ly/2IiBSbI
  • Asuransi 2 – https://bit.ly/35aqDLq
  • Asuransi 3 – https://bit.ly/3eIeSPm
  • Asuransi 4 – https://bit.ly/32rbSlI