Berikut ini adalah asuransi yang cocok untuk pasangan baru pilihan Finansialku.

Sangat berguna untuk pasangan baru yang lagi membangun rumah tangga loh. Simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Mengapa Asuransi Penting?

Memiliki asuransi seharusnya sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Bahkan asuransi merupakan salah satu pondasi keuangan yang harus dimiliki pasangan yang baru menikah.

Ketika kamu memutuskan untuk menikah, sadarlah bahwa kebutuhan setelah menikah pasti akan bertambah. Di antara banyaknya tagihan bulanan pasca-menikah, ada baiknya kamu menyiapkan pengeluaran khusus untuk proteksi diri dan keluarga.

 

Asuransi adalah perlindungan dan proteksi perencanaan keuangan untuk masa depan pasangan muda yang tengah merintis keluarga. Kalau masih bingung memilih asuransi, berikut jenis asuransi yang cocok untuk para pasangan muda.

 

#1 Asuransi Kesehatan

Asuransi terbaik untuk pasangan yang baru menikah adalah asuransi kesehatan. Mengapa asuransi kesehatan? Anda tidak pernah tahu kapan Anda atau keluarga mengalami musibah sakit. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mempersiapkan asuransi kesehatan untuk melindungi Anda dan keluarga.

Selain untuk melindungi, asuransi kesehatan ini juga bisa menjadi investasi Anda dan keluarga di masa tua nanti.

Begini Lho Cara Gampang Pindah Faskes BPJS Kesehatan1

[Baca Juga: Begini Lho Cara Gampang Pindah Faskes BPJS Kesehatan]

 

“Bagaimana dengan angsurannya? Pasti mahal.” Banyak di antara Anda yang tidak tertarik dengan asuransi dikarenakan biaya perbulannya yang mahal.

Sebenarnya jika Anda perhatikan lebih detail, banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Biaya yang dikeluarkan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan tersebut.

Meski sudah menggunakan layanan BPJS Kesehatan, pastikan Anda juga menggunakan layanan asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi lainnya. Biaya berobat tidak bisa dianggap kecil, sebab Anda bahkan tidak pernah tahu kapan terkena risiko terserang penyakit.

 

GRATISSS, Yuk Download Sekarang!

ASURANSI KESEHATAN Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

#2 Asuransi Jiwa

Kehidupan manusia selalu penuh dengan misteri dan gangguan yang tidak dapat diprediksi. Bisa saja tiba-tiba besok kondisi Anda sakit atau terkena musibah meskipun hari ini Anda sehat, segar, dan bugar.

Jika posisi Anda saat ini sebagai kepala keluarga atau pencari nafkah utama di keluarga, sebaiknya Anda sudah memiliki asuransi jiwa. Sebagai upaya perlindungan diri dan keluarga Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti musibah kecelakaan kerja, sakit, hingga kematian. 

Tujuan dari asuransi jiwa ialah sebagai upaya perlindungan agar kebutuhan ekonomi Anda tidak terganggu risiko terhadap pencari nafkah selama masa-masa produktif. Juga untuk persiapan hari tua yang bahagia dan sejahtera.

Asuransi jiwa bisa untuk menutupi kebutuhan dalam jangka waktu tertentu.

 

#3 Asuransi Pendidikan

Meski masih terbilang pasangan muda, tidak ada salahnya memikirkan tentang pendidikan anak. Biaya pendidikan setiap tahunnya selalu naik dan tak sebanding dengan kenaikan gaji.

Adanya asuransi pendidikan akan memudahkan Anda untuk merencanakan pencairan dana untuk pendidikan anak selama periode tertentu. Asuransi ini juga akan memberikan jaminan biaya pendidikan bila sang pencari nafkah meninggal.

Asuransi pendidikan menjadi kebutuhan tersendiri, baik Anda sudah memiliki anak ataupun belum. Bukan setelah mereka tumbuh besar, asuransi pendidikan ini perlu Anda siapkan sejak dini.

Semakin cepat Anda mempersiapkan asuransi pendidikan anak, maka akan semakin murah dan cepat Anda menyelesaikan kebutuhan yang satu ini.

Hitung kebutuhan biaya pendidikan anak di masa yang akan datang dengan baik. Sehingga Anda bisa memilih premi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tersebut.

Hal ini penting, untuk memastikan bahwa kelak biaya yang Anda persiapkan benar-benar cukup dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak.

 

#4 Asuransi Rumah

Asuransi rumah akan memberikan perlindungan terhadap hunian, termasuk barang-barang yang terdapat di dalamnya, jika Anda memasukannya ke dalam polis asuransi tersebut.

Rumah merupakan aset penting bagi Anda dan pasangan. Jika Anda sudah memiliki rumah, alangkah baiknya mempersiapkan perlindungan untuk meng-cover risiko terjadinya pencurian, kerusakan akibat bencana alam, dan kebakaran.

Adanya asuransi ini membuat Anda tak perlu menyediakan dana tambahan jika rumah mengalami kejadian seperti di atas.

 

#5 Asuransi Kendaraan

Selain asuransi rumah, memiliki asuransi kendaraan juga penting. Apalagi jika Anda membeli mobil dengan cara mencicil. Asuransi akan memberikan jaminan untuk meng-cover kejadian-kejadian buruk yang menimpa Anda dan mobil Anda, entah itu pencurian atau kecelakaan di jalan.

Bank VS Leasing, Pahami Cara Terbaik Kredit Kendaraan Bermotor Anda!01

[Baca Juga: Sebenarnya Kredit Kendaraan Apakah Termasuk Riba?]

 

Untuk Anda yang setiap hari menggunakan kendaraan pribadi khususnya mobil, asuransi ini menjadi solusi agar mobil Anda tetap dalam keadaan sehat dan nyaman.

Terlebih jika Anda tinggal di kota yang jumlah penduduknya banyak, tidak menutup kemungkinan mobil Anda mengalami lecet akibat goresan dengan kendaraan lain atau bisa saja mengalami kecelakaan.

Belum lagi biaya yang harus Anda keluarkan untuk servis mobil. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mempunyai asuransi mobil yang sudah jelas memberikan perlindungan untuk mobil Anda.

 

Rencanakan dan Buat Prioritas!

Itulah jenis-jenis asuransi yang cocok untuk pasangan baru menikah. Tentu saja untuk pasangan baru menikah, perencanaan asuransi bukanlah satu-satunya perencanaan keuangan yang harus dilakukan. Masih ada banyak perencanaan keuangan lainnya.

Agar dapat memiliki keuangan keluarga yang sehat, semuanya harus direncanakan dan diprioritaskan. Jangan tunggu masalah datang baru Anda pikirkan dan selesaikan. Rencanakan dan prioritaskan keuangan Anda dari awal sehingga Anda dapat mengurangi kerugian finansial akibat masalah atau risiko yang datang nantinya.

Untuk perencanaan keuangan, anda bisa percayakan hal tersebut pada Finansialku. Melalui aplikasi Finansialku, anda bisa membuat anggaran dan mengatur pengeluaran tiap bulannya. Segera download aplikasi Finansialku di Google Play Store dan Apple App Store.

 

Setelah membaca artikel ini, Anda tentu sudah paham akan pentingnya asuransi.

Share artikel ini kepada teman-teman Anda agar mereka juga sadar pentingnya asuransi.

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 31 Oktober 2019. Baru Menikah? Ini Asuransi yang Cocok untuk Dipilih. Liputan6.com – https://bit.ly/38MSGQx