Sedang mencari produk asuransi rumah syariah? Sebelum mengambil keputusan, simak rekomendasi produk asuransinya pada artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Produk Asuransi Rumah Terbaik 2020

Jika produk asuransi konvensional sudah sangat familiar, mungkin asuransi syariah masih terdengar asing di telinga Anda.

Asuransi syariah pada dasarnya merupakan produk perbankan syariah yang sistem pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam (syariah).

Sebagai implementasi dari kaidah dasar muamalah, terdapat prinsip dasar yang menjadi pedoman agar seluruh aktivitas dalam ranah keuangan tersebut sesuai dengan prinsip syariah.

Asuransi syariah pertama kali muncul saat Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) melalui Yayasan Abdi Bangsa Bank Muamalat Indonesia Tbk, PT Asuransi Jiwa Tugu Mandiri, Departemen Keuangan Republik Indonesia, serta para pengusaha muslim Indonesia mendirikan perusahaan asuransi syariah pertama di Indonesia, yaitu PT Syarikat Takaful Indonesia dengan bantuan teknis dari Syarikat Takaful Malaysia Bhd. (STMB).

Rekomendasi Produk Asuransi Rumah Syariah Terbaik 2020 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gadai Emas di Pegadaian dan Bank Syariah, Bagaimana Caranya? Apakah Untung?]

 

Menurut Fatwa Dewan Syariah Nasional (DSN) no: 21/DSN-MUI/X/2001, mengenai Pedoman Umum Asuransi Syariah:

“Asuransi Syariah diartikan sebagai usaha saling melindungi dan tolong-menolong di antara sejumlah orang atau pihak melalui investasi dalam bentuk aset atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu melalui akad (perikatan) yang sesuai dengan syariah.”

 

Jadi, asuransi rumah syariah sebenarnya bisa dibilang fungsinya serupa dengan asuransi konvensional, namun asuransi rumah syariah mengutamakan prinsip syariah dalam penerapannya.

Salah satunya adalah prinsip saling membantu dan tolong menolong, saling menjamin dan bekerja sama dengan cara mengumpulkan dana hibah (tabarru).

 

Rekomendasi Produk Asuransi Rumah Syariah

Nah, bagi Anda yang mengutamakan pentingnya penerapan prinsip syariah dalam produk asuransi, Anda bisa mencoba produk asuransi syariah ini.

Jika Anda juga sedang mencari rekomendasi produk asuransi rumah syariah, yuk, simak beberapa rekomendasi asuransi syariah terbaik Finansialku berikut ini:

 

#1 Asuransi Syariah Manulife

Asuransi rumah syariah terbaik yang pertama adalah Asuransi Syariah Manulife. Asuransi ini menggunakan sistem cashless dan reimbursement yang cukup mudah untuk nasabahnya.

Selain itu, asuransi ini juga memiliki prinsip tolong menolong bagi para nasabahnya. Untuk produknya, asuransi ini memiliki berbagai macam produk termasuk asuransi rumah.

Rekomendasi Produk Asuransi Rumah Syariah Terbaik 2020 02 - Finansialku

[Baca Juga: 3 + 1 Prinsip Investasi Syariah yang Harus Diketahui oleh Calon Investor. Sudah Tahukah Anda Apa yang Dimaksud Riba?]

 

#2 Allianz Syariah (Alizza)

Bisa dibilang, Allianz adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Dengan demikian, tidak perlu ragu lagi dengan asuransi yang satu ini.

Apalagi, kini perusahaan ini juga telah memiliki jenis asuransi berbasis Islam bernama Allianz Syariah (Alizza).

Alizza sendiri berhasil menarik perhatian publik tidak saja karena popularitas Allianz, tetapi juga karena produk yang ditawarkan terbilang sangat menguntungkan.

Yakni, dengan adanya sistem Cashless (menggunakan kartu) dan adanya penggantian (reimbursement).

Alizza menawarkan banyak jenis asuransi, termasuk asuransi kesehatan (Alizza Care), asuransi jiwa (Alizza Protection), asuransi rumah dan mobil, hingga Asuransi Tasbih untuk mereka yang berencana menunaikan ibadah haji atau umroh. 

 

#3 Asuransi Takaful

Sebagai pionir asuransi syariah di negeri ini, kualitas dan prestasi Takaful tak perlu diragukan lagi.

Asuransi ini bahkan telah beberapa kali dinobatkan sebagai Asuransi Syariah Terbaik di Indonesia oleh Majalah Investor, pada tahun 2014 hingga 2017 secara berturut-turut.

Tak hanya itu, tercatat Takaful juga menjadi asuransi yang mendapat pengawasan langsung dari Dewan Pengawas Syariah Nasional. 

Asuransi Takaful menawarkan banyak jenis asuransi sesuai kebutuhan Anda, termasuk asuransi harta benda seperti rumah.

 

 

#4 Asuransi Syariah Adira

Asuransi Rumah Tinggal dari  Adira Insurance memberikan jaminan terhadap rumah tempat tinggal Anda termasuk dengan isi rumah tersebut yang Anda daftarkan bila terjadi kebakaran atau pencurian dengan paksaan.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan jaminan kecelakaan diri bagi anggota keluarga di rumah tempat tinggal tersebut akibat kebakaran yang terjadi.

Terdapat produk Asuransi Rumah Tinggal Konvensional dan Syariah dari Adira saat ini, dan Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

 

Tanyakan kepada Kami!

Untuk lebih paham lagi mengenai asuransi, termasuk yang berbasis syariah ini, serta mendapat bantuan untuk memilih asuransi seperti apa yang cocok untuk Anda, Anda bisa melakukan konsultasi dengan Perencana Keuangan dari Finansialku.

Anda bisa terhubung dengan mereka melalui fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku untuk bisa live chat dengan para Perencana Keuangan.

Yuk, segera download aplikasi Finansialku sekarang juga dengan meng-klik link berikut:

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai asuransi rumah syariah lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli RUMAH PERTAMA?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Hardian. 31 Oktober 2016. Penjelasan Simpel Perbedaan Asuransi Syariah dan Konvensional. Moneysmart.id – https://bit.ly/3kRuym6
  • Admin. Asuransi Rumah Tinggal. Asuransiadira.com – https://bit.ly/2E7zTF6
  • Ardo L. 14 Januari 2020. 7 Asuransi Syariah Terbaik 2020 Ini Patut Jadi Pertimbangan. Moneyfazz.id – https://bit.ly/2Y8PfR4
  • Admin. Produk Asuransi Syariah. Akafulumum.co.id – https://bit.ly/3iPgHes

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://bit.ly/315mbf8
  • Asuransi 2 – https://bit.ly/3atRG5B