Apa itu yang dimaksud dengan asuransi pendidikan anak? Apa manfaat membeli asuransi pendidikan? 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch 

Mengenal Asuransi Pendidikan Anak

Beberapa waktu belakangan ini, banyak sekali agen penjual asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan anak. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan asuransi pendidikan? Apa manfaatnya membeli asuransi pendidikan?

Asuransi Pendidikan Anak, Apa Manfaatnya dan Berapa Biayanya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Yuk Segera Siapkan Dana Pendidikan Anak Sekarang Juga]

 

Jika dilihat penawaranya, produk asuransi pendidikan adalah gabungan antara produk asuransi dwiguna (endowment insurance) dan unitlink.

Manfaat utama dari produk asuransi pendidikan adalah melindungi orang tuanya (life insurance) sekaligus memberikan kepastian dana pendidikan anak.

Asuransi pendidikan, memberikan perlindungan atau proteksi kepada orang tua sebagai pencari nafkah. Sekaligus memberikan kepastian dana pendidikan, jika terjadi sesuatu dengan orang tua.

Selain itu asuransi jiwa memiliki kelebihan yaitu waktu pencairan dapat disesuaikan dengan periode pendidikan, misal ketika masuk TK, SD, SMP, SMA dan kuliah.

 

2 Jenis Asuransi Pendidikan

Seperti penjelasan di atas, asuransi pendidikan memiliki 2 jenis pilihan yaitu asuransi dwiguna (endowment) dan asuransi unitlink. Mari kita bahas satu per satu:

 

Asuransi Pendidikan Dwiguna (Asuransi Endowment)

Asuransi pendidikan jenis pertama adalah jenis asuransi dwiguna (endowment). Asuransi dwiguna adalah salah satu jenis asuransi tradisional dan tentu saja sudah ada sejak zaman dahulu. Produk asuransi pendidikan pada awal-awal dipasarkan di Indonesia, selalu menggunakan asuransi dwiguna.

[Baca Juga: Perbedaan Asuransi Pendidikan dengan Tabungan Pendidikan]

 

Produk asuransi dwiguna tidak menerapkan sistem investasi, jadi keuntungan untuk dana pendidikan yang didapat angkanya sudah jelas. Biasanya nilai dana pendidikan lebih kecil dibandingkan asuransi unitlink. Jelas donk, karena unitlink menerapkan fungsi investasi.

 

Sebagai salah satu contoh produk asuransi dwiguna adalah (baca disclaimer): BRINGIN DANASISWA yang dimiliki oleh perusahaan asuransi BRINGIN LIFE. Anda dapat mengunjungi websitenya di : BringinLife.

 

Penjelasan produk:

  • BRINGIN DANASISWA adalah gabungan antara : tabungan, proteksi meninggal dunia karena kecelakaan, penyakit kritis dan cacat tetap total.
  • BRINGIN DANASISWA memberikan perlindungan kepada Orangtua (Ayah atau Ibu) serta Anak.
  • BRINGIN DANASISWA memberikan Tahapan Dana Pendidikan (TDP)* sesuai dengan jenjang pendidikan Anak.

 

Ilustrasi manfaat:

Calon Tertanggung: Ibu Glory (40 Tahun)
Penerima Manfaat : Reno (1 tahun)
Masa Asuransi : 21 tahun
Masa pembayaran premi: 10 Tahun
Rencana Dana Pendidikan : Rp. 50.000.000
Premi tahunan : Rp. 5.000.000

 

Manfaat Utama

  • Nilai JUP sama dengan nilai Rencana Dana Pendidikan
  • Nilai Tunai (NT), tidak dijelaskan berapa nilai tunai yang terbentuk. Anda perlu mengubungi agen untuk mengetahui nilai tunai yang terbentu. Salah satu ciri asuransi pendidikan endowment adalah memiliki nilai tunai.
  • Jika Anada membeli produk asuransi pendidikan dwiguna, Anda akan menerima uang dengan jumlah yang sesuai dengan ilustrasi. Sifatnya bukan investasi, jadi kondisi ekonomi tidak mempengaruhi dana pendidikan (Rencana Dana Pendidikan).

 

Asuransi Pendidikan Anak Endowment, Apa Manfaatnya dan Berapa Biayanya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Manfaat Tambahan

1. Jika Ibu Glory meninggal dunia* :

  1. Polis menjadi bebas premi dan Tahapan Dana Pendidikan tetap dibayarkan sesuai dengan jenjang pendidikan Reno. Pembayaran terus dilakukan hingga masa asuransi berakhir.
  2. Jika Ibu Glory meninggal, bukan karena kecelakaan maka penerima manfaat (Pasangan) menerima santunan duka 50% dari Rencana Dana Pendidikan. Dalam kasus ini sebesar Rp 25.000.000.
  3. Jika Ibu Glory meninggal, karena kecelakaan maka penerima manfaat (Pasangan) menerima santunan duka 100% dari Rencana Dana Pendidikan. Dalam kasus ini sebesar Rp 50.000.000.

2. Jika Reno meninggal dunia:

  • Penerima manfaat (Ibu Glory atau pasangan) akan menerima santunan duka sebesar Rp 15.000.000, nilai tunai (NT) yang terbentuk pada saat Reno meninggal dan secara otomatis polis akan berakhir (terminated).

*meninggal dunia dalam masa asuransi dan sesuai dengan kejadian yang diproteksi dalam polis asuransi.

 

Asuransi Pendidikan Unitlink

Asuransi pendidikan jenis kedua adalah jenis unitlink. Intinya sama seperti dengan asuransi unitlink pada umumnya. Perbedaanya adalah jika Anda membeli unitlink, biasanya keuntungan investasi akan diambil berbarengan dengan pencairan uang pertanggungan.

[Baca Juga: Beneran Unitlink untuk Dana Pendidikan Anak?

 

Pada asuransi pendidikan unitlink, keuntungan investasi diambil sesuai dengan waktu untuk membayar biaya pendidikan. Jadi boleh dibilang lebih fleksibel, karena investasi (unit) sewaktu-waktu dapat dicairkan. Kelemahannya karena bersifat investasi maka tidak ada jaminan atas keuntungan.

Sebagai salah satu contoh produk asuransi dwiguna adalah (baca disclaimer): ASURANSI MANDIRI SEJAHTERA CERDAS yang dimiliki oleh perusahaan asuransi AXA MANDIRI. Anda dapat mengunjungi websitenya di : AXA Mandiri.

 

Penjelasan Produk:

  • Produk memiliiki fleksibelitas dalam menentukan jumlah premi dan uang pertanggungan.
  • Investasi dikelola oleh manajer investasi dan memiliki loyalty bonus. Loyalty bonus akan diberikan pada kahir tahun ke 5 dan setiap ulang tahun polis.
  • Memiliki beragam jenis dana investasi sesuai dengan profil risiko.

 

Komentar Finansialku: Jika Anda bandingkan sekilas dengan produk Asuransi Endowment, Anda akan melihat perbedaan penawaran. Pada Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas, lebih menekankan hasil investasi yang lebih maksimal. Satu hal yang harus diingat, produk asuransi pendidikan unitlink, tetap mengandung risiko.

[Baca Juga : Cara Kerja Asuransi Unitlink]

 

Ilustrasi manfaat:

Calon Tertanggung: Pak Ronald (30 Tahun)
Penerima Manfaat: Boy (2 tahun)
Premi Dasar + Rider: Rp 11.500.000 / tahun
Top Up Berkala: Rp 1.000.000 / tahun

 

Asuransi Pendidikan Anak Unitlink, Apa Manfaatnya dan Berapa Biayanya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Sumber Gambar: Brosur Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas]

 

  • Santunan meninggal dunia : Rp 500.000.000**
  • Santunan Cacat tetap total : Rp 500.000.000**
  • Santunan Penyakit Kritis : Rp 250.000.000**
  • Penggantian Kamar Rawat Inap : Rp 500.000/hari**

** Mengikuti ketentuan umum dan ketentuan tambahan polis pada masing – masing produk asuransi dasar ataupun asuransi tambahan.

 

Perkiraan hasil investasi

  • Nilai Investasi di tahun ke 10 (Pak Ronald usia 40 tahun): Rp 167,5 juta*
  • Nilai Investasi di tahun ke 15 (Pak Ronald usia 45 tahun): Rp 465,4 juta*
  • Nilai Investasi di tahun ke 23 (Pak Ronald usia 53 tahun) / akhir masa pertanggungan: Rp 1,9 miliar*

 

* Nilai investasi (hasil investasi) dihitung dengan menggunakan asumsi pertumbuhan sebesar 18% per tahun. Nilai investasi (hasil investasi) dapat meningkat, menurun atau lebih kecil dari nilai dana yang diinvestasikan, tergantung pada ada atau tidaknya bagian manfaat yang dijamin.

 

Memilih Asuransi Pendidikan Endowment atau Asuransi Pendidikan Unitlink

Pilihan kembali kepada kebutuhan Anda, kami tidak dapat mengatakan produk yang satu lebih bagus dibanding produk yang lain. Setiap produk keuangan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Share the quiz to show your results !


Just tell us who you are to view your results !

Quiz Asuransi Dana Pendidikan Unitlink Saya benar %%score%% dari %%total%%, Kalau kamu?

 

Yang jelas produk asuransi pendidikan sangat cocok untuk keluarga muda yang memiliki uang yang terbatas untuk membeli asuransi jiwa (untuk kepala keluarga) dan investasi (untuk dana pendidikan).

 

Tips Singkat Memilih Asuransi Pendidikan

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan, pada saat memilih asuransi pendidikan :

  1. Sebelum membeli pastikan Anda tahu berapa dana pendidikan yang dibutuhkan dan cara kerja asuransi pendidikan. 
  2. Pilih Asuransi pendidikan yang biaya akuisisinya tidak terlalu tinggi.
  3. Pilih asuransi pendidikan yang memiliki fitur pembebasan premium atau ditabungkan sampai anak lulus kuliah apabila terjadi risiko pada pencari nafkah utama.
  4. Ingat, jika Anda memilih asuransi pendidikan dan membelinya yang harus jadi tertanggung adalah sang pencari nafkah, BUKAN ANAKNYA. 
  5. Pilih asuransi tambahan (rider) yang sesuai kebutuhan Anda. 
  6. Pertimbangkan bagaimana periode pembayaran premi? dan kapan waktu pencairannya?
  7. Pilih paket asuransi pendidikan yang sesuai dengan perkiraan umur anak selesai kuliah. 

 

Asuransi memang sangat diperlukan untuk melindungi keluarga yang Anda cintai. Salah satu asuransi keluarga yang cukup murah dengan metode cashless dan pengembalian uang premi yang mudah yakni Asuransi Cigna family care optima, Cigna proteksi sehat optima, Cigna premium health protection.

 

Apakah Anda pernah membeli produk asuransi pendidikan untuk anak? Mengapa Anda lebih memilih membeli asuransi pendidikan dibandingkan dengan investasi?

Disclaimer:

  • Penyebutan merk produk tidak bermaksud untuk iklan atau berjualan. Penyebutan merk produk sebagai gambaran dan bagian pembelajaran.
  • Penyebutan merk produk tidak bermaksud sebagai saran untuk membeli atau memilih produk tersebut.

 

Sumber Gambar:

  • College – https://goo.gl/LQM5rh

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup