Apakah Anda sudah punya asuransi penyakit tropis? Khususnya warga Indonesia, yang kemungkinan terpapar penyakit iklim tropisnya besar.

Artikel ini akan membahas asuransi penyakit tropis dan informasi seputarnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Penyakit Tropis

Indonesia negara tropis selain diuntungkan dengan fauna dan flora yang khas.

Tetapi negara yang beriklim tropis rentan terhadap beberapa penyakit yang disebarkan oleh faktor, seperti nyamuk, lalat dan lainnya. Penyakit seperti demam berdarah, malaria, tifus, campak dan penyakit tropis lainnya dapat diderita lebih dari satu kali dalam masa hidup seseorang.

Selain itu, tidak sedikit dari penyakit tersebut yang membutuhkan perawatan intensif.

Oleh karena itu, dibutuhkan perlindungan asuransi yang dapat mencegah Anda dari risiko finansial akibat penyakit tropis tersebut. Salah satu perusahaan asuransi yang menyediakan fasilitas tersebut adalah AXA Mandiri.

 

Keuntungan Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis

Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis dapat menjadi solusi dalam membantu Anda terhindar dari risiko finansial. Selain itu, asuransi ini juga menjangkau wilayah perlindungan negara ASEAN. Negara ASEAN tersebut meliputi:

  1. Filipina
  2. Indonesia
  3. Singapura
  4. Malaysia
  5. Brunei Darussalam
  6. Vietnam
  7. Laos
  8. Kamboja
  9. Myanmar
  10. Thailand
  11. Timor Leste

 

Seperti yang Anda ketahui rata-rata negara ASEAN termasuk dalam negara tropis.

Jika Anda berkunjung ke negara tersebut, tentu Anda juga berisiko akan terpapar penyakit iklim tropis yang mungkin sama atau berbeda dengan Indonesia.

Pentingnya Asuransi Kesehatan Dalam Resolusi Keuangan 2020 (3)

[Baca Juga:Jatuh Sakit Bikin Jatuh Miskin! Ini Pentingnya Asuransi Kesehatan]

 

Keuntungan lain yang ditawarkan oleh asuransi ini adalah pengembalian premi hingga 30% dari premi yang telah dibayarkan. Pengembalian premi ini dapat dilakukan apabila tertanggung tidak melakukan klaim polis dalam jangka waktu 3 tahun.

Syarat kedua pengembalian premi ini adalah polis masih dalam keadaan aktif hingga ulang tahun polis ke-3 sejak tanggal berlakunya polis asuransi.

Keuntungan selanjutnya yang ditawarkan oleh Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Tropis (MPPT) adalah fasilitas pembayaran dengan kartu atau cashless.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu menggunakan dana pribadi dan dapat langsung menggunakan kartu sebagai jaminan pembayaran perawatan rumah sakit. Beberapa penyakit yang ditanggung oleh asuransi ini adalah:

  • Campak
  • Chikungunya
  • Demam Berdarah
  • Hepatitis A
  • Malaria
  • Tifus (Typhoid)
  • Zika

Asuransi Kesehatan Terbaik Finansialku 2

[Baca Juga: Perhatikan Hal Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan]

 

Selain itu, asuransi MPPT juga memberikan potongan premi apabila tertanggung mengikutsertakan keluarga.

Nasabah yang melakukan hal tersebut akan mendapatkan potongan premi sebesar 10%. Potongan ini berlaku untuk plan yang sama dan disubmit secara bersamaan. Jumlah maksimal di dalam 1 polis adalah 5 orang.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Premi Asuransi MPPT

Serupa dengan produk asuransi pada umumnya, semakin tinggi plan yang Anda inginkan, semakin besar pula premi yang harus Anda bayar.

Dalam asuransi MPPT, terdapat 2 jenis manfaat, yang pertama dengan program pengembalian premi dan tanpa program pengembalian premi.

 

#1 Dengan Program Pengembalian Premi

Manfaat asuransi dibagi menjadi 4 jenis plan yang dimulai dengan biaya kamar per hari Rp 250.000 dan manfaat tahunan 10 juta rupiah per tahun hingga plan tertinggi dengan biaya kamar maksimal Rp 1.000.000 per hari dan manfaat tahunan Rp 50.000.000 per tahun.

Preminya pun meningkat seiring dengan bertambahnya manfaat. Premi bulanan untuk plan terendah adalah Rp 130.000 per bulan dan tertinggi adalah Rp 260.000 per bulan. Premi tahunan untuk plan terendah adalah Rp 1.300.000 per tahun dan tertinggi adalah Rp 2.000.000 per tahun.

 

#2 Tanpa Program Pengembalian Premi

Manfaat asuransi untuk program ini sama dengan program dengan pengembalian premi. Namun jumlah premi yang harus dibayar berbeda. Karena tanpa program pengembalian premi, premi yang wajib dibayar lebih rendah.

AXA Mandiri Asuransi Penyakit Tropis 2

[Baca Juga: Cara Pilih Asuransi Agar Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan]

 

Premi bulanan untuk plan terendah adalah Rp 100.000 per bulan dan tertinggi adalah Rp 200.000 per bulan. Premi tahunan untuk plan terendah adalah Rp 1.000.000 per tahun dan tertinggi adalah Rp 2.000.000 per tahun.

 

Syarat dan Ketentuan Asuransi Mandiri Proteksi Penyakit Kritis

Untuk dapat menjadi anggota asuransi ini, usia minimum yang dibutuhkan adalah 15 hari dan usia maksimum adalah 65 tahun. Selain itu, masa pertanggungan adalah 1 tahun dan dapat diperpanjang hingga usia 70 tahun.

Untuk sistem pembayaran, premi dapat dibayar dengan menggunakan pendebetan otomatis dari Mandiri kartu kredit pemegang polis setiap bulannya. Syaratnya tertanggung haruslah pemegang polis sendiri atau suami/istri/anak dari pemegang polis.


Ketentuan selanjutnya berlaku untuk perubahan pilihan plan. Apabila nasabah ingin mengganti plan, maka hanya dapat diperbolehkan pada saat ulang tahun polis dan akan diberlakukan kembali masa tunggu untuk polis tersebut.

Peserta juga hanya boleh memiliki 1 polis MPPT dan tidak dapat dipertanggungkan lebih dari satu pertanggungan. Apabila peserta ingin melakukan pembatalan polis, maka pengembalian premi dan pembatalan dapat dilakukan dalam jangka waktu 20 hari kalender setelah polis aktif.

 

Penjelasan di atas dapat menjadi referensi Anda untuk memiliki asuransi penyakit tropis. Perlindungan kesehatan dengan asuransi penyakit tropis. 

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda mengerti dan mengetahui informasi mengenai asuransi penyakit tropis. Jangan lupa lindungi diri Anda dan keluarga dengan asuransi ini.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini. Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Mandiri Proteksi Penyakit Tropis. Mandirikartukredit.com – https://bit.ly/30badk3

 

Sumber Gambar:

  • AXA Mandiri Asuransi Penyakit Tropis 1 – https://bit.ly/3gZDBzz
  • AXA Mandiri Asuransi Penyakit Tropis 2 – https://bit.ly/2XCHaUO