Asuransi mobil adalah salah satu bentuk pengaman mobil, dari kerusakan yang terjadi saat berkendara. Kecelakaan lalu lintas menyebabkan kerugian pada fisik pengendara dan korban. Selain kerugian jiwa juga terdapat kerugian dari mobil atau kendaraan yang digunakan. Oleh sebab itu diperlukan sebuah asuransi mobil untuk mentransfer risiko kerugian tersebut.

bancinsure-car-insurance-review

 

Tips Memilih Asuransi Mobil

Dalam memilih asuransi mobil setidaknya terdapat 4 hal yang perlu diperhatikan, yaitu jenis asuransi mobil yang dibutuhkan, bengkel rekanan, kemudahan klaim dan harga.

 

Jenis Asuransi Mobil

Secara umum ada dua jenis asuransi mobil yaitu asuransi mobil all risk (disebut juga asuransi komprehensif) dan asuransi mobil total loss only (disebut juga asuransi kehilangan).

Asuransi All Risk adalah asuransi mobil yang memberikan pertanggungan terhadap seluruh jenis kecelakaan yang terjadi pada mobil. Biasanya asuransi all risk ini digunakan untuk mobil-mobil pribadi, taxi luxury, penyewaan mobil-mobil luxury.

 

auto-excel-ats-1112-de-asuransi-mobil-luxury

[Baca juga : Perhatikan Hal Ini Saat Memilih Asuransi Kesehatan untuk Lansia]

 

Asuransi Total Loss adalah asuransi mobil yang memberikan pertanggungan jika terjadi kehilangan mobil atau kerusakan parah (biasanya di atas 75% – 80% nilai kendaraan). Untuk detil asuransi total loss ada baiknya Anda menanyakan pada agen penjualnya, karena beberapa asuransi mobil memiliki definisi kerusakan parah yang berbeda-beda. Biasanya asuransi total loss only digunakan untuk mobil-mobil yang bekerja mendatangkan uang, contoh truk, mobil pick up, bis, kendaraan taxi umum.

taxi.9485942-asuransi-mobil-taxi

[Baca juga : Quiz Sudah Cukupkah Asuransi Jiwa dan Kesehatan Anda?]

 

Bengkel Rekanan

Perusahaan asuransi pasti memiliki bengkel rekanan, baik itu di dealer resmi atau bengkel non dealer. Sebaiknya Kita ketahui kira-kira dimana letak bengkel rekanan, berapa banyak bengkel rekanan di kota tempat Anda tinggal. Semakin banyak bengkel rekanan, maka menjadi sebuah nilai tambah untuk Kita. Pastikan juga pelayanan bengkel rekanan professional.

 

Kemudahan Klaim

Kemudahan klaim adalah salah satu hal yang penting. Ada baiknya sebelum membeli asuransi mobil, kita cari tau track record dari teman-teman, forum internet mengenai perusahaan asuransi yang akan Kita pilih. Pastikan Kita tanya prosedur klaim apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, simpan nomor telepon agen penjual dan perusahaan. Tidak ada salahnya simpan di phone book handphone dan keterangan-keterangan yang perlu (misal nomor polis).

 

Harga

Harga adalah salah satu penentu keputusan asuransi. Harga yang kompetitif adalah nilai tambah tersendiri, dalam memutuskan perusahaan yang akan Kita pilih. Sesuaikan harga dengan kemampuan untuk membayarnya. Plus tanyakan juga berapa harga pengajuan klaim, biasanya pengajuan klaim membutuhkan biaya 200.000  – 250.000.

 

Cara Mengurus Klaim Asuransi Mobil

Tahapan dalam mengurus klaim asuransi mobil secara umum adalah:

Apabila terjadi sebuah kerusakan, segera telepon agen penjual, hotline asuransi atau bengkel rekanan perusahaan asuransi. 

car-insurance-claim-woment-asuransi-mobil

[Baca juga :5+ Tips untuk Pemula, Agar Anda Tidak Salah Beli Asuransi Jiwa]

 

Kita pasti diminta laporan kejadian seperti lokasi, waktu kejadian, siapa pengendara, kronologis dan biasanya diminta bukti foto.

auto-insurance-claim-asuransi-mobil

[Baca juga :Dimana ya Tempat Jual Asuransi? Apakah Bisa Beli Asuransi Online?]

Petugas asuransi akan melakukan pengecekan berdasarkan laporan yang akan kita buat.  Setelah itu akan keluar surat perintah kerja (SPK). Umumnya SPK dibuat disesuaikan dengan kapasitas bengkel rekanan. 

how-to-file-auto-insurance-claim-asuransi-mobil

[Baca juga :Biar Klaim Tidak Ditolak, Teliti Baca Polis Pertanggungan Asuransi]

Setelah SPK Kita dapat, langsung mobil dimasukan ke bengke rekanan dan biasanya diminta membayar biaya klaim. 

Car-Repair-Tips-asuransi-mobil

[Baca juga :Tidak Punya Asuransi, Terpaksa Jual Asset untuk Bayar Biaya Kesehatan]

 

Disclaimer on: Anda perlu memastikan prosedur klaim perusahaan asuransi mobil Anda. Keterangan di atas adalah prosedur umum dalam mengurus klaim asuransi mobil.

 

Premi Asuransi Mobil

Berapakah besar biaya klaim? Perhitungan ini hanya kurang lebih saja untuk lebih detilnya Anda dapat hubungi agen penjual asuransi mobil.

Asuransi All Risk preminya berkisar antara 1.5% – 3.0% dari harga mobil. Contoh sebuah mobil LCGC (Low Cost Green Car) dengan harga mobil Rp 100.000.000 dan biaya premi asuransi mobil 3.0% maka biaya asuransinya adalah:

Biaya Asuransi 3.0% x 100.000.000 3.000.000
Biaya Administrasi   50.000
Total biaya asuransi       3.050.000

 

Asuransi Total Loss Only preminya berkisar antara 0.8% – 1.0% dari harga mobil. Contoh sebuah mobil LCGC (Low Cost Green Car) dengan harga mobil Rp 100.000.000 dan biaya premi asuransi mobil 3.0% maka biaya asuransinya adalah:

Biaya Asuransi 1.0% x 100.000.000 1.000.000
Biaya Administrasi   50.000
Total biaya asuransi       1.050.000

 

Kesimpulan:

  1. Salah satu alasan mengapa Kita butuh asuransi adalah: karena adanya potensi risiko kerusakan pada kendaraan.
  2. Dalam memilih asuransi setidaknya ada 4 hal yang perlu diperhatikan: jenis asuransi, bengkel rekanan, prosedur klaim dan harga.

car-insurance asuransi mobil

 

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuTop 10 Situs Crowdfunding untuk PendanaanBaca
finansialkuDo It Yourself – Perencanaan Keuangan PribadiBaca
finansialkuCara Melunasi Hutang KeluargaBaca
finansialkuMengatur Keuangan Keluarga dan Keuangan PribadiBaca
finansialkuBisnis Rumahan perlu Bisnis ModelBaca