Kalau sudah tahu kuncinya, ternyata atur waktu kuliah sambil kerja itu ga sesulit yang dibayangkan lho. Mau tahu caranya supaya ga kelimpungan dan bikin uring-uringan?

Simak pembahasannya berikut ini tentang cara atur waktu kuliah sambil kerja. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kerja Sambil Kuliah? Berat… Tapi Kamu Pasti Bisa!

Jadi, mahasiswa ternyata memang harus semakin belajar bertanggung jawab. Selain tugas kuliah yang semakin banyak, ada juga yang berminat untuk menambah penghasilan dengan bekerja paruh waktu (atau penuh waktu karena ambil kuliah kelas karyawan alias kelas malam).

Hali ini mereka lakukan sambil bantu orangtua meringankan beban uang kuliah dan nambah-nambah uang jajan.

Intinya, sambil menyelam, minum air, atau sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Tapi, kerja sambil kuliah itu ga segampang yang dikira lho. Selain harus mengerjakan tugas dari dosen, belajar buat kuis yang kadang-kadang suka dadakan, belum lagi kalo ada tugas riset, tugas presentasi, Ujian Tengah Semester (UTS) atau Ujian Akhir Semester (UAS).

Kapan mau beresin tugas-tugas itu dari dosen kalo sehari-hari masih harus kerja (apalagi kalo full time alias penuh waktu). Badan pasti udah lemes deh mikirinnya.

Alhasil, harus begadang tiap hari, ngurangin waktu main sama teman-teman dan gebetan pas weekend.

Atur Waktu Kuliah Sambil Kerja 02 Mahasiswa - Finansialku

[Baca Juga: Ada 9 Kerja Sampingan Yang Bisa Dilakukan Untuk Para Mahasiswa Sambil Kuliah]

 

Buat kamu para mahasiswa yang punya tekad kuat untuk menimba ilmu di bangku kuliah sambil bekerja, entah itu part time atau full time, ga perlu repot and uring-uringan lagi!

Ikuti beberapa tips menarik untuk atur waktu kuliah sambil kerja berikut ini:

 

#1 Buat Jadwal Prioritasmu

Langkah pertama buat ngatur waktu kerja sambil kuliah supaya tugasmu ga keteteran adalah kamu harus bikin jadwal pribadimu. Jadwal ini berisi setiap kegiatan yang bersifat prioritas (harus, wajib, musti) yang kamu lakukan setiap hari.

Misalnya, belajar kelompok, bikin tugas harian, kerja, olahraga, belanja mingguan dan lain sebagainya. Ingat ya, ini adalah jadwal yang menjadi prioritasmu!

Jadi, kalau ada ajakan yang ada di luar jadwal prioritas pribadimu, kamu bisa menentukan, mana yang harus kamu pilih untuk dilakukan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain prioritas jadwal kegiatan, apakah kamu sudah memiliki prioritas buat anggaran pengeluaranmu?

Buat prioritas keuanganmu sejak dini, (apalagi kamu sudah mulai punya penghasilan dari kerjaanmu), yaitu dengan memiliki ebook gratis Panduan Perencanaan Keuangan bagi Pemula untuk Usia 20-an.

Selain buku Perencanaan Keuangan, kamu juga bisa belajar berinvestasi dengan penghasilan yang kamu prioritaskan.

Mau tahu caranya? Segera unduh ebook gratis Panduan Berinvestasi secara Mudah dan Praktis berikut ini:

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

 

#2 Tolak Ajakan yang Bisa Merusak Jadwal Prioritasmu

Setelah menentukan setiap jadwal prioritas harianmu, kamu sekarang bisa menentukan, mana saja ajakan yang memang tidak mengganggu jadwal prioritasmu itu.

Kalau kamu diajak main sama teman-temanmu setiap hari cuma buat kongkow-kongkow ga jelas, kamu sudah bisa menilai, apakah kamu mau menerima ajakan mereka atau tidak.

Kata setiap hari disitu perlu jadi perhatian, masa kamu mau kongkow-kongkow ga jelas setiap hari? Kalau sekadar temu kangen dan menjaga hubungan dengan mereka, kamu bisa alokasikan waktumu di akhir minggu atau di kala senggang.

Kenali Manajemen Yang Buruk Dalam Kepemimpinan Anda! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Berbeda halnya jika kamu harus bertemu teman-teman untuk kerja kelompok, jadwal ini kan masuk dalam salah satu prioritasmu, bukan?

Tapi, kalau kamu diajak untuk ketemu calon mertua misalnya, ya kamu pilih, kalau itu memang prioritas untuk masa depanmu, kenapa engga, toh paling ketemuan ga sampe seharian full juga kan?

Kamu bisa atur waktumu dengan kreativitas dan juga pertimbangan atas cara berpikir kedewasaanmu.

 

#3 Cari Waktu yang Tepat untuk Belajar

Setiap orang memiliki waktu yang berbeda dan kondisi yang berbeda untuk belajar.

Ada beberapa tipe orang yang bisa belajar kalau di sekelilingnya ramai atau banyak orang. Ada juga yang sebaliknya, mereka bisa konsentrasi ketika dalam keadaan yang tenang dan mereka merasa itu adalah situasi yang kondusif untuk belajar.

Buat kamu yang kerja, baik yang part time atau full time, kamu memang perlu bekerja secara profesional, waktu kerja ya harus kerja.

Tapi, ada beberapa kantor atau tempat kerja yang memberi kelonggaran bagi karyawannya untuk bisa mengatur waktu mereka sendiri, yang terpenting pekerjaan mereka beres sesuai deadline atau tenggat waktu yang diminta oleh atasan.

Jika kamu dalam posisi yang menguntungkan seperti itu, kamu bisa mengatur waktumu lebih baik lagi. Tentu kamu bisa pilih, mana pekerjaan yang memang harus dikerjakan terlebih dahulu sesuai dengan urgensitas.

Nah, di sela-sela ketika kamu ada waktu santai, kamu bisa ambil waktu sejenak untuk sekadar cari bahan presentasi atau belajar untuk ujian dan kuis di kampus.

Tapi, buat kamu yang tidak seberuntung mereka yang bisa atur waktu sendiri di tempat kerja seperti situasi di atas, kamu harus lebih cerdik lagi mengatur waktumu.

Maksimalkan waktu di kampus untuk mencari bahan mata kuliah yang diperlukan di perpustakaan atau mencari bahan dari kakak tingkat atau teman sekelas untuk mempermudah kamu bisa melewati setiap mata kuliah.

 

#4 Jangan Malu untuk Tanya Teman atau Kakak Tingkat

Ada kalanya kita tidak mendapat bahan mata kuliah yang diperlukan sehingga kita perlu memintanya dari teman atau kakak kelas.

Jika kamu ada hal-hal yang kurang mengerti, tanya teman sekelasmu atau kakak tingkat.

Jalin hubungan yang baik dengan mereka karena kamu pasti sangat membutuhkan mereka, demikian juga ketika mereka membutuhkanmu, kamu juga perlu memberikan bantuan yang bisa kamu berikan kepada mereka.

Menjadi Mahasiswa Baru yang Berhasil di Kampus 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kuliah Kelas Karyawan: Ini Cara Mengatasi Kesulitan Kuliah Sambil Kerja]

 

Miliki hubungan pertemanan bahkan persahabatan di tempat kuliah.

Mengingat kamu kerja sambil kuliah dengan pekerjaan yang harus selesai di kantor, mereka yang menjadi sahabat dan temanmu bisa menjadi reminder ketika kamu ada hal yang lupa atau sekadar mengingatkan ketika ada tugas yang harus dikumpulkan dan mendapatkan info tentang kuis dadakan dari dosen.

 

#5 Manfaatkan Waktu Istirahat

Jika kamu ada waktu untuk istirahat, misalnya ketika weekend atau saat libur kuliah dan kerja, manfaatkan waktu berharga ini untuk mengistirahatkan badanmu.

Mengambil waktu untuk refreshing bersama dengan teman atau keluarga juga bisa menjadi satu alternatif.

Rencanakan liburanmu dengan menabung dari jauh hari agar budget yang direncanakan bisa tersedia pada waktu yang dibutuhkan dengan bantuan dari Aplikasi Finansialku. Merencanakan dana liburan bisa menyenangkan, mudah dan praktis.

Miliki kehidupan finansial yang mapan dan semakin sejahtera dengan membiasakan diri mencatat setiap arus keuangan sehari-hari dengan bantuan Aplikasi Finansialku yang memudahkan kamu dalam pencatatan keuangan setiap melalui gadget pintar yang ada di genggamanmu.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Selain adanya fitur “Dana Membeli Barang” yang dapat kamu gunakan dalam mencatat dana yang diperlukan untuk membeli barang seperti membeli motor atau laptop untuk keperluan kuliahmu, kamu juga bisa mempersiapkan dana liburan dengan Aplikasi Finansialku.

Cek juga kesehatan keuangan pribadi dengan Aplikasi Finansialku.

Kamu bisa menggunakan fasilitas free-trial-nya untuk mengenal lebih banyak setiap manfaat dari fitur Aplikasi Finansialku.

Kalau kamu berniat untuk berlangganan, kamu sangat disarankan untuk dapat berlangganan selama satu tahun, selain untuk menghemat biaya berlangganan, kamu juga akan mendapatkan benefit tambahan berupa kursus online Perencanaan Keuangan secara gratis selama 1 tahun yang akan dipandu oleh Perencana Keuangan Profesional dari Finansialku.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Apakah kamu memiliki waktu “me time”? Manfaatkan waktu senggang dan hari libur untuk “me time” atau melakukan kegiatan yang paling kamu sukai dan mengistirahatkan pikiran.

Misalnya, melakukan hobi yang sangat kamu sukai seperti, memancing, membaca buku atau menonton bersama pacar, teman, sahabat atau keluarga.

Selain itu, tidur pun sangat diperlukan untuk menjaga kesehatanmu tetap terjaga.

Kalau seseorang kurang istirahat, atau kurang waktu tidur, tubuh akan gampang sakit dan jadwal prioritas yang sudah kamu buat bisa berantakan.

Bisa gawat kan kalau kamu sakit, kamu harus izin ga masuk kerja, izin ga kuliah, alhasil, tugas deadline kerjaan numpuk, demikian juga deadline tugas kamu di tempat kuliah.

Ditambah lagi, jumlah presensi datang kuliah juga tetap menjadi penilaian kan? Jangan sampai kamu gugur mata kuliah hanya gara-gara sakit yang diakibatkan kurangnya tidur.

5-Masalah-Keuangan-Mahasiswa-1-Finansialku

[Baca Juga: Selain Tidur yang Cukup, Ini Rahasia Supaya Lulus Tes Kesehatan]

 

Begadang boleh saja asal ada artinya (kata Bang Rhoma Irama) dan tetap jaga kesehatanmu.

Miliki asupan yang bergizi dan seimbang supaya untuk menjaga kesehatanmu. Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan suplemen untuk meningkatkan imun tubuh. Tapi disarankan untuk tidak terlalu sering mengkonsumsinya ya supaya kamu tidak ketergantungan dengan suplemen tertentu.

 

#7 Mencicil Tugas 

Ada kalanya dosen mengganti Ujian Akhir Semester atau kuis dengan tugas mandiri yang dikumpulkan pada tenggat waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Manfaatkan waktu yang ada untuk mencicil tugas tersebut, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Ketika kamu ada waktu untuk bisa ke perpustakaan, cari bahan yang diperlukan atau mencari lewat internet.

Kalau kamu mau dapat nilai yang memuaskan untuk tugas yang harus kamu kumpulkan dan bisa memperoleh nilai yang baik di mata kuliah tersebut (ga perlu mengulang di semester depan), jangan buang waktu untuk mencicil kerjakan tugasmu.

Kesampingkan setiap alasan bahwa tugas itu masih lama dikumpulkan. Waktu terus berjalan dan kamu harus mempertanggungjawabkan waktu tersebut dengan apa yang sudah kamu lakukan.

Jangan sampai kamu menyesal dan akhirnya harus mengulang mata kuliah yang sama di semester berikutnya karena tidak memperoleh nilai lulus yang seharusnya.

Walaupun kamu sudah bekerja dan bisa membayar uang kuliah dengan hasil kerja kerasmu, tapi kamu membuang waktumu yang berharga untuk mengulang mata kuliah yang sama.

 

#8 Tetap Fokus

Pikiran yang bercabang bisa membuat kerjaan ga cepat selesai bahkan ga sesuai dengan yang diharapkan. Bayangkan kalau kamu lagi kerja di kantor dan kamu teringat dengan tugas yang belum beres atau kuis dadakan yang sudah bocor informasinya.

Tentu kerjaan kamu malah ga kunjung selesai dan bos atau atasanmu bisa marah sama kamu.

Tetap fokus dengan apa yang kamu kerjakan supaya kamu bisa beralih ke pekerjaan yang lainnya dan menyelesaikan pekerjaan sebelumnya.

12-Cara-Fokus-Kerja-3-Finansialku

[Baca Juga: Cara Mahasiswa Mengatur Waktu untuk Kuliah, Kerja dan Me Time]

 

Demikian juga waktu kamu lagi di ngerjain ujian di kampus, kamu harus fokus dengan ujianmu, jangan sampai pikiranmu bercabang memikirkan kerjaan di kantor.

Supaya bisa tenang dan fokus, kamu butuh antisipasi setiap pekerjaan sebelumnya dan mengerjakan tugas sesuai prioritas pada poin nomor 1 di atas.

Kalau kamu sudah melakukannya dengan benar, bisa dijamin kalau kamu bisa lebih tenang dalam bekerja dan belajar. Kamu sudah mengantisipasi segala kemungkinan sebelumnya – walaupun terkadang ada saja kasus tertentu yang membuat kita tidak fokus karena hal-hal yang terjadi diluar rencana kita.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#9 Diskusi dengan Dosen Pembimbing

Ketika masuk semester baru, terkadang ada jadwal yang tidak sesuai dengan waktu kerjamu dan mata kuliah itu wajib kamu ikuti dalam semester itu agar bisa melanjutkan mata kuliah selanjutnya di semester berikutnya.

Tapi kalau waktu kuliah dan waktu kerja bersamaan, tentu akan repot jadinya.

Diskusi dengan dosen pembimbing bisa jadi salah satu solusinya. Di era yang semakin canggih dan modern dengan teknologi yang semakin maju, kuliah online kini bertebaran dimana-mana.

Kamu bisa memberikan usulan kepada dosen apakah bisa melakukan kuliah dengan cara online atau mengganti jadwal kuliahmu di waktu yang kamu bisa.

Buatlah agar dosen mengerti posisimu sebagai mahasiswa yang sambil bekerja. Komunikasikan hal ini dengan baik kepada dosen pembimbingmu.

 

Tetap Semangat!

Kerja sambil kuliah memang tidaklah mudah. Waktu sangatlah berharga dan kamu tentu tidak boleh membuangnya begitu saja untuk hal-hal yang bukan menjadi prioritasmu.

Ada kalanya lelah dan malas mulai datang dan membuat semangatmu meredup. Tetap ingat dengan tujuanmu untuk bekerja sambil kuliah.

Ingat kembali setiap passion-mu untuk menyelesaikan studimu!

Buat beberapa poin tertulis yang bisa kamu lihat setiap hari di kamar, di tampilan layar laptopmu, di tampilan awal telepon pintarmu dan tempat-tempat yang bisa kamu lihat dengan mudah.

Selalu yakini tujuan besarmu itu bisa tercapai ketika kamu mulai patah semangat.

 

Apa yang menjadi motivasimu untuk tetap bekerja sambil kuliah? Apakah kamu punya pengalaman yang unik tentang mengatur waktu kuliah dan pekerjamu? Bagikan pengalaman berhargamu melalui kolom yang tersedia di bawah ini.

Kamu juga bisa membagikan artikel di atas untuk rekan-rekanmu yang membutuhkan.

 

Sumber Referensi:

  • Siska Amelia F. Deil. 5 Juni 2015. 4 Trik Atur Waktu Kuliah Sambil Kerja. Liputan6.com – https://goo.gl/ZNbb19
  • Lisa Harli. 13 Oktober 2016. 9 Tips Atur Waktu Bekerja Sambil Kuliah. Linkedin.com – https://goo.gl/Zw6zPE
  • Deden. 26 Januari 2016. 4 Cara Paling Mudah Mengatur Waktu Kuliah Sambil Kerja. Magazine.job-like.com – https://goo.gl/99RMY9
  • Nita Nurfitria. 19 Februari 2018. Kuliah Sambil Kerja? Ini 9 Cara Atur Waktu Biar Tugas Gak Keteteran. Idntimes.com – https://goo.gl/HZo5MX

 

Sumber Gambar:

  • Atur Waktu Kuliah Sambil Kerja – https://goo.gl/XhBNBk
  • Kuliah Sambil Kerja – https://goo.gl/u9d3Ay
Summary
Gak Sulit Ternyata Atur Waktu Kuliah Sambil Kerja, Ini Dia Kuncinya!
Article Name
Gak Sulit Ternyata Atur Waktu Kuliah Sambil Kerja, Ini Dia Kuncinya!
Description
Kalau sudah tahu kuncinya, ternyata atur waktu kuliah sambil kerja itu ga sesulit yang dibayangkan lho. Mau tahu caranya?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo